Mengenal Keuntungan dan Kekurangan Open Trip

Mengenal Keuntungan Open Trip

Bagi kamu yang tak mau liburan sendirian, kamu bisa coba pergi liburan bersama teman-teman wisatawan yang terkumpul di komunitas open trip.

Berkat internet, kini banyak komunitas yang membuka layanan open trip. Ini khususnya menguntungkan wisatawan yang ingin menjelajahi berbagai destinasi wisata sekaligus dengan mudah.

Apa Itu Open Trip?

Open trip adalah sebuah bentuk paket liburan yang ditawarkan kepada wisatawan. Dengan open trip, kamu dapat bepergian dengan wisatawan-wisatawan lain yang berminat. 

Beberapa agensi tur umumnya memiliki jumlah minimal kuota wisatawan yang dapat mengikuti open trip di satu perjalanan.

Sedangkan beberapa agen lainnya memiliki kuota bebas, sehingga liburanmu kemungkinan terbesar tetap dapat terwujud berapa pun jumlah peserta yang bergabung. 

Dengan mengikuti open trip, kamu akan pergi berlibur menjelajahi suatu tempat bersama wisatawan lain. Hal ini tentunya memberi kamu peluang mendapatkan banyak teman baru.

Lalu, apa sajakah keuntungan dan kekurangan open trip? Simak ulasan ini supaya kamu tahu apakah gaya liburan open trip sesuai dengan kepribadian kamu atau tidak.

6 Keuntungan Open Trip

1. Hemat Budget

Hemat Budget

Sumber: Travelinfo

Faktanya, mengikuti open trip dapat menghemat cukup banyak budget dibandingkan jika melakukan liburan sendiri atau solo traveling.

Bagi kamu yang sedang ingin pergi liburan tapi tak ingin menguras banyak isi dompet, maka open trip bisa jadi salah satu pertimbangan kamu. 

2. Jadwal Sudah Diatur

Keuntungan lain mengikuti open trip adalah kamu tak perlu ribet membuat jadwal liburan sendiri.

Kamu hanya perlu menikmati jalannya alur liburan yang sudah disiapkan pihak agensi open trip. Merekalah yang telah memilah dan merancang destinasi wisata dan kuliner yang akan dikunjungi.

Keuntungan open trip ini akan sangat membantu, terutama jika kamu tidak punya cukup waktu untuk menyiapkan agenda liburan di tengah padatnya kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: Open Trip vs Private Trip vs Solo Travel, Mana yang Cocok Buatmu?

3. Tidak Repot

Dengan Open trip, kamu tidak perlu repot memikirkan modal transportasi, tempat makan, atau pun akomodasi.

Jadi, tinggal nikmati perjalanan tanpa beban pikiran. Meski demikian, penting untuk memperhatikan fasilitas apa saja yang termasuk dalam setiap paket open trip. Karena tiap destinasi wisata atau penyelenggara bisa memiliki perbedaan fasilitas yang ditawarkan.

4. Bertemu Teman Baru

Karena konsepnya berbagi biaya, kamu akan berjumpa dengan kelompok orang baru. Tentu saja, ini merupakan keuntungan besar karena kamu dapat bertemu orang baru dan memperluas jaringan sosial. Bahkan, tidak jarang orang menemukan pasangan hidup saat mengikuti open trip.

5. Tidak Perlu Khawatir Pergi Sendirian

Pergi liburan bersama teman memang menyenangkan, tapi seringkali susah merencanakan waktu luang yang cocok karena kesibukan yang berbeda. Namun, open trip bisa menjadi alternatifnya. Kamu tak perlu khawatir merencanakan liburan sendirian karena ada kelompok dengan tujuan wisata yang sama.

6. Terdapat Tour Guide

Bergabung dalam open trip memiliki keuntungan karena ada tour guide yang dapat memberikan banyak informasi tentang berbagai destinasi yang akan didatangi.

Dengan demikian, selain menikmati liburan, pengetahuanmu juga akan bertambah. Itulah sebabnya open trip tidak hanya sesuai untuk masyarakat umum, tetapi juga cocok untuk liburan bersama keluarga.

Cara Melakukan Open Trip

Mengikuti open trip tak rumit. Kamu bisa dengan mudah mencarinya secara online atau melalui rekomendasi dari orang-orang terdekat yang telah berpengalaman dengan open trip. Berikut beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar tidak menimbulkan penyesalan.

1. Mencari Informasi Sebanyak Mungkin

Cari sebanyak mungkin informasi dari internet tentang berbagai open trip yang tersedia untuk destinasi yang ingin kamu kunjungi. Jangan hanya terpaku pada satu informasi saja, carilah beberapa paket open trip sebagai opsi.

2. Membandingkan antara berbagai Paket Perjalanan

Teliti dengan membandingkan berbagai paket open trip yang tersedia untuk melihat perbedaan dalam layanan dan harga yang dapat kamu dapatkan. Oleh karena itu, bijaksanalah dalam membuat pilihan dan jangan terburu-buru memilih paket perjalanan yang baru ditemukan pada awalnya.

3. Mengatur Waktu Pribadi

Penting untuk mengatur waktu dengan bijak, mempertimbangkan kegiatan yang ingin dilakukan serta jadwal dari open trip itu sendiri. Mengalokasikan waktu untuk istirahat, menjelajahi destinasi, dan berinteraksi dengan sesama peserta open trip menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan. Dengan mengelola waktu pribadi dengan baik, pengalaman dalam open trip dapat menjadi lebih berkesan dan memuaskan.

4. Tidak Lupa untuk Periksa Penyedia Open Trip

Sebelum memutuskan untuk bergabung dalam suatu open trip, penting untuk mengecek reputasi penyelenggara layanan tersebut.

Jangan mudah tergiur oleh kebaikan marketing atau jadwal yang menarik. Pastikan semua layanan yang ditawarkan masuk akal dan benar-benar menyediakan open trip sesuai dengan yang dijanjikan.

5. Mempersiapkan Barang Bawaan

Setelah menemukan open trip yang sesuai, sekarang waktunya untuk menyiapkan barang bawaan dengan teliti. Periksa semua perlengkapan yang dibutuhkan sesuai dengan jadwal open trip yang telah kamu pilih.

6. Jangan Malu Bertanya

Jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang tidak jelas atau pertanyaan yang ingin kamu sampaikan. Pastikan kamu bertanya hingga merasa puas dan paham dengan semua informasi mengenai jadwal dan layanan yang disediakan. Misalnya, tentang transportasi, jadwal keberangkatan, dan hal-hal lain yang perlu diketahui.

Bobobox Maximum Comfort Banner

2 Tips Tetap Nyaman Saat Ikut Open Trip

1. Jangan Pasif

Saat melakukan liburan open trip, kamu akan bertemu dengan banyak orang baru.

Nah, agar tidak kaku dan perjalananmu menjadi lebih asyik, cobalah untuk mencairkan suasana dengan mengajak mereka mengobrol.

Sebagai langkah awal mengawali percakapa, kamu bisa coba mengajak berkenalan, menawarkan camilan di perjalanan, atau membantu teman seperjalananmu mengambil foto. 

2. Kontrol Pengeluaran

Kontrol Pengeluaran

Sumber: Apartment Therapy

Tips open trip yang terakhir adalah membawa uang secukupnya saja untuk kebutuhan selama perjalanan. Sebab, umumnya open trip menawarkan paket all-in untuk transportasi, akomodasi, dan makan.

Dengan menyiapkan uang secukupnya, kamu pun terhindar dari gelap mata saat berbelanja, baik itu saat berburu oleh-oleh atau pernak-pernik lucu yang sebetulnya tidak begitu kamu butuhkan.

Hindari pemikiran “mumpung sedang di sini” atau “kapan lagi” yang hanya akan membuat pengeluaran kamu bengkak. 

Pastikan untuk selalu mengalokasikan budget pengeluaran agar kamu dapat mengerem keinginan berbelanja. Kamu juga bisa menukar uang di Indonesia untuk mendapatkan rate yang lebih baik. 

Baca Juga: Open Trip ke Bandung, Solusi Siasati Harga Tiket Pesawat yang Mahal

Mencari Pengalaman Menginap yang Seru? Bobopod Aja!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan.

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan:jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi alternatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobopod. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Mencari Pengalaman Menginap yang Seru

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store.

 

Penulis artikel: Intifanny Amandara Putri

Foto header: Klook.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles