Oleh-Oleh Khas Sulawesi

20 Pilihan Oleh-Oleh Khas Sulawesi yang Unik dan Lezat

Sulawesi, pulau yang kaya akan budaya dan keanekaragaman kulinernya, menyajikan berbagai pilihan oleh-oleh yang unik dan lezat.

Kalau kamu berencana pergi ke Sulawesi dalam waktu dekat, wajib cek oleh-oleh ini untuk diberikan kepada teman, keluarga, atau bahkan diri sendiri sebagai kenang-kenangan.

Dalam ulasan ini, Bob Squad sudah merangkum 20 pilihan oleh-oleh khas Sulawesi yang unik dan lezat, dan tentunya tidak boleh kamu lewatkan!

20 Pilihan Oleh-Oleh Khas Sulawesi yang Unik dan Lezat

Berikut adalah 20 rekomendasi oleh-oleh khas Sulawesi yang cocok untuk kamu beli:

1. Barongko

Barongko

Sumber: Kompas.com

Barongko adalah makanan manis dari pisang yang dikukus dalam daun pisang, dengan tambahan santan, gula, garam, dan air. Makanan satu ini adalah sajian yang lezat dan cocok dimakan sebagai pencuci mulut.

2. Kacang Sembunyi

Kacang Sembunyi Oleh Oleh Khas Sulawesi

Sumber: Kulinear-Hops.ID

Kacang sembunyi adalah camilan yang nikmat dan unik. Kacang ini dibungkus dengan adonan tipis seperti kulit lumpia atau kulit pangsit. 

Olahan kacang ini memiliki bentuk lonjong dan tekstur renyah sehingga cocok sebagai teman minum teh atau kopi.

Baca Juga: Resep Buras, Makanan Khas Sulawesi yang Sedap Disantap bersama Coto Makassar

3. Coto Makassar Instan

Coto Makassar Instan

Sumber: Travel Kompas

Bagi yang ingin mencicipi kelezatan coto Makassar tanpa repot, kamu bisa mencoba versi instannya yang praktis. Tinggal buka kemasan dan rebus, kamu sudah bisa menikmati hidangan lezat ini.

Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Kue Benang-Benang

Kue Benang-Benang Khas Sulawesi

Sumber: Tondok Toraya

Kue benang-benang atau bannang-bannang memiliki bentuk menyerupai benang-benang yang unik. Rasanya legit dan manis, dan pembuatannya pun masih dengan cara tradisional.

5. Baje

Baje Oleh Oleh Khas Sulawesi

Sumber: Cookpad.com

Baje adalah kue khas Sulawesi yang terbuat dari bahan dasar ketan, kelapa parut, gula merah, dan gula pasir. Dibungkus dengan kulit jagung kering atau daun pisang kering, kue ini juga hadir dalam kemasan praktis yang terjangkau.

6. Otak-Otak Tenggiri

Otak-Otak Tenggiri

Sumber: detikFood

Otak-otak tenggiri adalah olahan daging ikan tenggiri yang dibungkus dalam daun pisang dan dibakar. Rasanya gurih dan lezat, terutama saat dicocol sambal kacang.

Produk ini cukup awet apalagi jika disimpan dalam lemari es, sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Sulawesi.

7. Kerupuk Jintan

Kerupuk Jintan

Sumber: Cookpad.com

Kecil, renyah, dan lezat. Tiga kata itulah yang cocok untuk mendeskripsikan oleh-oleh khas Sulawesi satu ini. Oleh-oleh khas Sulawesi satu ini dibuat menggunakan bahan dasar jintan hitam yang diberi tekstur renyah.

8. Mantao Pare

Mantao Pare Oleh Oleh Khas Sulawesi

Sumber: Tribun Makassar

Mirip bakpao, mantao pare dapat diolah dengan cara digoreng atau dikukus. Kudapan ini tersedia dalam berbagai varian seperti pandan, daging, cokelat, keju, dan lain-lain.

Mantao pare juga dikemas dalam bungkus plastik mirip roti sehingga sangat praktis untuk dibawa-bawa dan cocok dijadikan oleh-oleh khas Sulawesi.

9. Kue Kurma

Kue Kurma Khas Sulawesi

Sumber: Jurnal Palopo

Meskipun namanya kue kurma, kue ini sebenarnya tidak menggunakan kurma asli. Alih-alih, kue ini terbuat dari mentega, telur, maizena, dan tepung terigu. Kemudian, kue kurma dibalut karamel dan diberikan potongan kacang agar rasa luarnya gurih.

10. Dangke

Dangke Oleh Oleh Khas Sulawesi

Sumber: Turisian.com

Dangke terbuat dari susu sapi atau kerbau, dengan tekstur mirip tahu dan rasa yang mengingatkanmu pada keju. Tidak heran jika dangke juga sering disebut sebagai keju dengan kearifan lokal.

11. Kopi Toraja

Kopi Toraja Oleh Oleh Khas Sulawesi

Sumber: Delta Coffee Roasters

Kopi Toraja adalah oleh-oleh wajib buat kamu yang pencinta kopi. Sulawesi terutama daerah Toraja memang terkenal dengan kualitas kopi yang luar biasa. 

Kopi ini tersedia dalam tiga jenis pilihan, yaitu arabica, robusta, dan special blend. Cita rasanya khas dengan aroma harum. Setiap jenisnya menghadirkan pengalaman berbeda bagi penikmat kopi.

12. Abon Raos

Abon Raos Khas Sulawesi

Sumber: Blibli.com

Abon raos adalah hidangan lezat yang terbuat dari daging sapi yang diolah dengan bumbu rahasia. Rasanya gurih dan sedikit pedas, menjadikannya favorit banyak orang.

Abon ini dapat dinikmati dengan nasi sebagai lauk atau dijadikan isi roti. Produk ini juga sangat awet sehingga kamu tidak perlu khawatir akan rusak atau basi dalam perjalanan.

13. Roti Maros

Roti Maros

Sumber: Detik.com

Kalau di Jakarta ada roti Tet Fai dan Tan Ek Tjoan, maka di Sulawesi ada roti Maros. Roti ini sering dijadikan oleh-oleh karena tahan lama.

Roti Maros adalah sajian roti berisian srikaya. Bentuknya mirip roti sobek dengan 12–16 potongan dalam satu loyang, menjadikannya sangat menarik secara visual. 

14. Sirup Markisa Malino

Sirup Markisa Malino

Sumber: Raja Sirup Markisa, Mega Buana via Facebook

Sirup markisa Malino terbuat dari sari buah markisa yang segar dan manis asam. Banyak orang memilihnya sebagai oleh-oleh karena rasanya unik dan menyegarkan.

15. Kue Tori

Kue Tori Khas Sulawesi

Sumber: IDN Times

Kue tori adalah jajanan yang dibuat dari bahan utaam tepung beras dan gula merah. Kue digoreng sampai keemasan lalu diberi taburan wijen agar aromanya khas. 

Kombinasi manis dari gula merah dengan rasa gurih wijen menciptakan rasa manis yang tidak membuat enek. Kue ini cocok dijadikan teman minum teh di sore hari.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Bersejarah di Makassar yang Pantang Terlewatkan

16. Kacang Disko

Kacang Disko

Sumber: Piknikdong

Berbeda dari kacang-kacang biasa, kacang disko adalah oleh-oleh khas Sulawesi dengan cita rasa dan tekstur yang khas.

Kacang ini dibuat dengan menggorengnya bersama tepung dan telur agar teksturnya renyah. Dijamin, tiap gigitannya akan membuat kamu ingin tambah terus!

17. Kue Baruasa

Kue Baruasa Khas Sulawesi

Sumber: Cookpad.com

Kue baruasa adalah kue tradisional khas Bugis yang terbuat dari campuran tepung beras, telur, dan kelapa parut kering. Bentuknya bulat dan rasanya gurih, cocok sebagai oleh-oleh khas Sulawesi untuk camilan.

18. Bolu Cukke

Bolu Cukke

Sumber: Aminah R. Makhtum via Dictio

Bolu cukke adalah kue yang dibuat dengan cara tradisional dan dipanggang dengan kayu bakar. Bahan-bahan utamanya adalah tepung beras, gula merah, dan gula halus yang ditaburkan setelah matang.

19. Bagea

Kue Bagea Khas Sulawesi

Sumber: Wikipedia

Bagea adalah kue kering berbahan dasar sagu yang biasa dicelupkan dalam teh atau kopi. Rasanya yang gurih dan tekstur yang renyah menjadikannya camilan yang populer di Sulawesi.

20. Sirop DHT

Sirop DHT Khas Sulawesi

Sumber: Lazada

Sirop DHT adalah sirop khas Sulawesi Selatan yang sering digunakan untuk es buah atau es pisang ijo. Dengan rasa pisang ambon yang unik, sirup ini bisa menjadi tambahan yang segar untuk minumanmu.

Nah, itulah 20 oleh-oleh khas Sulawesi yang unik, lezat, dan wajib dijadikan oleh-oleh untuk kerabat dan teman-teman. Selain terjangkau, oleh-oleh ini pun kebanyakan awet sehingga kamu tidak perlu takut akan rusak saat dikirimkan.

Nginap di Bobobox, Solusi Murah untuk Akomodasi Liburanmu!

Bobo Nyaman di Bobobox!

Liburan memang menyenangkan. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat menarik, mencicipi kuliner lezat, hingga bertemu dengan orang-orang baru. Agar liburanmu lebih asyik dan hemat, kamu bisa coba menginap di hotel kapsul seperti Bobobox.

Bobobox ada di banyak kota-kota besar di Indonesia. Lokasinya strategis dan dekat berbagai lokasi wisata serta kuliner, jadi kamu tidak perlu habis banyak untuk transportasi.

Yuk, pesan pod yang kamu mau dan rasakan pengalaman baru menginap di hotel kapsul berkualitas eksklusif!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles