_KIM8089

11 Permainan Outbound yang Bisa Dimainkan Indoor. Tak Perlu Khawatir Hujan Mengganggu!

Hujan bisa menjadi hal yang menyebalkan saat sedang menyelenggarakan outbound. Pasalnya, mau tidak mau, kamu sebagai panitia harus berpikir cepat untuk mengganti game yang sudah direncanakan sejak awal. Untuk mengantisipasi hal itu, alangkah baiknya kamu mencoba beberapa permainan outbound yang bisa dimainkan di indoor.

Lalu, game apa saja yang Bob maksud? Baca sampai tuntas artikel Bob berikut ini, ya!

1. Blind Leader

Permainan outbound indoor pertama adalah “blind leader”. Dalam game ini, setiap peserta akan ditutup matanya, kecuali peserta yang ditunjuk sebagai ketua tim, untuk mengikuti jalur yang sudah dibuat. Dengan arahan ketua tim, peserta akan berjalan mengikuti jalur tanpa menyentuh pembatas. Tim pertama yang berhasil memasuki garis akhir akan menjadi pemenangnya.

2. Find your Family

Ide fun game outbound berikutnya adalah “find your family”.  Saat memulai permainan ini, pastikan arena yang digunakan sudah diberi garis pembatas. Setelah itu, semua peserta mendapat secarik kertas yang bertuliskan suara binatang. Jumlah maksimal untuk tiap suara binatang adalah 10 orang. Jadi, mohon untuk bagikan grupnya dengan rata, tetapi tidak melebihi 10 orang ya, kak! 

Selanjutnya, semua peserta diminta untuk menutup mata dan mencari keluarganya dengan cara menirukan suara binatang yang telah dipilih. Misalnya, saat secarik kertas yang kamu dapatkan bertuliskan kucing, kamu harus menutup mata sambil mengeong. Lalu, kamu juga harus mendengarkan dengan baik peserta lain yang mengeluarkan suara meongan dari peserta lain. Seru, kan?

3. Ini Lebih Baik Dari Itu

Ingin mengadakan permainan yang mampu mendorong kreativitas tim dalam menyelesaikan masalah? Coba saja permainan yang bernama “ini lebih baik dari itu”.

Cara mainnya sangat mudah. Pertama-tama, ambil empat benda atau lebih yang berbeda dan bagi grup dengan jumlah genap. Selanjutnya, buatlah skenario di mana setiap tim harus menyelesaikan sebuah masalah hanya menggunakan benda-benda tersebut. Pastikan setiap tim menyertakan alasan mereka memilih sebuah benda sesuai kegunaannya. Tim yang berhasil memberikan alasan dengan baik dan menyelesaikan masalah yang diberikan, maka tim itulah yang akan menjadi pemenang. 

4. Ladang Ranjau

Keuntungan mendapatkan area outbound yang luas adalah kamu dapat mengadakan banyak permainan yang seru dan menyenangkan, termasuk “ladang ranjau”.

Dalam permainan ini, kamu hanya perlu menaruh benda seperti cone, bola, atau botol secara acak di lantai. Setiap peserta wajib berpasang-pasangan dan salah satunya memakai penutup mata. Setiap pasangan harus menuntun temannya dari ujung satu ke ujung lainnya tanpa menginjak benda-benda tersebut dengan bermodalkan kata-kata saja. Sementara peserta yang ditutup matanya tidak boleh berbicara sama sekali. Bob jamin permainan ini seru, deh!

5. Scavenger Hunt

Scavenger hunt adalah permainan outbound indoor yang bisa kamu coba. Mula-mula, pecah peserta menjadi dua kelompok atau lebih. Lalu, masing-masing kelompok diminta untuk menyelesaikan tugas-tugas atau tantangan unik secara bersama-sama seperti selfie dengan orang asing atau merangkai batu jadi menara. Kelompok yang berhasil menyelesaikan tugasnya paling cepat akan menjadi pemenangnya!

6. Stik Goyang

Outbound memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kerja sama dan toleransi antar anggota. Kedua hal ini bisa terwujud dengan mengadakan permainan “stik goyang”. Fun game outbound ini bisa dilakukan dengan mudah. Tiap anggota tim berhak memegang seutas tali. Lalu, fasilitator akan meletakkan tongkat di tengah tarikan utas tali di mana tali dalam kondisi kencang. Setiap tim harus menempuh suatu perjalanan penuh rintangan. Tim yang mampu sampai di garis akhir tanpa menjatuhkan tongkat adalah pemenangnya.

7. Tebak Benda Apa Aku?

“Tebak benda apa aku” adalah permainan yang akan menguji kreativitas dan imajinasi kamu saat outbound. Saat memainkan aktivitas ini, pemain akan bergilir menggambar dan harus ditebak oleh peserta lain. Masing-masing peserta harus bisa melanjutkan gambar untuk menginterpretasikan benda yang dimaksud. Siap-siap belajar bahasa batin, ya!

8. Tebak Emoji

Jika outbound yang kamu adakan bertujuan untuk melatih kreativitas peserta, coba mainkan game “tebak emoji”. kamu hanya perlu menyiapkan kata-kata yang ingin disampaikan dan membuat emoji terkait kata-kata tersebut. Contohnya, tebak judul lagu dari emoji. Untuk menebang lagu berjudul Kolam Susu, kamu bisa menyisipkan emoji kolam dan susu. Siap-siap hafalkan banyak judul lagu, ya!

9. Tebak Foto

Selain tebak emoji, kamu juga bisa mencoba game tebak-tebakan lainnya, salah satunya “tebak foto”. Seperti namanya, peserta diminta untuk menebak foto tertentu seperti foto bagian wajah dari anggota tim untuk ditebak anggota lain. 

10. The Egg Drop

Permainan outbound indoor lainnya yang layak untuk dicoba adalah “the egg drop”. Dalam permainan ini, para peserta dibagi ke dalam tim yang beranggotakan tiga atau lima orang. Setiap tim nantinya akan diberi sebutir telur mentah dan diinstruksikan untuk menempatkan semua alat dalam satu tumpukan.

Setiap tim hanya memiliki waktu 15-30 menit untuk membuat sebuah alat yang dapat melindungi telur ketika dijatuhkan. Setelah waktu habis, jatuhkan telur beserta alatnya dan lihat hasilnya.

11. The Perfect Square

Selanjutnya, ada “the perfect square” yang masuk rekomendasi Bob kali ini. Fun game outbound ini dimulai dengan menginstruksikan pemain berdiri di dalam lingkaran sambil memegang tali. Lalu, semua peserta diminta untuk memakai penutup mata dan menaruh tali di lantai. Kemudian, setiap orang mundur sedikit dari lingkaran untuk setelahnya maju dan berusaha membentuk sebuah kubus tanpa membuka penutup mata.

Kegiatan outbound akan makin seru jika bisa disesuaikan dengan semangat dan keinginan para peserta. Sayangnya, banyak penyedia paket outbound yang tidak bisa memberikan keleluasaan ini.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena Bobocabin siap membantu kamu dalam menyelenggarakan outbound yang lebih personalized. Tak hanya dikostumisasi, Bobocabin juga menawarkan berbagai paket, mulai dari untuk komunitas, keluarga, kantor, hingga sekolah. Menarik, bukan? Yuk, unduh aplikasi Bobobox di ponselmu dan baca informasi lebih lanjutnya lewat link ini, ya, kak!

 

Penulis: Emier Abdul Fiqih

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles