Makanan Khas Lombok - Ayam Taliwang

12 Pilihan Makanan Khas Lombok yang Lezat dan Dijamin Bikin Ketagihan!

Lombok merupakan salah satu pulau yang tengah naik daun! Belakangan ini, pulau tetangga dari Pulau Bali ini banyak dibicarakan sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia yang tak boleh dilewatkan.

Hal ini tentunya karena Pulau Lombok menawarkan kekayaan alam yang tak kalah menawan. Mulai dari panorama pegunungan seperti Gunung Rinjani hingga pemandangan pantai-pantai berpasir putih yang memanjakan mata, pulau ini menyimpan ragam kegiatan yang akan membuat liburanmu jauh lebih seru.

12 Makanan Khas Lombok

Selain kekayaan alam dan beragam aktivitasnya, Lombok juga menawarkan berbagai kuliner yang lezat.

Yuk, intip dua belas makanan khas Lombok menggiurkan untuk melengkapi pengalaman liburanmu!

1. Ayam Taliwang

Makanan Khas Lombok - Ayam Taliwang

Foto: endeus.tv

Makanan khas Lombok yang pertama mungkin tidak asing lagi di telinga. Ya, ayam taliwang rupanya merupakan makanan khas Lombok yang sudah banyak dijual di berbagai kota!

Ayam taliwang sendiri merupakan sejenis olahan ayam yang telah dimarinasi dengan air jeruk dan garam untuk kemudian dibakar hingga setengah matang. Ayam lalu dibalur tumis bumbu taliwang hingga meresap sebelum dibakar lagi hingga matang.

Rasa ayam taliwang yang kaya inilah yang dijamin bikin nagih, apalagi jika disantap bersama nasi putih panas dan sambal pelengkap. Satu porsi ayam taliwang umumnya dapat kamu beli mulai dari harga Rp25.000.

Baca Juga: Panduan Lengkap Merencanakan Liburan ke Lombok bersama Bobocabin

2. Ayam Rarang

Ayam Rarang

Foto: Winny Permatasari via cookpad.com

Jenis olahan ayam kedua yang wajib kamu coba adalah ayam rarang. Hidangan khas Desa Rarang ini memanfaatkan ayam kampung muda yang dilengkapi dengan bumbu khusus dari cabai kering Lombok.

Ayam tersebut kemudian akan dibakar menggunakan kayu bakar hingga setengah matang, diungkep dengan bumbu halus, lalu dibakar lagi dan disajikan dengan perasan jeruk yang segar.

Salah satu gerai ayam rarang yang terkenal adalah Warung Ayam Rarang, yang menjual satu porsi menu dengan harga Rp32.000 saja.

Bobocabin Bobobox

3. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung

Foto: Midori via Wikimedia Commons

Cocok disantap sebagai menu pelengkap ayam taliwang maupun ayam rarang, menu yang satu ini memberikan cita rasa pedas tambahan yang menggugah selera.

Olahan sayur kangkung ini juga dilengkapi dengan tomat, urap, terasi lengkare yang gurih dan manis, serta perasan jeruk nipis yang membuatnya segar saat dikonsumsi.

4. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung

Foto: salsawisata.com

Nasi balap Puyung mendapatkan namanya berdasarkan daerah asalnya, yaitu Kampung Puyung. Hidangan ini sebenarnya cukup simpel, tapi perpaduannya membuatmu bakal nagih.

Nasi balap ini umumnya dilengkapi dengan lauk suwiran ayam pedas, kacang kedelai, tumis buncis, kering kentang, dan telur. Masyarakat dan wisatawan umumnya menyantap menu ini sebagai sarapan dengan harga mulai dari Rp8.000 saja.

5. Nasi Campur Lombok

Nasi Campur Lombok

Foto: salsawisata.com

Selain menu nasi balap, hidangan nasi lain yang wajib kamu coba adalah nasi campur Lombok. Berbeda dengan nasi balap, menu ini umumnya berisi sate pusut, ayam goreng, sayuran pedas, perkedel, bakwan, tempe, dan lain sebagainya.

Kamu dapat dengan menemukan nasi campur khas Lombok dengan mudah. Harganya pun sangat terjangkau, biasanya mulai dari Rp10.000 tergantung pada pilihan lauk pendamping yang kamu pilih.

6. Sate Pusut

Sate Pusut

Foto: Febi Anindya Kirana via fimela.com

Sempat disebutkan pada poin sebelumnya, sate pusut merupakan sejenis sate lilit berbahan dasar daging sapi atau daging ayam yang sudah digiling halus dan dicampur parutan kelapa. 

Berkat proses penggilingan, sate juga terasa lembut. Rasa sate juga semakin lezat berkat bumbu khas yang bercita rasa gurih. Tentunya, sate pusut akan lebih nikmat kamu santap bersama nasi campur dan sambal.

Untuk tiap porsinya, kamu dapat mendapatkan sate pusut mulai dari Rp15.000 saja, lho!

Baca Juga: Jangan Terlewatkan! 4 Spot Terbaik untuk Snorkeling di Kuta Lombok

7. Sate Bulayak

Sate Bulayak Khas Lombok

Foto: indonesiakaya.com

Jenis sate lain yang tak boleh kamu lewatkan adalah sate bulayak. Namun, jangan salah kaprah, ciri khas menu ini bukanlah olahan satenya, melainkan bulayaknya, sejenis lontong yang dililit daun aren dan berukuran lebih kecil daripada lontong pada umumnya.

Selain itu, hidangan ini juga menjadi lebih menggiurkan berkat bumbu kacangnya yang unik. Bumbu sate bulayak terbuat dari gabungan kacang tanah sangrai dan santan sehingga menghasilkan cita rasa serupa bumbu kari.

8. Sate Rembiga

Sate Rembiga

Foto: Chef Panji via masakapahariini.com

Bagi penggemar makanan pedas, sate rembiga mungkin akan jadi pilihan yang menarik.

Sate ini berbahan dasar daging sapi dan dibalut dengan bumbu pedas dan berbagai rempah nikmat yang meresap saat dibakar. Tekstur yang lembut dan rasanya yang lezat membuatnya populer di kalangan masyarakat dan wisatawan.

Kamu dapat menemukan hidangan ini di berbagai lokasi wisata Lombok dengan mudah. Harganya mulai dari Rp20.000 untuk tiap porsinya.

9. Sayur Ares

Sayur Ares Makanan Khas Lombok

via tribatanews.polri.go.id

Sayur ares adalah sayur berbahan dasar batang pisang muda khas suku Sasak. Sayuran tersebut kemudian melalui proses rebus bersama dengan santan bumbu merah, tulang, dan daging ayam.

Hidangan ini mungkin masih terdengar asing. Hal ini tentunya karena sayur ares adalah menu unik yang jarang ditemukan di luar Pulau Lombok. Umumnya, masyarakat lokal mengkonsumsi hidangan ini di saat musim hujan untuk menghangatkan diri.

Baca Juga: 20 Oleh-Oleh Khas Lombok yang Kekinian dan Populer

10. Banget atau Jaje Reket

Banget atau Jaje Reket

Foto: salsawisata.com

Beralih ke hidangan penutup dengan rasa manis, banget atau jaje reket merupakan kudapan berbentuk panjang layaknya lontong yang terbuat dari beras ketan. Kamu dapat memilih jenis yang direbus atau dibakar yang juga disebut sebagai timbung.

Hidangan ini lebih nikmat apabila dinikmati bersama kopi maupun teh di sore hari. Jajanan ini dapat kamu temukan dengan mudah dengan harga mulai dari Rp5.000 saja.

11. Kelepon Kecerit

Kelepon Kecerit

Kiena via cookpad.com

Makanan ringan lainnya yang dapat kamu nikmati di Lombok adalah kelepon kecerit.

Pencinta manis akan dimanjakan dengan sensasi gula merah yang lumer di mulut dalam tiap gigitan. Parutan kelapa yang telah ditaburkan di atasnya juga memberikan tekstur dan rasa unik yang dapat menyeimbangi rasa manis gula merah.

Berbeda dengan klepon yang berasal dari Jawa, Kelepon Kecerit memiliki bentuk memanjang dengan ujung lancip yang menyerupai buah kedondong. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp7.500 untuk tiap 5 buah kelepon.

12. Kue Bantal khas Lombok

Kue Bantal khas Lombok

Foto: Bugi Kabul Sumirat via kompasiana.com

Kue bantal khas Lombok atau tekel merupakan jajanan tradisional yang berbalut daun janur berbentuk bantal. Bahan utamanya berupa tepung beras ketan serta pisang kepok atau kacang tolo sebagai isiannya.

Jajanan ini memiliki tekstur lengket dan rasa manis yang pas untuk kamu nikmati di sela-sela jadwal makan. Satu ikat kue bantal umumnya bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp10.000 saja, lho.

Baca Juga: Menengok Keindahan Danau Segara Anak, Danau Cantik di Gunung Rinjani

Berlibur di Tengah Indahnya Lombok bersama Bobocabin Gunung Rinjani

bobocabin lombok

Ingin mencari suasana yang nyaman untuk healing di tengah alam Lombok? Bobocabin Gunung Rinjani jawabannya!

Tiap kabin telah dilengkapi dengan konsep futuristik Internet of Things seperti Smart Window dan B-Pad yang siap menunjang pengalaman menginapmu. Tersedia pula fasilitas campfire, BBQ, dan Wi-Fi yang bikin kamu makin betah untuk menginap di sini.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: endeus.tv

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles