orang sedang menulis jurnal

Ini Dia 6 Cara Berdamai dengan Perasaan Negatif Saat Traveling

1. Mengatasi Perasaan Negatif Saat Traveling: Rencanakan Perjalanan

Kam bisa coba merencanakan perjalanan dengan baik sebelum pergi liburan, agar kamu bisa menangani munculnya berbagai masalah nggak terduga.

Membuat rencana mungkin terdengar sepele, tapi hal ini akan membuat kamu siap, tenang, dan percaya diri saat pergi berlibur.

Cobalah untuk membuat deadline untuk setiap tugas-tugas kecil seperti menjadwalkan penerbangan, menyusun itinerary, dan packing. Jangan ditunda-tunda, ya!

2. Pilih Pakaian yang Nyaman

Perasaan Negatif Saat Traveling:

Sumber: Freepik

Siapa sangka, ternyata memilih pakaian yang tepat dan nyaman dapat mencegah munculnya berbagai perasaan negatif yang muncul saat berlibur.

Jangan terlalu banyak memikirkan pakaian, tas, dan sepatu yang akan kamu gunakan saat traveling. Untuk mencegah munculnya rasa bingung dan stres, kamu bisa coba memilih pakaian yang nyaman dan nggak bikin ribet.


Baca Juga: Mengenal Jati Diri dengan Lebih Mendahulukan Perasaan Sendiri


3. Atasi Stresor Perjalanan Udara

Nggak semua orang memiliki pengalaman yang baik saat menggunakan transportasi udara. Hal ini bisa menjadi pengalaman menakutkan dan menegangkan bagi sebagian orang dan sangat wajar terjadi.

Belum lagi segala kesulitan yang kamu temukan selama akan menggunakan transportasi udara, membuat kamu semakin gundah dan stres.

Beberapa masalah yang umum terjadi adalah antrean panjang, kerumunan orang banyak, bandara besar dengan tata letak rumit, biaya bagasi, dan masalah keamanan yang benar-benar bisa meningkatkan stres.

Agar tidak stres, cobalah untuk mengatasi sumber stres tersebut dengan melakukan hal-hal yang bisa membuat perasaan nyaman.

Cobalah berkomunikasi dengan orang-orang yang kamu sayangi, mendengarkan musik favorit, membaca buku yang kamu suka, atau menikmati makanan dan minuman yang bikin kamu tenang.

Jangan lupa siapkan berbagai hal yang bisa dilakukan untuk menghibur diri demi meminimalkan stres kamu, ya.

4. Mengatasi Perasaan Negatif Saat Traveling: Buang Pikiran Negatif

Perasaan Negatif Saat Traveling:

Sumber: Freepik

Liburan nggak selalu mengenai kesenangan dan hal-hal yang membuat kamu tersenyum. Saat pergi berlibur, kamu juga harus menyiapkan diri menghadapi hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Kamu bisa coba menyiapkan diri dan bertanya pada diri sendiri mengenai skenario buruk yang mungkin terjadi sekaligus solusinya. Dengan begitu, kamu bisa lebih siap memulai liburan dengan segala tantangan yang ada.

Apa saja hal-hal realistis yang bisa terjai di luar rencana? Bagaimana jika transportasi yang akan kamu gunakan nggak bisa kamu temukan, kira-kira apa pengganti transportasinya?

Bagaimana jika di tempat tujuan nanti nggak ada pilihan makanan halal yang bisa kamu nikmati, bisakah kamu menyiapkan beberapa bekal dari rumah?

Dengan membuang pikiran-pikiran negatif dan fokus pada solusi, kamu dapat lebih tenang sekaligus lebih siap untuk memulai liburan kamu.

5. Mengatasi Perasaan Negatif Saat Traveling: Hindari Unrealistic Expectation

Saat kamu akan pergi liburan, kamu mungkin memliki sejumlah ekspektasi mengenai perjalanan liburan kamu.

Baik itu destinasi wisata yang akan kamu tuju, tempat menginap, makanan, warga di sekitar tempat tujuan, tranportasi, dan masih banyak lagi.

Harapan yang tinggi mengenai liburan kamu tersebut memang terasa membahagiakan walau hanya ada di dalam benak kamu saja. Ini memang terdengar sebagai sebuah pelarian yang indah.

Namun sayangnya, nggak sedikit tempat wisata hanya menunjukkan sisi-sisi positifnya saja tanpa menunjukkan sisi-sisi lainnya yang tidak kamu ketahui.

Jangan sampai harapan kamu yang tinggi membuat kamu mudah merasa kecewa dan sedih karena apa yang kamu dapatkan ternyata nggak sesuai harapan.

Untuk mengatasi perasaan negatif tersebut, cobalah untuk tidak memasang ekspektasi terlalu tinggi. Sebaliknya, kamu bisa coba bersikap fleksibel saat pergi berlibur.

6. Atasi Masalah Keamanan

apa itu detox digital

Sumber: Kinga Cichewicz on Unsplash

Cara mengatasi perasaan negatif yang traveling yang terakhir adalah dengan mengatasi masalah keamanan. Faktanya, ada banyak orang yang khawatir dengan keamanan di destinasi tertentu.

Mungkin saja destinasi tujuan kamu baru saja mengalami aktivitas teroris, penculikan turis, rampok, kerusuhan, atau dinilai tidak aman untuk dikunjungi wisatawan perempuan.

Hal ini wajar terjadi karena akan selalu ada tempat yang tidak aman di dunia ini, dan bahaya serta risiko dapat mengintai kamu.

Lalu ketakutan, kekhawatiran, dan keraguan membuat kamu merasa cemas dan stres. Beberapa orang bahkan dapat mengalami rasa ketakutan yang tidak rasional.

Untuk menangani timbulnya perasaan negatif tersebut, kamu bisa melakukan riset mendalam sat membuat keputusan lokasi traveling. Jangan lupa juga untuk melihat ulasan dari wisatawan lain yang dapat membantu kamu lebih tenang.


Baca Juga: Habis Liburan Justru Sedih? Mungkin Kamu Punya Post Holiday Syndrome


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan.

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles