Wulandari Utami via Dapur Fithry

Menguak Rahasia Resep Telur Dadar Khas Padang. Kok Bisa Enak Banget, Ya?

Rahasia Resep Telur Dadar Khas Padang: Ada Pada Tekniknya!

Jika Spanyol punya resep telur dadar fritatta yang tebal dan mereka banggakan, Indonesia juga punya jagonya! Di Indonesia, terutama pada daerah Padang, terkenal dengan resep andalannya selain rendang, yaitu resep telur dadar khas Padang. Resep telur dadar khas Padang ini punya perbedaan dari telur dadar pada umumnya.

Dalam resep telur dadar khas Padang, beberapa bumbu rahasianya yaitu serundeng, telur bebek, bawang daun dan rempah-rempah lainnya yang akan Bob sematkan pada resep di bawah. Campuran bahan-bahan inilah yang nantinya akan membuat resep telur dadar khas Padang ini punya rasa yang signifikan dan juga lebih tebal dari telur dadar seperti biasanya.

Teknik Rahasia Resep Telur Dadar Khas Padang

Jessica N Kasayu via Woman Talk

Resep telur dadar khas Padang bisa mendapatkan reputasinya karena presentasinya yang tebal, kulit yang renyah dan rasa yang gurih. Untuk bisa membuat resep telur dadar khas Padang yang super gurih dan enak, salah satu kuncinya adalah pada telur bebek. Selain memberikan rasa, telur bebek juga punya warna yang lebih cantik dibandingkan dengan telur ayam pada biasanya. Meskipun begitu, kamu juga boleh kok mencampurkan telur bebek dengan telur ayam, atau menggunakan telur ayam sepenuhnya!

Selain itu, teknik teraman untuk memasak resep telur dadar khas Padang adalah menggunakan non-stick pan dan api kecil. Dengan non-stick pan, kamu bisa membalikkan telur dadarnya secara aman dengan menutupi permukaan dengan piring ceper, membalikannya ke piring lalu menuangkannya lagi ke dalam pan. Jika kamu tidak punya, kamu bisa menggunakan katel wok seperti biasa dan membalikannya dengan bantuan dua spatula. Api yang kecil di sini adalah agar telur dadarmu matang secara merata tanpa ada bagian yang gosong atau terlalu coklat.

 

Resep Telur Dadar Khas Padang Anti Gagal!

Wulandari Utami via Dapur Fithry

Resep ini bisa untuk 4-5 porsi yaa!

Bahan Serundeng:

Campurkan bahan-bahan berikut, lalu sangrai dengan api kecil hingga kelapa parut berwarna kekuningan. Jika kamu punya serundeng sisa lauk, kamu juga bisa menggunakannya agar tidak memasak serundeng lagi!

  • 75 g Kelapa parut
  • Garam secukupnya
  • Daun Jeruk secukupnya, rajang
  • Daun Kunyit secukupnya, rajang
  • Daun Kari secukupnya, rajang

Bahan Telur Utama:

  • 3 butir telur bebek
  • 3 butir telur ayam
  • Garam dan Kaldu secukupnya
  • 3 batang daun bawang, iris
  • 2 batang seledri, rajang
  • 1½ sdm cabe giling
  • 3 sdm tepung beras atau tepung terigu, encerkan dengan air

Bahan Halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah bawang merah
  • Sejumput ketumbar bubuk
  • Sejumput kunyit bubuk
  • Sejumput merica bubuk
  • 1 butir kemiri, goreng

 

Cara Membuat:

  1. Dalam mangkuk yang besar, kocok lepas telur ayam dan bebek sampai teraduk rata dan berbuih.
  2. Tambahkan garam secukupnya, cabe giling, serundeng, bahan halus yang sudah dihaluskan menggunakan food processor dan bahan-bahan lainnya. Kocok rata.
  3. Panaskan wajan dengan minyak yang cukup banyak, jangan lupa untuk menggunakan api kecil.
  4. Ketika minyak sudah panas, masukkan kocokkan telur secara perlahan. Aduk seperti mengorak-arik telur sedikit setiap bagian bawah telur dadar mulai keras. Hal ini agar telur matang secara merata dan proses penggorengan menjadi lebih cepat.
  5. Balikkan telur dadar dengan hati-hati, lanjutkan proses masak hingga telur matang, sekitar 5-10 menit tergantung ketebalan.
  6. Tiriskan sebelum dipotong-potong dan disajikan. Resep telur dadar khas Padang ini tidak ribet kan?

 

Ngidam Masakan Padang Ketika Staycation?

Sedang staycation ngidam masakan Padang tapi takut aromanya melekat pada tempat tidurmu? Di Bobobox, area makan/pantry dan area tidur terpisah, jadi kamu tidak perlu khawatir mencium aroma masakan Padang tengah malam dan jadi lapar lagi! Download aplikasinya sekarang dan dapatkan promo menarik lainnya! Jangan lupa cek virtual tournya di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles