makanan khas bekasi untuk oleh oleh

20 Rekomendasi Makanan Khas Bekasi untuk Oleh-Oleh

Bekasi berbatasan langsung dengan Jakarta. Akibatnya, kawasan ini pun banyak mendapat pengaruh Betawi dan Sunda dalam banyak hal, termasuk makanan khas. Karena itu, jangan heran kalau makanan khasnya mirip dengan yang ada di daerah-daerah Betawi dan Sunda. 

20 Makanan Oleh-Oleh Khas Bekasi

Jika kamu sedang bertandang ke Bekasi, rekomendasi makanan khas Bekasi untuk oleh-oleh berikut ini bisa kamu coba.

1. Kue Rangi

Kue Rangi

Sumber: @arifoadhinoto via Instagram

Kue rangi adalah makanan khas Betawi yang bisa kamu jumpai di pinggiran jalan atau area pasar Bekasi. Makanan ini terbuat dari sagu aren dan parutan kelapa kering yang lalu dilumuri gula merah kental. Harganya Rp5.000 saja per baris cetakan.

2. Kue Dongkal

Kue dongkal sangat mirip dengan awug khas Sunda. Kue khas Betawi ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dikukus dalam kukusan kerucut. Setelah matang, kue ditaburi parutan kelapa agar legit. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp8.000–Rp10.000 per porsi kecil.

3. Telur Gabus

Telur gabus adalah camilan kering yang bentuknya menyerupai telur ikan gabus. Camilan ini termasuk salah satu kue kering khas Betawi yang akan memanjakan lidah dengan rasa asin gurih dan tekstur renyah. Harga per 100 gramnya adalah sekitar Rp7.000-an.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Sekitar Bekasi Terbaik yang Bisa Kamu Kunjungi!

4. Kue Cubit

Kue cubit termasuk salah satu jajanan manis khas Betawi yang mudah dijumpai di jalanan Bekasi. Bentuknya mungil dengan tekstur lembut dan rasa manis legit.

Jajanan ini biasanya tersedia dalam beberapa varian dan aneka topping, seperti cokelat, keju, kacang, matcha, Oreo, hingga KitKat. Harganya sekitar Rp15.000 per porsi.

5. Kue Sagon

Berbeda dengan makanan khas Bekasi sebelumnya, kue sagon biasanya bisa dibeli di toko-toko kue kering atau oleh-oleh.

Kue satu ini memiliki cita rasa manis gurih yang berasal dari tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp20.000-an per 250 gram.

6. Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang

Sumber: @sni_snackindonesia via Instagram

Makanan khas Bekasi lainnya untuk oleh-oleh adalah kue biji ketapang. Sesuai namanya, kue ini berbentuk lonjong dengan warna cokelat keemasan layaknya biji buah ketapang. Kue manis gurih ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp10.000 per 100 gram.

7. Kue Jalabia

Kue jalabia merupakan kue yang berbentuk seperti donat, tapi teksturnya lebih keras. Bahan pembuatannya terdiri dari tepung ketan dan parutan kelapa yang digoreng. Setelah matang, kue akan dilapisi gula cair hingga mengeras. Harganya mulai dari Rp1.000 per buah.

8. Kue Akar Kelapa

Makanan khas Bekasi untuk oleh-oleh berikutnya adalah akar kelapa. Kue satu ini memang berbentuk seperti akar pohon kelapa. Rasanya manis gurih dan bikin nagih. Jika tertarik membeli, siapkan saja sekitar Rp15.0000–Rp20.000 untuk kemasan kecil.

9. Wajik Ketan

Makanan khas Bekasi ini terbuat dari ketan hitam, santan, gula pasir, dan gula merah. Campuran tersebut menghasilkan kudapan yang kenyal dan manis legit.

Wajik ini biasanya dijual dalam kotak mika berbagai ukuran sehingga harganya bervariasi, mulai dari Rp20.000 hingga ratusan ribu.

10. Kue Balok

Kue balok merupakan jajanan khas Bandung yang juga akan kamu jumpai saat bertandang ke Bekasi. Salah satu varian paling populer adalah rasa cokelat dengan pilihan lumer alias setengah matang. Oleh-oleh Bekasi ini bisa dibeli dengan harga Rp2.000–Rp3.000 per buah.

11. Kue Duit

Kue Duit

Sumber: bukalapak.com

Karena bentuknya seperti lembaran koin, kue ini pun dinamai kue duit. Namun, dari segi tampilan, tekstur, dan rasa, kue duit sebenarnya lebih cocok disebut kerupuk.

Makanan khas Betawi ini terbuat dari tepung beras ketan, parutan kelapa, air, dan garam sehingga rasanya pun cenderung gurih asin. Harganya sekitar Rp18.000 per bungkus untuk yang mentah.

Baca Juga: Bekasi Pride! Ini Dia Fakta Kota Bekasi Keren yang Nggak Kamu Ketahui!

12. Kue Kembang Goyang

Sesuai namanya, kue satu ini memang berbentuk seperti bunga atau kembang. Kata “goyang” berasal dari cara pembuatannya, yaitu dengan menggoyang-goyangkan cetakan di atas minyak panas agar adonan terlepas.

Jika tertarik mencoba, kamu bisa membelinya dengan harga Rp15.000-an untuk kemasan kecil.

13. Dodol Betawi

Sebagai kawasan yang dihuni banyak penduduk Betawi, dodol Betawi pun mudah dijumpai di Bekasi. Makanan khas satu ini biasanya terdiri dari tiga varian rasa saja, yaitu ketan putih, ketan hitam, dan durian. Bentuknya ada yang berupa lonjoran kecil, lonjoran besar, serta bulat.

Kamu bisa membeli dodol Betawi dengan harga mulai dari belasan hingga ratusan ribu.

14. Rengginang

Jika kamu penyuka camilan asin, maka rengginang bisa banget dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Makanan khas Sunda ini terbuat dari beras ketan yang dikukus dan dijemur hingga kering. Setelah itu, barulah rengginang siap digoreng.

Selain asin, rengginang juga tersedia dalam rasa manis dan bisa kamu beli dalam keadaan mentah ataupun matang. Harganya mulai dari Rp10.000-an per bungkus.

15. Kue Kamir

Kue kamir merupakan kue bulat, empuk, manis, dan lezat yang berasal dari tanah Arab. Meski begitu, kue satu ini cukup laris manis di Kota Patriot. Kamu dapat menjumpainya dengan mudah di gerobak-gerobak pinggir jalan dengan harga sekitar Rp2.000-an.

16. Bandeng Rorod

Bandeng Rorod

Sumber: kompasiana.com

Bandeng rorod merupakan makanan asil Bekasi yang mulai dirintis sejak 2011 lalu oleh Afif Ridwan. Makanan khas Bekasi ini terbuat dari bandeng yang durinya dirorod alias ditarik paksa agar menjadi bandeng tanpa duri. Dagingnya juga dikerok dari kulit untuk digiling dan dibumbui sebelum dimasukkan kembali ke dalam kulit.

Oleh-oleh lezat ini bisa kamu beli dengan harga Rp30.000 per kotak.

17. Goreng Garem

Selain bandeng rorod, goreng garam juga bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk teman makan nasi hangat. Makanan khas Bekasi satu ini berupa sambal kering dari irisan bawang merah, cabai, dan garam yang digoreng bersama. Untuk memberikan variasi rasa, para penjual juga menambahkan varian kentang, terasi, dan teri di dalamnya.

Kamu bisa membeli oleh-oleh ini dalam kemasan stoples mulai dari Rp20.000-an.

Bobobox Maximum Comfort Banner

18. Sop Janda

Makanan khas Bekasi lainnya yang bisa kamu bawa untuk oleh-oleh adalah sop janda. Sup satu ini berisi tulang dan daging iga yang lembut. Kuah kaldunya gurih dan pedas dari cabai rawit utuh yang melimpah di dalamnya. Harganya mulai dari Rp40.000–Rp70.000.

19. Sayur Gabus Pucung

Masih dari makanan berat, Bekasi juga punya sayur gabus pucung. Sayur ini memiliki kuah hitam yang berasal dari pucung atau kluwek, dengan isian ikan gabus. Rasanya menyegarkan, cocok banget kamu santap setelah lelah bepergian dari Bekasi.

Sayur ini biasanya dijual dengan harga Rp40.000–Rp60.000-an.

20. Oblok Tongki

Selanjutnya ada oblok tongki. Makanan khas Bekasi ini berupa daging bebek berkuah kental seperti rendang ayam. Dengan banyaknya rempah yang digunakan, oblok tongki pun menjadi makanan yang dengan cita rasa gurih pedas, tapi tidak berlebihan.

Satu porsi oblok tongki bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp35.000.

Baca Juga: Kamu Harus Banget Coba 6 Restoran Bakso Sekitar Bekasi Berikut Ini!

Rekomendasi Tempat Membeli Oleh-Oleh di Bekasi

Rekomendasi Tempat Membeli Oleh-Oleh di Bekasi

Sumber: Mpok Nini via Google Maps

1. Raja Oleh-Oleh Galaxy

Raja Oleh-Oleh Galaxy berlokasi di Jalan Taman Galaxy Raya No. 301, Jaka Setia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Tempat ini mulai buka pukul 07.00–22.00 dan menyediakan oleh-oleh dari berbagai daerah di Indonesia. Harganya mulai dari Rp18.000 hingga ratusan ribu.

2. Mpok Nini

Pusat oleh-oleh Mpok Nini berlokasi di Jalan Belanak 2 Ujung, Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Tempat satu ini buka pukul 06.00–22.00 dan menjual beragam oleh-oleh khas Betawi, seperti dodol, kembang goyang, biji ketapang, dan bir pletok. Harganya mulai dari Rp12.000–Rp170.000-an.

3. Fahnum Sari

Fahnum Sari berlokasi di Jalan Kemang 1 No. 10, Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Buka mulai pukul 07.30–21.00, tempat ini terkenal dengan kue soes yang isiannya beragam, termasuk vanila, cokelat, stroberi, pandan, dan bluberi. Harga satuannya adalah Rp4.000-an.

4. Bandeng Rorod

Jika ingin mencoba bandeng rorod, datang saja ke toko di Jalan Maluku Raya Blok C1, Aren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Tempat ini buka pukul 08.00–21.00.

5. Agung Sari Utama

Agung Sari Utama beralamat di Jalan Raya Narogong KM 11, Bantar Gebang, Kota Bekasi. Buka mulai pukul 08.00–21.00, tempat ini menjual aneka snack tradisional dan kekinian dengan harga mulai dari Rp2.000–Rp100.000-an.

Cari Penginapan di Bekasi? Yuk, ke Bobobox Pods Mega Bekasi!

bobobox bekasi

Bagi kamu yang mau liburan sambil shopping, Bobobox Pods Mega Bekasi bisa menjadi pilihan akomodasi yang tepat. Lokasinya strategis, yaitu satu kawasan dengan mall Mega Bekasi dan berjarak sekitar 1 km dari Gerbang Tol Bekasi Barat.

Pengalaman menginap kamu akan ditunjang dengan berbagai fasilitas lengkapnya. Ada pantri, mesin kopi, Wi-Fi kencang, speaker Bluetooth, moodlamp, dan tentunya pod dengan kasur yang lega, nyaman, dan bersih.

Yuk, unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles