offroad lembang, offroad parongpong

5 Rekomendasi Wisata Offroad Lembang Paling Seru

Mau mencoba keseruan sensasi wisata offroad? Lembang bisa banget jadi pilihan. Kawasan di Bandung Barat ini memang terkenal memiliki kontur berbukit dengan hutan pinus rimbun yang sangat cocok untuk kegiatan offroad.

Karena itu, tidak heran Lembang pun menjadi salah satu tujuan populer untuk menjajal keseruan melaju di atas medan yang memacu adrenalin.

Lalu, apa saja pilihan wisata offroad Lembang yang bisa kamu coba? Yuk, simak rekomendasinya berikut ini!

1. Offroad Cikole Lembang

Lokasi: Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kalau bicara soal tempat offroad Bandung Lembang, Cikole lah primadonanya. Di kawasan ini, kamu akan memacu adrenalin dengan melalui jalur sepanjang 18 kilometer yang terjal, curam, sempit, berbatu, dan berlumpur. Di kiri kanannya, terdapat pepohonan pinus rindang yang membuat suasana lebih asri dan menyegarkan.

Jalur offroad Cikole Lembang ini akan membawa kamu menuju Bunker Belanda yang ada di kawasan Gunung Putri, Lembang. Selain itu, ada juga yang kerap melanjutkan perjalanan offroad ini hingga ke Kebun Teh Sukawana di Parongpong sebelum akhirnya kembali ke meeting point.

Harga paket offroad-nya akan bervariasi tergantung pada jasa tur, kelengkapan paket, jenis kendaraan, hingga durasi perjalanan. Durasi perjalanannya sendiri biasanya terbagi menjadi dua pilihan, yaitu pendek sekitar 2-3 jam dan panjang sekitar 4-5 jam.  

Untuk harga per unit kendaraan, biasanya jenis Land Rover dengan kapasitas maksimal tujuh orang, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp2.000.000. Harga tersebut umumnya sudah termasuk driver andal, bahan bakar, tiket masuk wisata, dan durasi sekitar 3-4 jam.

Selain itu, ada juga harga per orang mulai dari Rp250.000. Harga ini sudah termasuk Landi berkapasitas tujuh orang, bahan bakar, pengemudi andal, dan durasi sekitar 2-3 jam. Kamu juga bisa mencoba offroad Lembang Cikole dengan menggunakan ATV dengan harga sekitar Rp200.000/orang selama 20-30 menit.

Sebelum perjalanan memicu adrenalin dimulai, kamu akan diminta untuk berkumpul di meeting point tertentu. Penentuannya tergantung pada Event Organizer atau jasa tur yang kamu gunakan. Kamu bisa saja berkumpul di sekitar hotel atau tempat wisata populer Lembang.

Aksesnya sudah terbilang mudah, namun kerap macet saat weekend tiba. Rutenya tentu tergantung meeting point offroad. Dari pusat Bandung, jaraknya sekitar 20 km dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Kamu bisa melewati Jalan Ir. H. Juanda hingga ke Jalan Tangkuban Perahu, terutama jika meeting point-nya di Grafika atau Orchid Forest.

Baca juga: 20 Tempat Outbound di Lembang Ini Bikin Liburan Makin Berkesan!

2. Go-Jeep Fun Offroad Cikole

jeep-offroad-cikole, offroad lembang

Photo: go-jeep.id

Lokasi: Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Rekomendasi wisata offroad Bandung Lembang berikutnya ada Go-Jeep. Go-Jeep sendiri merupakan penyedia layanan jasa transportasi berupa sewa kendaraan offroad untuk keperluan wisata yang berpusat di Jawa Timur.

Namun, Go-Jeep juga telah mengembangkan layanan paket Jeep Offroad untuk kawasan Bandung, termasuk di Cikole. Harga offroad Cikole Lembang melalui Go-Jeep berada di angka Rp1.950.000/unit mobil (Land Rover) dengan minimal booking satu mobil.

Paket tersebut akan membawa kamu menembus rimbunnya hutan pinus Cikole sejauh 10 kilometer selama kurang lebih 2-3 jam. Harganya sudah termasuk driver berpengalaman dan tiket masuk kawasan wisata Cikole.

Kapasitas maksimal mobil adalah tujuh orang, termasuk dengan driver. Oleh karena itu, mobil bisa membawa maksimal enam penumpang. Makanan, minuman, dan transportasi menuju Cikole tidak termasuk dalam harga.

Meeting point-nya bisa kamu diskusikan dengan pihak Go-Jeep, tapi tetap dalam wilayah Cikole. Karena itu, kamu bisa saja mengambil rute menuju Jalan Tangkuban Perahu jika datang dari arah Kota Bandung.

Baca juga: Sukawana Offroad Track: Jalur Ekstrem yang Menantang dan Seru di Bandung

3. Landy Sunrise Cikole Lembang

Lokasi: Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Untuk sensasi yang lebih mendebarkan dan memacu adrenalin, offroad Bandung Lembang di malam hari adalah pilihan tepat. Rutenya sendiri tidak jauh berbeda sebab kamu akan berangkat dari Hutan Pinus Cikole menuju Gunung Putri.

Setelah berjibaku dengan jalan berlumpur nan terjal serta menembus rimbunya hutan pinus, kamu bisa menikmati keindahan sunrise dari puncak Gunung Putri. Puncak Gunung sendiri dikenal dengan nama Tugu Putri dan kamu perlu sedikit hiking untuk berada di atasnya. Bukan cuma matahari terbit, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan Kota Bandung dari ketinggian.

Harga offroad Cikole Lembang ini biasanya lebih tinggi, yaitu sekitar Rp2.200.000-2.850.000 per unit Landy (Land Rover). Harga paket sudah termasuk driver berpengalaman, bahan bakar, tiket masuk wisata, air mineral, makan satu kali, dan coffee break satu kali.

Lama perjalanan offroad bisa mencapai 3-4 jam dan perjalanan biasanya dimulai sejak pukul 01.30 dini hari. Rute menuju lokasi tergantung pada meeting point wisata offroad kamu. Kamu bisa mengikuti rute pilihan wisata sebelumnya.    

Baca juga: 18 Rekomendasi Tempat untuk Outbound di Bandung

4. Ex-Adventure Offroad Lembang

Offroad-Lembang

Photo: ex-adventure.com

Lokasi: Giri Bambu, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Pilihan lain yang bisa kamu coba untuk menjajal wisata offroad Bandung Lembang adalah Ex-Adventure. Ex-Adventure ini merupakan event organizer yang berfokus pada kegiatan outbound, gathering, hiking, camping, hingga offroad di kawasan Lembang.

Sama halnya seperti pilihan wisata sebelumnya, Ex-Adventure juga menawarkan paket offroad dengan rute dari Cikole ke Gunung Putri. Jika belum puas bertualang, kamu juga bisa menambahkan rute hingga ke air terjun untuk me-refresh diri.

Untuk menuju area Giri Bambu dari pusat Kota Bandung, kamu bisa mengambil rute melewati Universitas Pendidikan Indonesia-Jalan Raya Lembang-Jalan Raya Tangkuban Perahu. Alternatif lainnya, kamu juga bisa melalui Jalan Ir. H. Juanda-Jalan Pagermaneuh-Jalan Maribaya-Jalan Tangkuban Perahu.

5. Offroad Grafika

Lokasi: Jalan Raya Tangkuban Perahu Km. 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Rekomendasi wisata offroad Bandung Lembang berikutnya adalah Terminal Wisata Grafika Cikole. Grafika sendiri merupakan tempat wisata alam yang menyediakan beragam jenis wahana dan fasilitas. Ada penginapan, restoran, camping ground, hingga wahana outbound dan offroad.

Untuk pilihan offroad-nya, kamu bisa mencoba wahana ATV dengan lintasan sepanjang 350 meter. Wahana ini juga bisa dimainkan oleh anak di bawah 10 tahun dengan syarat ditemani orang dewasa. Dengan pendeknya lintasan yang tersedia, Grafika bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin mencoba offroad dengan durasi sebentar dan tidak terlalu ekstrem.

Sebelum memasuki area wisata, kamu harus terlebih dulu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000. Selanjutnya, kamu perlu mengeluarkan uang lagi masing-masing sebesar Rp50.000 untuk ATV. Karena berlokasi di Jalan Tangkuban Perahu, kamu bisa menggunakan rute sebelumnya jika berangkat dari pusat Kota Bandung.

Itulah beberapa pilihan wisata offroad seru yang ada di Lembang. Kamu paling tertarik dengan yang mana, nih?

Bobocabin Cikole, Tempat Menginap Terbaik Setelah Berjibaku di Jalur Offroad

Bobocabin Cikole

Photo: Bobobox Internal Asset

Sambil menentukan pilihan terbaik untuk kamu, jangan lupa juga untuk mencari penginapan nyaman untuk melepas lelah setelah berjibaku dengan medan terjal. Kalau kamu masih bingung mencari tempat menginap yang nyaman, Bobocabin Cikole bisa menjadi pilihan.

Bobocabin satu ini akan memanjakan kamu dengan kabin nyaman, beragam fasilitas canggih serta menarik yang berpadu dengan syahdunya alam Cikole. 

Ada Wi-Fi, mood lamp, Bluetooth speaker, Smart Window, api unggun, barbecue, sarapan, hingga hot tub. Pilihan kamarnya sendiri ada tiga macam, yaitu Standard Cabin, Deluxe Cabin Hot Tub, dan Executive Cabin.

Bukan cuma itu, Bobocabin juga menawarkan lokasi strategis yang berdekatan dengan sejumlah tempat wisata menarik Lembang, termasuk Grafika Cikole dan Farmhouse Lembang. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut! 

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Featured photo: Ahmad Syahrir via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles