oleh oleh mojokerto

10 Oleh-Oleh Mojokerto, dari Botok Tempe sampai Kerajinan Bambu. Wajib Dibawa Pulang!

Berlokasi dekat Surabaya, Mojokerto kerap jadi salah satu destinasi liburan. Jika kebetulan sedang berlibur di sini, kamu wajib membawa pulang oleh-oleh Mojokerto untuk orang terkasih.

Pasalnya, tak afdal jika sudah liburan di suatu kota tetapi tidak membeli buah tangan khasnya. Dari sekian banyak oleh-oleh, Bob sudah merangkum beberapa yang wajib dibeli.

Apa saja kira-kira? Daripada berlama-lama, langsung saja simak ulasan lengkap Bob tentang oleh-oleh Mojokerto ini!

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Mojokerto

1. Onde-Onde

Oleh-oleh Mojokerto pertama adalah onde-onde. Bagi yang belum tahu, onde-onde adalah makanan dari tepung ketan dengan isian kacang hijau dan ditaburi wijen di kulitnya.

Camilan yang ditawarkan di Mojokerto mempunyai cita rasa berbeda dibanding onde-onde pada umumnya. Salah satu keistimewaan tersebut adalah kulitnya yang begitu kenyal saat digigit.

Oleh karenanya, kamu bisa mendapatkan sensasi tersendiri saat memakannya. Nah, untuk harganya sendiri, kebanyakan onde-onde khas Mojokerto dijual seharga Rp20.000 per kemasan.

onde-onde

Sumber: via masakapahariini.com

2. Kerupuk Rambak

Mojokerto tergolong salah satu kota yang mempunyai bermacam-macam varian jenis kerupuk. Salah satu yang bisa kamu jadikan buah tangan untuk keluarga dan teman adalah kerupuk rambak.

Kerupuk rambak terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang diberi bumbu rempah-rempah. Teksturnya renyah dan rasanya gurih.

Jika berniat membawa pulang kerupuk ini, maka kamu bisa dengan mudah menemukannya di pinggiran jalan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, karena dibanderol mulai dari Rp20.000-Rp50.000 saja.

oleh oleh mojokerto kerumpuk rambak

Sumber: Tyasindayanti via Shutterstock

3. Kerupuk Upil

Kerupuk upil adalah jenis kerupuk yang terbilang unik. Tak hanya dari namanya, kerupuk ini punya keunikan dari segi cara memasaknya. Pasalnya, makanan tersebut tidak menggunakan minyak goreng saat diolah.

Para pembuat oleh-oleh Mojokerto justru menggunakan pasir sebagai media memasak. Oleh karenanya, tekstur dan rasa yang ditawarkan juga unik dan siap membuatmu ketagihan.

Untuk menemukannya, kamu cukup mengunjungi toko pinggir jalan atau pasar tradisional di Mojokerto. Satu ikat plastik kerupuk upil biasanya dijual seharga kurang lebih Rp10.000. Termasuk murah, bukan?

kerupuk upil

Sumber: via putratravel.net


Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Bogor yang Paling Populer, Jadi Favorit Banyak Wisatawan!


4. Sinom

Rekomendasi oleh-oleh Mojokerto dari Bob berikutnya adalah sinom. Bagi yang belum familiar, sinom adalah minuman khas Mojokerto yang terbuat dari daun asam muda.

Meski terbuat dari daun asam muda, rasa minuman ini nikmat nian. Bahkan, karena termasuk minuman herbal, kamu bisa mendapatkan kesegaran tiada duanya saat meminum sinom.

Dapat disajikan panas ataupun dingin, sinom mempunyai banyak manfaat sebagai sebagai antiseptik dan mengatasi gejala demam. Per 500 ml, sinom dijual seharga Rp10.000 saja.

oleh oleh mojokerto Sinom

sumber: Shutterstock/Kristanti

5. Kerupuk Memble

Satu lagi jenis kerupuk yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk kerabat di rumah. Selain kerupuk rambak dan kerupuk upil, ada juga kerupuk memble yang jadi rekomendasi Bob.

Kerupuk memble adalah oleh-oleh Mojokerto yang cukup populer. Makanan ringan ini disajikan dalam bentuk lonjong memanjang dengan tekstur sangat renyah.

Untuk proses penggorengannya, kerupuk ini harus mengalami dua kali proses penggorengan, lo. Umumnya, kamu bisa menemukan kerupuk memble di pasar tradisional Mojokerto.

kerupuk memble

Sumber: via itrip.id

6. Botok Tempe

Botok tempe adalah rekomendasi oleh-oleh Mojokerto berikutnya. Makanan ini terbuat dari bahan-bahan seperti tempe, ampas kelapa, dan aneka macam bumbu rempah-rempah.

Rasa makanan ini sendiri gurih dan lezat. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan botok tempe saat berlibur di Mojokerto.

Jika singgah di warung makan, botok tempe adalah salah satu menu wajib. Untuk harganya sendiri, makanan khas Mojokerto ini dipatok cukup murah dan sangat terjangkau, yakni Rp6.000 saja.

oleh oleh mojokerto botok tempe

Sumber: Dewi Ambarwati via Shutterstock


Baca Juga: 7 Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Wajib Kamu Bawa Pulang


7. Keripik Ketela

Berbahan dasar ketela, keripik ini mempunyai rasa gurih dan tekstur renyah. Oleh-oleh Mojokerto ini memiliki berbagai rasa, mulai dari orisinal, manis, hingga pedas.

Selama liburan di Mojokerto, kamu bisa dengan mudah menemui camilan ini di pinggir jalan. Kamu pun tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan camilan gurih ini.

Pasalnya, harga yang dipatok untuk satu kemasan keripik ketela terbilang sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar kurang lebih Rp12.000 untuk setiap kemasan.

oleh oleh mojokerto keripik ketela

Sumber: via fimela.com

8. Sepatu Kulit

Tak melulu soal makanan saja, kamu juga bisa membawa buah tangan berupa kerajinan. Salah satunya adalah sepatu kulit yang mempunyai kualitas tak kalah dengan merek ternama.

Pusat sepatu kulit di Mojokerto terletak di banyak dusun. Namun, salah satu yang paling populer adalah dusun Setoyo, Balongmojo. Biasanya, harga sepatu kulit dibanderol mulai dari Rp150.000 per pasang.

oleh oleh mojokerto sepatu kulit

Sumber: via ceklist.id

9. Kerajinan Bambu

Tak hanya dikenal memproduksi sepatu kulit berkualitas tinggi, Mojokerto juga terkenal dengan kerajinan bambu. Tak heran jika kamu bisa memilih kerajinan ini sebagai buah tangan untuk orang tersayang.

Oleh-oleh Mojokerto ini mempunyai berbagai macam bentuk yang bisa dipilih, seperti sendok, rantang, hingga hiasan dinding. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp10.000 tergantung jenis, ukuran, dan tingkat kesulitan pembuatannya.

oleh oleh mojokerto kerajinan bambu

Sumber: via rumahmesin.com


Baca Juga: Bukan Lagi Peuyeum, Ini Dia 7 Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Harus Kamu Coba!


10. Kerajinan Pahat Batu

Oleh-oleh Mojokerto terakhir adalah kerajinan pahat batu. Tak hanya berupa gantungan kunci saja, kamu juga bisa membawa pulang patung yang berukuran cukup besar.

Bahkan, di sejumlah toko, kamu bisa memesan bentuknya sesuai selera. Jadi, kamu bisa membeli kerajinan dalam bentuk cobek, patung mini, dan hiasan dalam bentuk yang kamu inginkan.

Umumnya, kamu bisa menemukan kerajinan pahat batu di kawasan Trowulan. Soal harga, kerajinan batunya dipatok mulai dari Rp50.000, tergantung jenis dan tingkat kesulitan pembuatan kerajinannya.

oleh oleh mojokerto kerajinan pahat batu

Sumber: via humas.jatengprov.go.id

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobocabin Padusan

bobocabin dengan pemandangan bukit dan alam hijau di sekitarnyaMenikmati pemandangan alam tentu tak lengkap jika tidak mengunggahnya di media sosial. Nah, Bobocabin menyediakan koneksi Wi-Fi yang superkencang untuk memfasilitasi segala sepak terjangmu!

Tak hanya itu, ada juga fasilitas lain yang akan membuatmu betah. Beberapa di antaranya adalah b-pad dan area kamar tidur luas untuk menunjang istirahatmu.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasi Bobobox di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles