Denissa Devy via Unsplash

Nikmati Pesona Pangandaran Lewat 7 Tempat Ini!

Pangandaran memang salah satu destinasi liburan yang cukup aksesibel di Jawa Barat. Terletak hanya satu jam dari Stasiun Banjar, kabupaten ini meliputi setidaknya 12 pantai di pesisir selatan yang masing-masing punya keunikannya sendiri. Selain menggunakan kereta, jalanannya pun cukup ramah untuk dijangkau dengan mobil, baik pribadi maupun travel shuttle yang berangkat dari Jakarta maupun Bandung.

Enggak perlu khawatir jika masih bingung untuk menyusun rencana liburan di sini. Bob sudah menyiapkan daftar destinasi wisata terbaik Pangandaran selain pantai Pangandaran yang harus kamu coba datangi; setidaknya sekali seumur hidup! 

1. Pantai Karang Nini

Via Wisato

Terletak di belakang hutan dan tebing, pantai yang cenderung sepi ini bisa jadi pilihan yang tepat jika kamu kelelahan di perjalanan dan ingin menikmati sepoi angin sebelum masuk ke area tengah Pangandaran, sekitar 13 menit dari Bundaran Marlin Pangandaran. 

Konon katanya, asal dari nama pantai ini merujuk pada seorang nenek bernama Ni Ambu Kolot. Dengan setia ia menunggu suaminya Ki Arga Plara yang tengah pergi untuk memancing, namun tidak kunjung pulang.

Meskipun tidak bisa dipakai untuk berenang, kamu dapat menikmati keindahan berbagai batu karang yang memecah ombak. Selain itu, sama seperti sejarahnya, kamu bisa melihat banyak orang yang menggunakan pantai pasir putih ini sebagai destinasi pemancingan. 

Karena area tebing Karang Nini punya rerumputan hijau yang cocok banget untuk dijadikan spot piknik cantik, kamu bisa banget untuk bawa bekal dan camilan favorit ke sini!

2. Cagar Alam Pananjung

Erick Istanto Gunawan via Flickr

Jika kamu tengah berada di daerah Pantai Barat Pangandaran, kamu akan melihat banyak area hijau di arah selatan. Area tersebut adalah Cagar Alam Pananjung Pangandaran, rumah untuk berbagai fauna lokal seperti kera, lutung, landak, rusa, kancil, hingga trenggiling!

Selain akses darat, kamu juga bisa menaiki perahu dari Pantai Barat untuk diantar ke Pantai Pasir Putih Pangandaran yang pemandangannya sangat memukau! Uniknya lagi, di pantai ini terdapat bangkai kapal Viking Lagos yang ditenggelamkan oleh eks Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di tahun 2016 yang lalu.

Di pantai ini kamu dapat menikmati banyak olahraga air atau pun sekedar berenang dan bersantai. Karena banyak kera, perhatikan barang bawaanmu ya! 

Dalam cagar alamnya sendiri, kamu bisa trekking ringan untuk menikmati keragaman flora sembari mengunjungi situs-situs gua seperti Goa Panggung, atau ke situs Batu Kalde yang konon memiliki makam-makam peninggalan Kerajaan Galuh. Terdapat juga Curug Pananjung yang indah dengan pantai cenderung lebih sepi dibandingkan area Pantai Barat dan Pasir Putih.

3. Pantai Bukit Batu Hiu

via Portal Kabupaten Pangandaran

Disebut sebagai Tanah Lot-nya orang Jawa Barat, pantai ini memiliki bukit karang yang menjorok ke arah laut, dengan bentuk seperti sirip hiu yang akhirnya menjadi asal-usul dari nama pantai tersebut. Di sini, kamu bisa berteduh di bawah hamparan pohon Pandan Wong sambil menikmati ombak.

Ingin bermain dengan air laut? Cukup jalan sedikit ke arah barat. Mirip seperti Karang Nini, di sini kamu bisa piknik di atas rumput hijau yang asri–tapi, banyak warung makanan juga kok di sini! Jangan lupa siapkan cash dulu sebelum berkunjung, ya.

Selain menikmati pantai, Bob juga menyarankan kamu untuk mengunjungi pusat konservasi penyu yang dikelola oleh Kelompok Pengawas Masyarakat Biota Laut (POKWASMAS). Jika beruntung, kamu bisa melihat tukik-tukik kecil yang sedang dilepasliarkan. Gemes banget!

Baca juga: Ranca Upas Punya Sejarah dan Mitos Yang Misterius!

4. Green Canyon

via Wonderful Indonesia

Belum tuntas liburanmu di Pangandaran tanpa mengeksplor Green Canyon Cukang Taneuh dengan body rafting! Namun untuk kamu yang belum berani, kamu tetap bisa menikmati keindahan ngarai yang satu ini dengan perahu saja. Dua pilihan tersebut bisa kamu akses dengan mudah jika kamu memilih Bobocabin Madasari sebagai akomodasi, lho! Selain lebih praktis karena tidak harus ribet sewa alat tambahan, paket body rafting/wisata perahu ini sudah termasuk antar jemput ke Bobocabin Madasari. 

Berlokasi di Cijulang, waktu yang tepat untuk mengunjungi Green Canyon ini adalah musim kemarau atau pada saat cuaca sedang kering, membuat air sungainya menjadi hijau kebiruan yang cantik sekali. Jika di malam sebelumnya hujan, keesokan harinya air tersebut akan berubah warna menjadi coklat karena lumpur. 

5. Laguna Bojong Salawe

Jika menyusuri sungai Cijulang jauh hingga ke arah selatan, kamu akan menjumpai salah satu tempat favorit Bob untuk bengong melihat sunset, yakni Laguna Bojong Salawe! Dengan air payau yang tenang, tempat ini sangat menyenangkan untuk dipakai berenang maupun bermain air. Namun, pastikan untuk berenang di dalam laguna dan hindari bermain terlalu dekat ke area pantai dengan air yang mulai berombak, karena area tersebut berhubungan langsung dengan laut lepas.

Di sini ada penyedia jasa penyewaan perahu “pesiar” dua tingkat dari Riversider Cijulang dan juga permainan air seperti kano dan perahu bebek untuk dibawa ke area Laguna. Tidak jarang juga, banyak pengunjung yang membawa tenda untuk berkemah di sini.

Suasana laguna ini bisa dibilang sangat sepi, jadi cocok untuk kamu yang mencari ketenangan. Bisa dibilang, ini salah satu hidden gem-nya Pangandaran!

Baca juga: 3 Hari di Madasari: Surga Tersembunyi Pangandaran

6. Pantai Batukaras

Josh Richardson via Flickr

Tidak jauh dari Cijulang, kamu bisa menemukan surganya para peselancar di Pangandaran, yaitu Pantai Batukaras. Meskipun pasirnya terdiri dari pasir hitam, pantai ini memiliki ombak yang cantik dan ramah untuk peselancar. Untuk kamu yang ingin sekedar bermain air dengan boogie board atau belajar berselancar, pantai utama Batukaras, Legok Pari, bisa menjadi pilihan.

Sedangkan untuk kamu yang sudah punya pengalaman berselancar, area pantai yang terletak di dekat Lapangan Sepakbola Batukaras boleh dicoba. Saat ombak dan cuaca sedang bagus, tinggi ombak selancar bisa mencapai hingga 150 meter, jadi pasti akan sangat seru dan menantang! 

Selain itu, terdapat banyak tempat kuliner seafood yang lezat di daerah pantai utama Batukaras, seperti Warung Comeng atau RM Kang Ayi Batukaras. Untuk kamu yang ingin berenang di pantai yang cukup sepi, kamu bisa mengunjungi juga Batu Nunggul.

7. Pantai Madasari

Meskipun kamu tidak bisa berenang di sini, Pantai Madasari menyediakan pemandangan sunset paling cantik di Pangandaran dengan akses yang lebih mudah. Sembari menunggu matahari terbenam, kamu bisa menikmati berbagai macam jajanan khas pantai, seperti es kelapa jeruk yang menyegarkan, misalnya.

Pantai ini dikenal dengan hamparan laut lepas yang biru, dengan batu karang besar yang memecah ombak-ombak tersebut dengan indahnya.

Pemandangan yang cantik ini terletak hanya beberapa menit dari Bobocabin Madasari, dan cukup ramai ketika hari mulai sore. Jadi, jika kamu ingin menikmati matahari terbenam di tempat yang lebih sunyi dengan gratis, kamu dapat mengakses pantai tertutup dengan memilih Bobocabin Madasari sebagai akomodasi!

Selain area pantai yang sejuk nan asri, kamu pun dapat menikmati waktu istirahat yang berkualitas berkat kabin-kabin canggih yang super nyaman. Tersedia berbagai macam fasilitas tambahan seperti BBQ set, hammock untuk bersantai, hingga reservasi fishing trip eksklusif bareng Bob yang bikin pengalaman liburanmu makin seru.

Untuk kamu peselancar profesional, Pantai Bulakbenda pun dapat kamu akses dengan mudah dari sini, hanya cukup memakan waktu 5 menit saja!

Yuk, jadwalkan liburan terbaikmu bersama Bobocabin Madasari!

Bob’s Budget Check:

  • Tiket Pantai Karang Nini: Rp7,500/orang.
  • Tiket Cagar Alam Pangandaran: Weekdays: Rp16,500/orang (lokal), Rp210,000/orang (mancanegara) Weekend: Rp21,000/orang (lokal, Rp310,000/orang (mancanegara).
  • Perahu ke Pasir Putih mulai dari Rp20,000/orang satu kali jalan, minimal 4 orang dalam kapal.
  • Tiket Pantai Bukit Batu Hiu: Rp3,300/orang; Rp7,000/motor, mulai dari Rp19,500/mobil.
  • Tiket body rafting Green Canyon di Bobocabin Madasari: Rp300,000/orang, min. 5 pax
  • Tiket boat tour Green Canyon di Bobocabin Madasari: Rp400,000/orang, max. 7 pax
  • Carter perahu Laguna Bojong Salawe: Rp750.000/perahu pesiar (perahu kecil mungkin tersedia dalam jumlah terbatas)
  • Sewa papan surfing: Rp75.000/hari
  • Sewa boogie board: Rp10.000/hari
  • Instruktur surfing Batukaras: Rp350.000/jam
  • Tiket masuk Pantai Madasari: Rp2.500 (untuk pejalan kaki), Rp9.000 (kendaraan roda dua), dan Rp30.000 (mobil).
Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles