Sumber: @atjipto via Instagram

Ini Dia 8 Perayaan Imlek di Dunia, Meriah dan Spesial!

Perayaan Imlek di dunia memiliki banyak perbedaan di setiap negara. Ini menggambarkan keberagaman budaya perayaan Hari Imlek di berbagai penjuru dunia.

Meskipun sama-sama merayakan Tahun Baru Cina, negara-negara berikut ini merayakan hari raya Imlek dengan cara yang berbeda dan unik.

Beberapa negara merayakan Hari Imlek tanpa menjadikannya hari libur nasional, sedangkan beberapa negara lainnya merayakan Hari Imlek selama 2 hari bahkan satu minggu!

Seperti apa Hari Imlek dirayakan di berbagai penjuru dunia? Simak informasinya berikut ini, ya.

1. Perayaan Imlek di Dunia: Indonesia

Indonesia merayakan Hari Imlek sebagai salah satu hari libur nasional sejak tahun 2002 yang lalu.

Ketika hari Imlek tiba, umumnya rumah-rumah warga keturunan Tiongkok di Indonesia akan ramai oleh berbagai pernak pernik berwarna merah.

Selain itu, warga Indonesia yang merayakan Imlek juga kerap membeli pohon jeruk kecil sebagai hadiah untuk saudara atau kerabat dekat mereka.

Berbagai kudapan khas Imlek seperti kue keranjang, kue lapis, dan mie adalah beberapa contoh makanan yang wajib tersedia saat Imlek tiba. Apa makanan khas Imlek favorit kamu?

2. Malaysia

Sumber: Freepik

Malaysia merupakan negara lainnya di dunia yang merayakan hari Imlek dengan meriah. Kamu bisa menemukan banyak komunitas imigran dan warga keturunan Tionghoa di Malaysia.

Oleh karena itu, hari Imlek merupakan salah satu hari libur nasional di Malaysia.

Sama seperti di Indonesia, hari Imlek dirayakan dengan berbagai pertunjukan menarik seperti pertunjukan barongsai dan liong di jalanan.

Hari Imlek juga dirayakan di Malaysia dengan berkumpul bersama keluarga dan menikmati makanan tradisional Tiongkok.

Alih-alih jeruk, masyarakat keturunan Tiongkok di Malaysia saling memberikan buah nanas di hari Imlek. Sebab, nanas dipercaya sebagai simbol kebahagiaan dan pembawa keberuntungan.


Baca Juga: Nyam Nyam Nyam! 5 Makanan Khas Imlek Ini Akan Bikin Kamu Ngiler!


3. Perayaan Imlek di Dunia: Singapura

Sumber: Freepik

Singapura merupakan salah satu negara dengan populasi warga keturunan Tiongkok yang cukup banyak di dunia.

Nggak heran jika di Singapura Hari Imlek merupakan hari libur nasional yang diselenggarakan selama 2 hari.

Seperti di Malaysia, kamu bisa menemukan banyak pertunjukan barongsai di jalanan dan pernak-pernak berwarna merah di pusat perbelanjaan saat Hari Imlek.

Umumnya warga Singapura merayakan hari Imlek dengan kumpul keluarga, menghias rumah dengan hiasan khas Imlek, membakar petasan, dan membagikan hóng bāo atau angpau ke anak-anak.

Selain itu, Singapura juga memiliki sebuah kebiasaan unik yang dilakukan di Hari Imlek, yaitu memberikan hadiah berupa 2 buah jeruk di dalam kantong kertas halus.

Hadiah ini diberikan sebagai simbol keberuntungan yang datang secara berpasangan.

4. Vietnam

Sumber: en.vietnamplus.vn

Vietnam merupakan salah satu negara yang memiliki perayaan Hari Imlek yang unik di dunia. Faktanya, Hari Imlek dirayakan selama 3 hari atau bahkan satu minggu di Vietnam!

Dalam merayakan hari Imlek, warga Vietnam umumnya akan berkumpul bersama keluarga sambil minum-minum dan menikmati berbagai makanan khas Vietnam.

Beberapa makanan yang seringkali dinikmati selama hari Imlek di Vietnam di antaranya adalah manisan buah-buahan, banh chung (kue ketan berisi kacang dan daging babi), dan mang (sup rebusan rebung dan babi).

5. Filipina

Selanjutnya ada Filipina, yang sebelumnya hanya merayakan hari Imlek oleh masyarakat Tionghoa yang tinggal di Filipina saja.

Kini, hampir semua masyarakat umum di FIlipina bahkan ikut merayakan Hari Imlek.

Bagi kamu yang ingin merayakan Hari Imlek di Filipina, kamu bisa mengunjungi Distrik Binondo, Manila, yang menyelenggarakan Hari Imlek secara besar-besaran.

Sebab, Distrik Binondo di Manila ini merupakan salah satu kawasan pecinan tertua di dunia. Di sana, kamu bisa melihat berbagai macam pertunjukan Imlek yang menarik dan meriah.

6. Perayaan Imlek di Dunia: Kamboja

Kamboja tidak merayakan hari Imlek sebagai salah satu hari libur nasionalnya.

Meskipun demikian, masyarakat keturunan Tionghoa yang tinggal di Kamboja merayakan Hari Imlek dengan berkumpul bersama keluarga.

Ketika malam tahun baru tiba, mereka akan memasak berbagai makanan tradisional Tiongkok dan berdoa kepada leluhur sebagai tanda penghormatan.

7. Korea Selatan

Selain Kamboja, Korea Selatan juga merayakan Hari Imlek yang dikenal juga dengan nama Seollal.

Seperti halnya beberapa negara lain, masyarakat Korea merayakan Imlek dengan berkumpul bersama keluarga dan berdoa kepada leluhur.

Uniknya, masyarakat Korea Selatan akan merayakan Hari Imlek dengan menggunakan pakaian tradisional Korea bernama Hanbok.

Selain itu, berbagai makanan khas Imlek di Korea Selatan turut meramaikan Hari Raya Imlek. Beberapa di antaranya adalah tteokguk (sup kue beras), galbi jjim (iga rebus), dan jeon (pancake Korea).

8. Perayaan Imlek di Dunia: Jepang

Sumber: Freepik

Perayaan Imlek di dunia yang terakhir adalah perayaan Imlek di Jepang.

Umumnya perayaan Imlek di Jepang berpusat di beberapa daerah seperti China Town Nagasaki, Nankinmachi (pecinan Kobe), Osaka, dan Yokohama.

Hari Imlek bukanlah hari libur nasional di Jepang. Meskipun demikian, banyak wisatawan Tiongkok yang datang ke Jepang untuk merayakan Imlek.


Baca Juga: Murah dan Ramah Lingkungan, Coba 7 Inspirasi DIY Dekorasi Imlek Ini untuk Mempercantik Rumahmu!


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan.

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan: jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles