DSC01192

Permainan Outbound Anak yang Aman, Seru & Edukatif. Gak Hanya Seru-Seruan Doang!

Berlibur bersama anak bukan hanya tentang bersantai, tetapi juga tentang momen berharga untuk mengembangkan diri. Outbound menjadi pilihan tepat untuk mengisi waktu liburan yang menyenangkan dan penuh edukasi.

Lewat berbagai permainan menarik, anak-anak diajak untuk aktif bergerak, melatih mental, dan mengasah kecerdasan. Di sini, mereka bukan hanya bermain, tetapi juga belajar memecahkan masalah, bekerja sama, dan meningkatkan rasa percaya diri.

Outbound bisa dilakukan secara individu atau kelompok. Lewat outbound, anak-anak bisa belajar bersosialisasi dan bekerja sama dengan teman sebaya mereka. Untuk itu, kamu perlu mencari tempat yang bisa memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra bagi anak-anak ketika outbound. 

Bobocabin punya paket Bobocabin for School yang rasanya cocok untuk kamu pilih. Di luar itu, kamu juga perlu mencari permainanan yang tepat untuk anak-anak. Berikut ini beberapa ide permainan outbound seru dan aman yang bisa dijadikan inspirasi.

1. Blind Retriever

Ide permainan outbound anak pertama yang masuk daftar Bob adalah blind retriever. Permainan ini bisa dilakukan oleh minimal empat orang anak secara berpasangan. Lalu, dua peserta diminta untuk berdiri di depan garis start sambil ditutup matanya. Sementara itu, dua orang lainnya bertugas untuk mengarahkan pasangannya agar bisa mengambil mainan yang diletakkan di garis finish.

2. Bola Estafet

Sering dimainkan untuk permainan 17 Agustusan, bola estafet cocok juga untuk dijadikan permainan outbound anak. Dalam permainan ini, setiap tim diinstruksikan untuk memegang sendok di mulut mereka yang kemudian dibagi jadi dua kelompok, kanan dan kiri. Lalu, masing-masing tim berusaha memindahkan bola pingpong dari sebelah kiri ke sebelah kanan dan sebaliknya hingga semua anggota tim ikut bermain.

3. Cari Temanmu!

Keseruan yang didapat dari game outbound tentunya akan sulit untuk dilupakan ketika dimainkan ramai-ramai. Hal ini yang berlaku saat kamu mencoba permainan cari temanmu! Cara mainnya pun sangat mudah. Saat fasilitator mengatakan “find a friend”, maka peserta harus berlari dan menemukan satu teman untuk berpasangan. Setelah itu, mereka harus saling memegang telinga pasangannya dengan tangan menyilang. Setiap kali fasilitator mengatakan “find a friend”, peserta harus mencari pasangan baru. Peserta yang tidak mendapatkan pasangan akan dinyatakan kalah.

4. Human Alphabet

Mengenalkan huruf pada anak-anak sambil bermain adalah cara belajar yang tidak hanya efektif, tetapi juga menyenangkan. Untuk memainkan human alphabet, kamu perlu membagi peserta ke dalam beberapa kelompok yang minimal terdiri dari tiga orang anggota. Lalu, siapkan flashcard berisi semua alfabet. Pilih secara acak flashcard-nya dan acungkan ke atas. Minta anak-anak untuk membuat huruf yang diacungkan menggunakan badan mereka sambil meneriakan hurufnya.

5. Kapal Pecah

Ketangkasan adalah hal penting yang wajib diajarkan kepada anak-anak, termasuk lewat outbound. Kamu bisa mengasah skill tersebut kepada anak lewat permainan kapal pecah. Permainan outbound anak ini bisa dimainkan dengan mudah karena hanya butuh beberapa lembar koran. Setiap anggota tim harus berdiri di atas koran tersebut hingga penuh. Anggota yang tidak mendapatkan tempat di dalam koran tersebut akan diberi hukuman.

6. Melompat ke Atas Angka

Melompat ke atas angka adalah game yang bisa dimainkan di permukaan lantai yang halus, tetapi tidak licin. Kamu bisa menggunakan empat buah stiker bertuliskan angka, seperti angka 2, 4, 1, dan 6. Sebagai alternatif, kamu bisa mengganti stiker dengan kertas manila yang sudah dituliskan angka. Sebagai contoh, pertama-tama, kamu memberi instruksi dengan mengucapkan angka seperti 1, 6, 4, dan 2. Setelah mendengar instruksi, peserta harus melompok dari posisi awal menuju stiker bertuliskan angka 1, 6, 4, dan 2 secara berurutan hingga mencapai garis finish.

7. Memindahkan Karet

Bagi yang ingin melatih kesabaran anak-anak, Bob punya ide permainan outbound anak yang pas untuk dimainkan. Permainan yang dimaksud adalah memindahkan karet.

Seperti namanya, cara main dari permainan tersebut adalah memindahkan karet gelang menggunakan sedotan yang sudah digigit. Karet gelang dipindahkan secara estafet melalui sedotan hingga orang terakhir.

8. Memindahkan Mangkuk Berisi Air

Sebenarnya, permainan outbound anak SD tidak hanya ditujukan untuk anak-anak saja. Ada juga game yang justru wajib dimainkan bersama orang tua atau guru. Salah satunya adalah memindahkan mangkuk berisi air. 

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu karpet berukuran 30×60 cm dan sebuah mangkuk berisi air. Kemudian, anak dan orang tua bertugas memindahkan mangkuk berisi air dengan karpet tersebut dari garis start ke garis finish. Siapa yang paling cepat mengisi mangkuk dengan penuh akan jadi pemenangnya.

9. Mendorong Ban atau Roda

Di beberapa momen, kamu ingin mengadakan team building permainan outbound anak yang praktis, tetapi tetap seru. Jika itu yang ingin kamu dapatkan, kamu dapat memainkan game mendorong ban atau roda.

Dari namanya, kamu sudah bisa menebak cara mainnya. Mulanya, siapkan dulu sebuah ban atau roda bekas. Sebelumnya, pastikan jika ban yang digunakan tidak terlalu berat karena permainan ini ditujukan untuk anak-anak. Nah, tugas peserta adalah mendorong ban tersebut dari garis start menuju garis finish. Peserta tidak boleh menjatuhkan ban ketika mendorongnya.

10. Tarik Tambang Lumpur

Bisa dibilang tarik tambang lumpur adalah permainan outbound yang mirip dengan tarik tambang pada umumnya. Hanya saja, perbedaannya terletak pada arena mainnya, yaitu di area berlumpur. Anak-anak hanya perlu dibagi ke dalam beberapa tim dengan jumlah dan perawakan yang seimbang. Lalu, dua tim akan beradu untuk menarik tambang hingga mencapai garis yang telah ditentukan.

11. Tebak Gambar

Tebak gambar adalah permainan yang sering dimainkan ketika outbound. Seperti namanya, game tersebut mengharuskan anak untuk menebak gambar yang dibuat oleh temannya. Supaya makin menarik, permainan ini dilakukan oleh tiga orang atau lebih. Orang pertama akan menggambar objek tertentu di punggung orang kedua. Lalu, orang kedua akan membuat gambar di punggung orang ketiga. Nantinya, orang ketiga atau orang terakhir ini yang harus menebak gambar yang dimaksud.

12. Telur Jatuh

Telur jatuh adalah permainan outbound anak SD yang tidak ada salahnya untuk dicoba. Game ini terdiri dari tiga hingga lima orang untuk tiap tim. Masing-masing tim hanya punya waktu 15-30 menit untuk membuat sebuah alat yang berfungsi untuk melindungi telur ketika nanti dijatuhkan. Saat waktu habis, telur ditempatkan di alat tersebut dan dijatuhkan dari tempat yang tinggi. Tim yang berhasil membuat telurnya tidak pecah akan menjadi pemenangnya.

13. The Holey Pipe

Permainan outbound seru lainnya adalah the holey pipe. Permainan ini dimulai dengan membagi peserta ke dalam beberapa kelompok. Setelah itu, masing-masing anggota kelompok punya tugas masing-masing. Ada yang bertugas untuk menutup lubang pipa yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu, ada juga yang bertugas untuk mengambil air dan mengisi pipa. Pemenangnya adalah tim yang mampu mengisi pipa dengan air tercepat.

14. Transfer Air

Rekomendasi outbound anak TK terakhir dari Bob adalah transfer air. Kamu hanya membutuhkan beberapa mangkuk plastik yang dikaitkan ke kepala dengan tali dan dua buah ember besar. Lalu, bagi peserta ke dalam tim yang berisikan tiga orang saja. Masing-masing peserta punya tugasnya masing-masing. Anggota pertama bertugas mengisi air ke dalam mangkuk peserta. Anggota kedua memiliki tugas untuk menahan dan mengoperkan air yang diterima dari anggota pertama ke anggota terakhir. Lalu, peserta terakhir bertugas menuangkan air ke dalam ember penampung. 

Mengadakan outbound yang pesertanya adalah anak-anak memang cukup tricky. Pasalnya, kamu harus memilih tempat yang cocok untuk anak-anak yang aktif ke sana ke mari, tetapi juga tetap aman untuk melakukan berbagai games seru. Salah satu tempat yang recommended adalah Bobocabin. Berlokasi di tengah alam, Bobocabin punya banyak hal yang ditawarkan sebagai tempat outbound terbaik. Misalnya, area sekitar cabin yang bebas asap rokok. Lalu, Bobocain memiliki keamanan 24 jam yang akan membuat anak-anak tetap aman dan nyaman selama melakukan berbagai permainan. Selain itu, penginapan futuristik itu juga menyediakan paket Bobocabin for School yang dikemas sedemikian rupa untuk menunjang kegiatan outbound yang mengasyikan dan menyenangkan bagi anak-anak.

Jadi, bagaimana? Tertarik mencoba? Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik link ini, ya!

 

Penulis: Emier Abdul Fiqih

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles