_KIM8091 (1)

Seru Banget, Ini Konsep Kegiatan Acara Outbound yang Menarik!

Outbound adalah salah satu alternatif kegiatan yang sering dilakukan oleh sebuah kelompok atau komunitas ketika berlibur atau outing. Rangkaian aktivitas yang menantang dan variatif membuat kegiatan ini seru dan menyenangkan!

Biasanya, outbound merupakan kumpulan dari beberapa permainan yang dapat mengasah fisik dan mental dari para pemainnya. Hal ini dikarenakan permainan outbound sendiri banyak memanfaatkan kekuatan tubuh, kecerdasan otak, serta kerja sama tim agar dapat diselesaikan.

Dalam ulasan ini, Bob akan kasih tahu kamu beberapa konsep outbound yang menarik. Tema-tema seru dan unik ini dijamin akan bikin acara outbound kamu makin seru, deh!

1. Konsep Bertema Team Building

Konsep ini biasanya banyak digunakan untuk kegiatan outing perusahaan. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar anggota kantor sekaligus refreshing dari pekerjaan.

Lokasi team building biasa dilakukan di sebuah lapangan luas dan teduh. Nantinya, seluruh peserta akan terlibat dalam rangkaian acara permainan yang dipandu oleh game master.

Permainan yang dilaksanakan bisa bervariasi, baik individu maupun berkelompok. Semua, pada akhirnya, bertujuan untuk membangun kerja sama tim, meningkatkan kreativitas, dan bersenang-senang. Acara ini biasanya dilaksanakan setengah hari saja.

2. Konsep Bertema Treasure Hunt

Konsep outbound yang menarik lainnya adalah treasure hunt. Sesuai namanya, treasure hunt  adalah konsep di mana para peserta nantinya akan berburu “harta karun” yang sudah di sebar di seluruh penjuru arena bermain.

Biasanya, peserta akan dibagi ke dalam beberapa regu. Setiap regu harus mencari petunjuk yang nantinya dapat membantu mereka menemukan pos-pos yang ada. Di tiap pos, regu yang sudah sampai harus menyelesaikan teka-teki untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Pemenang ditentukan berdasarkan regu pertama yang berhasil menemukan “harta karun” tersebut. Selain memacu semangat, konsep ini juga membantu meningkatkan kerja sama antar sesama anggota kelompok. Seru sekali, bukan?

3. Konsep Bertema Amazing Race

Mirip dengan konsep treasure hunt, outbound Amazing Race juga tidak kalah seru dan menarik. Konsep ini memiliki arena bermain yang lebih luas, seperti hutan, dengan tantangan yang lebih menguji fisik dan mental.

Acara outbound konsep ini juga menggunakan beberapa moda transportasi agar bisa mencapai pos dan mencari petunjuk, seperti sepeda gunung dan mobil safari.

Dengan konsep ini, peserta tidak hanya bersenang-senang ketika bermain, namun mereka juga bisa menikmati pemandangan yang indah di sekitar. Acara ini juga biasanya dilaksanakan setengah hari saja.

4. Konsep Bertema Aktivitas + Team Building

Aktivitas Team Building juga dapat dipadankan dengan berbagai kegiatan seru lainnya, lho! Kamu bisa berkeliling menggunakan sepeda gunung atau onthel, bermain arung jeram, dan lain sebagainya.

Acara ini akan lebih seru jika dilaksanakan seharian penuh. Kegiatan seperti ini biasanya berlokasi di daerah hutan dengan sungai dan air terjun yang indah. Tidak hanya bisa melakukan kegiatan seru, kamu juga dapat menikmati keindahan alam yang ada di hutan.

5. Konsep Bertema Camping

Konsep outbound menarik lainnya adalah berkemah. Kegiatan ini biasanya dilakukan selama dua hari dan satu malam, jadi tidak ada salahnya mencoba jika kamu punya waktu luang.

Acara ini biasanya diselenggarakan di bumi perkemahan, jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan peralatan kemah sendiri.

Setelah memilih kemah dan meletakkan barang bawaan, kamu bisa melanjutkan dengan kegiatan team building yang sudah direncanakan hingga siang atau sore hari.

Jika area perkemahan juga memiliki fasilitas permainan, kamu juga bisa memanfaatkannya bersama dengan teman-teman. Seru sekali, ya!

Tips agar Acara Outbound Berjalan Lancar

Agar acara outbound bisa sukses dan berjalan dengan lancar, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu dan penyelenggara perhatikan:

Tentukan Tujuan Kegiatan

Prioritas utama sebelum menyelenggarakan acara, terutama outbound, adalah menentukan terlebih dahulu tujuannya. Dengan adanya tujuan yang jelas, kamu juga bisa tahu apa saja hal-hal pendukung lainnya yang harus disiapkan dan direncanakan.

Susun Rangkaian Acara

Acara outbound dan team building sendiri memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, perlu adanya rangkaian acara agar kegiatan dapat berjalan dengan baik, dan waktu dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. 

Kamu juga bisa mengkoordinasikan hal ini dengan pihak pengelola fasilitas agar dapat menyesuaikan ketersediaan tempat dengan acara yang mau diselenggarakan.

Tema Kegiatan

Agar acara yang diselenggarakan juga lebih memiliki makna, kamu juga bisa menetapkan tema acara outbound yang diselenggarakan. Mulai dari sekedar mempererat hubungan sesama tim kantor hingga refreshing, tema yang tepat tentu juga akan meninggalkan makna dan sentimen tersendiri terhadap para pesertanya.

Jenis Permainan

Outbound sendiri memiliki banyak jenis permainan, namun tentu tidak semua dapat dimanfaatkan. Hal ini bisa dikarenakan kurangnya waktu untuk menikmati semua wahana atau aktivitas, atau kondisi fisik para pesertanya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset terhadap pilihan wahana atau aktivitas dan mengkoordinasikannya dengan para peserta dan penyedia fasilitas.

Atur Jadwal Kegiatan

Agar kegiatan bisa diselenggarakan secara efisien, kamu juga harus mengatur jadwal kegiatan. Kamu bisa mengalokasikan beberapa jam untuk kegiatan outbound, istirahat, serta kegiatan-kegiatan lainnya. 

Sisihkan juga waktu untuk hal-hal yang tak terduga untuk mengantisipasi kegiatan yang ngaret dan tidak tepat waktu.

Tentukan Jumlah Peserta

Sebelum melaksanakan outbound, tentukan dulu berapa peserta yang ikut. Hal ini dapat berdampak pada pengeluaran, kebutuhan, serta akomodasi yang harus disiapkan.

Pilih Tempat yang Sesuai

Setelah melakukan semua persiapan dari menentukan konsep, tema, dan anggaran, kamu bisa memilih tempat untuk lokasi outbound kamu. Pilihlah tempat dengan akomodasi yang lengkap, pemandangannya indah, pelayanannya berkualitas, serta harga terjangkau.

Outbound dan Outing Seru di Bobocabin, Yuk!

Itulah beberapa rekomendasi tema outbound yang menarik. Salah satu tempat yang dijamin bisa bikin kegiatan outbound kamu makin seru tentunya ada di Bobocabin!

Dengan pilihan paket seperti Bobocabin for School, Team Lead, Community, dan Family Gathering, Bobocabin menyediakan fasilitas akomodasi, konsumsi, serta acara-acara outbound yang seru, beragam, dan menarik!

Tunggu apa lagi, segera kontak Bobobox dan atur rencana kegiatan outbound kamu! Informasi selengkapnya dapat kamu cek di sini, ya!

Penulis: Bryan Dharmanta

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles