makanan khas sumba barat daya

Mengenal 5 Makanan Khas Sumba Barat Daya yang Lezat

Tidak hanya memukau karena keindahan alamnya, Sumba Barat Daya juga terkenal akan ragam kuliner yang menawarkan cita rasa lezat dan unik.

Oleh karenanya, ketika liburan di salah satu daerah di Sumba tersebut, ada beberapa makanan khas Sumba Barat Daya yang wajib kamu cicipi. Dengan mencicipinya, liburanmu tentu akan makin afdal.

Lantas, makanan apa sajakah itu? Dihimpun dari berbagai sumber, intip rekomendasi yang Bob rangkum berikut ini!

5 Makanan Khas Sumba Barat Daya

1. Kaparak

Kaparak

Sumber: merahputih.com

Kaparak adalah makanan khas Sumba Barat Daya yang terbuat dari bahan-bahan seperti jagung tumbuk, beras, atau sagu.

Ketiga bahan itu dicampur dengan kacang yang dihaluskan, kelapa, dan gula pasir. Bahan-bahan tersebut dipanggang hingga matang atau berubah menjadi warna kekuning-kuningan dan menggumpal. Setelah matang, angkat dan kaparak pun siap disajikan.

Meskipun bahan dan cara pengolahannya relatif sederhana, kaparak memiliki popularitas yang tinggi di kalangan penduduk lokal Sumba.

Makanan khas Sumba Barat Daya ini banyak dijadikan camilan. Namun, selain itu, kaparak juga bisa dijadikan makanan sehari-hari karena memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan lemak nabati yang cukup tinggi.

Baca Juga: Aman dan Nyaman, Inilah 7 Tempat Wisata Sumba untuk Keluarga dan Anak

2. Manu Pata’u Ni

Manu Pata’u Ni

Sumber: merahputih.com

Manu pata’u ni adalah hidangan ayam kampung yang dimasak hingga lembut dengan kuah santan. Tampilan umum dari makanan tradisional Sumba Barat Daya ini menyerupai opor. 

Secara rasa, manu pata’u ni memiliki kesamaan dengan opor, walau rasanya cenderung lebih ringan. Hidangan ayam ini merupakan salah satu menu yang sering dihidangkan kepada tamu yang berkunjung.

Dalam budaya Sumba, manu pata’u ni biasanya disajikan dalam kondisi utuh ketika dihidangkan kepada tamu.

Ketika disajikan, sebagian dari ayam diberikan kembali kepada tuan rumah, sementara sebagian lainnya bisa dinikmati oleh tamu.

Tradisi ini memiliki makna untuk mendorong saling menghargai antarsesama manusia, dan untuk menghindari pemborosan makanan agar rezeki dapat mengalir lancar.

Baca Juga: 9 Oleh-Oleh Makanan Khas Sumba yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

3. Ro’o Luwa

Ro’o Luwa

Sumber: merahputih.com

Ro’o luwa adalah sejenis bubur yang terbuat dari bahan utama daun ubi atau singkong. 

Makanan tradisional Sumba Barat Daya ini dibuat dengan cara menumbuk daun ubi atau singkong bersama beras hingga halus, yang kemudian direbus dengan kuah santan dan rempah-rempah.

Perpaduan beras dan daun ubi atau singkong memberikan karakter yang unik pada hidangan ini. Sensasi kenikmatan datang dari kuah santan yang terasa lezat di lidah. 

Rasa hidanga ini gurih, mirip dengan gulai daun singkong. Ro’o luwa cocok dinikmati bersama dengan nasi jagung.

4. Nga’a Watary Patau Kabbe

Nga’a Watary Patau Kabbe

Sumber: tokohinspiratif.id

Nga’a watary patau kabbe merupakan hidangan nasi jagung yang dicampur dengan berbagai jenis kacang-kacangan.

Hidangan nasi jagung ini merupakan salah satu makanan pokok yang dikenal oleh masyarakat Sumba, terutama di wilayah Sumba Barat Daya. Bentuknya mirip dengan makanan yang dapat ditemukan di Pulau Flores, yang disebut jagung bose.

Proses pembuatannya melibatkan jagung yang telah digiling bersama kacang-kacangan seperti kacang merah, kemudian dicampur dan dimasak bersama dengan nasi putih. 

Masyarakat Sumba biasanya menikmati makanan khas Sumba Barat Daya ini dengan menyertakan lauk-pauk, seperti berbagai jenis sayuran berkuah dan daging ayam.

Nasi ini sangat menarik untuk dicicipi, karena mengandung banyak nutrisi baik dan memberikan cukup energi untuk beraktivitas.

5. Kacang Mete

Kacang Mete

Sumber: Kompas Health

Kawasan Kodi di Kabupaten Sumba Barat Daya terkenal sebagai salah satu penyedia utama kacang mete di Nusa Tenggara Timur.

Meskipun tergolong sebagai daerah yang agak terpencil, Sumba menawarkan kacang mete dengan rasa yang lezat. Banyak pengepul kacang mete yang beroperasi di Sumba.

Kalau kamu berkeinginan membeli biji kacang mete mentah di sini, kamu dapat mengunjungi Tambolaka. Sementara itu, kacang mete yang telah diolah bisa ditemukan baik di Tambolaka maupun Waingapu.

Secara umum, kacang mete dari Sumba diolah dengan cara digoreng sebelum disajikan, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan renyah.

Kacang mete dari Sumba sering dicampurkan dengan cokelat batangan untuk meningkatkan cita rasanya, menciptakan kombinasi yang lezat.

Akan tetapi, terdapat pula variasi rasa lain bagi hidangan khas Sumba Barat Daya ini, termasuk rasa original, goreng tepung, pedas, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan Khas Sumba, Unik dan Bikin Nagih!

Lengkapi Liburan di Sumba Barat Daya dengan Menginap di Bobocabin Sumba!

Jelajahi Keindahan Sumba Sambil Menginap di Bobocabin!

Setelah mencicipi makanan khas Sumba Barat Daya, pasti kamu ingin istirahat dengan nyaman untuk recharge energi.

Kalau kamu bosan dengan kamar hotel yang biasa-biasa saja, jangan khawatir. Bobocabin Umarato Sumba akan memberikan pengalaman menginap di tengah suasana alam yang indah!

Perpaduan konsep alami kabin dan fasilitas teknologi modernnya akan membuat pengalaman menginapmu lebih menyenangkan.

Kamu akan mendapatkan kabin yang luas, kasur yang nyaman, akses Wi-Fi, dan jendela kaca untuk melihat pemandangan alam sekitar secara langsung.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles