foto: travelingyuk.com

Perkaya Wawasan Dengan Kunjungi Destinasi Wisata Budaya Toba Ini!

Destinasi wisata budaya Toba berikut ini bisa kamu kunjungi saat sedang bertandang ke Sumatera Utara. Apa sajakah objek wisata sejarah dan budaya yang bisa kamu jelajahi saat sedang berada di sekitaran Danau Toba? Berikut adalah informasinya!

1. Destinasi Wisata Budaya Toba: Museum Huta Bolon

  • Alamat: Jl. Pelabuhan Simanindo, Simanindo Sangkal, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara 22395, Indonesia
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: 10k
  • Akun Media Sosial: @museumhutabolonsimanindo

Destinasi wisata yang pertama adalah Museum Huta Bolon yang banyak menyimpan banyak barang bersejarah peninggalan Suku Batak Toba. Di sini kamu bisa melihat berbagai koleksi kain ulos dengan aneka motif, alat masak dari zaman dulu, senjata perang yang digunakan masyarakat di masa lampau, hingga mainan tradisional sampai alat berkebun.

Tak hanya koleksinya saja yang menarik, bangunan dari museum ini pun merupakan rumah adat Batak Toba warisan dari Raja Sidauruk yang sudah berusia ratusan tahun namun masih tampak rapi, kokoh, dan terjaga.

2. Destinasi Wisata Budaya Toba: Museum Tomok

Wisata Budaya Toba

Djawanews.com

  • Alamat: Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 20.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: 10 – 15k
  • Akun Media Sosial: @museumtomoksamosir

Beralih ke destinasi wisata selanjutnya kamu juga bisa memplejari budaya Sumatera Utara dengan mengunjungi Museum Tomok. Museum ini memiliki keunikan tersendiri karena bangunan museum ini menggunakan arsitektur rumah adat tradisional yang disebut sebagai Rumah Bolon. Rumah Bolon merupakan sebutan bagi rumah Adat Batak Toba khusus untuk raja dan anggota keluarganya. Di sini kamu bsia melihat langsung ukiran-ukiran dan ornamen khas Batak bernama gorga yang menjadi bagian dari bangunan museum.

Baca Juga: Kota Sibolga, Kota Terkecil Di Indonesia yang Menakjubkan!

3.Destinasi Wisata Budaya Toba: Museum Jamin Ginting

  • Alamat: Jalan Desa Suka, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 10.00 – 18.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: 5k
  • Akun Media Sosial: @museumjamingintings

Destinasi wisata berikutnya adalah Museum Jamin Ginting yang berlokasi tidak jauh dengan Danau Toba. Museum satu ini merupakan destinasi wisata sejarah yang menarik untuk kamu kunjungi salah satunya karena keunikan arsitektur bangunannya. bangunan Museum Jamin Ginting ini memiliki bentuk seperti kacang dan memiliki makna filosofis tersendiri. Bentuk bangunan yang terlihat seperti kacang ini menjadi simbol sesuatu yang akan melindungi isinya.

Oleh karena itu harapannya Museum Jamin Ginting ini juga bisa melindungi dan menjaga peninggalan dari sang pahlawan nasional. Menarik, ya! Di Museum Jamin Ginting ini kamu bisa menyaksikan secara langsung lebih dari 1000 koleksi benda kaya akan sejarah dan budaya yang dipamerkan di museum berlahan seluas 3.000 meter persegi ini.

4. Destinasi Wisata Budaya Toba: Museum Karo Lingga

Wisata Budaya Toba

Tribun Wiki

  • Alamat: Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
  • Jam Operasional: Senin – Jumat pukul 08.00 – 18.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: 10k
  • Akun Media Sosial: @museum_karolingga

Museum Lingga atau dikenal juga sebagai Museum Karo Lingga adalah destinasi yang sangat cocok untuk kamu kunjungi jika kamu ingin tahu lebih banyak soal budaya dan tradisi Karo. Museum Karo Lingga ini sudah buka sejak Juni 1989 dan terkenal dengan berbagai macam koleksi benda etnik Karo. Beberapa contoh koleksi benda etnik yang bsia kamu temukan diantaranya adalah capah atau piring kayu besar untuk sekeluarga, alat musik tradisional, alat memasak, koleksi foto bersejarah dan masih banyak lagi.

5. Destinasi Wisata Budaya Toba: Museum Simalungun

  • Alamat: Jalan Sudirman Nomor 20, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara
  • Jam Operasional: Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00
  • Harga Tiket Masuk: 30k
  • Akun Media Sosial: @simalungunfull

Wisata sejarah di Sumatera Utara yang tak boleh kamu lewatkan lainnya adalah Museum Simalungun. Museum Sumalungun ini dibangun pada tahun 1939 yang pada awalnya bernama Rumah Pusaka Simalungun. Lima belas tahun kemudian Rumah Pusaka Simalungun berganti menjadi Museum Simalungun di tahun 1954. Perubahan fungsi dan pembangunan Museum Simalungun ini tidak lain adalah untuk melestarikan adat dan budaya Suku Simalungun.

Wisata Budaya Toba

Direktori Pariwisata

Di museum ini kamu bisa melihat langsung sekitar 975 buah koleksi peninggalan budaya yang unik. Beberapa contoh koleksi utama dari museum ini antara lain adalah koleksi etnografi berupa peralatan rumah tangga dan koleksi keramikologis berupa porselen. Kamu juga bisa melihat koleksi numismatika berupa mata uang, koleksi naskah kuno yang terbuat dari raut kayu alim dan bambu anyam, koleksi arkeologi berupa arca, dan koleksi kerajinan tangan berupa ornamen yang dibuat dari kayu.

6. Destinasi Wisata Budaya Toba: Museum TB Silalahi

  • Alamat: Jl. Dr. TB. Silalahi No.88, Silalahi Pagar Batu, Kec. Balige, Toba, Sumatera Utara 20553
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:30 – 17:30
  • Harga Tiket Masuk: 5k – 10k
  • Website Resmi: www.tbsilalahicenter.com.

Destinasi wisata budaya yang terakhir adalah Museum TB Silalahi. Uniknya, Museum TB Silalahi ini terdiri dari dua bangunan yang berbeda. Bangunan yang pertama adalah bangunan museum khusus untuk Museum Batak yang memamerkan koleksi barang antik dan sejarah Batak. Sedangkan bangunan yang satunya lagi merupakan tempat untuk mengenang Letjen (Purn) DR TB Silalahi.

Jika kamu mengunjungi Museum Batak, di sana kamu bisa belajar untuk mengenal enam puak atau sub etnis Batak.Kamu bisa menyaksikan berbagai perhiasan, senjata, dan benda keperluan sehari-hari dari zaman dulu juga dipajang dengan rapi. Di bangunan kedua, kamu juga bisa melihat panel-panel yang berisi cerita hidup Letjen (Purn) DR TB Silalahi, koleksi senjata yang pernah digunakan, serta buku-buku yang menjadi koleksi TB Silalahi.

Baca Juga: Bangga! Ini Dia 20 Tempat Wisata Indonesia yang Terkenal dan Mendunia

Lepas Penatmu di Bobocabin Signature Toba!

Setelah puas menjelajahi wisata alam Danau Toba dan sekitarnya, saatnya kamu kembali ke Bobocabin dan manjakan diri kamu dengan berbagai fasilitas yang ada. Akomodasi yang berlokasi di area wisata Danau Toba ini memiliki dua pilihan cabin, yaitu deluxe dan family. Keduanya dilengkapi dengan kamar mandi dalam serta fasilitas lain khas Bobocabin seperti Wi-Fi, Smart Window dan B-Pad.

Untuk melengkapi keseruan kamu di tengah alam, Bobocabin juga memfasilitasi diri dengan fasilitas campire & barbeque hingga entertainment (board games dan proyektor film). Dengan kapasitas dan fasilitas tersebut, Bobocabin dapat menjadi pilihan utama bagi keluarga muda yang ingin mencari kesegaran di kawasan alam yang menyegarkan.

Kamu juga tidak perlu khawatir soal toilet dan kamar mandi saat menginap di Bobocabin, karena di Bobocabin telah tersedia toilet dan kamar mandi yang super bersih. Dengan kelengkapan fasilitasnya, konsep yang fresh dan lokasi yang indah, Bobocabin menjadi solusi bagi para pencari ketenangan maupun petualangan di tengah alam yang indah nan asri. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles