oleh oleh makanan khas bali Pie Susu Bali

15 Pilihan Oleh-Oleh Makanan Khas Bali yang Awet dan Cocok Dibawa Pulang

Dikenal dengan sebutan Pulau Dewata, Bali menyimpan kekayaan alam yang melimpah, budaya yang menarik, serta berbagai kegiatan seru yang dapat dinikmati. Tempat ini menjadi salah satu destinasi top untuk berlibur.

Nah, perjalanan ke Bali tentunya kurang lengkap tanpa membawa pulang buah tangan. Oleh-oleh adalah salah satu cara seru membagikan kebahagiaan kepada orang-orang terdekat—apalagi kalau oleh-oleh yang dibawa merupakan oleh-oleh makanan khas Bali.

Dapat dinikmati sambil menceritakan pengalaman berlibur kamu, berikut 15 oleh-oleh makanan khas Bali yang tidak boleh kamu lewatkan!

15 Oleh-Oleh Makanan Khas Bali yang Lezat

Seperti kata pepatah, cinta berawal dari perut naik ke hati. Makanan yang lezat adalah cara yang tepat untuk berbagi quality time bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

Dengan membawa oleh-oleh makanan khas Bali, kamu dapat memperkenalkan cita rasa Bali sekaligus menjadi teman ngopi yang tepat saat menceritakan pengalaman berlibur. Berikut pilihan oleh-oleh makanan yang wajib kamu coba:

1. Pie Susu

Pie Susu Bali

Sumber: unileverfoodsolutions.co.id

Makanan satu ini termasuk oleh-oleh paling populer di Bali. Pie susu merupakan sejenis makanan manis yang bikin nagih, dengan pinggiran renyah dan bagian tengah berisi vla susu super creamy.

Selain rasa susu orisinal, kini pie susu juga hadir dengan berbagai topping menarik seperti keju, kacang almon, choco chips, dan kismis. Satu kotak pie susu isi 10 buah umumnya dihargai Rp25.000.

Bobocabin Bobobox

2. Kacang Koro

Kacang Koro Oleh Oleh Makanan Khas Bali

Sumber: bp-guide.id

Kacang koro merupakan pilihan oleh-oleh sehat dan tahan lama yang tak boleh kamu lewatkan. Kacang ini dapat menjadi pengganti karbohidrat dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan jantung dan pencernaan.

Kacang gurih ini memiliki berbagai pilihan rasa seperti asin, pedas, hingga barbeku. Kemasan kacang koro 500 gram umumnya dijual seharga Rp50.000.

3. Kacang Disco

Kacang Disco Oleh Oleh Makanan Khas Bali

Sumber: Jun’in Nurjanah via cookpad.com

Jenis kacang lain yang wajib kamu coba adalah kacang disco. Kacang disco sendiri merupakan olahan kacang tanah yang dibalut tepung dan telur agar teksturnya garing saat digoreng.

Kacang disco Bali memiliki ciri khas unik berkat rasa rempahnya yang sangat terasa. Selain rasa orisinal, kacang disco juga tersedia dalam rasa seperti pedas, keju, udang, dan barbeku. 

Kacang disco ukuran 250 gram umumnya bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp25.000 saja.

Baca Juga: 16 Alat Musik Tradisional Bali yang Unik dan Cara Memainkannya

4. Kacang Asin Bali

Kacang Asin Bali

Sumber: Mommyerna via cookpad.com

Makanan yang satu ini memiliki rasa asin dan gurih yang khas. Terbuat dari olahan kacang kapri yang telah diberi bumbu khas Bali, kacang ini merupakan salah satu pilihan oleh-oleh khas Bali yang tidak boleh kamu lewatkan.

Kacang asin Bali dijual dalam berbagai ukuran packaging. Harganya bervariasi, mulai dari Rp7.000 untuk bungkus kecil hingga Rp100.000 untuk ukuran 800 gram.

5. Pia Legong

Pia Legong

Sumber: Pia Legong Bali

Selain populer di Yogyakarta, bakpia juga dapat kamu temukan di Bali. Buktinya, Pia Legong yang telah berdiri sejak tahun 2006 ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Yang membuat Pia Legong jauh lebih unik dibandingkan pia lainnya adalah ukurannya yang besar. Pia ini memiliki tiga varian rasa seperti kacang hijau yang tahan hingga 1 minggu, serta keju dan cokelat yang tahan hingga 2 minggu.

Tiap kotak Pia Legong umumnya dihargai Rp100.000 per kotak, tergantung jumlah isi pia serta varian rasa yang kamu pilih.

6. Pia Eiji

Pia Eiji

Sumber: Pia Eiji

Selain Pia Legong, Pia Eiji bisa menjadi alternatif bakpia lain. Merek yang satu ini menyajikan pia dengan ukuran lebih kecil dan varian rasa lebih banyak.

Selain varian rasa yang juga dapat kamu temukan di Pia Legong, kamu juga dapat menemukan rasa unik seperti durian dan kacang hijau telur asin. Setiap kotak berisi 8 buah pia dan dapat dibeli dengan harga sekitar Rp69.000.

7. Heavenly Chocolate

Heavenly Chocolate

Sumber: Heavenly Chocolate Bali via Facebook

Pencinta cokelat pasti ketagihan! Sebagai salah satu penghasil biji kakao terbaik di Indonesia, Bali juga memiliki oleh-oleh cokelat khas yang tak boleh kamu lewatkan.

Heavenly Chocolate menawarkan cokelat lembut dengan sensasi meleleh di mulut. Cokelat lumer ini dapat kamu nikmati dalam berbagai rasa, seperti dark chocolate, taro, matcha, dan milk caramel. Ada juga pilihan cokelat yang mengandung alkohol dengan rasa Rum dan Baileys.

Tergantung ukuran dan varian rasa yang kamu pilih, Heavenly Chocolate memiliki rentang harga mulai dari Rp15.000 hingga Rp100.000.

8. Cokelat Luwak Bali

Cokelat Luwak Bali Oleh Oleh Makanan Khas Bali

Sumber: Vie Studio via Pexels

Cokelat unik lainnya yang wajib kamu coba adalah cokelat luwak. Proses pembuatannya mirip dengan kopi luwak, dan biji kakao yang digunakan pun telah menjadi makanan luwak sebelum diolah. Hasilnya, cokelat yang dihasilkan tidak terasa pahit dan bebas gula.

Karena proses pembuatannya panjang dan sulit, cokelat luwak dijual dengan harga mulai dari Rp100.000 sampai Rp400.000 tergantung ukurannya.

Baca Juga: Ini Dia 7 Tempat Nonton Tari Kecak Bali Paling Autentik!

9. Bagiak Bali

Bagiak Bali

Sumber: ticmpu.id

Terbuat dari tepung sagu, bagiak memiliki tekstur renyah dan rasa manis yang membuatnya cocok sebagai teman ngopi. Kue kering ini dapat kamu jumpai dengan mudah di berbagai toko kue kering di Bali. Harganya sekitar Rp15.000 per kotak 155 gram.

10. Brem

Brem Oleh Oleh Khas Bali

Sumber: krisnaoleholehbali via Instagram

Jenis kue kering lain yang tak boleh kamu lewatkan adalah brem. Terbuat dari olahan sari ketan yang dimasak lalu dikeringkan, brem memiliki tekstur unik yang seolah meleleh di lidah saat dimakan.

Harga tiap bungkusnya pun terbilang murah. Cukup dengan membayar Rp10.000 saja, kamu sudah bisa menikmati satu bungkus brem bersama kerabat terdekatmu.

11. Dodol Buleleng

Dodol Buleleng oleh oleh makanan khas bali

Sumber: tatandebali_ via Instagram

Memiliki rasa manis dan legit serta aroma wangi yang bikin nagih, dodol buleleng khas Bali juga merupakan oleh-oleh Bali yang tak boleh kamu lewatkan.

Dodol Buleleng dibungkus dengan jagung kering layaknya guling kecil. Tiap gantung berisi 10 dodol dan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp10.000 saja. Kerennya, dodol buleleng juga tahan hingga 3 minggu setelah pembelian, lho!

12. Salak Bali

Salak Bali

Sumber: Roger Price via Flickr

Bali memiliki banyak perkebunan salak yang membentang, sehingga salak juga menjadi salah satu pilihan oleh-oleh terkenal khas Bali. Dengan rasa manis yang menggugah selera, tiap 1 kg salak Bali bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp22.000 saja.

13. Kopi Bali

Kopi Bali

Sumber: Igor Haritanovich via Pexels

Bali juga memiliki area yang terkenal sebagai produsen kopi lezat. Kopi dengan aroma dan rasa yang unik ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp65.000 per bungkus 500 gram.

Baca Juga: 12 Destinasi Bali Berdasarkan Zodiak, Kamu Tim Apa?

14. Kerupuk Ceker Ayam

Kerupuk Ceker Ayam

Sumber: Agung Bali Oleh-Oleh Sunset Road via Facebook

Tak hanya menawarkan oleh-oleh camilan dan minuman, Bali juga menawarkan oleh-oleh khas yang cocok dijadikan teman makan berat, seperti kerupuk ceker ayam.

Kerupuk ceker ayam ini memiliki cita rasa gurih-asin dengan rempah yang khas. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp15.000 per bungkus 250 gram.

15. Kerupuk Kulit Babi

Kerupuk Kulit Babi oleh oleh makanan khas bali

Sumber: Mariska Tracy via Instagram

Bagi pembaca non-Muslim, kamu juga bisa mencoba kerupuk kulit babi sebagai teman makan berat. Dengan tekstur garing dan rasa gurih, kerupuk ini juga merupakan salah satu pilihan oleh-oleh populer di Bali.

Baca juga: 16 Wisata Kuliner Bali yang Wajib Dikunjungi

Tenangkan Pikiran dengan Menginap di Bobocabin!

Tenangkan Pikiran dengan Menginap di Bobocabin

Layaknya film Eat, Pray, Love, manfaatkan Bali untuk tenangkan pikiran dan membuat koneksi spiritual di Bobocabin Bali!

Di sini, kamu bisa menikmati kombinasi dari panorama pegunungan hijau dan sentuhan futuristik teknologi Internet of Things. Kabin-kabinnya sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Tersedia pula fasilitas campfire, BBQ, dan Wi-Fi untuk menunjang pengalamanmu menginap di tengah alam hijau.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles