Stasiun Semarang Poncol

10 Kuliner Dekat Stasiun Semarang Poncol

Stasiun Poncol adalah stasiun yang lebih kecil dari Stasiun Semarang Tawang. Letaknya hanya terpaut 10 menit dari Stasiun Semarang Tawang. Namun, jangan khawatir, kalau kamu turun di Stasiun Poncol, kamu juga akan disambut dengan deretan tempat makan yang nggak kalah enak untuk dicicipi! Yuk simak rekomendasi kuliner dekat Stasiun Semarang Poncol!

Gudeg Abimanyu

Gudeg Abimanyu - Bu Lasmi (Pusat) - kuliner dekat Stasiun Semarang Poncol

Photo: Deni Chandra Rahardjo (Henokh) via Google Maps

Kamu ingin menikmati gudeg yang lezat saat berada di Semarang? Jangan khawatir, ada beberapa tempat makan gudeg yang terkenal enak di kota ini, yang bisa menjadi pilihan sarapan yang nikmat.

Salah satunya adalah Gudeg Abimanyu, sebuah tempat makan legendaris di Semarang yang telah ada sejak tahun 1960-an. Gudeg Abimanyu menawarkan sensasi rasa yang unik, berbeda dari gudeg Jogja yang biasanya manis.

Setiap porsi Gudeg Abimanyu terdiri dari gudeg, daun singkong rebus, kol rebus, sambal krecek, telur pindang, serundeng, dan kuah areh. Kamu juga bisa menambahkan lauk tambahan seperti opor ayam, koyor, rempeyek udang gimbal, dan kerupuk untuk menambah nikmatnya makanan.

Seporsi gudeg di Gudeg Abimanyu dijual dengan harga mulai Rp15.000 saja. Lokasinya berada di Taman Kuliner Ventura, Jalan Ki Mangunsarkoro No 15, Karang Kidul. Warung ini buka mulai pukul 06.00 hingga 14.30 WIB, sehingga sangat cocok untuk sarapan atau makan siang!

Baca Juga: Daya Tarik Pantai Marina Semarang, Ini Rute dan HTM-nya

Kedai Beringin

Kedai Beringin - kuliner dekat Stasiun Semarang Poncol

Photo: Lia Wu via Google Maps

Lima menit berjalan dari Stasiun Poncol, kamu akan menemukan Kedai Beringin. Restoran ini menyajikan berbagai masakan nusantara yang lezat dan halal bagi umat Muslim. Tempat ini sudah beroperasi sejak tahun 2018 dan menawarkan suasana yang nyaman dan bersih bagi pengunjung.

Salah satu menu populer di Kedai Beringin adalah nasi goreng babat yang gurih dan pedas, dengan potongan babat yang empuk dan bumbu yang meresap.

Menu ini dilengkapi dengan telur mata sapi, kerupuk, dan acar, cocok untuk sarapan atau makan siangmu. Selain itu, menu andalan mereka adalah ayam bakar, soto ayam, gado-gado, dan es campur.

Menu-menu yang dijual di Kedai Beringin juga terbilang terjangkau, mulai dari Rp15.000 untuk minuman dan Rp24.000 untuk makanan. Kedai Beringin buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, memberikan kesempatan bagi siapa pun untuk menikmati pengalaman makan yang menyenangkan di sini!

Toko Oen

Toko Oen - kuliner dekat Stasiun Semarang Poncol

Photo: Robin Senders via Google Maps

Toko Oen merupakan salah satu ikon kuliner terkenal di Semarang, selain lumpia dan tahu gimbal. Keberadaannya telah menjadi legenda, dengan bangunan dan namanya diakui sebagai bagian dari cagar budaya Indonesia.

Keunikan Toko Oen tidak hanya terletak pada usianya yang lebih dari 80 tahun, tetapi juga pada konsepnya yang dirancang dengan pernak-pernik klasik untuk memperkuat nuansa nostalgia masa lampau.

Nama “Toko Oen” diambil dari pendirinya, Ny. Liem Gien Nio (dikenal sebagai Nenek Oen) dan suaminya, Tuan Oen Tjoen Hok (dikenal sebagai Kakek Oen). Sejak dibuka dan diturunkan ke beberapa generasi, Toko Oen terus berkembang dan menjadi restoran yang menyajikan makanan pembuka, utama, dan penutup.

Kamu bisa mengunjungi Toko Oen di Jalan Pemuda Nomor 52, Bangunharjo yang buka dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp20.000-an.

Toko Oen menawarkan menu andalan legendaris seperti kue kering, nasi goreng, cap cay, panekuk, dan es krim Toko Oen yang terkenal.

Tempat ini menjadi destinasi wajib bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi kuliner dekat Stasiun Semarang Poncol, terutama yang menawarkan cita rasa khas dari masa lalu!

Baca Juga: 15 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Paling Terkenal

Restoran Mbah Jingkrak

Mbah Jingkrak Restaurant

Photo: Leonardo R. via Google Maps

Pecinta makanan pedas wajib banget mampir ke Restoran Mbah Jingkrak! Tempat makan spesialis menu pedas ini menawarkan makanan dengan nama-nama unik seperti Ayam Rambut Setan, Teri Buto Ijo, dan Lele Bumbu Gendruwo.

Namun jangan terkecoh oleh nama-nama tersebut, karena tampilan dan rasanya sebenarnya tidak horor atau mengerikan!

Restoran ini memiliki cabang di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Bandung, dan Surabaya. Di Semarang, kamu dapat mengunjungi Restoran Mbah Jingkrak yang berlokasi di Jl. Taman Beringin No. 3 Semarang Tengah.

Keunikan restoran ini tidak hanya terletak pada menu makanannya, tetapi juga suasana dan dekorasinya. Restoran ini berbentuk bangunan joglo tempo dulu dengan patung nenek yang sedang berjingkrak sebagai sambutan di pintu masuk.

Menu andalan Mbah Jingkrak adalah masakan Jawa dan Garang Asem dengan penyajian prasmanan.

Menu Jawa yang ditawarkan termasuk Oseng-Oseng Kikil Pedas, Ayam Kampung Goreng Serundeng, Botok, Mangut, Dampel Udang, Ikan Pindang, Oseng-Oseng Cumi, Urap, Sayur Asem, Oblok-oblok Daun Singkong, dan banyak lagi. Selain itu, ada juga menu unik seperti Sambel Iblis, Tempe Jingkrak, Ayam Kawul, dan Sate Kabul.

Tidak hanya makanan, restoran ini juga menyajikan minuman unik seperti Es Kelelep, Es Tobat (air kunir dengan santan, cincau, tape singkong, dan bubur mutiara), dan Es Insyaf (mirip Es Tobat tetapi dengan cincau dan kelapa muda). Nama-nama menunya bikin kamu pengen nyobain nggak sih?

Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum

Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum

Photo: Azka Muhyi via Google Maps

Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum adalah salah satu kuliner dekat Stasiun Semarang Poncol yang lezat dan enggak boleh terlewat!

Seperti nasi ayam pada umumnya, nasi ayam di Mbak Jum disajikan di atas daun pisang dengan pelengkap sayur labu siam, ayam suwir, sambal goreng krecek, kuah areh, dan tahu.

Selain itu, warung ini juga menyediakan sate usus, sate telur puyuh bumbu kecap, dan sate ampela. Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp5.000 sampai Rp25.000-an untuk porsi yang kenyang.

Selain Nasi Ayam Kemuning, warung yang buka setiap hari mulai dari pukul 06.30 hingga 22.30 WIB ini juga menyediakan lontong opor yang terkenal bikin ketagihan.

Warung ini sangat mudah dijangkau karena dekat dengan Stasiun Poncol, berlokasi di Jl. Anjasmoro Raya No. 31-131, Karangayu, cocok banget untuk menu sarapan kamu!

Baca Juga: Berkunjung ke Kota Lama Semarang, Wisata Keluarga Sekaligus Nostalgia

Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Gulai Kepala Ikan Pak Untung - kuliner dekat Stasiun Semarang Poncol

Photo: Partho Djojodihardjo via Google Maps

Semarang memang dikenal sebagai kota pesisir yang kaya akan rumah makan seafood. Salah satunya adalah Restoran Gulai Kepala Ikan Pak Untung, yang merupakan tempat kuliner dekat Stasiun Semarang Poncol

Sesuai dengan namanya, restoran ini menjual gulai kepala ikan sebagai menu andalannya. Hidangan gulai kepala kakap di sini pasti akan menggugah selera.

Disajikan dengan tulang ikan yang besar dan berisi daging lezat disertai kuah gulai yang berwarna kuning dengan tambahan daun bawang, cabe rawit, potongan tomat, dan daun kemangi yang mempercantik hidangannya.

Harga hidangan di Restoran Gulai Kepala Ikan Pak Untung berkisar antara Rp10.000 hingga Rp50.000, tergantung pada menu yang kamu pilih. Bob sangat merekomendasikan tempat ini buat kamu yang suka gulai ikan!

Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok Pak Dhuwur - kuliner dekat Stasiun Semarang Poncol

Photo: Abimanyu Ustadi via Google Maps

Mie Kopyok Pak Dhuwur memiliki sejarah panjang sejak tahun 1970-an. Awalnya, Pak Dhuwur mulai berjualan dengan gerobak yang didorong keluar masuk kampung untuk mencari pelanggan. Kini, usahanya telah berkembang dan ia memiliki warung tetap.

Nama “Mie Kopyok Pak Dhuwur” berasal dari ciri khas Pak Dhuwur yang postur tubuhnya tinggi (dhuwur dalam Bahasa Jawa) dan kata “kopyok” yang berarti aduk dalam Bahasa Jawa. Mie kopyok adalah mie yang diaduk dengan berbagai bahan.

Hidangan mie kopyok disajikan dengan lontong, mie, tauge, irisan tahu, dan diberi bumbu air bawang putih. Kemudian, ditaburi dengan irisan seledri dan bawang merah goreng. Sebagai pelengkap, ada karak atau gendar, yaitu kerupuk dari beras yang diremas dan ditaburkan di atas mie kopyok.

Sambal yang digunakan di Mie Kopyok Pak Dhuwur terbuat dari campuran cabai dan kacang tanah, memberikan rasa pedas dan gurih yang khas.

Warung Mie Kopyok Pak Dhuwur di Semarang buka dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Harga satu porsi mie kopyok adalah Rp7.000. Namun, tersedia juga opsi porsi jumbo dengan harga Rp12.000 kalau kamu menginginkan porsi lebih besar.

Ini adalah tempat yang cocok bagi pecinta mie yang ingin menikmati hidangan khas Semarang dengan cita rasa autentik dan harga terjangkau!

Baca Juga: Dihiasi Patung Semut Raksasa, Begini Sejarah Gedung Marabunta Semarang

Ayam Goreng Bang Mus

Ayam goreng bang mus

Photo: Widyastuti Kusuma Wardhani via Google Maps

Ayam Goreng Bang Mus adalah rumah makan dengan resep legendaris yang telah ada sejak tahun 1982 di Semarang. Warung ini menggunakan resep turun-temurun yang tidak pernah berubah sejak dahulu.

Berlokasi di belakang Stasiun Poncol, tepatnya di Jalan Patriot Selatan Nomor H81, Purwosari, warung ini dimiliki oleh sepupu dari pelawak terkenal Almarhum Basuki.

Ayam goreng di Ayam Goreng Bang Mus disajikan dengan cara unik: ayam digoreng dengan telur yang membuat teksturnya sedikit berbeda, mirip perkedel. Hidangan ini bisa kamu nikmati mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB setiap hari Senin hingga Sabtu.

Harga untuk satu porsi nasi ayam lengkap dengan sambal dan lalapan di warung ini sangat terjangkau, berkisar antara Rp25.000 hingga Rp30.000-an saja. Jika kamu pecinta ayam goreng, tidak ada salahnya mencicipi resep legendaris di warung ini yang telah mempertahankan rasa autentiknya selama bertahun-tahun!

Nasi Goreng Padang Bangjo

Nasi Goreng Padang Bangjo

Photo: Kurniawati Cynthia via Google Maps

Nasi Goreng Padang Bangjo adalah tempat yang cocok untuk para penyuka kuliner pedas di Semarang. Terletak di Jalan Hasanudin 8, belakang Stasiun Poncol, warung ini menawarkan berbagai menu nasi goreng seperti nasi goreng telur, ikan asin, kerang, telur, dan petai, serta banyak lagi pilihan lainnya. 

Di sini, kamu bisa menentukan sendiri tingkat kepedasan nasi goreng. Terdapat tiga tingkatan level kepedasan nasi goreng, yaitu sedang, pedas, dan sangat pedas. Harganya juga sangat bervariasi, mulai dari Rp12.000 hingga Rp30.000, tergantung pada jenis dan pilihan tambahan topping yang kamu inginkan.

Warung Nasi Goreng Padang Bangjo buka setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 22.00 WIB, cocok untuk menjadi pilihan makan malam bagi pecinta rasa pedas di Semarang!

Baca Juga: Ada yang Buka 24 Jam, Inilah Rekomendasi Kuliner Malam Semarang

Bakmi Djowo Pak Doel Noemani

Bakmi Djowo Pak Doel Noemani

Photo: Fadjar Trie via Google Maps

Buat penggemar bakmi, Bakmi Djowo Pak Doel Noemani bisa jadi pilihan kamu untuk makan selagi di Semarang. Bakmi Djowo Pak Doel Noemani adalah tempat yang terkenal dengan sajian bakmi yang lezat di Semarang. Namun, untuk menikmatinya kamu harus bersabar karena biasanya ada antrian.

Bakmi ini dikenal dengan kuahnya yang gurih dan porsi yang melimpah. Bagi yang suka pedas, kamu bisa menambahkan irisan cabai segar sebagai tambahan.

Di sini, tersedia berbagai pilihan bakmi seperti bakmi godog, bakmi goreng, dan bakmi nyemek. Selain bakmi, tersedia juga bihun, nasi goreng, dan capcay sebagai alternatif lain.

Lokasinya berada di Jalan Pemuda No.117, Sekayu, hanya berjarak 10 menit dari Stasiun Poncol. Bakmi Djowo Pak Doel Noemani buka dari pukul 10.00 hingga 00.00 WIB, sehingga kamu bisa menikmati makanan di sini sepanjang hari sesuai jadwalmu!

Di Semarang Menginap di Bobopod Kota Lama aja!

Pods Kota Lama Semarang

Belum tahu mau menginap di mana selama menjelajahi Semarang? Enggak perlu bingung, menginap di Bobopod Kota Lama aja, yuk! Lokasinya strategis, dikelilingi berbagai tempat makan, dekat dengan tempat wisata, dan pastinya aman!

Di dalam smart pod kamu bisa menikmati personal WiFi, B-Pad untuk mengatur cahaya lampu dan suasana kamar, termasuk suhu ruangan.

Tunggu apa lagi? Jangan lupa untuk pesan pod-mu sekarang melalui aplikasi Bobobox sebelum kehabisan! Pastikan agenda jalan-jalan dan kulineran di Semarang semakin berkesan!

 

Penulis: Ratna Asih Setyaningrum

Foto utama: Adhel_N via Google Maps

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles