Agar Makin Sehat, Ketahui 5 Rekomendasi Menu Buka Puasa Ibu Hamil

Agar Makin Sehat, Ketahui 7 Rekomendasi Menu Buka Puasa Ibu Hamil

Ibu Hamil Berpuasa, Bolehkah?

Ibu Hamil Berpuasa, Bolehkah

Sumber: valeria_aksakova via freepik

Sebelum berpuasa, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Jika dokter menyatakan ibu dan kandungannya sehat, ibu hamil boleh berpuasa. Asalkan, ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu dan kandungannya saat sahur dan berbuka.

Namun, ada kondisi-kondisi tertentu yang menyebabkan ibu hamil tidak diperbolehkan untuk berpuasa, seperti jika ibu hamil mengidap diabetes melitus atau memiliki gangguan pencernaan.

Periksakan kesehatan ibu dan pastikan dokter menyatakan bahwa ibu cukup sehat untuk menjalankan ibadah puasa, ya.

Baca Juga: Unik! Begini Cara Negara-Negara Ini Merayakan Hari Ibu 

Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil 

Saat sahur dan berbuka, ibu harus tetap memerhatikan pola makan yang baik bagi ibu dan kandungan.

Pilih makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak, vitamin, dan mineral seperti zat besi.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi tersebut, kebutuhan gizi bayi akan terpenuhi.

Saat berbuka dan sahur, bumil disarankan tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis.

Makanan manis memang bisa membantu meningkatkan kadar gula yang turun pada tubuh akibat berpuasa.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Namun, jika mengonsumsi makanan manis berlebihan, ini juga bisa membuat kadar gula pada tubuh kembali turun dengan cepat. 

Sebaiknya, kebiasaan berbuka dengan yang manis ini diganti dengan makanan yang memiliki manis alami, misalnya dari buah-buahan.

Selain memiliki manis alami, beberapa buah juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sehingga bisa mencegah dehidrasi.

Setelah berpuasa kurang lebih 12 jam, sebaiknya bumil banyak mengonsumsi air putih di waktu berbuka. Selain sehat untuk janin, bumil juga akan terhindar dari bahaya dehidrasi.

Jangan lupa konsumsi vitamin atau susu hamil saat sahur dan berbuka, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh ibu dan si kecil.

Berikut adalah rekomendasi menu buka puasa untuk ibu hamil yang bisa dijadikan referensi buka puasa nanti.

1. Kurma 3 Butir

Kurma adalah buah andalan dan paling banyak digemari selama bulan Ramadan. Bagi ibu yang sedang hamil, ibu juga boleh makan kurma saat berbuka puasa, lho!

Meskipun manis, kurma mengandung gula alami yang dapat menaikkan kadar gula darah ibu hamil saat puasa Ramadan.

Hanya dengan makan kurma saja, tubuh akan terasa lebih berenergi untuk kembali beraktivitas setelah berbuka puasa.

Namun, ingat, jangan konsumsi kurma secara berlebihan juga, ya. Ibu hamil hanya boleh makan maksimal tiga buah kurma dalam sekali makan.

Mungkin ibu bertanya-tanya, kenapa jumlahnya hanya sedikit?

Jika dilihat dari kandungan gizinya, satu buah kurma mengandung 1 sendok teh gula, 20 kalori, dan 5,3 gram karbohidrat. Alih-alih menyehatkan, terlalu banyak makan kurma justru bisa meningkatkan kadar gula darah ibu melebihi batas normal.

Baca Juga: Manfaat Kurma Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

2. Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Sumber: iStock

Kolak memang menjadi menu buka puasa yang paling umum, tapi sayangnya tidak disarankan bagi ibu hamil.

Pasalnya, kuah santan pada kolak mengandung tinggi kalori dan lemak, sehingga bisa menghambat pencernaan ibu hamil.

Nah, karena kandungan proteinnya lebih tinggi, bubur kacang hijau bisa menggantikan kolak sebagai menu buka puasa untuk ibu hamil.

Agar lebih sehat lagi, ganti santan dengan susu rendah lemak sehingga aman bagi ibu hamil yang berpuasa di bulan Ramadan.

3. Sayur Bayam Bening

Memenuhi kebutuhan cairan sangat penting dilakukan saat buka puasa, terlebih bagi para ibu hamil.

Hal ini tidak hanya penting untuk mencegah dehidrasi saat hamil, tapi juga menjaga kadar cairan ketuban tetap normal. 

Maka dari itu, sangat penting bagi ibu untuk memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa di bulan Ramadan.

Selain itu, hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi menu buka puasa yang mengandung banyak air dan bernutrisi, contohnya sayur bayam bening. Bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak air.

Semangkuk sayur bayam bening saat berbuka puasa dapat membantu mengembalikan cairan tubuh, sehingga gejala dehidrasi saat hamil bisa diatasi dengan baik.

Supaya lebih lengkap, tambahkan potongan wortel dan jagung dalam sajian sayur bayam bening buatanmu. Dijamin, menu buka puasa untuk ibu hamil kali ini semakin lezat dan menggugah selera.

4. Ikan Tuna Panggang

Ikan Tuna Panggang

Sumber: Racool_studio via freepik

Ikan tuna termasuk sumber protein dan asam lemak omega-3 yang diperlukan ibu hamil dan janin. Omega-3 adalah sejenis asam lemak tak jenuh yang baik bagi perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Agar menu buka puasa untuk ibu hamil jadi semakin sehat dan lezat, masaklah ikan tuna dengan cara dipanggang menggunakan minyak zaitun.

Dibandingkan jenis minyak lainnya, minyak zaitun mengandung lemak sehat, sehingga lebih aman untuk ibu hamil. Tambahkan juga perasan lemon atau jeruk nipis supaya rasanya semakin segar.

Sajikan dengan mashed potato, brokoli rebus, dan potongan tomat ceri supaya menu buka puasa ibu kali ini semakin sehat dan nikmat.

5. Semur Tahu dan Ayam

Selain memperhatikan asupan karbohidrat, ibu hamil juga perlu memenuhi kebutuhan protein saat puasa Ramadan.

Asupan protein saat sahur dan berbuka puasa sangat penting bagi perkembangan si kecil di dalam kandungan. Semakin banyak asupan protein yang masuk ke dalam tubuh ibu, maka bayi akan terhindar dari risiko berat badan lahir rendah.

Daripada menyiapkan menu buka puasa berupa tahu goreng atau ayam goreng yang cenderung tidak sehat, kedua bahan makanan tersebut dapat diolah menjadi semur tahu dan ayam.

Menu buka puasa ibu hamil kali ini jauh lebih sehat dan bergizi karena mengandung kombinasi dua jenis protein, yaitu protein hewani sekaligus nabati.

Baca Juga: Waspadai Gejala Kekurangan Zat Besi Pada Ibu Hamil Berikut Ini

6. Puding buah

Selain dibuat es buah, Bumil bisa mengolah buah-buahan menjadi puding buah untuk menu berbuka puasa. Pilihlah buah yang kaya nutrisi seperti buah jeruk, raspberry, kiwi, stroberi, dan semangka.

Buah-buahan ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral, serta antioksidan dan serat yang baik untuk ibu hamil dan bayi. Yang terpenting, jangan menambahkan gula tambahan terlalu banyak dan konsumsi secukupnya saja.

7. Sup Jagung Manis

Sup jagung dapat menjadi alernatif ibu hamil ketika berbuka puasa. Jagung manis merupakan sumber serat makanan yang baik dapat membantu mencegah sembelit selama kehamilan.

Ia juga kaya akan karbohidrat kompleks, yang menyediakan energi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Namun perlu diperhatikan, ibu hamil sebaiknya menggunakan jagung segar daripada jagung kalengan atau beku.

Nikmati Sensasi Buka Puasa di Tengah Alam

Nikmati Sensasi Buka Puasa di Tengah Alam

Yuk , healing dengan menginap di tengah alam yang asri dan indah. Sebab, hiburan yang cukup juga merupakan kunci kesehatan mental ibu hamil.

Abadikan momen seru menyalakan api unggun dan barbeque di Bobocabin untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan. 

Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin akan menemani tidurmu di alam yang asri dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia sudah lengkap dengan fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasnya di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles