Oleh Oleh Khas Tangerang Sate Bandeng

18 Oleh-Oleh Khas Tangerang yang Wajib Dicoba

Ketika berkunjung ke Tangerang, apakah kamu masih bingung harus membawa buah tangan apa untuk sanak saudara di kota asal? Berikut ini adalah panduan lengkap oleh-oleh khas Tangerang yang wajib kamu coba dan bawa pulang!

18 Oleh-Oleh Khas Tangerang yang Terkenal

Berikut ini oleh-oleh khas Tangerang yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Tangerang.

1. Bolu Tape Benteng

Bolu Tape Benteng

Gambar: Mama Bolu via Twitter

Seperti namanya, bolu khas Tangerang ini menggunakan tape sebagai salah satu bahan dasarnya. Teksturnya lembut, rasanya manis, dengan aroma khas tape yang menambah kelezatannya.

Bagi kamu yang menyukai tape, wajib coba kue khas Tangerang ini sebagai buah tangan. Pelopor kue bolu benteng adalah Mama Bolu di Karawaci, kamu bisa membelinya di sana.

2. Kecap Benteng SH

Kecap Benteng SH

Gambar: Kecap SH via Instagram

Kecap legendaris yang hadir sejak tahun 1920 ini adalah salah satu oleh-oleh khas tangerang paling terkenal.

Cita rasanya yang manis dan gurih dengan kekentalan yang pas, cocok untuk menemani berbagai hidangan nusantara seperti  bakso, mi ayam, soto, siomai, sate, dan masih banyak lagi.

Kamu dapat membeli kecap ini di berbagai toko oleh-oleh di Tangerang maupun di supermarket setempat. Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp6.000 saja.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Kue Apem

Kue Apem

Gambar: @rondut via Instagram

Makanan ringan yang satu ini sangat cocok dinikmati dengan siraman gula merah cair. Semakin mantap dinikmati saat sore hari ditemani dengan secangkir teh.

Kamu dapat membeli kue apem di pasar-pasar atau toko kue basah di wilayah Tangerang.

4. Sate Bandeng

Sate Bandeng

Gambar: pesonaindonesia.kompas.com

Jika hidangan sate biasanya terbuat dari daging ayam, sapi, atau kambing, kuliner khas Banten yang satu ini terbuat dari ikan bandeng. Tekstur yang lembut dipadukan dengan cita rasa kaya rempah yang gurih dan pedas.

Jika kamu tertarik membawa sate bandeng sebagai buah tangan, perlu diingat kalau makanan ini tidak tahan lama di suhu ruangan. Jadi, sebaiknya kamu membeli oleh-oleh yang satu ini di hari terakhir sebelum kembali ke kota asal.

Baca Juga: Jangan Bingung! Ini Dia Tips Memilih Oleh-Oleh Saat Sedang Travelling

5. Kue Cucur

Kue Cucur

Gambar: filmapro.co.id

Kue cucur berasal dari wilayah barat Pulau Jawa sehingga mudah dijumpai saat berkunjung ke Tangerang. Rasanya manis, bentuknya bulat mirip serabi, tapi teksturnya lebih padat.

Kue cucur dapat kamu beli di toko kue maupun di pasar-pasar di Tangerang. Harganya sangat terjangkau, per buahnya hanya dibanderol mulai dari Rp1.500 saja.

6. Bontot

Bontot

Gambar: Ahmad Najiullah Tirta via bantenhejo.com

Sekilas mirip pempek, camilan khas Tangerang ini dibuat dari ikan bandeng yang digiling dagingnya, dicampur terasi dan tepung tapioka, kemudian digoreng hingga matang. Karena menggunakan tepung tapioka atau yang juga biasa disebut aci, tekstur bontot mirip dengan cireng. 

Bontot bisa kamu dapatkan di pasar tradisional atau di toko oleh-oleh khas Tangerang. Harganya terbilang murah, sekitar Rp15.000 per buahnya untuk bontot ukuran sedang.

7. Kue Jojorong

Kue Jojorong

Gambar: goodnewsfromindonesia.id

Kue jojorong berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa yang bagian dalamnya diberi gula aren. Rasa jojorong begitu manis dan lembut, cocok disantap bersama dengan secangkir teh hangat.

Sayangnya, kue jojorong tidak tahan lama di suhu ruangan, jadi kamu tak bisa membawanya ke tujuan yang terlalu jauh dari Tangerang. 

8. Sagon Bakar

Sagon Bakar

Gambar: Berkah 66 Snack via Lazada

Kue tradisional ini terbuat dari tepung sagu dan parutan kelapa yang dibakar atau di panggang. Selain rasa orisinal, sagon juga hadir dengan rasa pandan. Satu kemasan sagon bakar bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp15.000 saja.

9. Sirup Rosella

Sirup Rosella

Gambar: Rempah Karsa via Tokopedia

Rosella adalah bunga dari tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat kesehatan. Sirupnya berwarna merah merona, dengan cita rasa manis dan asam yang menyegarkan. Sirup ini cocok disajikan dingin bersama es batu. 

11. Ceplis

Ceplis

Gambar: Mak Ue via Shopee

Penggemar emping wajib coba oleh-oleh khas Tangerang yang satu ini. Terbuat dari melinjo, camilan yang satu ini adalah salah satu favorit warga Banten. Satu kemasannya dibanderol dengan harga mulai dari Rp20.000 dan dapat dibeli di toko oleh-oleh.

12. Laksa Ciater

Laksa Ciater

Gambar: jejakpiknik.com

Lain dengan laksa dari daerah lain, laksa ciater terbuat dari tepung beras dan bentuknya mirip getuk. Kudapan ini biasanya dipotong kecil-kecil dan disantap bersama kuah sayur laksa yang cenderung encer dan tambahan kedelai. 

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Bogor yang Paling Populer, Jadi Favorit Banyak Wisatawan!

13. Bir Pletok

Bir Pletok Oleh Oleh Khas Tangerang

Gambar: resepkoki.id

Minuman tradisional Betawi ini juga bisa kamu temui di Tangerang. Meski bernama “bir”, minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Alih-alih, bir pletok terbuat dari berbagai rempah yang baik dikonsumsi dan menyehatkan tubuh.

14. Kue Gipang

Kue Gipang

Gambar: senengpiknik.com

Kue gipang terbuat dari ketan yang dicampurkan dengan air gula. Rasa kue ini manis, teksturnya lengket, tetapi sensasinya tetap renyah di mulut.

15. Gecom

Gecom

Gambar: Siswaty Elfin Bachtiar via Cookpad

Gecom adalah hidangan perpaduan antara tauge dan oncom. Oleh-oleh khas Tangerang Selatan ini memiliki rasa yang unik. Wajib dicoba!

16. Dodol Cilenggang

Dodol Cilenggang

Gambar: dodolspesial_titimugijaya via Instagram

Dodol ini berasal dari daerah Cilenggang di Tangerang Selatan, terbuat dari beras ketan yang membuat warnanya jadi hitam pekat. Kamu dapat membelinya di toko oleh-oleh khas Tangerang pada umumnya.

17. Emping Menes

Emping Menes

Gambar: PD Desa kemilau banten via Blibli

Emping menes terbuat dari biji melinjo yang dipipihkan lalu digoreng sampai kering dan renyah. Rasanya enak, cocok dijadikan camilan atau pendamping hidangan utama seperti bubur atau soto.

18. Kacang Sangrai

Kacang Sangrai Oleh Oleh Khas Tangerang

Gambar: Dwi Narwoko via merdeka.com

Oleh-oleh khas Tangerang Selatan ini berasal dari wilayah desa wisata Keranggan, Tangerang Selatan. Cara membuatnya, kacang disangrai di kuali besar menggunakan pasir. Karena tak digoreng dengan minyak, camilan gurih ini cenderung lebih sehat dari kacang goreng.

Baca Juga: Ada Apa di Tangerang? Tentunya Ada 10 Tempat Nongkrong Tangerang yang Asyik Ini Dong!

Istirahat Nyaman dan Terjangkau di Bobobox Kebayoran Baru!

Istirahat Nyaman dengan Harga Terjangkau di Bobobox! (2)

Sumber: bobobox.com

Hotel Kapsul Bobobox Kebayoran Baru adalah solusi buat kamu yang mencari penginapan yang nyaman, dekat pusat perbelanjaan, dan harganya terjangkau. Cukup dengan berjalan kaki saja, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan kuliner dan wisata di sekitar area penginapan dengan mudah.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles