oleh oleh khas jogja selain makanan

Cari Tahu 12 Pilihan Oleh-Oleh Khas Jogja Selain Makanan

Selain makanan, ternyata masih banyak pilihan oleh-oleh khas Jogja yang lainnya. Oleh-oleh khas Jogja selain makanan didominasi oleh karya seni dan kerajinan tangan yang unik-unik dan cantik. 

Temukan daftar lengkap oleh-oleh khas Jogja selain makanan beserta tempat membelinya di sini.

12 Oleh-Oleh Khas Jogja Selain Makanan

1. Batik

Batik

Sumber: antarejatour.com

Batik Jogja tak hanya dijual dalam bentuk kain atau baju saja, tapi juga dalam bentuk berbagai macam aksesori. Kamu bisa menjumpai sandal, tas, dompet, syal, topi, sarung bantal, dan banyak barang-barang lain yang terbuat dari batik Jogja.

2. Blangkon

Blangkon

Sumber: daerah.sindonews.com

Blangkon adalah penutup kepala khas Jogja. Atribut pakaian ini tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Kamu dapat membelinya di Malioboro atau Pasar Beringharjo.

3. Gerabah

Gerabah

Sumber: rentalmobiljogja.com

Daerah Kasongan di Jogja tersohor sebagai pusat produksi gerabah dan keramik. Bahkan, produk buatan desa ini sudah diekspor hingga ke Eropa. Kamu bisa membawa pulang produk gerabah seperti vas bunga, lampu hias, asbak, dan yang lainnya sebagai oleh-oleh dari sini.

4. Kaos Dagadu

Kaos Dagadu

Sumber: dagadu.co.id

Kaos dagadu adalah oleh-oleh legendaris khas Jogja, yang bisa kamu kenali dari tulisan-tulisan lucu pada kaosnya. Selain kaos, dagadu juga menjual aksesori seperti tas, topi, sandal. dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Kampung Batik Jogja, Sekarang Kamu Bisa Wisata Sekaligus Belajar Membatik

5. Wayang

Wayang

Sumber: koran-jakarta.com

Kamu juga bisa membawa wayang sebagai buah tangan dari Jogja. Wayang bisa dijadikan mainan anak sekaligus untuk mengenalkan budaya asli Indonesia kepada mereka, atau bisa juga dijadikan pajangan dinding untuk mempercantik rumah.

6. Kerajinan Kulit

Kerajinan Kulit

Sumber: bantulpedia.bantulkab.go.id

Untuk menemukan kerajinan kulit dengan kualitas dan harga terbaik, kamu bisa mengunjungi Desa Wisata Manding di Bantul. Di sana, kamu bisa menjumpai tas, sepatu, jaket, ikat pinggang, dompet, dan barang-barang lainnya yang terbuat dari kulit hewan asli.

Bobobox Maximum Comfort Banner

7. Tas Rotan

Tas Rotan

Sumber: casafrasta.com

Oleh-oleh khas Jogja berupa tas rotan memiliki bagian dalam yang dilapisi kain batik sehingga terlihat lebih premium. Tas rotan ini tersedia dalam berbagai bentuk dan warna, yang bisa kamu lihat-lihat dan beli sampai puas di Pasar Beringharjo.

8. Surjan

Surjan

Sumber: Banyumili Amberkahi Store via blibli

Surjan adalah pakaian resmi adat Jawa untuk laki-laki. Motif pakaian ini umumnya garis-garis dan bunga. Surjan biasanya dijual berpasangan dengan blangkon.

9.Tas Dowa 

Tas Dowa 

Sumber: dowabag.co.id

Selain tas dari rotan, tas rajut Dowa juga merupakan oleh-oleh khas Jogja selain makanan yang terkenal. Tas ini pun sudah menembus pasar internasional, jadi kamu tak perlu ragu lagi akan kualitasnya yang premium.

Tak hanya tas rajut, Dowa juga menjual dompet, tempat pensil, casing ponsel, dan pernak-pernik lucu lainnya.

10. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak

Sumber: Hasan Syamsuri via travel.indozone.id

Kamu bisa membawa pulang beragam kerajinan perak sebagai oleh-oleh. Untuk itu, kunjungi daerah Kotagede yang memang terkenal di bidang ini. Kamu bisa menemukan berbagai kerajinan perak seperti perhiasan, miniatur bangunan, peralatan makan, dan pajangan.

11. Keramik Jogja

Keramik Jogja

Sumber: Oktiviani Primardianti via travel.indozone.id

Selain gerabah, keramik juga merupakan oleh-oleh khas Jogja. Kerajinan keramik berupa cangkir, piring, mangkuk, dan lainnya ini bisa kamu bawa pulang untuk dipakai atau sekadar sebagai pajangan.

12. Suvenir Khas Jogja

Suvenir Khas Jogja

Sumber: www.hamzahbatik.co.id

Kalau kamu perlu membeli banyak oleh-oleh tapi tidak ingin repot mengangkutnya pulang ke kota asal, suvenir khas Jogja yang kecil dan imut bisa menjadi alternatif. Gelang, gantungan kunci, magnet kulkas, cincin, asbak, dan pajangan kecil banyak dijual di sekitar Malioboro atau tempat-tempat wisata pada umumnya.

Baca Juga: 7 Tea House Yogyakarta, Rasakan Pengalaman Ngeteh Paling Autentik

Rekomendasi Tempat Membeli Oleh-Oleh di Jogja

Berikut ini adalah rekomendasi tempat membeli oleh-oleh khas Jogja selain makanan:

1. Malioboro

Malioboro

Sumber: travel.okezone.com

Siapa yang tak tahu Malioboro? Tempat ini adalah pusat destinasi wisata di Jogja. Kamu bisa menjumpai banyak pedagang maupun toko-toko yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Jogja.

Baca Juga: Rekomendasi Belanja Oleh-Oleh Khas Jogja di Malioboro

2. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Sumber: sintiaastarina.com

Tak jauh dari Malioboro, ada Pasar Beringharjo yang sudah beroperasi sejak tahun 1758. Pasar Beringharjo adalah pusat perbelanjaan untuk kebutuhan sehari-hari, dan juga untuk berbagai macam oleh-oleh seperti kerajinan batik, suvenir khas Jogja, dan lainnya. 

3. Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan

Sumber: tempat.org

Desa Wisata Kasongan adalah wilayah penghasil kerajinan dari gerabah dan keramik yang terkenal. Kamu tak hanya bisa membeli beragam kerajinan gerabah dan keramik, tapi juga bisa menyaksikan langsung proses produksinya.

4. Kotagede

Kotagede

Sumber: kemenparekraf.go.id

Kerajinan perak Kotagede sudah terkenal bahkan sejak zaman Kerajaan Mataram. Berlokasi di area cagar budaya, Kotagede juga memiliki nilai budaya yang menarik perhatian. Jadi, kamu bisa mengunjungi Kotagede untuk wisata sekaligus berbelanja.

Beberapa toko di Kotagede bahkan membolehkan pengunjung untuk membuat kerajinan peraknya sendiri, seperti cincin, gelang, anting, kalung, bros, bahkan miniatur sepeda. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Indoor Yogyakarta Saat Menginap di Bobobox Malioboro

Ingin Liburan dengan Akomodasi Terjangkau?

Ingin Liburan dengan Akomodasi Terjangkau

Daripada menghabiskan bujet untuk akomodasi, lebih baik alokasikan anggaran untuk mengikuti berbagai aktivitas seru di Jogja. Carilah akomodasi yang nyaman, aman, tapi tetap ramah di kantong, seperti Bobobox Malioboro.

Bobobox adalah solusi menginap yang nyaman, aman, dan terjangkau. Dengan sistem kode QR, kamu bisa check-in dan check-out lebih cepat. Kualitas tidur pun pasti terjamin dengan fitur pengaturan cahaya khas Bobobox.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles