Barang Antik

8 Oleh-Oleh Khas Sukoharjo yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Sukoharjo adalah salah satu opsi destinasi wisata domestik di Jawa Tengah. Mulai dari wisata sejarah, budaya, alam, rekreasi, hingga kuliner yang lezat, semua bisa ditemukan di Sukoharjo.

Saat berkunjung, tentu belum lengkap jika tidak sekalian membeli oleh-olehnya. Dalam ulasan kali ini, Bob akan kasih tahu apa saja rekomendasi oleh-oleh khas Sukoharjo. Dijamin enak dan harganya terjangkau!

Sekilas Mengenai Sukoharjo

Sebelumnya, mari berkenalan dengan Sukoharjo. Kabupaten ini terletak sekitar 10 kilometer dari Surakarta atau Solo. Karena berdekatan, atraksi yang dimiliki keduanya pun mirip.

Kamu bisa menemukan berbagai situs bersejarah, lingkungan dengan kebudayaan Jawa yang kental, serta beragam kuliner khas yang lezat di sini. Julukannya antara lain adalah Kabupaten Jamu dan Kabupaten Batik. 

Secara geografis, Sukoharjo berbatasan dengan beberapa daerah di Jawa Tengah:

  • Utara: berbatasan dengan Kota Surakarta
  • Selatan: berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Gunung Kidul (DIY)
  • Timur: berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar
  • Barat: berbatasan dengan Kabupaten Boyolali

Selain itu, sungai Bengawan Solo membentang dan membagi kabupaten ini menjadi dua: dataran rendah di bagian utara dan wilayah pegunungan di bagian selatan.

8 Oleh-Oleh Khas Sukoharjo

Tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya, Sukoharjo ternyata juga punya oleh-oleh khas sendiri. Agar kamu tidak bingung, Bob sudah merangkukm rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu beli. 

Baca Juga: 25 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Solo yang Tahan Lama dan Wajib Dicoba

1. Roti Ganep

Roti Ganep

Sumber: rotiganep.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Sukoharjo yang bisa kamu lirik adalah Roti Ganep. Ini bukan jenis roti, melainkan nama toko pusat oleh-oleh di Sukoharjo yang populer.

Roti Ganep menjajakan berbagai produk camilan khas Sukoharjo seperti roti kecik. Roti kecik sendiri merupakan camilan dari beras ketan, dengan tekstur keras dan rasa manis.

Berlokasi di  Jl. Sutan Syahrir No. 176, Tambak Segaran, toko oleh-oleh Roti Ganep wajib kamu kunjungi ketika sedang ada di Sukoharjo.

Bobobox Maximum Comfort Banner

2. Roti Widoro Kepuh

Roti Widoro Kepuh

Sumber: Puput Enggar Pratiwi via IDZ Creators

Roti widoro kepuh adalah salah satu opsi oleh-oleh khas Sukoharjo yang tidak boleh kamu lewatkan. Kuliner satu ini merupakan kue dengan tekstur lembut dan rasa yang manis. 

Berbeda dari kue biasa yang menggunakan telur ayam, roti widoro kepuh menggunakan telur bebek. Oleh karena itu, tekstur dan cita rasa roti ini lebih empuk, lembut, dan kaya.

Roti widoro kepuh ini sudah mulai dijual di Sukoharjo sejak tahun 1992 dan masih populer hingga saat ini. Makanan satu ini awet sehingga cocok dijadikan oleh-oleh bagi saudara jauh.

3. Abon Mesran

Abon Mesran

Sumber: Ika Rahma via Shutterstock

Oleh-oleh yang terkenal di Sukoharjo lainnya adalah abon mesran. Makanan satu ini merupakan produk olahan daging sapi dan ayam yang cocok dimakan dengan nasi.

Abon ini memiliki tekstur yang menyerupai rambut, garing di luar, dan lembut ketika dimakan. Rasanya juga sangat gurih sehingga cocok dipadukan dengan berbagai makanan. Kamu bisa membeli oleh-oleh satu ini di berbagai pusat oleh-oleh di Sukoharjo.

4. Alakathak

Alakathak

Sumber: Herykr via Shutterstock

Oleh-oleh khas Sukoharjo satu ini memang agak sulit untuk ditemukan. Alakathak hanya terdapat di pasar-pasar tertentu di Kabupaten Waru. 

Makanan satu ini terbuat dari tempe yang terbuat dari mlanding atau petai cina. Alakathak juga dilengkapi dengan mi. Uniknya, mi satu ini terbuat dari tepung kanji yang dibuat dari singkong.

Alakathak sering disebut sebagai makanan pengobat rindu bagi warga Waru yang merantau. Makanan ini dijual dengan dibungkus dalam daun pisang dan bisa dinikmati dengan sambal. 

5. Jenang Krasikan

Jenang Krasikan

Sumber: Maharisa Putri Amanda via Cookpad

Rekomendasi oleh-oleh khas Sukoharjo selanjutnya adalah jenang krasikan. Jajanan pasar ini terbuat dari beras ketan, gula merah, kelapa parut dan santan. Teksturnya lembut dengan cita rasa manis gurih yang bikin nagih. 

Karena rasanya nikmat dan harganya terjangkau, jenang krasikan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Kamu bisa menemukan jenang krasikan di berbagai pasar dan pusat oleh-oleh.

6. Kue Bangket

Kue Bangket

Sumber: Rizvisual via Shutterstock

Oleh-oleh satu ini juga sangat populer di Sukoharjo. Kue bangket terbuat dari campuran susu, tepung, gula, dan telur. Bentuk kue ini menyerupai bintang dengan tekstur empuk serta rasa manis. Kamu bisa membeli kue ini dengan harga sekitar Rp160.000 hingga Rp170.000-an.

Sebagai informasi, kue bangket berasal dari wilayah Kedunggudel tepatnya. Hingga saat ini, hanya ada satu keluarga yang tetap melestarikan resep kue legendaris ini!

Baca Juga: 13 Cara Membuat Kue Kering tanpa Oven untuk Lebaran

7. Klengkam Sukoharjo

Klengkam Sukoharjo

Sumber: Wike Wulandari via Cookpad.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Sukoharjo lainnya adalah klengkam. Camilan satu ini merupakan produk olahan kentang yang dipotong tipis dan digoreng. Biasanya, klengkam dijadikan sebagai makanan pelengkap di nasi kuning.

Karena rasanya gurih dan teksturnya garing, klengkam cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Klengkam juga awet jadi kamu tidak perlu khawatir akan cepat basi.

8. Suvenir Khas Sukoharjo

Barang Antik

Sumber: Pariwisata Kota Surakarta

Tidak hanya makanan, kamu juga bisa menghadiahkan berbagai macam cendera mata khas Sukoharjo. Salah satu tempat untuk belanja suvenir murah berkualitas adalah Pasar Malam Ngarsopuro.

Mulai dari gantungan kunci, kaos bertema Solo atau Sukoharjo, blangkon, hingga berbagai barang lainnya bisa kamu temukan di tempat ini.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Sukoharjo yang wajib kamu coba. Semoga ulasan ini bisa memberimu inspirasi ketika akan belanja buah tangan di Sukoharjo, ya!

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Malang untuk Pacar: Suvenir Romantis untuk Kesayangan

Liburan Asyik di Sukoharjo? Nginap di Bobobox aja!

bobobox

Jalan-jalan ke Sukoharjo memang mengasyikkan. Kamu pun bisa mampir ke Solo karena letaknya cukup dekat. Agar perjalanan panjangmu tetap nyaman, kamu bisa memilih Bobobox Slamet Riyadi Solo sebagai opsi penginapanmu.

Hotel kapsul ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi mutakhir. Pesan via aplikasi dan jadikan Bobobox sahabat perjalananmu, yuk!

 

Penulis artikel: Bryan Dharmanta

Foto header: Pariwisata Kota Surakarta

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles