libur lebaran di jakarta dengan 500 ribu - bundaran HI

Liburan di Jakarta Budget 500 Ribu? Bisa Banget!

Liburan di Jakarta budget 500 ribu, bisa enggak ya? Jelas bisa dong! Dengan 500 ribu, dijamin kamu bisa menikmati berbagai kegiatan seru di ibu kota. Kamu bisa menjelajahi destinasi wisata budaya, mengunjungi tempat-tempat bersejarah, kulineran lezat tapi murah, sampai staycation di penginapan yang nyaman dengan harga ramah di kantong.

Butuh tips untuk mewujudkan liburan low budget di Jakarta? Kamu sedang membaca artikel yang tepat! Yuk, simak tulisan ini sampai selesai!

Baca Juga: 24 Jam Keliling Thamrin, Jakarta: Dari CFD Hingga Kulineran Seru!

Gunakan Transportasi Umum

Liburan di Jakarta dengan Budget 500 Ribu - gunakan transportasi umum kereta

Foto oleh Fasyah Halim via Unsplash

Dibandingkan kota-kota lainnya, Jakarta menawarkan opsi transportasi umum yang lebih beragam. Yang pertama adalah Transjakarta. Moda transportasi ini enggak cuma melayani perjalanan di Jakarta, tetapi juga menjangkau Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Kamu cuma perlu bayar Rp 3.500 untuk satu kali perjalanan jarak jauh maupun jarak dekat.

Ada juga Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL). Moda transportasi ini punya lima rute yang mencakup wilayah Jabodetabek. Untuk perjalanan pertama yang jaraknya kurang dari 25 kilometer, kamu dikenakan biaya Rp3.000 aja. Setelah itu, ada tambahan tarif Rp1.000 untuk setiap penambahan jarak 10 kilometer.

Selanjutnya, kamu bisa naik Mass Rapid Transit (MRT). Kereta cepat ini punya 13 stasiun yang tersebar dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI. Tarif MRT relatif terjangkau, dengan kisaran Rp4.000-14.000, dihitung berdasarkan jarak.

Yang terakhir, ada Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek yang punya 18 stasiun pemberhentian. Untuk 1 kilometer pertama, kamu dikenakan tarif Rp5.000. Untuk setiap kilometer berikutnya, tarifnya adalah Rp700.

Pilih Akomodasi yang Terjangkau dan Gampang Diakses

bobobox juanda

Liburan di Jakarta under 500 ribu pasti bisa diwujudkan kalau kamu menginap di tempat yang murah. Kalau kamu butuh tempat akomodasi yang hemat sekaligus nyaman, Bobopod jawabannya! Di Jakarta, hotel kapsul ini bisa kamu temui di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat.

Dengan harga miring, kamu sudah bisa menikmati berbagai fasilitas lengkap. Selain ranjang yang empuk, Bobopod juga menyediakan bantal dan selimut, pendingin ruangan, cermin, hingga stopkontak. Ada juga B-Pad canggih untuk mengatur pencahayaan, mendengarkan musik, sampai mengunci pintu.

Bagaimana dengan aksesnya? Tenang aja, semua Bobopod di Jakarta punya lokasi yang dekat dengan transportasi umum, kok! Bobopod Tanah Abang, misalnya, hanya berjarak 1,3 kilometer dari Stasiun Tanah Abang. Sementara itu, Bobopod Kota Tua jaraknya hanya 1 kilometer dari Stasiun Jakarta Kota.

Cari Tempat Wisata Murah atau Gratis

 

Liburan di Jakarta dengan Budget 500 Ribu - Cari Tempat Wisata Murah atau Gratis

Foto oleh: Rohim Ari via Unsplash

Bingung nyari tempat wisata di Jakarta yang enggak perlu keluar duit banyak? Nah, Bob udah siapin daftarnya.

Yang pertama, kamu bisa berkunjung ke Kota Tua. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, kawasan ini merupakan pusat perdagangan, lho! Sesuai namanya, kamu bisa melihat banyak bangunan kuno di kawasan ini. Ada juga berbagai museum untuk kamu yang suka sejarah, dengan tarif mulai dari Rp2.000 aja.

Mau yang gratis? Taman Ismail Marzuki jawabannya! Di pusat seni dan budaya ini, kamu bisa melakukan banyak kegiatan, mulai dari membaca buku di perpustakaannya yang lengkap sampai duduk-duduk di area outdoor yang ditanami pepohonan rindang. Kamu hanya perlu membayar jika ingin menonton pagelaran seninya saja.

Selain Taman Ismail Marzuki, Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) juga enggak memungut biaya dari pengunjung. Di ruang hijau terbuka seluas 9 hektar ini, kamu bisa piknik sambil menikmati suasana yang sejuk dan asri. Jika kamu membawa kendaraan pribadi, kamu hanya perlu membayar tarif parkir.

Hobi belanja? Coba main ke Pasar Santa, deh! Di sini, kamu bisa belanja banyak hal, mulai dari bahan pangan segar, sembako, buku bekas, sampai alat-alat elektronik. Selain itu, ada juga kios-kios yang khusus menjual barang unik nan antik. 

Kalau masih belum puas belanja di Pasar Santa, kamu bisa belanja di Pasar Loak Kebayoran Lama. Pasar ini terkenal akan koleksi barang bekasnya yang berkualitas. Mau beli tas, topi, atau baju? Bisa!

Baca Juga: Transit 24 Jam di Bandara Soetta, Bisa Ngapain aja ya?

Ikut Walking Tour

Liburan di Jakarta dengan Budget 500 Ribu - walking tour

Foto oleh: ChuanYang Chen via Unsplash

 

Salah satu cara seru untuk liburan di Jakarta budget 500 ribu adalah dengan ikut walking tour. Sesuai namanya, walking tour adalah tur jalan kaki ke berbagai destinasi wisata, seperti situs sejarah dan tempat wisata kuliner.

Di Jakarta, ada banyak walking tour dengan tour guide berpengalaman. Beberapa di antaranya tidak memungut biaya sama sekali, beberapa lainnya meminta tip sesuai kepuasan peserta tur.

Walking tour tersebut biasanya akan membawamu ke tempat-tempat wisata populer, seperti Pasar Glodok, Masjid Istiqlal, sampai Monumen Nasional. Ada pula walking tour yang mengajak pesertanya wisata kuliner di malam hari. Seru, kan?

Selain bisa berwisata dan membuatmu aktif bergerak, walking tour juga bisa jadi ajang menambah teman baru. Jangan lupa berkenalan dengan peserta tur yang lainnya, ya!

Jajan Makanan Khas Jakarta

Liburan di Jakarta dengan Budget 500 Ribu - jajan makanan khas jakarta, kuliner, kerak telor, kota tua

Foto oleh Tresia Hoban via Pixabay

Liburan di Jakarta enggak akan lengkap kalau belum mencoba makanan khasnya. Salah satunya adalah roti buaya, yang sering dibawa sebagai seserahan dalam pernikahan adat Betawi. Rasanya mirip dengan roti tawar pada umumnya, yang membedakannya adalah bentuknya yang menyerupai buaya. Roti buaya dijual di berbagai toko roti, dengan harga mulai dari 3 ribu untuk roti ukuran mini.

Jajanan kaki lima khas Jakarta lainnya yang wajib kamu coba adalah kerak telor. Makanan berbahan dasar beras ketan, telur, dan ebi ini umumnya disajikan dengan serundeng. Rasanya gurih dan manis, dengan harga per porsi biasanya 20-25 ribu.

Pengen makan yang seger-seger? Nah, kamu harus cicipi asinan betawi. Makanan khas Jakarta yang satu ini berupa sayur mayur dengan kuah bumbu kacang. Dalam satu porsi asinan betawi, kamu bisa merasakan asam, pedas, manis, dan gurih sekaligus. Biasanya, jajanan ini dijual dengan harga Rp20.000 per porsi.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Tempat Makan dan Nongkrong Baru di Chillax Sudirman

Bobobox Siap Bantu Kamu Wujudkan Liburan di Jakarta Budget 500 Ribu

Berbagai Lokasi Bobopod Jakarta

Foto: bobobox.com

Pengen merasakan serunya liburan di Jakarta under 500 ribu? Pastikan kamu mengunjungi tempat-tempat wisata yang murah, bahkan gratis! Lalu, tekan biaya transportasi dengan memanfaatkan moda transportasi umum di Jakarta yang sudah aman dan nyaman. Kalau lapar, selalu ada jajanan kaki lima khas Jakarta yang lezat untuk memuaskan lidah dan perutmu.

Yang terpenting, pastikan kamu menginap di tempat yang ramah di kantong dan gampang diakses transportasi umum. Kamu bisa menginap di hotel kapsul Bobopod dari Bobobox yang ada di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat. 

Salah satu lokasi Bobopod yang jadi favorit banyak orang adalah Bobopod Thamrin yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat. Jaraknya hanya 55 meter dari Stasiun KRL Sudirman, 280 meter dari Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, dan 1,2 kilometer dari Stasiun LRT Dukuh Atas. 

Bobopod Thamrin juga hanya berjarak 3,2 kilometer dari Jalan Sabang. Kalau malam hari, sepanjang jalan ini akan dipenuhi oleh pedagang makanan kaki lima. Seru, kan?

Mau pesan pod kamu sekarang? Yuk, download aplikasi Bobobox sekarang! Kita wujudkan liburan di Jakarta budget 500 ribu itu!

 

Penulis: Naqiya

Foto utama oleh: Eko Herwantoro via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles