permainan outbound di pantai

Sudah Coba 13 Permainan Outbound di Pantai Ini? Asyik, lho!

Outbound di pantai adalah cara yang seru untuk menggabungkan memperkuat hubungan antar anggota tim sambil menikmati keindahan alam. Dengan pasir di bawah kaki dan suara ombak sebagai latar belakang, kegiatan outbound di pantai membuat suasana jadi lebih santai.

Saat merencanakan kegiatan outbound di pantai, pastikan kamu memilih permainan yang interaktif. Di artikel ini, Bob akan membahas 13 permainan outbound di pantai yang bisa membuat acara kamu menjadi lebih menarik dan memuaskan.

Rekomendasi Permainan Outbound di Pantai yang Seru dan Melatih Kekompakan Tim

1. Dragon Ball

permainan outbound di pantai

Photo: Adi Nugroho via Unsplash

Permainan ini melibatkan peserta yang dibagi menjadi beberapa tim. Masing-masing tim bertugas untuk mengumpulkan bola yang tersebar di area pantai. Setiap bola memiliki poin tertentu, dan tim dengan poin terbanyak akan menjadi pemenang.

Manfaat:

  • meningkatkan koordinasi tim,
  • mendorong strategi dan kecepatan.

2. Pijakan Kotak

Deskripsi: Peserta berdiri di atas beberapa kotak yang ditempatkan di pantai. Dalam jangka waktu tertentu, setiap peserta harus bergerak dari titik awal ke titik akhir dengan menggunakan kotak-kotak tersebut. Namun, peserta harus tetap berada di atas kotak dan tidak boleh menyentuh tanah.

Jika ada kotak yang jatuh atau peserta menyentuh tanah, tim harus kembali ke titik awal dan mulai lagi.

Manfaat:

  • meningkatkan kerja sama dan komunikasi,
  • mengasah keterampilan problem-solving.

Baca juga: Intip 14 Ide Hadiah Outbound yang Unik dan Menginspirasi!

3. Menara Gelas

Setiap tim diberikan set gelas plastik. Mereka harus membangun menara setinggi mungkin dalam waktu tertentu. Menara gelas tersebut harus berdiri dengan stabil dan tidak boleh digunakan untuk mendukung struktur lain.

Setelah waktu habis, menara yang dibangun akan diukur untuk menentukan tinggi total. Menara yang lebih tinggi dan stabil akan mendapatkan nilai lebih tinggi.

Manfaat:

  • meningkatkan kreativitas dan perencanaan,
  • mendorong kerja sama dalam tim.

4. Hujan Salju

Dalam permainan ini, setiap tim diberi sejumlah bola kapas (yang menyerupai salju) dan sendok. Salah satu anggota tim harus melempar bola kapas menggunakan sendok, kemudian anggota tim lainnya harus menangkap bola kapas menggunakan sendok mereka sendiri.

Tujuan permainan ini adalah untuk mengumpulkan sebanyak mungkin bola kapas tanpa menjatuhkannya. Tim yang dapat mengumpulkan dan menyimpan bola kapas terbanyak dalam waktu yang ditentukan akan menjadi pemenang.

Manfaat:

  • meningkatkan keterampilan motorik halus,
  • menciptakan suasana ceria dan penuh energi.

5. Tarik Tambang

Permainan klasik satu ini pasti sudah familiar di benak banyak orang. Permainan ini melibatkan dua tim yang bersaing untuk menarik tali ke arah mereka sendiri, dengan tujuan untuk memenangkan permainan dengan memindahkan titik tengah tali melewati garis yang ditentukan. 

Manfaat:

  • melatih kekuatan fisik,
  • melatih kekompakan tim.

Baca juga: 4 Contoh Rundown Acara Outing Class yang Seru & Bikin Kompak!

6. Instinct Memory

permainan outbound di pantai

Photo: Juli Kosolapova via Unsplash

Di pantai, permainan ini melibatkan menyebarkan objek atau gambar di area permainan, seperti kerang atau batu. Peserta diberi waktu singkat untuk mengamati objek-objek tersebut sebelum mereka ditutup atau dihilangkan dari pandangan. 

Setelah itu, peserta harus menggunakan ingatan mereka untuk menemukan dan mencocokkan objek sesuai petunjuk yang diberikan dalam waktu yang ditentukan.

Manfaat:

  • melatih kekuatan memori,
  • melatih konsentrasi dan fokus.

7. Raise Me Up

Dalam permainan ini, peserta membentuk kelompok dan harus saling membantu untuk mengangkat dan menahan seseorang di udara tanpa menyentuh tanah. Kelompok yang dapat mempertahankan posisi selama waktu yang ditentukan akan menjadi pemenang.

Manfaat:

  • melatih kekuatan fisik,
  • membangun kepercayaan antar anggota tim.

8. Star Helium

Deskripsi: Tim diberikan balon helium yang harus mereka tiup dan bentuk menjadi bintang. Tujuan permainan adalah menciptakan bentuk bintang terbesar dan paling stabil dalam waktu yang ditentukan.

Manfaat:

  • meningkatkan kreativitas dan keterampilan kerajinan tangan,
  • mendorong kolaborasi dan ide-ide kreatif.

Baca juga: 15 Rekomendasi Tempat Outbound di Sentul, Bogor, dan Sekitar Jawa Barat!

9. Stick Race

Peserta harus berlomba membawa stik kayu dari garis start ke garis finish tanpa menjatuhkan stik tersebut. Aturan penggunaan tongkat bisa bervariasi, seperti harus menyeimbangkan tongkat di atas kepala, di antara dua orang, atau di bawah kaki.

Tim atau individu yang berhasil mencapai garis finish dalam waktu tercepat dengan tongkat tetap pada posisi yang benar akan menjadi pemenang. Jika tongkat jatuh, tim harus memulai lagi dari garis start.

Manfaat:

  • meningkatkan keterampilan keseimbangan dan koordinasi,
  • memperkuat semangat persaingan yang sehat.

10. Dragon Race

Setiap tim harus membentuk “naga” dengan berpegangan pada tali yang diikat di pinggang. Tim berlomba untuk mencapai garis finish sambil menjaga formasi naga mereka agar tidak terputus.

Manfaat:

  • mengembangkan keterampilan kerjasama dan koordinasi tim,
  • menstimulasi kepemimpinan dan pengambilan keputusan.

11. Pipa Bocor

Tim harus menggunakan pipa bocor untuk memindahkan air dari wadah sumber ke wadah target. Air akan bocor keluar melalui lubang-lubang di pipa selama proses pemindahan. Tim harus merencanakan bagaimana cara terbaik untuk memindahkan air dengan mengurangi kebocoran dan memaksimalkan jumlah air yang sampai ke wadah target.

Tim yang berhasil mengisi wadah target dengan volume air terbanyak dalam waktu yang ditentukan akan menjadi pemenang. Jika beberapa tim memiliki volume air yang sama, tim yang mencapai hasil tersebut dalam waktu tercepat akan menang.

Manfaat:

  • mengasah keterampilan problem-solving dan kerja sama,
  • menyediakan latihan fisik yang menyenangkan

12. Banana Boat

outing - outbound - banana boat

Photo: Trung Cao via Unsplash

Setiap tim harus menggunakan bahan yang disediakan untuk merancang dan membangun “banana boat“. Bahan-bahannya bisa berupa karton, pelambung, plastik, tali, dan lain-lain. Boat harus dirancang agar cukup kuat dan stabil untuk menampung peserta.

Setelah boat selesai dibuat, tim akan menguji kekuatan dan stabilitas boat dengan menempatkan peserta di atasnya. Boat harus dapat menampung peserta tanpa tenggelam atau rusak selama waktu yang ditentukan.

Boat dinilai berdasarkan seberapa baik ia dapat menampung peserta tanpa tenggelam atau rusak. Penilaian ini dapat mencakup waktu boat dapat bertahan di air atau di darat. Desain boat juga diperhitungkan, termasuk bagaimana kreativitas dan inovasi diterapkan dalam pembuatan boat.

Manfaat:

  • mengembangkan keterampilan konstruksi dan desain,
  • memperkuat kerja sama tim dan kreativitas.

13. Flying Fish

Flying Fish adalah permainan di mana peserta harus membuat dan melempar “ikan” yang terbuat dari tali, kain, atau bahan lainnya. Ikan ini harus cukup ringan untuk dilempar dan ditangkap, tetapi cukup besar agar mudah terlihat.

Setelah ikan dibuat, satu anggota tim akan melemparkan ikan ke udara, sementara anggota tim lainnya harus menangkapnya dalam waktu yang ditentukan. Tim yang berhasil menangkap jumlah ikan terbanyak menjadi pemenang. Ikan yang jatuh dianggap gagal menyumbangkan poin.

Manfaat:

  • mengasah keterampilan koordinasi dan kecepatan,
  • menciptakan suasana yang menyenangkan dan energik.

Baca juga: 11 Permainan Outbound yang Bisa Dimainkan Indoor. Tak Perlu Khawatir Hujan Mengganggu!

Mau Outbound di Pantai Sekaligus Menginap di Akomodasi Super Nyaman?

Setapak Bobocabin Madasari

Photo: Bobobox Internal Asset

Outbound di pantai adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati waktu bersama tim dalam suasana yang menyegarkan. Bayangkan kamu dan tim seru-seruan di berbagai permainan outbound sambil menikmati semilir angin pantai, kemudian bersantai dalam akomodasi yang nyaman setelah hari yang penuh aktivitas. 

Jika kamu sedang mencari cara untuk menggabungkan pengalaman outbound di pantai dengan akomodasi yang nyaman, Bobocabin bakal jadi pilihan yang tepat! Di akomodasi ini, kamu bisa memesan paket outbound, sehingga kamu tidak perlu repot-repot menyiapkannya sendiri.

Tertarik untuk memesan akomodasi sekaligus paket permainan outbound di pantai dari Bobocabin? Download aplikasi Bobobox sekarang untuk melakukan reservasi. Dengan bantuan Bobocabin, pengalaman outbound kamu dan tim akan jadi kenangan tak terlupakan!

Gambar utama oleh: Tron Le via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles