kuliner solo pasar gede

8 Rekomendasi Kuliner Solo di Pasar Gede yang Terkenal Kelezatannya!

Sebagai salah satu ikon wisata kota Solo, Pasar Gede menjadi lokasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan.

Pasar yang buka 24 jam ini tak hanya menjual aneka barang pokok kebutuhan, tetapi juga berbagai kuliner lezat yang siap menggoyang lidahmu.

Sekilas tentang Pasar Gede

Pasar Gede di Solo

Sumber: Julius Reinhart Siyaranamual via Google Maps

Pasar Gede Hardjonagoro merupakan pasar tradisional yang menawarkan beragam kebutuhan pokok lengkap.

Nama “gede” yang tersemat pada Pasar Gede berkaitan dengan bangunan pasar yang menyerupai benteng, dengan pintu masuk beratap besar dan megah layaknya di istana. 

Sementara itu, Hardjonagoro adalah nama seorang keturunan Tionghoa yang mendapatkan gelar KRT Hardjonagoro dari Keraton Surakarta.

Pasar Gede dibangun tahun 1927 pada masa pemerintahan Pakubuwono X. Dengan bantuan arsitek Ir. Herman Thomas Kartsen asal Eropa, gaya arsitekturnya memadukan gaya Jawa dan Belanda.

Pasar ini selesai dibangun dan diresmikan tahun 1930. Hingga sekarang, Pasar Gede telah melewati tiga masa pemerintahan, yaitu masa kerajaan, postkolonial, dan kemerdekaan.

Baca Juga: Mengenal Ragam Macam Arti Filosofi Batik Solo

8 Rekomendasi Kuliner Solo di Pasar Gede

Dengan ragam kuliner menarik yang tersedia di Pasar Gede, tidak heran jika pasar ini menjadi pilihan sempurna untuk kamu yang ingin berwisata kuliner di Solo.

Berikut ini adalah delapan kuliner Solo Pasar Gede yang bisa kamu coba.

1. Nasi Liwet Bu Sri

Nasi Liwet Bu Sri

Sumber: Solo Pos

  • Alamat: Jalan Jenderal Urip Urip Sumoharjo No. 76
  • Jam buka: 06.30–12.00 WIB

Nasi liwet Bu Sri merupakan salah satu kuliner Pasar Gede yang bisa kamu nikmati sebagai sarapan. 

Tempat ini menyajikan nasi liwet gurih seharga Rp13.000 dengan isian ayam suwir, telur dadar, telur bacem, sambal goreng, dan kumut (kuah kental santan).

Selain itu, kamu juga bisa mencoba pilihan lauk lain yang tersedia, termasuk ayam goreng, ati ampela, telur utuh, kulit, dan brutu dengan harga mulai dari Rp4.000–10.000.

2. Tengkleng Pasar Gede

Tengkleng Pasar Gede

Sumber: Fransiskus Memet via Google Maps

  • Alamat: Jalan Utara Pasar Besar No.34/Jalan Jend. Urip Sumoharjo No. 14
  • Jam buka: 09.00–20.00 WIB

Menjelang siang di Pasar Gede, kamu akan menjumpai beberapa pilihan tempat untuk menyantap tengkleng, seperti Tengkleng Bu Suyek di pintu utara dan Tengkleng Pincuk Pasar Gede.   

Satu porsi tengkleng biasanya sudah satu paket dengan nasi putih dan air minum. Ada juga tambahan lauk seperti sate usus, lemak, jeroan, otak, dan organ lainnya. Untuk kamu pencinta pedas, biasanya akan ditambahkan beberapa cabai rawit di atasnya. 

Harga tengkleng berkisar di angka Rp35.000 untuk Tengkleng Bu Suyek, dan sekitar Rp25.000 untuk tengkleng pincuk.

3. Babi Kuah Pasar Gede

Babi Kuah Pasar Gede

Sumber: dailyvoyagers.com

  • Alamat: Jalan Jend. Urip Sumoharjo No.16
  • Jam buka: 09.00–14.00 WIB

Untuk pilihan kuliner nonhalal, kamu bisa mencoba babi kuah Pasar Gede.

Penjual kuliner satu ini banyak yang menggunakan pikulan. Salah satu penjual babi kuah yang cukup populer berlokasi di depan Toko Podjok Pasar Gede.

Dengan harga Rp20.000 saja, kamu akan mendapatkan sepincuk daging, jeroan, serta kuah khas berwarna cokelat dan sambal. Level pedasnya bisa disesuaikan dengan selera.

Karena berlokasi di trotoar tanpa meja dan kursi, kamu kemungkinan harus makan sambil berdiri bersama dengan para pengunjung lainnya.   

4. Timlo Pak Sur

Timlo Pak Sur

sumber: @timlopaksur via Instagram

  • Alamat: Jalan Suryopranoto (depan Jam Tugu Pasar Gede)
  • Jam buka: 18.00–22.00 WIB

Berlibur ke Solo takkan lengkap tanpa mencoba Timlo Pak Sur.

Timlo ini adalah makanan berkuah dengan isian ati ampela, dadar gulung, sosis solo, bihun, telur pindang, dan ayam goreng suwir. Kuahnya bening dan encer dengan rasa gurih dan menyegarkan.

Satu porsi komplet bisa kamu beli dengan harga Rp22.000 saja. Agar lebih kenyang, kamu bisa menyantapnya bersama nasi putih hangat yang disajikan terpisah.   

Baca Juga: Nginap di Bobobox Slamet Riyadi? Sempatkan Mampir ke 7 Tempat Wisata Ikonik Solo Ini

5. Tahok Pak Citro

Tahok Pak Citro

Sumber: Budiono Sukses via Google Maps

  • Alamat: Jalan Suryopranoto No.21
  • Jam buka: 05.00–10.00 WIB

Kuliner khas Solo lain yang bisa kamu jumpai di Pasar Gede adalah Tahok Pak Citro. Tahok adalah nama lain untuk wedang tahu, yaitu kuliner peranakan Tionghoa yang kini digemari banyak kalangan.

Tahok Pak Citro ini sudah berjualan sejak subuh dengan gerobak. Cocok banget nih, buat kamu yang suka sarapan manis-manis.

Semangkuk kembang tahu ini terbuat dari sari kacang kedelai dan disirami kuah jahe. Paduan tekstur yang lembut dan rempah jahenya akan membuat perut hangat seketika. Harga per porsinya cukup Rp9.000 saja.

6. Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih

Sumber: Riva Destira

  • Alamat: Jalan Jend. Urip Sumoharjo (pintu utara)
  • Jam buka: 08.00–14.30 WIB

Untuk pilihan menu manis menyegarkan, kamu bisa menjajal es dawet telasih. Salah satu yang paling terkenal adalah Dawet Bu Dermi.

Rasa dawet di sini cenderung gurih manis, tapi tidak kemanisan. Dengan harga Rp12.000, kamu akan mendapatkan kuah santan gurih dengan isian selasih, cendol, ketan hitam, bubur sumsum, dan es batu.

Selain itu, ada juga tambahan tape, nangka, hingga durian yang bisa kamu nikmati dengan membayar ekstra.

7. Lenjongan

Lenjongan

Sumber: Ari Puji Astuti via Google Maps

  • Jam buka: 07.00–15.00 WIB

Di Pasar Gede, kamu bisa menjumpai para penjual lenjongan di bagian tengah. Salah satu yang menjadi favorit adalah Lenjongan Yu Sum.

Lenjongan merupakan jajanan tradisional berisikan getuk, tiwul, gatot, sawut, ketan hitam, ketan putih, pisang ijo, cenil, jedah, parutan kelapa, dan gula jawa kental.

Satu bungkusnya bisa kamu dapatkan dengan harga Rp5.000 saja. Namun, jika ingin porsi lebih banyak, kamu bisa membeli dengan harga Rp6.000, Rp7.000, dan seterusnya.  

Para pedagang lenjongan biasanya juga menjual brambang asem yang terdiri dari daun ubi rebus, tempe gembus, dan siraman saus sambal asam Jawa yang pedas manis. Harga per pincuknya sekitar Rp5.000.

Baca Juga: Sehabis Liburan, Wajib Rasanya untuk Membeli 7 Oleh-oleh Khas Solo yang Kekinian

8. Vipho9 Restaurant

Vipho9 Restaurant

Sumber: Nova Ulyaa via Google Maps

  • Alamat: Jalan Utara Pasar Besar No.48
  • Jam buka: 08.30–16.00 WIB

Selain kuliner khas Solo, Pasar Gede juga menyediakan aneka santapan dari negara lain, seperti Vipho9 Restauran yang menyajikan makanan halal khas Vietnam.

Salah satu menu yang bisa kamu coba adalah pho atau bakmi. Dengan pilihan sapi dan ayam serta tiga ukuran porsi, siapkan uang Rp42.000–62.000 untuk membeli hidangan ini.

Ada juga spring role, yaitu sajian sehat berisi sayur serta udang/ayam yang dibungkus paper rice, tanpa digoreng, dan disajikan dengan saus kacang dan wijen. Harganya mulai dari Rp20.000–25.000.

Menu lainnya yang tak kalah menarik adalah banh mi atau sandwich Vietnam. Dengan harga Rp35.000–45.000, kamu akan mendapatkan roti baguette dengan pilihan isian daging sapi, daging ayam, smoked beef, atau sayuran.

Bobobox, Hotel Strategis di Tengah Kota Budaya

Nginap Seru hanya di Bobobox

Punya rencana liburan ke Solo, tapi bingung akomodasinya? Ke Bobobox Pods Solo saja!

Beralamat di Jalan Slamet Riyadi No.96, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, hotel kapsul  ini sangat strategis untuk mengeksplorasi beragam wisata di tengah kota.

Yang lebih baik lagi, kamu bahkan bisa mendapatkan harga promo untuk pemesanan via aplikasi Bobobox!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles