Plane Spotting Dekat Bandara Soekarno Hatta (1)

5 Tempat Plane Spotting Dekat Bandara Soekarno Hatta

Sahabat Bob, pernah nggak sih kamu berpikir kalau punya hobi itu kadang menguras isi kantong? Apalagi kalian yang hobinya lumayan pricey, seperti pottery, melukis, atau traveling ke luar negeri. Bahkan, hobi yang terkesan simpel seperti berolah raga pun mengeluarkan uang. 

Lantas, apakah ada hobi di luar sana yang nggak bikin kantong kering? Ada dong! Salah satunya adalah plane spotting

Dengan melakukan plane spotting, kamu sudah bisa menghabiskan waktu luang dan menghibur diri dengan menyaksikan pesawat lepas landas dan mendarat. Terus serunya di mana dong, Bob? 

Santai, mendingan simak artikel tempat plane spotting dekat Bandara Soekarno Hatta ini terlebih dahulu. Bob yakin kamu pasti berubah pikiran!

Apa Itu Plane Spotting?

Plane Spotting Dekat Bandara Soekarno Hatta (1)

Photo: Gabriel Stanciu via Unsplash

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, apa sih yang seru dari nongkrong dan liatin pesawat pulang pergi landasan? Well, ini karena plane spotting itu lebih dari cuma nonton pesawat, Sahabat Bob! Plane spotting adalah kegiatan seru yang melibatkan pengamatan, pengenalan, serta pencatatan info pesawat yang terbang di udara atau sedang berada di bandara. 

Orang-orang yang menggemari hobi ini disebut sebagai plane spotter, biasanya mereka yang tertarik pada segala hal terkait aviasi, baik itu pesawat, maskapai penerbangan, nomor registrasi, sampai rute penerbangan.

Kegiatan ini dianggap sebagai hobi langka dan unik karena tidak banyak yang menggeluti bidangnya. Namun, menurut banyak plane spotter, banyak orang biasa yang kemudian jatuh cinta dengan bidang aviasi karena mulai dari plane spotting, lho!

Selain mengamati, plane spotting juga meliputi pengambilan foto atau video pesawat sebagai bagian dari dokumentasi dan penghargaan terhadap keindahan desain pesawat serta kemajuan teknologi penerbangan.

Baca juga: Bosan Nungguin Pesawat di Bandara, Enaknya Ngapain?

Sejarah Plane Spotting

sejarah plane spotting

Photo: Arlington Public Library Center for Local History

Hobi plane spotting pertama kali dikenalkan sejak awal perkembangan penerbangan komersial di abad ke-20, di mana para penggemar aviasi mulai tertarik untuk mengamati pesawat-pesawat yang baru dibangun para ilmuwan terkenal masa itu.

Siapa sangka, jumlah plane spotter di masa itu semakin bertambah, sehingga di masa Perang Dunia II, banyak negara yang menyarankan masyarakat untuk lebih berhati-hati saat menyaksikan pesawat lepas landas.

Contohnya, di Inggris, kegiatan ini dipantau oleh Royal Observer Corps yang juga mengeluarkan jurnal berjudul “The Aeroplane Spotter” pada Januari 1940. Jurnal ini laris di kalangan masyarakat karena berisi informasi lengkap tentang detail dan cara plane spotter mengidentifikasi jenis-jenis pesawat.

Seiring berkambangnya teknologi, kini para plane spotter tidak cuma bisa baca jurnal saja, tetapi juga berbagi soal informasi, foto, dan video pesawat lewat sosial media atau platform online lainnya. Tidak heran kalau hobi plane spotting semakin populer belakangan ini, ya!

Selain media online, kegiatan plane spotting kini juga ditunjang dengan beragam aplikasi yang memudahkan para penggemar aviasi untuk mendeteksi atau menganalisis jenis pesawat. Beberapa aplikasi yang dimaksudh adalah FlightAware dan Flightradar24.

Kelebihan lainnya dari aplikasi-aplikasi ini adalah fitur pelacakan pesawat, sehingga para penggemar bisa mengetahui kapan harus stand by di bandara atau spot plane spotting favorit.

Apa Saja yang Harus Disiapkan untuk Plane Spotting

plane spotting

Photo: Ahmad Zamzahuri via Yahoo

1. Aplikasi Plane Spotting

Sebelumnya sudah dijelaskan pentingnya aplikasi plane spotting. Kamu harus sudah menyiapkan aplikasinya sebelum pergi ke spot favorit.

Aplikasi plane spotting bisa membantu kamu memahami rute penerbangan yang sering dilalui pesawat di lokasi tersebut.

2. Peralatan

Pilih kamera atau perangkat fotografi yang sesuai dengan preferensi pribadi dan kemampuan teknis yang diperlukan untuk mengabadikan momen spesial dengan sempurna!

Agar lebih puas dan jelas melihat pesawat, kamu juga bisa membawa binokular atau teleskop, apalagi jika jarak pesawat dan spot yang kamu pilih lumayan jauh.

3. Peta dan Informasi Lokasi

Poin satu ini dikhususkan bagi para old timer, atau kamu-kamu yang lebih memilih peralatan tradisional demi menghormati tradisi plane spotting zaman dahulu.

Yup! Kamu perlu membawa peta dan informasi lokasi. Memahami layout bandara atau area plane spotting serta area-area lain secara optimal penting agar kamu tidak ketinggalan jadwal penerbangan. Peta juga membantu kamu memilih area terbaik untuk angle foto atau pemandangan terindah.

4. Ramalan Cuaca

Sebelum pergi, pastikan kamu sudah tahu cuaca di hari itu ya, Sahabat Bob!

Selain menghindari hujan, ini juga bisa membantu kamu menyesuaikan pakaian dengan kondisi cuaca di lokasi. Apalagi kalau kamu berencana berdiam untuk waktu yang lama.

Spot Plane Spotting Bandara Soekarno Hatta

1. Rumah Oranye

spot rumah oranye - Plane Spotting Dekat Bandara Soekarno Hatta

Photo: Wira Nurmansyah via Youtube

Spot Plane Spotting Bandara Soekarno Hatta yang pertama adalah rumah oranye. Spot ini populer karena menyediakan area terdekat untuk melihat pesawat mendarat, terutama di runway 24 dan 25R.

Rumah Oranye berada di sebelah barat bandara terminal 3 dan bisa diakses oleh kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti taksi atau ojol.

Untuk plane spotting di sini, dipatok harga Rp20.000 per orang.

Baca juga: 5 Fakta Bandara Soekarno Hatta

2. Rumah Putih

spot rumah putih - Plane Spotting Dekat Bandara Soekarno Hatta

Photo: Wira Nurmansyah via Youtube

Tempat kedua bernama Rumah Putih. Spot plane spotting di Bandara Soekarno Hatta ini berdekatan dengan Terminal 2.

Di sini, kamu bisa nonton pesawat take off dan landing jalur 25R hanya dengan membayar Rp30.000-Rp50.000 saja per orang.

Spot ini cocok bagi kamu yang tidak begitu suka berdiam di bawah sinar matahari terik karena dilindungi atap adem.

3. Parkiran Aeropolis

parkiran aeropolis - Plane Spotting Dekat Bandara Soekarno Hatta

Photo: Wira Nurmansyah via Youtube

Spot sebelumnya kemahalan? Pilih plane spotting di parkiran Aeropolis saja, Sahabat Bob!

Selain murah, spot ini juga dikelilingi banyak toko makanan dan jajanan kecil sehingga kamu bisa ngemil sambil menonton pesawat mendarat di runway 07R.

Kamu cuma perlu membayar tiket parkir dan bisa menghabiskan waktu untuk mengagumi atau mengambil foto pesawat sesuka hati!

4. Spot Perimeter Selatan

spot perimeter selatan - Plane Spotting Dekat Bandara Soekarno Hatta

Photo: Wira Nurmansyah via Youtube

Tempat plane spotting Bandara Soekarno Hatta selanjutnya adalah Perimeter Selatan.

Di sini, kamu bisa memantau runway 25L dan 07R dengan jelas. Suara mesin pesawat yang lepas landas di jalur ini lebih menggemuruh karena areanya yang sepi, jauh dari kebisingan motor atau mobil komersil.

5. Spot Sawah 25R

sawah 25r - Plane Spotting Dekat Bandara Soekarno Hatta

Photo: Wira Nurmansyah via Youtube

Semakin sore, pemandangan di Bandara Soekarno Hatta semakin indah. Saatnya berburu foto pesawat landing yang bisa kamu saksikan di spot sawah 25R.

Seperti nama spotnya, di sini kamu bisa melihat banyak maskapai mendarat di runway 25R.

Perlu diketahui, bagi kamu yang memilih spot ini, pastikan bawa baju ganti karena area persawahan yang sedikit becek.

Plane Spotting Bersama Bobobox Lebih Seru!

Bobopod Airport CBC

Menjangkau spot plane spotting Bandara Soekarno Hatta jadi lebih dekat dengan menginap di Bobopod Airport CBC! 

Hanya berjarak 18 menit dari bandara, Bobopod menawarkan kapsul hotel nyaman yang dilengkapi oleh fasilitas lengkap serta hi-tech. Waktu istirahat kamu jadi lebih berkualitas dan jalan-jalan di sekitar bandara pun lebih efisien.

Yuk, download aplikasi Bobobox dan pesan pod-nya sekarang juga!

Penulis: Samala Mahadi
Header image: Claudio Schwarz on Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles