Photo by Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah

Panduan Kulineran Serba Murah di Solo: Semua di Bawah 50 Ribu!

Solo, atau yang lebih dikenal dengan Surakarta, adalah kota di Jawa Tengah yang penuh dengan kelezatan makanan legendaris. Inilah tempat di mana warisan kuliner turun temurun berpadu dengan cita rasa yang tak tertandingi. Bagi para pelancong, Solo bukan hanya tentang sejarah dan budaya, tetapi juga tentang petualangan rasa yang tak terlupakan.

Memilih tempat makan di Solo juga bukan urusan mudah. Kamu harus tahu mana saja tempat kuliner Solo yang enggak cuma enak tapi juga harganya murah. Mengingat saat traveling, budget adalah segalanya, kan?

Langsung aja simak rekomendasi restoran enak dan serba murah di Solo dari Bob berikut ini. Enggak perlu takut kantong bolong, karena masing-masing makanan ini harganya di bawah Rp50.000!

1. Timlo Sastro

Photo: Tia Andamsari via Google Image

Timlo adalah salah satu kuliner Solo yang wajib kamu coba. Timlo Solo adalah sejenis sup berisikan daging ayam, telur, ati ampela ayam, sosis Solo, dadar gulung, bihun, dan jamur. Kuahnya bening dengan rasa gurih, manis, dan segar.

Kamu bisa menyantapnya untuk sarapan dan makan makan malam. Seporsi Timlo komplit dibanderol dengan harga Rp20.000 saja. Kalau kurang, kamu bisa menambah aneka topping lagi sesuai selera.

Ada dua cabang Timlo Sastro di Solo. Yang pertama terletak di Jalan Abdul Muis No. 32 A dan buka setiap hari pukul 06.00 – 15.00 WIB, sedangkan cabang kedua berada di Jalan Dr. Wahidin No. 30 dan buka setiap hari pukul 06.30 – 19.30 WIB.

2. Serabi Notosuman Ny. Lidia

Photo: Kompas Travel

Kalau kamu suka makanan manis, jangan lewatkan Serabi Notosuman Ny. Lidia. Tempat ini sudah buka selama kurang lebih 100 tahun, tepatnya sejak 1923.

Serabi notosuman di sini punya tekstur yang lembut dan bisa digulung. Baunya harum dan rasanya gurih manis. Ada dua varian serabi yang tersedia, yakni original dan cokelat. Harganya Rp3.400 per pcs, dan kamu bisa membeli satu kotak langsung berisi 10 pcs serabi dengan harga Rp33.000.

Selain dimakan sendiri sebagai camilan, kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh. Tapi karena tidak mengandung bahan pengawet, serabi ini hanya bisa tahan selama maksimal 36 jam saja. Hati-hati saat membawanya, ya!

Baca Juga: Sehabis Liburan, Wajib Rasanya untuk Membeli 15 Oleh-oleh Khas Solo yang Kekinian

3. Bakso Alex

Photo: Instagram @baksoalex

Tentunya kamu wajib makan bakso Solo di kota asalnya, dong. Nah, Bakso Alex adalah salah satu kedai bakso paling populer di sini, jadi kamu wajib cobain!

Bakso Alex sudah lama jadi andalan warga Solo yang ngidam makan bakso malam-malam. Menu jagoannya adalah bakso uratnya yang kenyal dan gurih.

Semangkuk bakso di Bakso Alex bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp20.000 saja. Kedai sederhana yang terletak di Jalan Yosodipuro No. 12B, Ketelan, Banjarsari ini buka setiap hari pukul 10.00 – 21.00 WIB.

4. Sate Buntel Kambing Bu Hj. Bejo

Photo: Instagram @satekambungbuhjbejo

Daging kambing yang empuk dipanggang sempurna dengan bumbu khas Solo di warung Sate Kambing Bu Hj. Bejo pasti enggak bakalan bisa kamu lupakan. Saking enaknya, kuliner Solo satu ini bahkan dikenal sebagai menu kesukaan Presiden Jokowi, lho.

Sate buntel memang jadi jagoannya di sini. Dagingnya lembut dan bumbunya meresap dengan sensasi rasa manis dan gurih.Tak perlu khawatir dengan bau amis kambing karena sama sekali enggak tercium.

Selain sate buntel ada juga pilihan sate kambing biasa, tongseng, dan tengkleng. Harganya mulai dari Rp45.000. Jika mau berkunjung, kamu bisa datang ke Jalan Sungai Sebakung No. 10, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon. Tempat ini buka setiap hari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Baca Juga: Mengunjungi 12 Tempat Ngopi di Solo yang Paling Nyaman dan Cocok untuk Berbuka Puasa

5. Tengkleng Solo Bu Jito Dlidir

Photo: A. Kemal .F via Google Image

Kalau kamu memang sengaja mencari tengkleng, cobalah untuk langsung datang ke Tengkleng Solo Bu Jito Dlidir yang terletak di Jalan Kolonel Sugiyono No. 67, Kadipiro, Banjarsari.

Kuliner Solo yang terdiri dari seporsi tulang kambing dan sapi ini memang sangat menggugah selera. Salah satu favoritnya adalah rica-rica tengkleng. Jangan khawatir sakit perut, ya, karena kamu bisa mengatur tingkat kepedasan sesuai keinginan.

Seporsi nikmat tengkleng bisa kamu cicipi dengan harga mulai dari Rp20.000. Tengkleng Solo Bu Jito Dlidir buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 19.00 WIB.

6. Es Krim Tentrem

Photo: ismyama.com

Di tengah-tengah cuaca panas kayak gini, tentunya menyantap es krim bisa jadi pilihan tepat menyegarkan diri. Nah, di Solo ada juga tempat makan es krim legendaris yang menawarkan es krim homemade sederhana: Es Krim Tentrem!

Es Krim Tentrem telah berdiri sejak tahun 1952. Di kedai es krim ini bisa mencicipi berbagai varian rasa es krim yang lembut seperti rasa cokelat, vanilla, durian, kopyor, mint, dan tutty fruity yang paling populer. Jangan lupa pakai topping biar makin meriah!

Untuk mencobanya, kamu bisa datang langsung ke New Es Krim Tentrem di Jalan Slamet Riyadi No. 132, Keparbon yang buka setiap hari pukul 11.00 – 21.00 WIB. Jangan khawatir soal harga, karena es krim di sini dijual mulai dari Rp15.000 – Rp44.000 saja, lho!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Kuliner Solo di Pasar Gede yang Terkenal Kelezatannya!

7. Selat Solo Warung Mbak Lies

Photo: Rosa S via Google Image

Bukan tanpa alasan Selat Solo Warung Mbak Lies enggak pernah sepi pengunjung. Warung legendaris ini sudah ada sejak tahun 1987 dan punya dekorasi warna-warni yang unik banget.

Buat yang belum tahu, selat solo adalah makanan khas Solo berupa potongan daging, kentang, wortel, telur rebus, selada, dan kacang panjang yang disiram dengan kuah coklat pekat dengan cita rasa gurih dan sedikit manis.

Tak cuma selat solo, warung sederhana ini juga menawarkan kuliner Solo lain macam gado-gado, timlo, makaroni skotel, tahu acar, selat galantin, dan lainnya. Harganya pun bersahabat, mulai dari Rp15.000 – Rp25.000 per porsi.

Selat Solo Warung Mbak Lies buka setiap hari pukul 08.00 – 17.30 WIB, dan terletak di Jalan Yudhistira No. 9, Serengan. Siap-siap antre ya, kalau datang di akhir pekan!

Jadi, itu dia panduan kuliner serba murah di Solo. Jangan khawatir tentang budget, Solo punya banyak pilihan kuliner yang ramah di kantong. Selain rekomendasi Bob di atas, kamu juga bisa mencoba beberapa angkringan Solo yang banyak tersebar di penjuru kota. Rasanya enak, harganya murah!

Bobobox Slamet Riyadi, Solo

Untuk memastikan perjalananmu semakin sempurna, pilihlah Bobobox Slamet Riyadi sebagai tempat istirahat terbaikmu di Solo. Kehangatan dan kenyamanan akan menyertaimu setelah hari yang penuh dengan cita rasa.

Bobobox Solo Slamet Riyadi adalah hotel kapsul yang cocok buat kamu para backpacker yang enggak cuma mengutamakan budget tapi juga kenyamanan. Apalagi teknologi canggihnya seperti B-Pad dan lampu kamar yang bisa diubah sesuai mood bisa bikin istirahatmu makin tenang.

Lokasi Bobobox Pods Solo Slamet Riyadi pun tepat ada di pusat aktivitas turis. Kamu bisa berkunjung ke Istana Mangkunagaran, Istana Surakarta Hadiningrat, Museum Radya Pustaka, Kampung Wisata Batik Kauman, dan masih banyak lagi.

Jadi, siap untuk menjelajahi Solo dengan perut kenyang dan dompet tetap tebal? Download aplikasi Bobobox sekarang dan selamat kulineran!

Bob’s Budget Check

  • Timlo Sastro: mulai dari Rp20.000
  • Serabi Notosuman Ny. Lidia: Rp3.400
  • Bakso Alex: Rp 20.000
  • Sate Buntel Kambing Bu Hj. Bejo: Rp45.000
  • Tengkleng Solo Bu Jito Dlidir: Rp20.000
  • Es Krim Tentrem: Rp15.000 – Rp44.000
  • Selat Solo Warung Mbak Lies: Rp15.000 – Rp25.000

 

Cover picture by Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles