offroad bandung, offroad malang

5 Spot Offroad Bandung Paling Populer dan Menantang Adrenalin

Akhir pekan ini sudah punya rencana mau ke mana? Daripada hanya diam di rumah, yuk short escape ke Bandung! Ada banyak atraksi dan tempat menarik di sana. Salah satunya adalah wisata offroad yang memacu adrenalin.

Penasaran dengan serunya sensasi wisata offroad di Bandung? Simak rekomendasi terbaik kurasi Bob berikut ini!

1. Cikole Lembang

offroad bandung

Photo: bandungoffroad.com

Lokasi: Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Offroad Bandung Cikole bisa menjadi pilihan pertama buat kamu yang ingin menjajal wisata offroad di kawasan Bandung. Cikole memang terkenal memiliki alam terbuka berupa hutan pinus dan perkebunan teh di atas tanah dengan kontur perbukitan.

Jalurnya sendiri cukup menantang dan menegangkan. Kamu akan dibawa melalui jalan sempit dengan tanjakan terjal, bebatuan besar, lumpur, tebing tanah, hingga banyak genangan air. Badan pun serasa dihentak ke sana kemari. Sensasinya akan lebih seru lagi jika kamu mencobanya di musim hujan sebab jalannya akan semakin licin dan berlumpur.

Di tengah perjalanan, kamu bisa menikmati coffee break sambil melihat pemandangan alam sekitar atau bahkan menjajal permainan outbound. Hal ini tentu tergantung pada paket offroad yang kamu ambil, baik dari tempat kamu menginap, event organizer, ataupun jasa tour dan travel.

Harganya mulai dari Rp250.000 per orang dengan kapasitas maksimal sekitar tujuh orang. Selain itu, ada juga harga sewa per mobil (Land Rover) sekitar Rp2.200.000-an.

Paket offroad Bandung ini biasanya sudah termasuk sewa mobil, bensin, supir berpengalaman, tiket masuk Cikole, dan durasi perjalanan mulai dari 2-4 jam. Harga juga biasanya tidak termasuk konsumsi serta transportasi menuju Cikole.

Untuk mencapai area Cikole dari pusat kota Bandung, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 1-1,5 jam, tergantung pada situasi lalu lintas. Aksesnya sudah cukup baik dan mudah dijangkau. Jika datang saat weekend atau hari libur, siap-siap menghadapi kemacetan. Karena itu, sebaiknya datanglah di hari kerja untuk menikmati jalanan yang lebih lengang. 

Soal makanan, kamu bisa membawa bekal sendiri, membeli di tempat, atau jika menginap di Bobocabin Sukawana, kamu bisa mencoba sajian menu dari Bobodeli.

Bobodeli adalah produk F&B dari Bobobox yang menyajikan aneka hidangan lokal hingga barat. Beberapa yang menjadi andalan adalah Roasted Beef Sambal Matah, Korean Fried Chicken Wings, dan Sticky Date Pudding.

Baca juga: Sukawana Offroad Track: Jalur Ekstrem yang Menantang dan Seru di Bandung

2. Upas Hill

Lokasi: Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Pilihan wisata offroad selanjutnya adalah Upas Hill alias Bukit Puncak Upas yang berada di ketinggian 1.956 mdpl di kawasan Tangkuban Perahu. Kawasan satu ini terkenal sebagai spot favorit untuk menikmati keindahan sunrise. Dari atas bukit ini, kamu juga bisa melihat keindahan bibir kawah serta Gunung Tangkuban Perahu yang menjulang dengan ketinggian 2.084 mdpl.

Namun, perjalanan menuju bukit satu ini tentu tidak mudah karena jalurnya yang cukup menantang dan jauh. Karenanya, selain untuk hiking, jalur menuju Upas Hill juga kerap dimanfaatkan untuk kegiatan offroad dengan Jeep/Land Rover atau motor trail.

Sama halnya seperti di Cikole, kamu juga akan diajak menikmati kesejukan hutan pinus lalu menembus kawasan perkebunan teh Sukawana. Setelah itu, barulah kamu sampai di tempat parkir Upas Hill lalu lanjut jalan kaki selama 10 menit untuk mencapai puncak. Jalurnya sendiri cukup menantang sebab kamu akan melewati jalan yang rimbun dan penuh semak belukar, berbatu pasir, hingga berlumpur.

Karena tujuannya mengincar sunrise, kebanyakan paket offroad Upas Hill dimulai sejak dini hari, umumnya pada pukul 00.00-02.00 (dini hari). Harganya tidak jauh berbeda dengan paket offroad Bandung sebelumnya, yaitu sekitar Rp275.000 per orang. Sementara itu, harga paket per mobilnya juga mencapai Rp2.000.000an.

Paket tersebut biasanya sudah termasuk sewa mobil, bahan bakar dan driver, biaya parkir, tiket masuk, dan air mineral. Dengan harga yang lebih tinggi, kamu bisa mendapatkan camilan ringan untuk dimakan saat waktu sarapan.

Untuk akses menuju meeting point, kamu bisa mengambil rute melalui Lembang atau Parongpong. Selanjutnya, kamu akan melewati Jalan Sukawana yang masih terbilang jelek dan berbatu sebelum akhirnya sampai di meeting point.

3. Hutan Rahong

cabin rahong, offroad bandung, hutan rahong

Photo: @cabinrahong via Instagram

Lokasi: Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung

Beralih ke Pangalengan, kamu akan menjumpai spot wisata offroad Bandung terpopuler lainnya, yaitu Hutan Rahong. Sesuai dengan namanya, kamu akan diajak untuk bertualang melewati indahnya Hutan Rahong yang dikelilingi oleh pepohonan pinus. Dari sana, kamu akan melanjutkan perjalanan menuju perkebunan teh yang luas dengan pemandangan pegunungan eksotis di sekelilingnya.

Dalam kegiatan offroad Hutan Rahong ini, kamu akan melalui jalanan terjal berlumpur, berbatu, menanjak, berlubang, bergelombang, hingga berair. Selain jalurnya yang menantang, keindahan alam yang kamu lalui juga menjadi daya tarik utama dalam perjalanan penuh adrenalin ini.

Informasi sewa mobil offroad Bandung ini juga tidak jauh berbeda dengan wisata offroad sebelumnya. Kamu perlu menyiapkan dana mulai dari Rp200.000 per orang untuk paket paling sederhana yang meliputi mobil, driver, serta tiket masuk wisata.

Sementara itu, untuk harga per mobil, kamu dan teman-teman bisa membayar hingga Rp2.350.000 dengan kapasitas maksimal tujuh orang. Tergantung harga paket dan penyedia jasa tur, paket offroad bisa saja sudah termasuk camilan ringan dan air mineral untuk pengganjal lapar setelah terpontang-panting selama beberapa jam.

Agar pengalaman lebih berkesan, kamu juga bisa menambahkan kegiatan seru lainnya pada paket offroad-mu, tentu dengan harga yang lebih tinggi. Ada permainan paintball, rafting, flying fox, hingga berendam air panas.   

Untuk mencapai area Hutan Rahong, aksesnya terbilang mudah. Kamu perlu berkendara menuju Pangalengan lalu ke arah Situ Cileunca. Tak jauh dari sana, kamu akan tiba di Hutan Rahong. Sebagai informasi, akses menuju Situ Cileunca terbilang mulus, namun banyak tanjakan dan belokan serta jalan rusak di beberapa titik mendekati Hutan Rahong.

Baca juga: 18 Rekomendasi Tempat untuk Outbound di Bandung

4. Ciwidey

Lokasi: Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung

Kawasan Ciwidey bisa menjadi alternatif lain buat kamu yang ingin menjajal wisata offroad Bandung selatan. Sama halnya seperti Pangalengan, Ciwidey juga menyuguhkan udara segar serta bentang alam memukau yang akan menemani petualangan offroad-mu.

Dengan menggunakan Land Rover 4×4, kamu akan dibawa melalui jalan terjal berbatu, sempit, berliku, hingga berlumpur di kawasan Situ Patenggang. Di sepanjang perjalanan, kamu juga akan dimanjakan dengan keindahan perkebunan teh, rindangnya pepohonan pinus, hingga keindahan Ciwidey dari ketinggian.   

Untuk menikmati kegiatan penuh tantangan ini, kamu bisa menyiapkan biaya mulai dari Rp280.000an per orangnya. Paket offroad termurah biasanya sudah termasuk unit mobil, bahan bakar, driver berpengalaman, serta tiket masuk area wisata yang dilalui.

Sementara itu, harga paket per unit mobil bisa mencapai Rp2.700.000. Paket offroad Bandung ini juga bisa kamu kombinasikan dengan kegiatan rafting agar lebih memacu adrenalin, tentu dengan harga yang lebih tinggi.  

Meeting point untuk wisata offroad Bandung di Ciwidey akan tergantung pada penyedia jasa tur atau event organizer yang kamu pilih. Namun, untuk mencapai area Ciwidey-nya sendiri, kamu tidak perlu khawatir sebab aksesnya terbilang mudah dan sudah tertata rapi.

Dari lokasi tempatmu menginap, kamu cukup berkendara menuju kawasan Ciwidey dan ikuti papan petunjuk yang tersedia di sepanjang perjalanan

5. Dago Dream Park

dago dream park

Photo: dagodreampark.co.id

Lokasi: Jalan Dago Giri Km. 2.2, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Pilihan spot offroad Bandung selanjutnya adalah Dago Dream Park. Dago Dream Park sendiri merupakan sebuah tempat rekreasi keluarga yang menghadirkan lebih dari 30 wahana di atas lahan seluas 11,6 ha.

Salah satunya adalah Monster Trail Dago Dreampark yang wajib banget kamu jajal jika ingin mencoba keseruan wisata offroad Bandung. Wahana ini terdiri dari dua jenis kendaraan, yaitu manual dengan maksimal penumpang enam orang dan matic dengan maksimal penumpang dua orang.

Kamu diberi pilihan untuk mengendarainya sendiri atau menggunakan jasa driver yang tersedia di sana. Namun, pastikan kamu sudah memiliki SIM jika ingin melakukannya sendiri.

Harga untuk menjajal wahana Monster Trail adalah Rp100.000 per orang untuk dua kali putaran melewati trek kering dan sungai. Selama menikmati wahana ini, kamu juga wajib mematuhi peraturan dari operator Dago Dreampark.  

Harga tersebut belum termasuk tiket masuk ke Dago Dreampark sebesar Rp30.000 untuk hari biasa dan Rp35.000 di akhir pekan. Khusus kamu yang memiliki tiket kereta Whoosh, HTM-nya gratis, lho!

Untuk mencapai kawasan Dago Dreampark, aksesnya sudah terbilang mulus. Hanya saja, jalanan bisa saja macet jika kamu datang terlalu siang atau saat akhir pekan dan hari libur.

Baca juga: 8 Rekomendasi Tempat Outing Bandung dengan Fasilitas Lengkap

Menginap di Bobocabin Usai Serunya Menjajal Offroad Bandung

Nah, itulah beberapa pilihan spot offroad terbaik di Bandung dan sekitarnya yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin menikmati keseruan yang menantang. Kamu paling tertarik dengan yang mana nih?

Sambil menentukan pilihan terbaik untuk kamu, jangan lupa juga untuk mencari penginapan nyaman untuk melepas lelah setelah berjibaku dengan medan terjal. Kalau kamu masih bingung mencari tempat menginap yang nyaman, Bobobox bisa jadi pilihan nih.

Bobocabin Cikole

Photo: Bobobox Internal Asset

Bobobox sendiri menawarkan dua jenis penginapan yang dijamin bikin kamu betah berlama-lama, yaitu hotel kapsul Bobopod dan kabin glamping Bobocabin. Keduanya sudah tersebar di beberapa lokasi strategis di Kota Bandung. Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

Tinggal pilih saja lokasi terdekat dengan tujuan wisata kamu. Salah satunya adalah Bobocabin Cikole yang berlokasi tidak jauh dari tempat wisata offroad Cikole. Bobocabin satu ini akan memanjakan kamu dengan kabin nyaman dan beragam fasilitas canggih yang berpadu dengan tenang dan indahnya alam Cikole. 

Ada Wi-Fi kencang, fitur mood lamp untuk mengubah warna lampu, hingga Smart Window yang memungkinkan kamu untuk menikmati keindahan alam dari dalam kabin. Di samping itu, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Bobobox dari ponsel untuk berbagai kebutuhan, seperti check-in, akses masuk pod, menghubungi host, dan memesan makanan. Yuk, langsung unduh saja aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut! 

 

Penulis: Aidah Musyaropah

Featured photo: Dan Gomer via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles