Sumber: NativeIndonesia.com

Pesona Coban Canggu, Menyusuri 200 Anak Tangga Jadi Tidak Terasa

Coban Canggu merupakan salah satu destinasi wisata populer di Mojokerto, sebuah kota kecil di Jawa Timur. Tempat wisata ini memiliki berjuta pesona keindahan alam yang eksotis.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati pemandangan air terjun dengan tebing tinggi yang dikelilingi hamparan pesona alam pesawahan dan pegunungan.

Pesona Keindahan Coban Canggu

“Coban” memiliki arti air terjun dalam bahasa Jawa. Dengan demikian, “Coban Canggu” memiliki arti air terjun Canggu. Dengan tinggi sekitar 80 meter dan tebing bebatuan yang mempercantik ketampakannya, destinasi wisata ini adalah salah satu wisata air terjun kebanggaan masyarakat Mojokerto.

Tempat wisata ini memiliki 200 anak tangga yang harus dilalui para wisatawan untuk menuju lokasi air terjun. Selama perjalanan menuju Coban Canggu, kamu akan menyaksikan pemandangan alam pegunungan dan persawahan yang memanjakan mata.

air terjun Coban Canggu

Sumber: Ayo Mbrasak

Setelah sampai di lokasi, kamu akan disuguhi air terjun yang menjulang tinggi ke atas dengan guyuran air yang jernih. Gagahnya tebing yang berbentuk bebatuan kokoh juga akan memanjakan mata kamu. Perpaduan ini sudah cukup untuk menebus rasa lelah setelah menghabiskan waktu mendaki dan menyusuri jalur menuju air terjun.

Air terjun ini dikenal sejuk, tapi pastikan bahwa kamu tidak berenang di kolam air terjun, sebab titik air terjun menuju kolam cukup dalam dan memiliki arus pusaran yang kuat.

Setelah menapaki ratusan anak tangga dan memuaskan diri bermain di sekitar air terjun, kamu tak perlu khawatir akan kelaparan. Kamu bisa mampir ke warung-warung di sekitar Coban Canggu, yang menjajakan makanan bagi wisatawan yang berkunjung.


Baca Juga: Jelajahi 7 Spot Kuliner Legendaris Sekitar Alun-Alun Mojokerto Berikut Ini!


Ragam Wisata dan Aktivitas di Coban Canggu

Objek wisata ini sudah tertata cukup baik, sehingga menjadi lokasi yang cocok untuk wisata alam maupun wisata keluarga. Inilah ragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung:

1. Bermain Air

Tentu saja aktivitas yang pertama adalah bermain air. Di titik manapun di Coban Canggu, kamu dapat bermain air sepuasnya. Saat anak-anak pertama kali berada di lokasi Coban Canggu, biasanya mereka akan terkesima, takjub melihat air yang mengalir dari tebing yang teramat tinggi.

Namun begitu, selama bermain di sekitar air terjun, jangan sampai melewati pembatas yang telah ditentukan oleh pihak pengelola, ya!

2. Wahana Permainan Anak

Anak-anak bisa bermain di spot khusus anak yang sudah disediakan. Ada perosotan, ayunan, serta ragam wahana lainnya. Sementara itu, para orang tua dapat beristirahat ditemani secangkir teh hangat sambil mengawasi anak-anak mereka.

3. Spot Foto

Coban Canggu

Sumber: Sikidang

Coban Canggu merupakan salah satu destinasi wisata di Mojokerto yang menawarkan konsep keindahan alam serta kegagahan air terjun. Kamu bisa bebas berswafoto dengan spot foto favorit pengunjung, yaitu spot yang berlatarkan pemandangan air terjun.

Salah satu spot foto favorit lainnya adalah area tangga. Latar area pesawahan dan pegunungannya membuat hasil fotomu semakin ciamik.

Fasilitas Tempat Wisata Coban Canggu

Tempat wisata ini lengkap dengan beragam fasilitas yang menambah kenyamanan kamu saat berlibur, seperti:

  • Area parkir
  • Musala
  • Gazebo
  • Rumah makan
  • Kamar mandi

Rute Menuju Coban Canggu

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini melalui rute berikut:

  • Bagi kamu yang berangkat dari Malang, rutenya adalah Pandaan-Prigen-Pacet
  • Jika berangkat dari Sidoarjo, maka rutenya adalah Gempol-Mojosari-Pacet
  • Bila kamu memulai perjalanan dari Mojokerto, rutenya adalah Mojokerto-Dlangu-Pacet

Jarak dan Total Waktu Tempuh Menuju Coban Canggu

  • Malang–Coban Canggu: Berjarak sekitar 66 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit (lewat tol)
  • Sidoarjo–Coban Canggu: Berjarak sekitar 43 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit
  • Mojokerto–Coban Canggu: Berjarak sekitar 30 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam

Harga Tiket Masuk Coban Canggu

air terjun coban canggu

Sumber: JadwalTravel.com

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini dengan membawa kendaraan pribadi. Tarif masuk dan parkirnya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Tiket masuk: Rp7.000 per orang (weekday)
  • Tiket masuk: Rp10.000 per orang (weekend)
  • Parkir motor: Rp2.000 per unit
  • Parkir mobil: Rp5.000 per unit

Jam Operasional Coban Canggu

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata air terjun ini mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00, setiap hari Senin sampai Minggu.

Tip Wisata Coban Canggu

Agar kunjunganmu nyaman dan aman, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan agar kamu selalu berhati-hati selama perjalanan dengan mengutamakan kenyamanan dan keselamatan.
  • Bagi kamu yang merasa flu setelah bermain air, cobalah untuk segera minum air hangat yang bisa dibeli di warung terdekat.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti dan perlengkapan mandi.
  • Bawalah kamera karena Coban Canggu memiliki pemandangan indah yang sayang dilewatkan.
  • Patuhi protokol keamanan dan kesehatan.
  • Hindari merusak lingkungan sekitar.
  • Jangan membuang sampah dan buang air kecil sembarangan.

Baca Juga: Yuk, Coba Beberapa Kuliner Padusan Pacet Mojokerto Berikut Ini!


Yuk Menginap di Bobocabin Padusan Mojokerto!

Setelah puas bermain dan berwisata di sekitar Mojokerto, Bobocabin adalah tempat yang tepat untuk beristirahat. Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin akan menemani kamu menikmati asrinya perbukitan Baturraden dengan cita rasa modern.

Mengusung konsep glamping, kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal. Nikmati juga pemandangan indah dan sensasi sejuk perbukitan saat kamu keluar kabin di pagi hari.

pemandangan alam dari kabin

Selain itu, Bobocabin menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Saatnya mengabadikan momen seru campfire dan barbeque—fasilitas Bobocabin lainnyauntuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan. Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh tetap sehat dan fit.

Menginap di Bobocabin adalah jalan keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, silakan unduh aplikasi Bobobox di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles