pexels-gustavo-fring-3885493

Pindah Ke Luar Negeri? Kamu Bakal Kangen Lho Sama 10 Hal Yang Khas Indonesia Banget Ini

Bisa tinggal di luar negeri mungkin merupakan sebuah kesempatan luar biasa bagi sebagian orang. Banyak alasan mengapa seseorang harus pindah ke luar negeri, misalnya dikarenakan alasan pekerjaan, studi, atau alasan lainnya.

Bagi sebagian orang, pindah ke tempat atau lingkungan yang baru bisa jadi bukanlah hal yang mudah. Tentu saja itu semua membutuhkan fase adaptasi.

Dalam masa-masa penyesuaian dengan tempat baru inilah, pasti akan timbul kerinduan terhadap berbagai hal dari kampung halamanmu, Indonesia. Kamu pasti akan mulai merindukan suasana, keluarga, hingga makanan-makanan khas Indonesia yang biasa kamu temui sehari-hari.

So, langsung aja kita intip, yuk, beberapa hal khas Indonesia banget yang bakal bikin kamu selalu rindu tanah air. Check these out!

1. Jajanan Khas Indonesia

hal-hal yang akan bikin kamu kangen Indonesia

(Photo by: pinterest.com)

Saat pindah ke luar negeri, salah satu hal yang pasti akan sangat kamu rindukan adalah jajanan khas Indonesia. Banyak sekali jajanan khas Indonesia yang enak, beragam, dan murah meriah yang pastinya nggak akan kamu temukan saat kamu pindah ke luar negeri.

Kebayang, kan, enaknya bakso, seblak, batagor, cuanki, gorengan, dan jajanan-jajanan khas Indonesia lainnya yang pasti bakal bikin kamu rindu berat sama kampung halamanmu.

2. Suasana Lebaran dan Bulan Puasa

hal-hal yang akan bikin kamu kangen Indonesia

(Photo by: pinterest.com)

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Maka dari itu, hari-hari besar umat Islam biasanya akan dirayakan dengan sangat meriah, terutama momen Hari Raya Lebaran dan Bulan Puasa.

Suasana khas dari kedua musim ini pasti akan sangat kamu rindukan saat kamu pindah ke luar negeri, karena masing-masing negara pasti memiliki tradisi yang berbeda dalam merayakan hari-hari besar. Kamu pasti akan merindukan tradisi khas Indonesia yang biasa dilakukan saat Bulan Puasa, yaitu ngabuburit.

Hal yang paling seru saat ngabuburit adalah berburu takjil untuk buka puasa. Banyak banget takjil khas Indonesia seperti kolak dan candil yang pastinya akan sulit kamu temukan saat tinggal di luar negeri. Selain ngabuburit, acara wajib yang nggak boleh terlewat saat Bulan Puasa adalah “bukber” atau buka bersama. Hayo, siapa di sini yang paling nungguin acara bukber saat Bulan Puasa? 😀

3. Suasana Mudik

hal-hal yang akan bikin kamu kangen Indonesia

(Photo by: pinterest.com)

Bagi kamu si anak rantau, bukan hanya suasana Bulan Puasa dan Hari Lebaran aja yang akan kamu rindukan. Kamu pasti juga akan merindukan tradisi mudik yang biasa dilakukan saat hari raya. Tradisi khas Indonesia satu ini merupakan kegiatan pulang ke kampung halaman saat libur panjang Hari Lebaran.

Meskipun suasana mudik di Indonesia diwarnai dengan kemacetan di mana-mana, namun momen ini merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu, karena kita akan segera berkumpul kembali dengan seluruh keluarga tersayang.

4. Makanan Khas Indonesia

hal-hal yang akan bikin kamu kangen Indonesia

(Photo by: pinterest.com)

Meskipun banyak makanan dari berbagai negara yang juga pasti lezat-lezat, namun makanan-makanan khas Indonesia pasti nggak akan tergantikan. Bayangkan, setelah pindah ke luar negeri, kamu nggak akan bisa lagi melipir ke rumah makan padang untuk menikmati lezatnya nasi rendang dan masakan padang lainnya.

Belum lagi makanan-makanan khas Indonesia lainnya yang pasti akan bikin hatimu rindu berat, seperti gado-gado, opor ayam, nasi uduk, soto, dan lain-lain. Duh, jadi laper, ya. 😛

5. Indomie

hal-hal yang akan bikin kamu kangen Indonesia

(Photo by: pinterest.com)

Indomie? Ya, mie instan khas Indonesia satu ini juga pasti akan jadi salah satu hal yang akan kamu rindukan saat pindah ke luar negeri. Sebenarnya kamu masih bisa mendapatkan mie instan satu ini di berbagai negara, bukan di Indonesia saja, namun sayangnya harga Indomie di sana pasti akan jauh lebih mahal daripada di Indonesia.

6. Bahasa Indonesia

hal-hal yang akan bikin kamu kangen Indonesia

(Photo by: pinterest.com)

Saat pindah ke luar negeri, konsekuensinya, kamu harus bisa berbicara dalam bahasa negara tersebut, atau minimal Bahasa Inggris. Nah, kamu pasti akan kangen, dong, berbicara dalam Bahasa Indonesia, yang pastinya kamu nggak usah sambil berpikir atau menerjemahkannya terlebih dahulu dalam kepalamu.

7. Perayaan 17-an

hal-hal yang akan bikin kamu kangen Indonesia

(Photo by: pinterest.com)

Setiap negara pasti punya tradisi masing-masing dalam merayakan hari kemerdekaannya, begitu pula Indonesia. Kamu pasti akan merindukan segala perayaan dan lomba-lomba unik khas Indonesia yang biasa diselenggarakan saat hari kemerdekaan.

Bagi kamu yang rindu dengan perayaan-perayaan atau lomba-lomba 17-an khas Indonesia, kamu bisa coba untuk mengunjungi kedutaan besar Indonesia. Di beberapa negara, kedutaan besar Indonesia biasanya menyelenggarakan lomba-lomba khas 17-an, lho. Seru, bukan?

8. Sahabat dan Keluarga

hal-hal yang akan bikin kamu kangen Indonesia

(Photo by: pinterest.com)

Bukan hanya suasana atau makanan-makanan khas Indonesia saja yang akan kamu rindukan saat memutuskan untuk pindah ke luar negeri. Kamu juga pastinya akan merindukan seluruh keluarga dan para sahabat yang ada di tanah air.

Meskipun kamu juga akan mendapatkan keluarga dan teman-teman baru di negara tempatmu pindah, namun keluarga dan para sahabatmu di tanah air pasti punya kenangan tersendiri yang nggak akan pernah kamu lupakan. Tetapi di era digital seperti ini kamu nggak perlu khawatir, karena kamu bisa langsung menghubungi mereka melalui video call kapanpun kamu merasa rindu. 😉

9. Budaya khas Indonesia

hal-hal yang akan bikin kamu kangen Indonesia

(Photo by: pinterest.com)

Nah, ini dia yang nggak akan kamu temukan di negara manapun kamu pindah, yaitu budaya-budaya khas Indonesia yang hanya bisa kamu temui dan rasakan di tanah air. Sebagai negara yang memiliki beragam suku, tentu saja tradisi dan budaya yang diterapkan akan berbeda pada setiap daerah, dari Sabang sampai Merauke.

Tradisi dan budaya khas Indonesia ini tentu saja mempengaruhi kebiasaan hidup sehari-hari, tingkah-polah, dan karakter-karakter khas lainnya dari bangsa Indonesia. Tentu saja ini semua akan selalu membuatmu rindu pulang ke tanah air.

10. Hidup Serba Mudah dan Murah

hal-hal yang akan bikin kamu kangen Indonesia

(Photo by: pinterest.com)

Sudah bukan rahasia lagi jika hidup di Indonesia itu serba mudah dan murah. Bahkan saking mudah dan murahnya, “gaya hidup khas Indonesia” ini seakan mengizinkan kita untuk hidup “santuy“. Mungkin kehidupan santuy ini akan menjadi salah satu hal yang bikin kamu kangen Indonesia.

Tentu saja ritme hidupmu akan berbeda saat kamu pindah ke luar negeri. Di negeri orang, kamu harus bisa berusaha lebih keras untuk bisa mencukupi kebutuhan hidupmu, karena biaya hidup di luar negeri rata-rata akan lebih tinggi dibanding biaya hidup di Indonesia.

Bobobox! Pilihan tepat untuk kamu.

Cari penginapan untuk istirahat saat baru pulang lagi ke tanah air? Tapi bosan dengan hotel yang gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles