Pantai Pangandaran Batu Hiu

Daya Tarik Pantai Pangandaran Batu Hiu, Ini Dia Rute dan HTM-nya!

Kabupaten Pangandaran sudah sejak lama terkenal sebagai destinasi wisata pantai favorit di Jawa Barat. Hal ini memang tidak mengherankan mengingat Pangandaran memiliki garis pantai yang cukup panjang, yaitu 91 km.

Dari banyaknya wisata pantai di sana, Pantai Pangandaran Batu Hiu termasuk salah satu yang paling populer dan sudah dikelola oleh pemda setempat. Dengan fasilitas memadai dan daya tarik yang memukau, Pantai Batu Hiu tentu wajib kamu singgahi saat berada di Pangandaran.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak banyak mengenai pantai ini, simak saja informasinya berikut ini!

Lokasi Pantai Batu Hiu Pangandaran

Lokasi Pantai Batu Hiu Pangandaran

Foto: portal.pangandarankab.go.id

Pantai Pangandaran Batu Hiu terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Lokasinya berjarak sekitar 7 km atau 10 menit dari Parigi, ibu kota Pangandaran. Dari Pantai Pangandaran, kamu bisa mencapainya dalam 14 km atau 20 menit berkendara.

Sebagai kawasan wisata yang sudah cukup populer, akses menuju Batu Hiu terbilang mudah: 

  • Jika datang dengan kendaraan pribadi, kamu bisa melaju menuju Jalan Baru Bulak Laut dari arah Pantai Pangandaran.
  • Lanjutkan perjalanan ke Jalan Merdeka dan Jalan Raya Cijulang.
  • Dari sana, kamu akan menjumpai papan petunjuk arah menuju Batu Hiu. Ikuti petunjuknya dan kamu pun akan sampai di pantai.

Sementara itu, jika kamu datang naik kendaraan umum, turunlah di Parigi. Lalu, lanjutkan perjalanan dengan ojek sekitar 10–15 menit ke Batu Hiu.

Alternatif lainnya adalah menaiki bus menuju Pantai Pangandaran. Dari sana, kamu bisa memilih menggunakan ojek atau angkutan umum (angkot) jurusan Pangandaran-Cijulang. 

Namun, angkot ini terbilang jarang sehingga kamu harus sabar menunggu. Dan, siap-siap jika angkot tidak bisa mengantar hingga ke pantai, alias setengah jalan saja.

Baca Juga: 3 Hari di Madasari: Surga Tersembunyi Pangandaran

Daya Tarik Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu termasuk ke dalam jajaran pantai di Kabupaten Pangandaran yang kerap dikunjungi banyak wisatawan. Daya tarik pantai satu ini memang tidak diragukan lagi, mulai dari batu karangnya yang seperti di Tanah Lot hingga pemandangan lautnya yang menenangkan.

1. Tanah Lot-nya Jawa Barat

Tanah Lot-nya Jawa Barat

Foto: ticmpu.id

Pantai Pangandaran Batu Hiu kerap kali dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat. Pantai ini memang memiliki batu karang dengan posisi menjorok ke lautan yang akan mengingatkanmu akan Tanah Lot di Pulau Dewata.

Uniknya, batu karang tersebut tampak seperti sirip ikan hiu, terutama jika dilihat dari kejauhan. Dari sanalah nama Batu Hiu berasal. Namun, kini bentuknya sudah tidak lagi mirip karena batuannya telah terkikis oleh ganasnya ombak Pantai Selatan.

Batu karangnya sendiri terbilang tinggi. Dari area bibir pantai, batu karang ini tampak seperti tebing terjal yang menjulang. Dengan lekukannya yang indah nan eksotis, batu karang ini pun sering kali dijadikan spot foto oleh para pengunjung.  

2. Ada Terowongan Hiu

Ada Terowongan Hiu

Foto: Inf Aku&Kau via Google Maps

Sebagai salah satu tempat wisata favorit di Pangandaran, Batu Hiu dilengkapi dengan fasilitas yang bisa menjadi magnet bagi para wisatawan. Saat memasuki kawasan pantai ini, kamu akan disuguhi “gapura” berbentuk lorong sekaligus menyerupai mulut ikan hiu.

Menariknya, mulut hiu ini juga dihiasi gigi tajam layaknya gigi ikan hiu sehingga secara keseluruhan tampilannya terasa begitu nyata.

Setelah memarkirkan kendaraan, kamu bisa melewati terowongan pendek tersebut yang tersambung dengan jalur menuju bukit batu karang Pantai Batu Hiu.

Bobocabin Bobobox

3. Memiliki Kisah Legenda

Memiliki Kisah Legenda

Foto: marta wibawa egamo via Google Maps

Selain menyuguhkan keindahan, Pantai Pangandaran Batu Hiu juga menyimpan legenda yang telah dikisahkan secara turun temurun. Konon, pada abad ke-11, pasukan Mataram di bawah pimpinan Aki Gede dan Nini Gede menemukan keberadaan pantai ini dari atas lautan.   

Setelah mendarat di pantai, mereka memutuskan untuk beristirahat lalu mencari makanan. Seorang prajurit bernama Ki Braja Lintang pun pergi mencari makanan lalu menangkap seekor hiu.

Namun, setibanya di tempat mereka beristirahat, Aki dan Nini Gede justru memerintahkan Ki Braja Lintang untuk melepaskan kembali hewan laut tersebut. Ketika dilepaskan, sang hiu berubah wujud menjadi batu hitam besar yang keberadaannya bisa kamu lihat hingga saat ini.

Baca Juga: Seram! 7 Pantai Angker di Indonesia Ini Punya Sejarah Mistis Lho!

4. Samudra Hindia yang Terbentang Luas

Samudra Hindia yang Terbentang Luas

Foto: Supriadi Hadi Mulyono via Google Maps

Pantai Pangandaran Batu Hiu merupakan bagian dari wisata Pantai Selatan yang terkenal dengan keganasan ombaknya. Oleh karena itu, berenang sangat dilarang. Namun, kamu masih bisa bermain air yang tergenang di pasir sambil berjalan-jalan di sekitar pantai.

Di samping itu, Batu Hiu menawarkan keindahan laut lepas Samudra Hindia yang begitu menyegarkan mata. Kamu bisa menikmati pemandangan yang terbentang luas ini dari area bibir pantai atau juga dari atas bukit karang.

Area bibir pantai mudah diakses setelah memarkirkan kendaraan. Sementara itu, untuk naik ke atas bukit, kamu bisa masuk melalui gerbang mulut hiu atau menaiki tangga yang sudah tersedia.

Jangan tanya bagaimana pemandangannya dari atas sana karena sudah pasti indah dan mengagumkan, apalagi jika datang di musim kemarau.

Kamu bisa melihat perpaduan deburan ombak yang menghantam sisi-sisi tebing dengan birunya langit yang seolah mencerminkan keindahan laut di bawahnya.  

5. Bukit Hijau untuk Piknik

Bukit Hijau untuk Piknik

Foto: Muhamad Aditya via Google Maps

Bukit Pantai Pangandaran Batu Hiu tak hanya menjadi sarana untuk melihat megahnya Samudra Hindia. Bukit ini juga spot yang asyik untuk berpiknik bersama keluarga maupun teman.

Bukitnya ditumbuhi dengan pohon-pohon pandan wong serta rerumputan hijau. Untuk memudahkan pejalan kaki, tersedia pula jalur setapak yang cukup lebar. Kamu pun bisa berjalan-jalan sambil mencari spot terbaik untuk menikmati pemandangan.

Hanya ada penjual makanan ringan di dalam area bukit. Kamu perlu keluar jika ingin mencari rumah makan atau restoran. Jadi, jika ingin berhemat dan agar lebih praktis, sebaiknya bawah sendiri bekal dari rumah. 

Selain untuk berpiknik, tidak sedikit juga pengunjung yang mencoba peruntungan dengan memancing ikan. Mereka biasanya memancing di area bukit yang lebih rendah dan dekat laut.

6. Sunset yang Indah

Sunset yang Indah

Foto: Khalifa Firza Khafif Ar Razi via Google Maps

Jika datang menjelang sore, kamu punya kesempatan menyaksikan perubahan langit biru yang berubah menjadi jingga kemerahan. Pemandangan indah dan memukau ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan, baik oleh mata maupun lensa kameramu.

7. Ada Penangkaran Penyu

Ada Penangkaran Penyu

Foto: elhuda mohammed via Google Maps

Pantai Batu Hiu memiliki sebuah penangkaran penyu yang ada di bawah pengelolaan Kelompok Pengawas Masyarakat Biota Laut (POKWASMAS).

Berdiri sejak 2003, penangkaran ini memberi kesempatan pada pengunjung untuk mengenal berbagai jenis penyu, termasuk penyu hijau, sisik, tempayan, dan pipih.

Jika datang di waktu yang tepat, kamu juga berpeluang mengikuti momen pelepasan tukik (anak penyu) ke laut lepas.

Harga Tiket Pantai Batu Hiu

Tiket masuk menuju Pantai Pangandaran Batu Hiu cukup beragam tergantung pada cara kedatanganmu:

  • Perorangan (pejalan kaki/pengguna angkutan umum): Rp9.000
  • Sepeda motor: Rp15.000
  • Mobil sedan/Jeep: Rp50.000
  • Minibus kecil: Rp75.000
  • Minibus besar: Rp110.000

Selain itu, biasanya ada tambahan untuk biaya parkir, mulai dari Rp5.000 per kendaraan.

Baca Juga: 9 Pantai Unik di Indonesia Ini Sering Jadi Destinasi Wisata. Yuk Intip!

Jam Buka Pantai Batu Hiu

Pantai Pangandaran Batu Hiu tidak membatasi jam kedatangan pengunjung. Kamu bisa datang kapan saja kamu mau, baik itu pagi, siang, sore, hingga malam. Hanya saja, para petugas tidak bekerja sepanjang waktu sehingga keamanan pun tidak bisa terjamin sepenuhnya.

Kebanyakan pengunjung biasanya datang pada pagi hari saat cuaca belum panas, bahkan sebelum matahari terbit, atau menjelang sore untuk berburu matahari terbenam.

Jika kamu datang di siang hari, sebaiknya bawa topi, payung, dan kacamata hitam untuk menghalau teriknya matahari. Selain itu, hindari berkunjung pada malam hari karena pantai sangat minim penerangan.

Fasilitas Pantai Batu Hiu

Fasilitas Pantai Batu Hiu

Foto: Iman Wahyudin via Google Maps

Seperti tempat wisata lainnya, Pantai Pangandaran Batu Hiu juga menyediakan beragam fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut meliputi:

  • tempat parkir yang luas
  • toilet
  • musala
  • penginapan
  • stan makanan ringan dan minuman, seperti mi dan kopi
  • toko oleh-oleh
  • gazebo
  • penangkaran penyu
  • penyewaan tikar, permainan anak, dan ayunan
  • Wi-Fi

Lepas Penatmu di Bobocabin Madasari!

Bobocabin Madasari

Bobocabin Madasari

Sebagai salah satu kawasan wisata favorit di Jawa Barat, Pangandaran menyediakan beragam penginapan untuk memberi kamu kenyamanan, seperti Bobocabin Madasari Pangandaran

Berlokasi selemparan batu dari pusat Pangandaran, Bobocabin satu ini akan memanjakanmu dengan pemandangan pantai dan hamparan laut biru langsung dari dalam kabin. Kamu juga berkesempatan untuk mengeksplorasi beragam seafood lezat di sekitarnya.

Yuk, unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: happytour.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles