kereta ke pangandaran

Jadwal dan Rute Kereta ke Pangandaran, serta Panduan menuju Pantai Madasari

Kalau kamu ada rencana pergi ke Pangandaran, maka kereta api Pangandaran yang beroperasi dengan rute Jakarta–Banjar, adalah salah satu moda transportasi yang bisa kamu naiki. 

Berangkat dari Stasiun Gambir dan melewati Stasiun Bandung, kereta ini menawarkan dua kelas, yaitu eksekutif dan ekonomi. 

Tarif untuk setiap subkelas mungkin berbeda tergantung pada posisi duduk yang strategis. Saat ini, KA Pangandaran Ekspres beroperasi sebagai KA Fakultatif, yang berarti hanya berjalan pada waktu tertentu alih-alih setiap hari. 

Dengan hanya satu perjalanan setiap hari pada pukul 07.35 WIB, kamu bisa memesan tiket melalui situs atau aplikasi resmi PT KAI (Kereta Api Indonesia). 

Jadwal Kereta dan Rute ke Pangandaran

Jadwal Keberangkatan dan Rute Kereta Api dari Gambir - Bandung - Banjar

Sumber: Wikimedia Commons

Berikut ini adalah jadwal kereta menuju dan dari Pangandaran dari Stasiun Gambir.

1. Rute Gambir (GMR) ke Banjar (BJR)

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
Gambir (GMR) 07.35 WIB
Purwakarta (PWK) 09.08 WIB 09.17 WIB
Sasaksaat (SKT) 10.07 WIB 10.14 WIB
Cimahi (CMI) 10.40 WIB 10.42 WIB
Bandung (BD) 10.52 WIB 11.00 WIB
Leles (LL) 11.59 WIB 12.01 WIB
Cibatu (CB) 12.16 WIB 12.18 WIB
Cipeundeuy (CPD) 12.51 WIB 13.01 WIB
Rajapolah (RJP) 13.34 WIB 13.41 WIB
Tasikmalaya (TSM) 13.55 WIB 14.05 WIB
Manonjaya (MNJ) 14.16 WIB 14.23 WIB
Ciamis (CI) 14.34 WIB 14.41 WIB
Banjar (BJR) 15.04 WIB

2. Rute Banjar (BJR) ke Gambir (GMR)

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
Banjar (BJR) 16.10 WIB
Ciamis (CI) 16.35 WIB 16.37 WIB
Manonjaya (MNJ) 16.52 WIB 16.59 WIB
Tasikmalaya (TSM) 17.11 WIB 17.14 WIB
Cipeundeuy (CPD) 18.03 WIB 18.13 WIB
Warung Bandrek (WB) 18.37 WIB 18.44 WIB
Cibatu (CB) 18.54 WIB 18.57 WIB
Leles (LL) 19.13 WIB 19.20 WIB
Nagreg (NG) 19.40 WIB 19.57 WIB
Kiaracondong (KAC) 20.29 WIB 20.32 WIB
Bandung (BD) 20.41 WIB 21.00 WIB
Cimahi (CMI) 21.10 WIB 21.12 WIB
Padalarang (PDL) 21.20 WIB 21.26 WIB
Purwakarta (PWK) 22.38 WIB 22.40 WIB
Bekasi (BKS) 23.42 WIB 23.44 WIB
Jatinegara (JNG) 00.00 WIB 00.02 WIB
Gambir (GMR) 00.18 WIB

Berdasarkan jadwal terebut, rute KA Pangandaran meliputi Gambir – Purwakarta – Sasaksaat – Cimahi – Bandung – Leles – Cibatu – Cipeundeuy – Rajapolah – Tasikmalaya – Manonjaya – Ciamis – Banjar. 

Perjalanan menuju Pangandaran dari stasiun Gambir menggunakan kereta api dapat ditempuh dalam waktu sekitar 4,5 jam.

Panduan Menuju Pantai Madasari dari Stasiun

Panduan Menuju Pantai Madasari dari Stasiun

Sumber: Tribun Travel

Jika kamu berencana bepergian dengan transportasi umum, kamu bisa mengambil rute menuju Pantai Madasari dari stasiun kereta api.

Pertama, kamu bisa naik kereta api dari Stasiun Gambir atau Stasiun Jakarta Kota dengan tujuan Stasiun Banjar di Jawa Barat.

Setelah tiba di Stasiun Banjar, kamu bisa lanjutkan perjalananmu dengan moda transportasi umum seperti angkot atau ojek menuju terminal bis Banjar.

Dari terminal bis Banjar, kamu cukup naik bis dengan rute Banjar–Pangandaran.

Setibanya di Pangandaran, kamu dapat menyewa ojek atau naik angkot untuk menuju Pantai Madasari yang berada sekitar empat puluh km di selatan Pangandaran.

Bobocabin Bobobox

Fasilitas Kereta Api Pangandaran 

Fasilitas Kereta Api Pangandaran secara umum telah melalui peremajaan sepanjang tahun demi memberikan kenyamanan bagi penumpang. 

Pembaruan ini mulai dari bentuk kereta yang kini menggunakan stainless steel hingga peningkatan fasilitas seperti tambahan toilet, sandaran kaki yang lebih nyaman, lampu tidur dan baca, meja mini, serta masih banyak lagi. 

Kereta Pangandaran juga dilengkapi dengan CCTV, detektor asap, dan jalur evakuasi yang dapat berfungsi di kegelapan. 

Semua fasilitas ini ditujukan untuk mendukung keselamatan dan keamanan penumpang. Selain fasilitas tersebut, Kereta Api Pangandaran menawarkan berbagai kelas kereta, berikut rinciannya.

Baca Juga. 3 Hari di Madasari: Surga Tersembunyi Pangandaran

Kelas Eksekutif Kereta Api Pangandaran

Kelas Eksekutif Kereta Api Pangandaran

Sumber: Kompas Regional6

Kelas Eksekutif merupakan kelas tertinggi di kereta Pangandaran dengan fasilitas sebanding dengan harganya. 

Kamu akan menikmati kenyamanan seperti kursi yang nyaman, selimut, bantal, AC, TV, rak bagasi, meja mini, kursi reclinable, kursi rotary, toilet, dan stop kontak. Kelas eksekutif Pangandaran bisa menampung sekitar 50 penumpang.

Kelas Ekonomi Premium Kereta Api Pangandaran

Kelas ekonomi premium merupakan kelas terbaru di kereta Pangandaran. Sedikit di atas kelas ekonomi, fasilitas yang disediakan juga lebih lengkap seperti AC, stop kontak, dan toilet. 

Kelas ekonomi premium Pangandaran bisa menampung delapan puluh penumpang. Beberapa kursinya menghadap ke belakang, sedangkan sisanya menghadap ke depan.

Penasaran mencoba liburan ke pantai dengan moda transportasi kereta api dari Gambir? Yuk liburan ke Pangandaran sekarang juga!

Baca Juga. 7 Tempat Wisata Nyeleneh di Indonesia yang Bisa Membuatmu Ngakak

Apakah Kereta Api Pangandaran Masih Beroperasi?

Kereta Api Pangandaran mulai beroperasi pada tanggal 2 Januari 2019. Sejak tanggal pengoperasiannya, kereta api ini sempat dihentikan pada akhir Maret 2020 sebagai bagian dari langkah-langkah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan dalam menanggapi pandemi COVID-19.

Kabar baiknya, mulai tanggal 24 Januari 2024 lalu, Kereta Api Pangandaran telah resmi kembali beroperasi. Kini penumpang yang ingin bepergian melalui rute Stasiun Banjar – Stasiun Bandung – Stasiun Gambir (PP) pun dapat kembali menikmati layanan transportasi jarak jauh satu ini.

Untuk selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai operasional Kereta Api Pangandaran, disarankan untuk menghubungi Kantor Humas KAI Daerah Operasi 2 Bandung atau memeriksa situs web resmi PT Kereta Api Indonesia.

Baru! Yuk Coba Pengalaman Menginap di Bobocabin Madasari

Bingung mau ajak keluarga ke mana selagi libur sekolah? Ajak mereka berlibur ke Pantai Madasari menaiki kereta api Pangandaran!

Sesampainya di sana, kamu bisa sekaligus cobain pengalaman seru menginap di Bobocabin Madasari yang telah dilengkapi berbagai fasilitas canggih.

Dengan fasilitas seperti tempat tidur yang leluasa, kabin berdesain alami nan luas, akses Wi-Fi, sampai peralatan BBQ, kamu akan mendapatkan pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Lebih menariknya lagi, kamu bisa menikmati pemandangan pantainya langsung dari jendela besar di dalam kabin. Menarik, bukan?

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles