Photo by Ammar Andiko on Unsplash

Puncak Gunung Mas: Liburan Keluarga Terbaik Dalam 3 Hari!

Puncak, nama yang sudah tak asing lagi bagi wisatawan yang mencari liburan akhir pekan dan libur panjang yang seru. Di sini, tidak hanya ada tempat bermain yang seru, tapi juga peluang belajar yang tak terhingga. Mari kita jelajahi destinasi liburan keluarga terbaik dalam tiga hari di Puncak Gunung Mas!

Dalam artikel ini, kami akan membahas rencana perjalanan selama 3 hari di Puncak Gunung Mas, tempat yang sempurna untuk berlibur bersama keluarga. Penasaran? Cek di bawah ini, ya!

Persiapan ke Puncak

Sebelum memulai petualangan seru, pertama-tama kita perlu merencanakan perjalanan ke Puncak. Sudah siap?

Rute Menuju Puncak

Dari Jakarta atau Bandung, kamu dapat mencapai Puncak dengan beberapa pilihan kendaraan, seperti bus, mobil pribadi, atau motor. Dengan kendaraan pribadi, kamu dapat mengatur waktu dan berhenti sepanjang jalan untuk menikmati pemandangan yang indah.

Untuk mencapai Puncak dari Jakarta, kamu dapat menggunakan beberapa rute. Jika kamu memilih kendaraan pribadi, rute melalui tol Jagorawi adalah pilihan yang nyaman. Dari Bandung, kamu bisa mengambil rute melalui tol Cipularang. Selain itu, tersedia juga opsi bus dan taksi online.

Rekomendasi Penginapan Untukmu

Masalah penginapan, Bobocabin Gunung Mas bisa menjadi pilihan akomodasi terbaik untukmu dan keluarga. Di sini, kamu akan stay di cabin yang nyaman dan luas yang dapat menampung hingga empat orang. Juga, kamu bisa menggunakan layanan rental mobil untuk memudahkan perjalanan di sekitar Puncak jika memang tidak membawa mobil pribadi.

Hari Pertama di Gunung Mas: Petualangan Dimulai!

Jalan-jalan dan Foto-foto di Kebun Teh Puncak Bogor

Photo by ochimax studio on Unsplash

Setibanya di Puncak, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kebun Teh Puncak Bogor. Kamu dapat berjalan-jalan di antara tanaman teh yang hijau dan luas sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan. Jangan lupa juga untuk foto-foto dan jalan-jalan santai sejenak sembari menunggu waktu check-in.

Check-in di Bobocabin Gunung Mas

Setelah puas berkeliling dan foto-foto, saatnya check-in di Bobocabin Gunung Mas! Setelah masuk kabin, sekarang saatnya menyimpan barang-barang kamu dan bersiap-siap untuk petualangan yang menyenangkan.

Makan Siang di Mamifokobo Cafe & Kitchen

Photo via setapaklangkah.com

Mulai lapar? Coba, deh, makan siang di Mamifokobo (Makan x Minum x Foto x Kongkow x Bobo) Cafe & Kitchen, restoran yang menyajikan hidangan lezat dengan pemandangan indah. Di sini kamu juga bisa duduk-duduk santai di atas bean bag, lho! Resto ini juga menyediakan berbagai menu vegetarian kalau itu preferensi kamu.

Menu di sini dibanderol mulai dari Rp18.000 hingga Rp42.000 per item (makanan/minuman).

Taman Wisata Sevillage

Photo via Trip.com

Setelah kenyang santap siang, saatnya menyambangi Taman Wisata Sevillage, destinasi favorit yang menawarkan berbagai wahana seru!

Biaya masuknya juga sangat terjangkau. Harga tiket masuk Wisata Alam Sevillage adalah Rp25.000 pada Senin-Jumat (weekdays), dan harga tiket masuk pada Sabtu-Minggu (weekend) adalah Rp 30.000 per orang. Lalu, tiket masuk anak-anak usia 4 hingga 10 tahun adalah Rp 20.000 per anak. Sebagai catatan, harga tiket itu belum termasuk tarif wahana di dalamnya.

Berikut harga tiket wahana di Wisata Alam Sevillage

  1. Adrenaline Swing, harga tiket Rp25.000 per orang
  2. Flying Fox harga tiket Rp25.000 per orang
  3. Sky Bike, harga tiket Rp25.000 per orang
  4. Sky Swing, harga tiket Rp20.000 per orang
  5. Sky Nest, harga tiket Rp20.000 per orang
  6. Sky Tree, harga tiket Rp20.000 per orang
  7. Hellium, harga tiket Rp20.000 per orang
  8. Helikopter, harga tiket Rp20.000 per orang

Tersedia juga jasa fotografer profesional dari Wisata Alam Sevillage dengan biaya sebesar Rp5.000 untuk tiap file foto.

BBQ Dinner di Bobocabin

Usai puas menjajal berbagai wahana di Taman Wisata Sevillage, saatnya menutup perjalanan hari pertama dengan makan malam BBQ yang lezat di Bobocabin. Suasana malam yang tenang dan makanan yang lezat akan membuat hari pertama ini sangat memuaskan dan membuatmu tak sabar meneruskan hari esok.

Baca Juga: Cocok untuk Liburan Keluarga! 10 Tempat Liburan di Puncak Bogor yang Menyenangkan

Hari Kedua di Gunung Mas: Liburan Sambil Belajar Seru

Agrowisata Gunung Mas

Photo via Agrowisata Gunung Mas

Di hari kedua, kamu akan menghabiskan waktu hingga sore dengan beragam aktivitas di Agrowisata Gunung Mas, seperti mengendarai ATV, berkuda, atau berenang di kolam Tirta Mas. Aktivitas ini cocok untuk seluruh anggota keluarga. Sebagai catatan, kamu harus membayar tiket masuk kawasan Agrowisata Gunung Mas sebesar Rp15.500.

Rangkaian agrowisata ini bisa disimak sebagai berikut:

Menyesap Teh di Tea Corner

Photo via bogorreview.com

Mulai pagi dengan mengunjungi Tea Corner Gunung Mas. Tarif atau harga tiket yang dipatok tempat ini adalah tarif untuk memasuki Agrowisata Gunung Mas, dimana tiket yang dibayarkan tergantung jenis kendaraannya masing-masing. Untuk bus seharga Rp10.000, kendaraan kecil sekitar Rp7.500, lalu kendaraan motor roda Rp2.500.

Lalu, untuk tiket masuk para pengunjung juga berbeda-beda. Pengunjung dewasa dikenakan tarif sebesar Rp6.000/orang dan untuk mahasiswa atau pelajar akan dikenakan tarif sebesar Rp4.000/orang. Di sini, kamu dapat menikmati pemandangan sekitar plus menikmati seduhan teh di tengah udara gunung yang sejuk sebelum meneruskan rangkaian kegiatan hari ini.

Belajar Sejarah Teh Indonesia di Museum Pabrik Teh Walini

Photo via tehwalini.com

Sekarang saatnya mengunjungi Museum Pabrik Teh Walini untuk mempelajari sejarah panjang produksi teh di Indonesia. Walini sendiri adalah nama yang diambil dari nama pabrik pengolahan teh yang berlokasi di kebun Rancabali, Ciwidey. Sejak 2002, merek dagang teh produksi pabrik ini sudah dijual dengan nama Walini.

Di sini, kamu bisa mengamati seluruh proses pengolahan daun teh hingga pengemasannya. Satu hal yang menarik adalah aroma teh yang dapat terhirup di seluruh kawasan pabrik, jadinya tur di sini makin menyenangkan!

Menyusuri Gunung Mas Tea Bridge

Photo via Agrowisata Gunung Mas

Jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan tur kebun teh dan menikmati pemandangan di Gunung Mas Tea Bridge! Dengan bayar tiket masuk sebesar Rp10.000, kamu dapat melihat langsung pemandangan Gunung Pangrango sembari meniti jembatan ini. Mau foto-foto? Bisa banget! Kamu bisa bayar fotografer yang ada di sini sebesar Rp5.000 per file.

Lalu, karena Tea Bridge berada di ketinggian sekitar 800-1.200 mdpl, otomatis kamu dapat menikmati udara segar khas pegunungan dengan suhu rata-rata 12-22 derajat celcius. Pastikan mengenakan pakaian yang agak tebal, ya!

Bumi Aki Cisarua

Photo via Bumi Aki Bogor

Setelah seharian menjajal kawasan Agrowisata Gunung Mas, sekarang saatnya menikmati makan malam dengan menu a la Sunda di Bumi Aki Cisarua. Cita rasa kuliner lokal yang lezat di restoran Bumi Aki dibanderol dari Rp16.000 hingga Rp156.000 per item (makanan/minuman), mulai dari camilan, aneka es, hingga sup buntut dan kambing bakar, semua ada di sini.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Kuliner Puncak yang Hits dan Dijamin Maknyus

Hari Ketiga di Gunung Mas: Persiapan Untuk Pulang

Pastikan semua barang sudah siap sebelum meninggalkan Bobocabin, ya!

Puncak Gunung Mas adalah destinasi liburan keluarga yang sempurna. Dengan berbagai aktivitas seru dan edukatif, kamu dapat membuat kenangan yang tak terlupakan bersama keluarga. Yuk, tengok Bob’s budget check di bawah ini untuk biaya yang harus dikeluarkan saat liburan di Puncak Gunung Mas!

Bob’s Budget Check

Untuk membantu kamu merencanakan budget liburan kali ini, yuk tengok rinciannya:

  • Kebun Teh Puncak Bogor: Rp20.000 (weekdays) Rp25.000 (weekend)
  • Taman Wisata Sevillage: Rp25.000  (weekdays) Rp23.000 (weekend) Rp20.000 (anak-anak)
  • Mamifokobo Cafe & Kitchen: Mulai dari Rp38.000 per orang
  • Agrowisata Gunung Mas: Rp15.500
  • Tea Corner: Rp10.000
  • Museum Pabrik Teh Walini: Rp15.500
  • Gunung Mas Tea Bridge: Rp10.000
  • Berkuda: Rp75.000 (dapat berubah sesuai jarak)
  • Kolam Renang Tirta Mas: Rp5.000-7.000
  • Off Road Komodo Agrowisata Gunung Mas: R 500.000/jam
  • ATV Agrowisata Gunung Mas: Rp150.000 per 15 menit
  • Bumi Aki Cisarua: Mulai dari Rp50.000per orang
  • Bobocabin Puncak Gunung Mas: Menyesuaikan dengan pilihan kamar

Kawasan Puncak Bogor memang sudah terkenal sebagai destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Namun, wisata tematik kebun teh rasanya masih kurang umum. Karena itu, kali ini Bob menyiapkan rangkaian kegiatan yang sarat teh yang bisa kamu nikmati bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Selamat berlibur!

 

Cover photo by Ammar Andiko on Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles