menunggu boarding - take off - ketinggalan pesawat

Nggak Mau Tiket Hangus? Ini 9 Tips Supaya Nggak Ketinggalan Pesawat

Ada yang bilang kalau merencanakan liburan itu pasti ada saja tantangannya. Apalagi untuk liburan jarak jauh yang mengharuskan kita menggunakan moda transportasi pesawat.

Bepergian dengan pesawat memerlukan persiapan yang sangat diperhitungkan. Mulai dari perjalanan ke bandara yang biasanya terletak jauh dari mana-mana, persiapan dokumen, barang bawaan, hingga proses check-in hingga boarding pesawatnya yang memang berlapis-lapis.

Makanya, nggak jarang ada kejadian calon penumpang ketinggalan pesawat. Alhasil tiket pesawat pun hangus dan itinerary yang kamu susun sejak berbulan-bulan lalu itu berantakan, deh.

Biar nggak kejadian di kamu, Bob sudah siapkan tips supaya nggak ketinggalan pesawat yang bisa kamu coba. 

Packing Maksimal Satu Hari Sebelum Berangkat

packing - nggak ketinggalan pesawat

Photo: Anete Lusina via Unsplash

Ini dia tips supaya nggak ketinggalan pesawat yang pertama. Packing barang yang akan dibawa liburan mungkin adalah salah satu tugas paling penting yang seringkali kamu abaikan. Entah karena rasa malas atau bingung ingin membawa apa saja, alhasil kamu selalu packing dadakan menjelang hari keberangkatan.

Bob sarankan sih, kamu hilangkan kebiasaan itu, ya. Ada baiknya untuk mulai mencicil packing sejak jauh-jauh hari sebelum berangkat agar tidak terburu-buru dan akhirnya malah meninggalkan barang yang penting.

Oh ya, kamu juga bisa mencatat lebih dulu apa saja barang bawaan yang diperlukan agar tidak bingung. Cobalah untuk tidak membawa terlalu banyak barang.

Baca Juga: Ketinggalan Pesawat? Ini 11 Solusi yang Harus Segera Kamu Lakukan!

Online Check-In

check in di bandara

Photo: Torsten Dettlaff via Pexels

Sekarang sudah ada fitur online check-in yang disediakan masing-masing maskapai. Jika sudah check-in lebih dulu, proses penerbanganmu akan lebih cepat karena sudah tidak perlu mengantre lagi di check-in counter.

Keuntungan lainnya, kamu juga bisa memilih kursi terbaik di pesawat jika kategori tiketmu memungkinkannya. Sampai bandara, tinggal cetak tiket saja di mesin yang tersedia.

Kamu juga akan merasa lebih tenang di perjalanan, tidak perlu merasa terburu-buru atau takut terlambat check-in jika macet di perjalanan. Soalnya kebanyakan check-in counter akan ditutup sekitar 30 menit sebelum terbang.

Tidur Lebih Awal Agar Tidak Terlambat Bangun

tidur cukup

Photo: senivpetro via Freepik

Alasan selanjutnya kenapa ada orang yang bisa terlambat naik pesawat, adalah karena terlambat bangun. Apalagi buat yang penerbangannya berlangsung di waktu subuh atau pagi hari.

Biar bisa bangun tepat waktu dengan lebih mudah, tentunya kamu butuh istirahat yang cukup. Maka dari itu, tidurlah lebih awal agar tetap mendapatkan tidur sekitar 7-8 jam. 

Baca Juga: 5 Tips untuk Kamu yang Ketinggalan Pesawat Transit, Jangan Panik!

Menginap di Dekat Bandara

Kamar tidur Bobopod Airport CBC

Buat kamu yang memang susah bangun lebih awal, menginap di hotel dekat bandara, seperti Bobopod Airport CBC yang berlokasi nggak jauh dari Bandara Soekarno-Hatta, bisa jadi solusinya, nih. Kalau kamu bangun sedikit terlambat, setidaknya kamu masih ada di sekitar bandara, hehehe.

Bobopod Airport CBC adalah hotel kapsul yang hanya berjarak 18 menit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Selain menawarkan spot istirahat yang nyaman, Host kami juga menyediakan layanan pengantaran ke bandara pada jam 23.00 – 07.00 WIB gratis, lho. Solusi terbaik untuk kamu yang flight-nya pagi-pagi buta!

Walaupun berupa hotel kapsul, tapi jangan ragukan kenyamanannya. Karena tersedia kasur single atau double yang lega dan empuk, kamar mandi yang bersih, serta berbagai fasilitas berteknologi canggih seperti Free WiFi, Mood Lamp, B-Pad, dan QR Code untuk akses kamar yang aman.

Menginap di Bobopod Airport CBC juga bisa jadi solusi kalau kamu harus menunggu waktu transit atau delay yang cukup lama. Kamu bisa istirahat dulu, tiduran dengan nyaman, agar tetap fit dan semangat saat akhirnya harus berangkat.

Siapkan Transportasi dan Perkirakan Kondisi Jalanan

jalanan macet

Photo: Kathy via Unsplash

Buat yang tinggal di lokasi yang nggak jauh dari bandara, mungkin ada banyak pilihan transportasi seperti taksi online, bus bandara, atau kereta bandara. Nah, buat kamu yang tinggal jauh dari bandara, harus mempersiapkannya sejak awal.

Jika harus menggunakan kendaraan umum seperti bus atau kereta, pastikan sudah memesan tiketnya secara online. Jika sulit, bisa juga meminta tolong keluarga atau teman untuk mengantarkan ke bandara.

Perkirakan juga kondisi jalanan. Apakah kamu akan melewati jalan di jam sibuk? Jika ya, sebaiknya berangkat beberapa jam lebih awal agar tidak terjebak macet nantinya. Jangan berangkat terlalu mepet agar tidak terburu-buru.

Baca Juga: 6 Tips Penerbangan Internasional untuk Pemula

Siapkan Paspor dan Kartu Identitas

nggak ketinggalan pesawat - paspor

Photo: Rudy and Peter Skitterians from Pixabay

Ini dia tips supaya nggak ketinggalan pesawat selanjutnya. Paspor dan kartu identitas seperti KTP adalah barang wajib yang harus selalu kamu bawa. Pasalnya, dokumen identitas tersebut akan diperlukan untuk pengecekan tiket pesawat.

Cari Tahu Pesawat Kamu Berada di Terminal dan Gate Berapa

nggak ketinggalan pesawat (2)

Photo: Dimitri Karastelev via Unsplash

Biar lebih sat-set ketika sampai di bandara, pastikan untuk mengingat lokasi terminal dan gate untuk pesawatmu. Kamu bisa mengeceknya dengan melihat situs web resmi maskapai penerbangan atau pun bandara keberangkatan.

Untuk beberapa maskapai yang tidak menyediakan informasi tersebut secara online, kamu harus mengeceknya di papan jam keberangkatan yang ada di pintu masuk bandara. Jika sudah tahu, kamu bisa bertanya pada petugas bandara di mana lokasi gate tersebut.

Baca Juga: 14 Tempat Makan Enak Dekat Bandara Soekarno-Hatta, Nggak Jauh dari Bobobox Airport Hub, Lho!

Hindari Makan di Luar Bandara

airport - penerbangan - flights - bandara soekarno hatta

Tips supaya nggak ketinggalan pesawat yang satu ini sebaiknya jangan kamu abaikan. Banyak yang memilih untuk beristirahat dan menunggu waktu boarding pesawat dengan makan di restoran yang ada di bagian luar bandara. 

Sayangnya, mereka lupa kalau mikrofon pengumuman di bandara kadang tidak terdengar sampai ke luar. Alhasil, mereka melewatkan pengumuman penting, misalnya jadwal check-in atau boarding pesawat.

Kalau memang kamu orangnya mudah lapar, bisa disiasati dengan membawa bekal makanan dari rumah dan memakannya di area dalam bandara, nggak jauh dari terminal dan gate pesawat.

Dengarkan Pengumuman di Bandara

nggak ketinggalan pesawat (1)

Photo: JESHOOTS-com via Pixabay

Datang tepat waktu, sudah. Check-in online, juga sudah. Tapi kamu tetap bisa ketinggalan pesawat, lho, kalau sampai tidak mendengar pengumuman penting di bandara.

Pasalnya, ada beberapa kejadian di mana petugas bandara menyampaikan pengumuman bukan melalui mikrofon bandara melainkan berteriak secara langsung. Makanya, pastikan untuk menunggu di area sekitar gate saja dan pasang telinga untuk pengumuman apa pun terkait penerbanganmu. 

Jika sudah semakin mendekati jam boarding tapi belum ada pengumuman, kamu juga bisa bertanya apakah ada update atau tidak secara langsung pada petugas di sana. Bisa jadi ada delay atau pergantian gate.

Kesimpulan

Intinya sih, memang sebaiknya kamu sudah memperkirakan waktu kedatangan ke bandara. Datang minimal 2 jam sebelum keberangkatan untuk meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti salah terminal atau gate yang didapat ternyata cukup jauh dari pintu masuk bandara.

Lebih baik menunggu agak lama, daripada terlambat karena hal sepele. Sekarang ruang tunggu bandara sudah sangat nyaman, kok!

Kalau kamu dapat jam flight yang kurang enak atau transit cukup lama di bandara, bisa juga memilih untuk menginap di Bobopod Airport CBC agar lebih santai dan tidak stres di perjalanan.

Untuk informasi terbaru terkait promosi dan reservasi Bobopod Airport CBC, kamu bisa download aplikasi Bobobox di sini.

 

Writer: Syifa

Header Image: Jan Vasek via Pixabay

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles