pantai di sumba

15 Rekomendasi Pantai di Sumba yang Indah dan Wajib Kamu Kunjungi

Sumba merupakan salah satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang didominasi sabana. 

Namun, karena dikelilingi laut dan samudra, Sumba juga terkenal dengan keindahan pantai pasir putih hingga tebing eksotisnya. Ini menjadikan Sumba salah satu destinasi wisata yang cocok bagi para pencinta pantai.

Mulai dari pantai berpasir putih hingga berbakau, berikut ini adalah sepuluh rekomendasi pantai di Sumba yang terkenal indah dan wajib kamu kunjungi!

Pantai di Sumba yang Wajib Kamu Kunjungi

Pantai-pantai di Sumba merupakan surga tersembunyi yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Dari pasir putih yang lembut hingga ombak yang memukul dengan gagahnya, Sumba memiliki beragam pantai yang siap untuk dieksplorasi. Berikut adalah beberapa pantai di Sumba yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Mandorak

Pantai Tarimbang

Sumber: @fajarnasution via Instagram

Lokasi: Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya

Pantai Mandorak adalah salah satu pantai di Pulau Sumba dengan keindahan yang memesona sehingga wajib banget masuk bucket list kamu.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah keberadaan dua tebing karang yang saling berhadapan kurang lebih lima meter jau. Tebing ini seolah berperan sebagai pintu gerbang menuju pantai tersebut.  

Kedua tebing ini bisa kamu gunakan sebagai gardu pandang untuk menyaksikan lautan lepas di baliknya. Karena tidak tinggi, kamu bisa mendaki tebing kanan maupun kiri pantai dengan mudah.

Sesampainya di atas, kamua kan disambut pemandangan air laut yang kebiruan, hamparan pasir putih yang berkilau bak mutiara, dan pepohonan hijau.

Baca Juga: Cocok untuk Liburan, Inilah 10 Tempat Wisata Sumba yang Menarik

2. Pantai Walakiri

Pantai Watu Parunu

Sumber: @planetedia.6 via Instagram

Lokasi: Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur

Walakiri merupakan salah satu pantai indah di Sumba yang menjadi favorit para pemburu fotografi sunset.

Pantai satu ini memang menyuguhkan pemandangan sunset eksotis, terutama karena berpadu dengan pohon-pohon mangrove yang seolah tengah berdansa.

Pohon-pohon mangrove berbentuk unik ini bisa kamu dekati dan jadikan latar foto saat air tengah surut. Air surut juga membuat pantai tampak lebih luas; kamu mungkin dapat melihat sejumlah bintang laut kecil dan ubur-ubur.  

Sayangnya, pohon-pohon mangrove di Walakiri kini mulai mati karena kerap dinaiki sehingga membuat akarnya tercabut.

Pantai yang terletak di Sumba ini semakin menarik berkat keberadaan pohon besar yang telah mati dan mengering di pinggir pantai. Pohon kering ini pun kerap menjadi sasaran foto para pengunjung.

Bobocabin Bobobox

3. Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang

Sumber: indonesiakaya.com

Lokasi: Desa Tarimbang, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur

Selain terkenal sebagai pantai untuk berselancar, Tarimbang juga menyuguhkan berbagai pesona yang sayang dilewatkan.

Pasir putihnya yang lembut berbaur dengan indahnya air laut yang jernih dan kebiruan, tak ayal mengundang decak kagum tanpa henti dari para pengunjung.

Garis pantainya sendiri terbilang panjang, yakni membentang sepanjang 3 km dengan bentuk melengkung. Di sekelilingnya terdapat perbukitan dan tebing tinggi berselimutkan tanaman hijau yang semakin memanjakan mata.

Pantai di Sumba ini semakin menarik berkat keberadaan pohon besar yang telah mati dan mengering di pinggir pantai. Pohon kering ini pun kerap menjadi sasaran foto para pengunjung.

4. Pantai Watu Parunu

Pantai Watu Parunu

Sumber: @anubae via Instagram

Lokasi: Desa Lainjanji, Kecamatan Wulla Waijelu, Kabupaten Sumba Timur

Pantai Watu Parunu menyuguhkan beragam spot indah dan menarik dalam satu tempat. Salah satu yang paling khas adalah batu berlubangnya.

Di tempat ini, sedikitnya ada lima batu berlubang unik—dua di antaranya berukuran cukup besar—yang bisa kamu lihat. Saat air laut surut, kamu bisa melewati batu berlubang ini untuk melihat pemandangan lainnya yang tak kalah unik.

Sebagai informasi, Pantai Watu Paranu memiliki tebing tinggi yang terbentuk dari susunan berbagai jenis batuan. Melalui proses alam, dinding tebing tersebut membentuk pola guratan yang meliuk-liuk, seakan mengikuti irama deburan ombak di sekitarnya.

Lukisan alam mengagumkan inilah yang akan kamu saksikan setelah berjalan melewati batu berlubang. Lokasinya berada di ujung barat pantai.

5. Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kambera

Sumber: mondu.desa.id

Lokasi: Desa Mondu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur

Pemandangan hamparan pasir putih dan birunya laut sudah pasti membuat kamu terkagum-kagum, apalagi ditambah deretan pohon cemara di sepanjang pesisir pantainya.

Hal itulah yang akan menyambut kunjunganmu ke Pantai Puru Kambera.

Selain indah, deretan pohonnya akan memberimu kesejukan di bawah teriknya matahari pantai. Kamu bisa berteduh sambil menikmati siliran angin pantai atau berpiknik.

Karena ombaknya relatif tenang, berenang dan snorkeling menjadi pilihan kegiatan lain yang bisa kamu lakukan saat berada di Puru Kambera.

Jika kamu ingin menyaksikan keindahan pantai dari atas, kamu bisa beralih menuju padang sabana Puru Kambera yang berjarak sekitar sebelas kilometer dari pantai.

Baca Juga: Daya Pikat Tenun Ikat Sumba, Butuh 42 Langkah untuk Membuatnya

6. Pantai Pero

Pantai Pero

Sumber: tripadvisor.co.id

Lokasi: Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya

Karena ombaknya cukup besar dan memanjang, Pantai Pero menjadi salah satu lokasi favorit para peselancar. Tak heran jika banyak wisatawan asing yang sengaja datang untuk menerjang ombak Pantai Pero.  

Pantai di Sumba ini juga menjadi lokasi favorit wisatawan dan warga sekitar untuk menyaksikan indahnya matahari tenggelam. Memasuki sore hari, pantai akan mulai ramai pengunjung yang berburu sunset.

Karakteristik lainnya yang tak kalah menarik dari Pantai Pero adalah keberadaan batuan karang yang tersebar di sekitar panta dan fenomena water blow.

Karena tampilannya eksotik, batu karang tersebut kerap kali dijadikan spot foto oleh para pengunjung. Sementara itu, water blow adalah fenomena semburan air laut yang terjadi karena terjangan ombak yang menghantam batu karang.

7. Pantai Watu Bela

Pantai Watu Bela

Sumber: liburanyuk.co.id

Lokasi: Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat

Pantai lainnya yang wajib banget kamu datangi saat ke Sumba adalah Watu Bela. Saking indahnya, banyak wisatawan menjuluki pantai ini “potongan surga yang ada di Bumi”.

Pasalnya, pengunjung memang akan dimanjakan hamparan pasir putih bak salju yang berpadu dengan birunya laut dan hijaunya pepohonan.

Bukan cuma itu, di bagian kiri dan kanan pantai yang berbentuk seperti teluk ini juga terdapat tebing karang tinggi.

Menariknya, dinding tebing di sisi kanan didominasi oleh batuan kapur putih yang eksotis. Tempat ini pun selalu menjadi spot foto favorit pengunjung

Saat air surut, kamu bisa menyusui bagian bawah tebing karang yang berbentuk seperti gua alam.

8. Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu

Sumber: @_ninalazic_ via Instagram

Lokasi: Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat

Nihiwatu merupakan sebuah pantai pribadi dengan garis pantai yang membentang sepanjang 2,5 km.

Pantai di Sumba ini memiliki pasir putih dengan air laut jernih serta ombak ganas yang menjadi favorit para peselancar dari berbagai penjuru dunia.

Ombak di Nihiwatu memang termasuk salah satu yang tercepat di dunia dan tentunya salah satu yang terbaik di Indonesia.

Demi keamanan dan kenyamanan, pantai ini membatasi jumlah peselancar sebanyak sepuluh orang saja dalam satu waktu.

Selain jumlah peselancar, pengelola pantai juga membatasi jumlah pengunjung yang datang agar kebersihan dan keindahan pantai tetap terjaga.  

Berselancar bukan satu-satunya aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini. Pantai Nihiwatu juga menyediakan atraksi berupa trekking, bersepeda, berkuda, diving, snorkeling, serta berkunjung ke air terjun.

9. Pantai Marosi

Pantai Marosi

Sumber: @compau via Instagram

Lokasi: Jln. Marosi, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat

Marosi merupakan sebuah pantai di Sumba yang membentang sepanjang tiga kilometer.

Karena posisinya menghadap langsung ke Samudra Hindia, ini pun juga menjadi salah satu tempat selancar terbaik di Sumba. Tak heran jika Marosi menjadi favorit para peselancar yang biasanya datang antara bulan Mei–September.

Pesona Marosi tentu tidak sampai di situ saja. Pantai ini dikelilingi oleh sabana dan jejeran pohon kelapa yang membuat suasana begitu hijau dan menyegarkan.

Di sisi kanan pantai, kamu bisa melihat pemandangan tebing yang seolah berkejaran ke arah laut. Selain itu, ada juga sebuah atol besar di tengah laut serta formasi batuan unik yang hanya bisa kamu lihat saat air surut.

Baca Juga: Liburan Makin Seru, Ini 5 Tips Liburan ke Sumba yang Perlu Kamu Tahu

10. Pantai Ratenggaro

Pantai Ratenggaro

Sumber: direktoripariwisata.id

Lokasi: Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya

Berlokasi tak jauh dari Desa Adat Ratenggaro, Pantai Ratenggaro menyuguhkan perpaduan wisata budaya dan alam yang cantik.

Desa adat ini terkenal dengan makam batu yang beberapa di antaranya berada di tepian pantai, serta rumah adatnya yang menjulang hingga 15–30 meter.

Meski tidak berkunjung ke desa adat Ratenggaro, kamu masih bisa menyaksikan kemegahan puncak rumah adatnya dari pantai.

Pesona lain dari Pantai Ratenggaro adalah pasir putihnya yang halus seperti butiran gula dan beberapa titiknya yang membentuk gosong.

Gosong atau pasir timbul di pantai satu ini memiliki panjang hampir 200 meter. Fenomena alam ini bisa kamu saksikan saat air laut sedang surut, biasanya terjadi saat pagi hingga siang hari.

11. Pantai Bwanna

Lokasi: Kecamatan Kodi Balagar, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Pantai Bwanna atau yang sering disebut juga Pantai Banna merupakan destinasi yang tidak boleh dilewatkan jika kamu liburan ke Sumba. Pantai yang berada di kecamatan Kodi Balagar, Kabupaten Sumba Barat Daya ini mempunyai tebing yang tinggi. Bagian tengah dari tebing ini berlubang, sehingga cocok menjadi spot foto ketika liburan ke Sumba ini.

Untuk mencapai pantai ini, dibutuhkan perjuangan saat turun. Akan tetapi, lelah kamu akan terbayarkan dengan pemandangan yang cantik. Selain itu, pantai Bwanna juga masih belum terlalu ramai, sehingga kamu bisa menikmati waktu liburan di sini dengan tenang dan santai.

12. Pantai Londa Lima

Pantai Londa Lima

Sumber: ksmtour.com

Lokasi: Desa Kutta, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang cantik dan indah, karena berpadu dengan air laut yang tenang.

Pohon-pohon rindang di tepi pantainya juga semakin menambah keindahan dari pantai ini. Karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Waingapu, pantai ini menjadi tempat favorit wisatawan maupun warga lokal.

13. Pantai Kowana

Lokasi: Desa Wee Londa, Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Pantai Kowana memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan air laut yang bening berwarna biru. Pemandangan Pantai Kawona ini menjadi magnet bagi para wisatawan, karena keindahannya.

14. Pantai Mananga Aba

Lokasi: Desa Karuni, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Pantai Mananga Aba merupakan destinasi yang wajib dikunjungi jika kamu berada di Sumba, keindahan pantai ini yang memiliki pasir putih yang halus dan bersih serta air laut yang jernih yang bergradasi biru. Ombak di pantai ini tergolong kecil, sehingga aman untuk berenang dan snorkeling.

15. Pantai Katundu

Lokasi: Desa Pramadita, Dusun Katundu, Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur.

Pantai Katundu ini termasuk pantai tersembunyi di Sumba, tetapi itu tidak berarti pantai ini tidak indah. Bebatuan dengan berbagai ukuran yang tersebar menambah keunikan pantai ini. Ombak di pantai ini cukup besar sehingga cocok buat yang suka selancar. Jika surut kamu bisa menikmati kegiatan snorkeling dan diving di pantai ini.

Baca Juga: Jenis-Jenis Transportasi untuk Menjelajahi Sumba

Tubuh Lelah Setelah Berwisata? Recharge Energimu di Bobocabin!

Tubuh Lelah Setelah Berwisata Recharge Energimu di Bobocabin!

Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik dunia, Sumba menyediakan berbagai macam penginapan agar kamu bisa recharge energi setelah seharian berwisata.

Berlokasi di atas tebing, Bobocabin Umarato Sumba menawarkan pemandangan laut memukau yang bisa kamu saksikan langsung dari dalam kabin.

Berpadu dengan suara ombak yang beralun lembut, angin laut yang menyegarkan, dan cakrawala yang seolah tak berujung, pengalaman menginapmu tak akan terlupakan.

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: @febiyanr via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles