pulau sumba

Paket Outing Sumba dan 3 Lokasi Terfavorit untuk Outbound Seru

Sudah bukan rahasia umum bahwa wilayah Timur Indonesia punya bentang alam yang luar biasa cantik, seperti di Pulau Sumba.

Pulau Sumba, bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, memiliki hamparan padang rumput yang luas, bukit-bukit kapur yang berdiri kokoh, serta pantai pasir putih yang menjadi daya tarik bagi peselancar.

Berkat keindahan alamnya, Pulau Sumba menjadi salah satu tujuan utama bagi mereka yang ingin menyelenggarakan acara outing atau outbound. Apakah kamu salah satunya?

Di artikel ini, Bob akan membantu kamu mencari tahu lokasi terbaik untuk dimasukkan ke paket outing Sumba kamu, lengkap dengan contoh itinerary acara outbound Sumba. Yuk, simak sampai akhir!

Pengertian dan Manfaat Outing

foto tim outbound

Foto: Dok. Bobocabin

Outing adalah program kelompok yang melibatkan perjalanan atau aktivitas di luar lingkungan peserta sehari-hari. Biasanya, sih, outing dilakukan di alam terbuka. Kegiatan ini dapat berupa kunjungan ke tempat-tempat wisata, olahraga, atau sekadar piknik. 

Bukan sekadar jadi ajang seru-seruan, outing bisa membawa berbagai manfaat bagi kamu dan peserta outing lainnya, seperti mempererat hubungan interpersonal, meningkatkan kerja sama, dan melatih skill kepemimpinan.

3 Rekomendasi Lokasi Outing Sumba

Saat memilih paket outing Sumba, pastikan lokasi outing tersebut cocok untuk aktivitas outdoor dan memiliki fasilitas yang memadai. Hal ini penting supaya acara kamu lancar dan berkesan.

Nah, penasaran nggak, tempat-tempat apa saja yang cocok untuk acara outbound Sumba? Supaya nggak salah pilih, simak daftar rekomendasi Bob di bawah ini, ya!

1. Bukit Mondu

bukit mondu

Foto: Robert Ropo via kupang.tribunnews.com

Pulau Sumba dijuluki Negeri Seribu Bukit karena banyaknya jumlah bukit di pulau ini. Salah satu bukit yang menjadi incaran wisatawan adalah Bukit Mondu yang berada di kawasan Sumba Timur.

Kamu dan peserta outing lainnya bisa trekking ke puncak bukit lewat jalur pendakian yang relatif aman untuk pemula. Sesampainya di puncak, kamu bisa melihat hamparan sabana, kuda-kuda yang sedang merumput, serta jalan raya yang menyerupai huruf S.

Bob sarankan untuk trekking ke puncak pada sore hari saat langit sedang cerah supaya kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang luar biasa. Jangan lupa bawa kamera, ya!

2. Danau Weekuri

danau weekuri

Foto: Yanandriyan via tripsumba.com

Jika kamu suka wisata air, Danau Weekuri adalah tempat yang harus ada di paket outing Sumba kamu. Berlokasi di kawasan Sumba Barat Daya, danau ini merupakan danau alami berisi air laut yang merembes melalui karang.

Kamu bisa snorkeling untuk melihat beragam ikan dan terumbu karang yang cantik. Selain itu, kamu juga bisa trekking atau hiking di sekitar danau, naik kayak, atau menyewa perahu.

Saat menjelajahi kawasan danau, kamu akan menemukan bebatuan di pinggir danau yang membentuk gua. Di dalamnya, kamu akan disambut oleh deretan stalaktit dan stalagmit di lantai dan langit-langit gua. Keren, kan?

3. Bobocabin Umarato

bobocabin umarato sumba

Foto: Dok. Bobocabin

Mencari penginapan berfasilitas lengkap yang sekaligus menyediakan paket outing Sumba? Bobocabin Umarato jawabannya!

Selain menawarkan pengalaman beristirahat di tengah alam Sumba dengan fasilitas yang nyaman dan lengkap, kamu juga tidak perlu repot-repot mengurus acara outing sendiri. 

Paket outing Sumba dari Bobocabin Umarato akan memfasilitasi kamu dan tim untuk melakukan berbagai aktivitas outdoor yang seru, mulai dari hiking sampai berkuda.

Pengalaman menginap dijamin lebih seru karena kabinmu berjarak selemparan batu saja dari banyak pantai sekaligus. Pantai Nihi Oka, Pantai Pahiwi, dan Pantai Nihiwatu, semuanya berjarak empat hingga lima kilometer saja dari Bobocabin Umarato.

Contoh Itinerary Paket Outing Sumba

Berikut adalah contoh itinerary acara outing Sumba yang bisa kamu jadikan referensi. Silakan disesuaikan dengan jadwal dan selera peserta outbound, ya!

view pegunungan

Foto: Febiyan via Unsplash

07.30 – 08.30: Sarapan dan sesi pembukaan di Bobocabin Umarato

08.45 – 09.15: Sesi ice-breaking

09.15 – 09.45: Perjalanan ke Pantai Pahiwi

09.45 – 11.00: Bermain voli di Pantai Pahiwi

11.00 – 12.30: Snorkeling

13.00 – 14.00: Makan siang di restoran terdekat

14.15  – 15.30: Mempelajari budaya masyarakat setempat di Kampung Adat Praigoli

16.00 – 17.00: Berkuda

17.00 – 18.00: Acara bebas

18.15 – 19.00: Makan malam

19.00 – 21.00: Acara api unggun

Siap Bersenang-Senang di Bobocabin Umarato?

bobocabin umarato

Foto: Dok. Bobocabin

Pengalamanmu di Sumba pasti akan lebih berkesan dengan adanya penginapan nyaman dan berfasilitas lengkap. Saatnya jatuhkan pilihanmu ke Bobocabin Umarato, penginapan keren berkonsep glamping yang sekaligus menyediakan paket outing Sumba.

Kamu bisa unduh aplikasi Bobobox untuk memperoleh informasi terbaru soal promo, ketersediaan kamar, dan lain-lain dari Bobocabin. Selain itu, pilih juga paket outbound kesukaanmu.

Saatnya berkemas dan merasakan serunya outbound di tengah keindahan alam Pulau Sumba!

 

Foto header: Itchy Feet via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles