8 Menu Sahur untuk Ibu Hamil yang Lezat dan Bergizi

8 Menu Sahur untuk Ibu Hamil yang Lezat dan Bergizi

Selama bulan Ramadan, tentu banyak ibu hamil yang menjalankan ibadah puasa. Namun, kerap muncul kekhawatiran kalau gizi dan nutrisi hariannya tidak akan terpenuhi.

Dengan menyiapkan menu sahur yang tepat, ibu hamil bisa tetap berpuasa tanpa khawatir kekurangan gizi dan nutrisi baik, baik itu untuk ibu atau janinnya.

Rekomendasi Menu Sahur untuk Ibu Hamil 

Agar ibu hamil tetap sehat dan berenergi selama menjalankan ibadah puasa, cobalah untuk menyantap beberapa menu sahur untuk ibu hamil berikut ini. 

1. Roti Gandum

Menu sahur sederhana, enak, dan mengenyangkan yang bisa ibu hamil konsumsi adalah roti gandum.

Roti gandum adalah salah satu sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat. Roti gandum juga memiliki waktu cerna lebih lama, sehingga ibu hamil pun tidak mudah lapar. 

2. Nasi Goreng Beras Merah

Jika ibu hamil ingin mengonsumsi menu sahur yang mengenyangkan, cobalah untuk membuat nasi goreng dengan bahan utama nasi merah. 

Nasi merah dikenal memiliki indeks glikemik rendah dan lebih banyak serat. Ini membuatnya dapat memenuhi kebutuhan kalori tanpa menyebabkan kenaikan berat berlebih.

3. Tumis Brokoli

Tumis Brokoli

Sumber: Dapur KOBE

Sedang ingin mengonsumsi sayuran segar berkuah? Ibu hamil bisa coba menyantap tumis brokoli.

Menu sayur ini kaya akan kalsium dan asam folat, dua zat yang dibutuhkan untuk menjaga pertumbuhan tulang dan otak janin.

4. Dendeng Balado

Selain daging ayam, ibu hamil juga bisa mengonsumsi daging sapi tanpa lemak untuk menu sahur.

Salah satu olahan daging sapi tanpa lemak yang bisa dikonsumsi adalah dendeng balado yang kaya akan protein.

Baca Juga: Sedang Mempersiapkan Hidangan Buka Puasa? Simak Perbedaan Jenis Tepung Berikut Ini!

5. Telur 

Berikutnya, ibu hamil juga bisa menyantap telur yang kaya akan kolin. Kolin merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin.

Ibu hamil sendiri membutuhkan asupan kolin hingga mencapai 450 mg per hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ibu hamil bisa mendapatkan hingga 294 mg kolin dari 2 butir telur rebus.Bobobox Maximum Comfort Banner

6. Sup Ikan Segar

Sup Ikan Segar

Sumber: Devina Hermawan

Selain telur, ibu hamil juga bisa memilih menu sup ikan segar. Walau kaya protein, sup ini memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. 

Sup ikan segar yang terdiri dari ikan, sayur, dan kaldu ini adalah kombinasi sempurna untuk ibu hamil.

Beberapa jenis ikan yang bisa dipilih untuk membuat sup ikan segar adalah ikan sarden, salmon, tuna, dan nila.

Ikan-ikan tersebut diketahui memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Omega-3 sangat penting dikonsumsi ibu hamil untuk membantu perkembangan saraf dan sel bayi.

7. Pisang dan Alpukat

Tak hanya makanan berat saja, ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi selama puasa dengan buah-buahan.

Buah-buahan yang dapat membantu perut kenyang lebih lama di antaranya adalah pisang dan alpukat. Kedua buah ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi.

Asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil untuk membantu proses pembentukan sel-sel dan organ.

8. Susu

Rekomendasi menu sahur untuk ibu hamil yang terakhir adalah susu.

Meminum segelas susu saat sahur akan membantu memenuhi kebutuhan asupan kalsium, omega-3, omega-6, asam folat, sekaligus zat besi. 

Dengan kata lain, segelas susu akan sangat membantu memenuhi kebutuhan gizi janin walau bumil sedang berpuasa.

Bagaimana Tips Puasa bagi Ibu Hamil?

Bagaimana Tips Puasa bagi Ibu Hamil

Sumber: detikHealth

Melakukan ibadah puasa adalah tantangan tersendiri bagi orang biasa pada umumnya. Bagi ibu hamil, tantangannya bisa jadi semakin berat.

Oleh karena itu, ibu hamil tak boleh sembarangan melakukan ibadah puasa. Ini beberapa tips puasa bagi ibu hamil yang dapat dipraktikkan. 

1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tips puasa untuk ibu hamil yang pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini dapat dilakukan dengan minum setidaknya 8-12 gelas air putih per hari.

Asupan minum anjuran tersebut setara dengan 2,2-3 liter air per hari. Konsumsi air putih ini sudah dapat mencukupi kebutuhan cairan ibu dan janin. 

Namun, jika ibu hamil mengalami gejala dehidrasi, maka jangan ragu untuk segera membatalkan puasa demi kesehatan.

2. Jaga Kandungan Serat Selama Puasa

Berikutnya, pastikan bahwa kandungan serat selama puasa senantiasa terpenuhi.

Jika asupan serat terpenuhi selama berpuasa, hal ini turut menjaga banyaknya cairan yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi buah-buahan atau sayuran saat sahur dan berbuka.

Baca Juga: 9 Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa, Bikin Makin Semangat

Pengalaman Seru Menginap saat Ramadan

 

Pengalaman Seru Menginap saat Ramadan

Memasuki bulan puasa, kamu mungkin punya segudang agenda yang menuntut kamu bepergian ke berbagai tempat. Entah untuk bekerja, liburan, atau reuni berkedok buka puasa.

Walau begitu, jangan sampai kelelahan di perjalanan. Jika tubuh sudah lelah, cobalah untuk beristirahat di akomodasi yang nyaman.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles