Olahraga atau banyak gerak sebagai pencegahan diabetes (pixabay.com)

Beberapa Jenis Olahraga Menurunkan Kolesterol

Olahraga menurunkan kolesterol jadi solusi bagi banyak orang untuk tetap dapat mempertahankan kondisi kesehatannya. Seperti yang kita ketahui bersama, kolesterol merupakan salah satu permasalahan yang banyak dihadapi oleh masyarakat Indonesia mau itu tua ataupun muda. Hal ini tak mengherankan terjadi karena kuliner Indonesia seringkali mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Tapi apakah kolesterol itu memang berbahaya? Faktanya kolesterol adalah salah satu komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kolesterol dibutuhkan manusia untuk dapat menjalankan beberapa fungsi, seperti membuat hormon, vitamin D, dan juga membantu dalam mencerna makanan.

Namun kamu haru shati-hati karena ketika kadar kolesterol berlebihan dalam tubuh maka kolesterol ini justru dapat berujung pada berbagai penyakit serius. Beberpa apenyakit serius yang bisa muncul karena tingkat kolesterol yang tinggi diantaranya adalah penyakit darah tinggi (hipertensi), diabetes, jantung, stroke, hingga bahkan kematian.

Kamu tak perlu khawatir karena faktanya kadar kolesterol yang tinggi ini bisa kamu atasi dengan mulai menjalani gaya hidup yang sehat. Mengonsumsi makanan yang rendah kolesterol dan berolahraga bisa embantu kamu menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lalu apa sajakah kira-kira olahraga menurunkan kolesterol yang aman dan efektif untuk dilakukan?

Olahraga Menurunkan Kolesterol: Bahaya Olahraga Ekstrem untuk Penderita Kolesterol

Olahraga Menurunkan Kolesterol

Tak semua jenis olahraga aman dan efektif untuuk dilakukan mereka yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Penderita kolesterol tinggi sebaiknya menghindari berbagai jenis olahraga yang terlalu berat atau ekstrem karena dapat berbahaya. Olahraga berat dan esktrim faktanya hanya akan membuat penderita kolesterol tinggi mengalami penumpukan plak di pembuluh darah.

Kondisi ini dapat terjadi karena olahraga berat dapat meningkatkan kerja jantung dan aliran darah, sehingga risiko plak terlepas dari pembuluh darah menjadi lebih tinggi. Plak yang terlepas tersebut kemudian  dapat menyumbat pembuluh darah yang lebih kecil dan membuat pembuluh darah tersebut pecah. Jika kondisi ini terjadi maka hal ini dapat memicu terjadinya stroke dan serangan jantung.

Baca Juga: Suka Makanan Goreng Tapi Khawatir Kolesterol? Kenali Apa Itu Air Fryer Beserta Berbagai Kelebihannya!

Olahraga Menurunkan Kolesterol: Aerobik

Jenis olahraga pertama yang bisa kamu pilih adalah olahraga aerobik. Jenis olahraga ini merupakan kunci untuk memperbaiki kadar kolesterol. Beberapa contoh olahraga aerobikdiantaranya adalah olahraga jalan kaki, joging, dan juga berenang. Selain itu, kamu juga tak perlu khawatir untuk berolahraga di  pusat kebugaran (gym). Saat berolahraga di sana kamu bisa coba memanfaatkan beberapa mesin aerobik, seperti treadmill dan mesin step ataupun mencoba kelas zumba.

Olahraga Menurunkan Kolesterol: Olahraga Kekuatan

Olahraga selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah olahraga kekuatan. Jenis olahraga ini penting untuk membentuk otot, menambah kekuatan, dan memperbaiki kadar kolesterol kamu. Untuk bisa melakukan olahraga jenis ini kamu bisa coba melakukan angkat beban atau gunakan tali stretching untuk menguatkan otot. Lakukan olahraga kekuatan ini secara progresif dengan menambah jumlah beban atau jumlah pengulangan agar hasilnya optimal.

Olahraga Menurunkan Kolesterol

Olahraga Menurunkan Kolesterol: Berenang

Siapa sangka olahraga berenang meruapakan salah satu jenis olahraga yang efektif dilakukan oleh mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Faktanya oalhraga menurunkan kolesterol tak selalu harus berkaitan dengan olahraga yang mendorong kamu untuk bekeringat intensif. Renang merupakan olahraga ramah penderita kolesterol karena walaupun aktivitas ini tak membuat kamu berkeringat namun  ternyata kalori tubuh yang terbakar terbilang sangat signifikan.

Selain itu jenis olahraga renang ini juga sangat baik untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Aktivitas berenang ini bisa membantu kamu menurunkan berat badan sekaligus membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Apakah renang merupakan salah satu olahraga favrit kamu?

Baca Juga: Takut Kadar Kolesterol Naik? Ini Tips Mengontrol Kolesterol Saat Idul Adha

Olahraga Menurunkan Kolesterol: Bersepeda

Kegiatan bersepeda juga merupakan salah satu jenis olahraga yang kini sedang banyak diminati karena olahraga ini sangat menyenangkan untuk dilakukan. Selain menyenangkan, olahraga dengan bersepeda meiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol. Faktanya dengan bersepeda secara rutin kamu bisa meningkatkan peredaran darah, mengatasi nyeri sendi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Olahraga Menurunkan Kolesterol: Joging

Sipa yang suka kegiatan joging di pagi atau sore hari? Olahraga joging ini faktanya membantu mengoptimalkan kerja jantung dan melancarkan sirkulasi darah sekaligus membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Yuk mulai olahraga joging kamu sambil menikmati udara segar di luar ruangan!

Olahraga Menurunkan Kolesterol: Yoga

hormon yang berpengaruh terhadap mood kerja

Cape Town, South Africa

Selain membantu merilekskan tubuh juga pikiran, olahraga yoga juga memiliki manfaat yang baik dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Olahraga yoga ini masuk ke dalam jenis olahraga yang bersifat meditasi sehingga mampu menurunkan kadar stres. Kadar stres merupakan salah satu penyebab dari banyak masalah kesehatan termasuk tidak stabilnya kadar kolesterol tubuh yang dapat berdampak buruk terhadap tekanan darah dan jantung.

Selain stres, pola hidup yang tidak sehat termasuk pola makan dapat menjadi penyebab peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Kebiasaan jjarang olahraga dan kebiasaan seperti sering begadang, merokok, juga mengonsumsi minuman beralkohol dinilai dapat memicu peningkatan kolesterol. Oleh karena itu yuk mulai pola hidup yang seht dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan redah kolesterol, mengontrol stres, dan memenuhi kebutuhan istirahat.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles