Jonathan Borba/Unsplash

Simak Rekomendasi Novel Anak Berikut Ini Untuk Meningkatkan Minat Baca Si Kecil!

Menyediakan bahan bacaan seperti novel anak di rumah bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan minat baca pada anak. Seperti yang kamu tahu, pesatnya perkembangan teknologi cukup banyak mengubah kebiasaan seseorang, termasuk anak-anak.

Ketimbang membaca buku, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu mereka di depan ponsel, entah untuk bermain game ataupun melihat berbagai video. Untuk itu, menumbuhkan minat baca sejak dini perlu menjadi perhatian orang tua.

Walau bagaimanapun, membaca memilki banyak manfaat bagi anak. Sebut saja untuk menambah kosakata, meningkatkan daya imajinasi, daya ingat dan pemahaman, hingga melatih konsentrasi. Buat kamu yang bingung dengan pilihan bacaannya, simak dulu yuk rekomendasi novel anak berikut ini!

The Giving Tree

The Giving Tree merupakan novel anak karya Shel Silverstein yang mengandung cerita sederhana. Novel ini berisi kisah persahabatan antara seorang anak laki-laki dan pohon apel. Melalui buku ini, anak kamu akan belajar bahwa cinta dan saling memberi bisa menjadi landasan sebuah persahabatan, tentu dengan batasan bahwa memberi atau meminta terlalu banyak bukanlah hal yang baik.

Coraline

Meski masih kecil, tidak sedikit anak yang justru menyukai cerita-cerita menakutkan. Jika anak kamu termasuk salah satunya, Coraline bisa menjadi pilihan.

Novel anak satu ini menyoroti seorang gadis kecil bernama Coraline yang terpaksa menjelajah ke dunia lain demi menyelamatkan ayah, ibu dan juga dirinya sendiri. Dalam petualangan tersebut, ia harus melawan tikus, laba-laba dan hal menyeramkan lainnya. Dari sini, kamu mungkin sudah bisa menyimpulkan bahwa Coraline akan mengajarkan anak tentang keberanian dan tekad yang kuat.


Baca Juga: Hati-Hati Terbawa Mimpi! Ini Dia 10 Rekomendasi Novel Horor Terbaik Versi Bob.


Charlie and the Chocolate Factory

Jika sudah pernah menonton filmnya, kamu mungkin tidak akan terlalu asing dengan jalan cerita Charlie and the Chocolate Factory. Sesuai dengan judulnya, novel anak ini menceritakan seorang anak miskin bernama Charlie.

Bersama dengan beberapa anak lainnya, Charlie kemudian mendapat kesempatan langka untuk mengunjungi pabrik cokelat miliki Willy Wonka. Di sanalah petualangan Charlie dimulai, di dalam pabrik ajaib yang siap menghukum anak-anak sombong, rakus dan tidak patuh pada orang tua.

The Little Prince

Sederhana namun penuh makna dan nilai filosofis, itulah kesan yang mungkin kamu dapatkan dari The Little Prince. Novel anak satu ini menceritakan pertemuan seorang pilot yang pesawatnya terdampar di sebuah gurun dengan seorang pangeran kecil misterius.

Pangeran kecil itu mengaku tinggal sendirian di sebuah planet bersama setangkai mawar cantik yang angkuh. Sang pangeran kemudian memutuskan untuk pergi meninggalkan mawar dan planet tersebut. Maka, dimulailah petualngan pangeran kecil di berbagai planet dengan segala keanehannya.


Baca Juga: Menyambut Hari Anak, Inilah 7 Tokoh Anak-Anak Yang Mengubah Dunia


Little Women

Untuk kamu yang memiliki anak usia 11 tahun ke atas, kamu bisa memberikan novel karya Louisa May Alcott berjudul Little Women. Novel anak ini berisi kisah kehidupan empat saudari keluarga March.

Ada Meg yang cantik dan anggun, Joy yang tomboi, Beth yang rapuh serta Amy yang cerewet namun artistik. Di tengah perbedaan itu, mereka tetap saling menyayangi agar bisa bertahan hidup bersama sang ibu pasca ditinggal ayah mereka yang harus pergi perang. Melalui novel ini, anak kamu bisa belajar untuk melihat sisi baik dari setiap kejadian dalam hidup serta lebih menghargai orang-orang terdekat.

Anne of Green Gables

Anne of Green Gables menyoroti kisah seorang gadis berusia 11 tahun bernama Anne yang diadopsi oleh kakak-beradik Marilla dan Matthew. Marilla dan Matthew mulanya meminta anak laki-laki dari panti asuhan untuk membantu mereka mengurus rumah dan kebun. Namun, yang datang justru Anne, si gadis bertubuh kecil nan cerewet.

Meski berawal dari kekeliruan, keduanya mulai menerima keberadaan Anne terutama karena sifat gadis itu yang ceria, blakblakan, dan konyol. Imajinasi dan ocehannya yang tanpa batas juga ikut menghidupkan suasana rumah mereka.

Harry Potter and the Sorcerer’s Stone

Sebagai penikmat serial novel Harry Potter, kamu tentu tidak akan melewatkan Harry Potter and the Sorcerer’s Stone dalam daftar bacaan anak kamu. Melalui novel anak ini, anak kamu akan diajak berpetualangan menjelajahi dunia sihir yang mengagumkan serta karakter-karakter menarik di dalamnya. Salah satunya adalah sang protagonis, Harry Potter, anak yatim piatu yang baru saja mengetahui keberadaan dunia dunia sihir beserta keanehan yang menyertainya.


Baca Juga: Throwback Ke Masa Kecilmu Bareng Bob Dengan Bacaan-Bacaan Populer Tahun 90an Berikut Ini!


The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch, and the Wardrobe

Selain Harry Potter, serial novel Narnia juga wajib banget masuk dalam bacaan anak kamu. Ceritanya berpusat pada empat bersaudara, Peter, Susan, Edmund dan Lucy yang harus mengungsi dan terpisah dari keluarga akibat perang.

Perjalanan tersebut rupanya membawa mereka memasuki dunia ajaib lewat sebuah lemari kosong yang mereka jumpai di rumah tempat mereka menetap. Mereka kemudian bertemu penyihir putih dan seekor singa bernama Aslan. Dari sana, keempatnya harus berjuang untuk menyelamatkan sang singa serta diri mereka sendiri.

A Little Princess

A Little  Princess merupakan novel klasik karya Hodgson Burnett yang bercerita tentang seorang putr kecil bernama Sara Crewe. Ia adalah gadis yang memiliki segalanya, mulai dari pakaian indah, boneka cantik, sekolah di asrama bergengsi London dan keinginan lainnya yang selalu dipenuhi sang ayah.

Sayang, kehidupannya berubah setelah sang ayah meninggal tanpa meninggalkan warisan apapun untuknya. Ia pun harus berjuang di tengah berbagai kesulitan dan membuktikan bahwa ia tetaplah seorang ‘putri’ yang bisa bertahan dalam masa berat sekalipun.

If Only They Could Talk

Novel anak berjudul If Only They Could Talk berisi cerita tentang tahun pertama James Herriot sebagai dokter hewan yang bertugas di desa Darrowby, Yorkshire. Tanpa disangka-sangka, ia mengalami berbagai petualangan seru dan unik. Dalam petualangan itu, ia mendapat pelajaran bahwa hewan pun memiliki berbagai keluh kesah, jika saja mereka bisa berbicara.

Masih Ada Hari Esok

Masih Ada Hari Esok merupakan salah satu novel karya Pipiet Senja. Novel anak satu ini menceritakan kisah Adinda, seorang gadis kecil pengidap Talasemia. Ia merupakan gadis cantik, periang dan pintar. Di tengah kondisinya tersebut, orang tua serta kakak laki-laki Adinda tepat memberikan dukungan penuh agar dia tetap berjuang untuk sembuh.

Penjelajah Antariksa

Jika ingin memberikan bacaan bertema luar angkasa, novel karya Djoko Lelono berjudul Penjelajah Antariksa mungkin bisa menjadi pilihan. Serial novel anak ini bercerita tentang planet bernama Poa yang berlokasi di dunia antah berantah.

Planet tersebut dihuni oleh bangsa Terra, sejenis makhluk humanoid seperti manusia. Invasi besar dari galaksi kemudian menimbulkan perang dan perpecahan sebab bangsa Terra Poa menolak bergabung dengan perserikatan bangsa Terra lainnya.

Quality Time Bersama Anak? Bobobox Saja!

Di tengah kesibukan bekerja atau pun mengurus anak, jangan sampai lupa meluangkan waktu untuk quality time bareng keluarga. Liburan singkat atau staycation terkadang cukup membuat tubuh dan pikiran segar dan ikatan kekeluargaan semakin erat.

Bingung pilih akomodasinya? Bobobox bisa banget jadi tempat andalan kamu. Meskipun memiliki konsep kekinian yang terkesan eksklusif untuk para anak muda, kamu bisa kok liburan keluarga di Bobobox dengan memilih Double pod. Double pod Bobobox ini memiliki kapasitas untuk dua orang dewasa dan satu anak di bawah 10 tahun. Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles