kebun teh sukawana

Menikmati Keindahan Kebun Teh Sukawana: Panduan Lengkap untuk Wisatawan

Indonesia memiliki beragam keindahan alam yang tidak hanya terbatas pada gunung dan pantainya. Gak percaya? Contoh daya tarik alam lainnya adalah kebun teh yang tersebar di berbagai daerah, menawarkan panorama yang memesona dan pengalaman liburan yang memorable

Ngomong-ngomong soal kebun teh, salah satu yang patut untuk dikunjungi adalah Kebun Teh Sukawana. Tak hanya menjadi tempat untuk menikmati pemandangan yang segar dan menyejukkan mata, kebun teh ini juga menawarkan beragam aktivitas seru yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. 

Mulai dari wisata berkeliling kebun teh, menikmati proses pemetikan daun teh, hingga merasakan langsung ritual minum teh ala petani lokal. Semuanya dapat memberikan pengalaman yang mendalam dan berkesan bagi para pelancong, ditambah lagi memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai proses produksi teh yang kita nikmati sehari-hari.

Dengan segala pesonanya, Kebun Teh Sukawana menjadi destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan bagi para penggemar alam dan juga pencinta teh. Penasaran seperti apa tampilan kebun teh populer satu ini? Simak lewat artikel berikut ini!

Apa itu Kebun Teh Sukawana?

kebun teh di lembang

Photo by Devon Daniel on Unsplash

Kebun Teh Sukawana berada di Karyawangi, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dulu, kebun ini dikenal dengan nama “Pangheotan”. Apa sejarah di baliknya? Baca terus sampai bawah!

Destinasi wisata ini sangat populer karena menyajikan panorama perkebunan teh yang hijau, udara sejuk, dan beragam kegiatan menarik seperti tea walk, camping, bersepeda, dan berfoto-foto yang bisa dinikmati pengunjung.

Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam, menikmati air terjun, dan belajar mengenai proses pengolahan teh di pabrik teh yang ada di tempat tersebut.

Lokasi Kebun Teh Sukawana

Kebun teh ini berlokasi di Karyawangi, Parongpong, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Terletak hanya sekitar 15 km dari kota Bandung, jarak tempuhnya sekitar 30 menit dengan jalanan lancar. Nggak jauh kok, dari tengah kota!

Akses ke lokasi wisata ini juga tergolong mudah, dengan tersedia jalur utama dan alternatif menuju Parongpong. Dengan memilih moda transportasi dan rute yang tepat, perjalanan menuju tempat ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Baca juga: Tempat Wisata di Bandung Lembang yang Wajib Dikunjungi

Sejarah Kebun Teh Sukawana

Sebelumnya, kita sudah membahas nama jadul Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung secara singkat. Jadi, Sukawana Tea Plantation sebelumnya dikenal sebagai “Pangheotan” larena dimiliki pria Belanda bernama Van Houten.

Setelah Indonesia merdeka, kepemilikan kebun teh dialihkan ke pemerintah, yang kemudian mengubah namanya menjadi “Sukawana” dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PTPN VIII. 

Saat ini, Kebun Teh Sukawana Lembang bandung telah menjadi salah satu destinasi wisata alam yang dapat dinikmati oleh masyarakat dari pagi sampai sore, menawarkan pemandangan indah dan udara segar. 

Daya Tarik Kebun Teh Sukawana

Saat mengunjungi kebun teh ini, kamu akan disuguhi pemandangan langsung gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu. Ini merupakan daya tarik utama yang acap dicari oleh banyak pengunjung.

Namun, keindahan Kebun Teh Sukawana Bandung tidak berhenti di situ. Kebun teh ini juga menawarkan kesempatan untuk menikmati pemandangan alam lainnya yang luar biasa, seperti air terjun yang bisa kamu capai kurang dari 10 menit saja. 

Tak hanya itu, Sahabat Bob juga bisa mempelajari proses pengolahan teh di pabrik teh yang ada di lokasi tersebut. Semua hal ini membuat Kebun Teh Sukawana menjadi destinasi menarik bagi kamu yang sedang mencari kedamaian, keindahan alam, dan petualangan baru.

Rekomendasi Aktivitas di Kebun Teh Sukawana

1. Camping

Pengunjung diberikan kesempatan untuk merasakan keunikan berkemah di tengah kebun teh yang hijau. Dengan suasana alam yang tenang dan udara segar, camping di Kebun Teh Sukawana akan memberikan pengalaman berkemah yang unik dan tentunya lebih bisa mendekatkan diri dengan alam.

Baca juga: 20 Rekomendasi Glamping di Lembang Bandung

2. Tea Walk

Aktivitas ini memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi kebun teh dengan berjalan kaki. Selain menikmati pemandangan yang menakjubkan, tea walk juga memberikan kesempatan untuk bersantai, menikmati udara segar, dan menikmati keindahan alam sekitar. 

Kegiatan tea walk biasanya dilakukan di pagi hari agar pengunjung bisa melihat para petani lokal beraktivitas di sekitar kebun.

3. Bersepeda

Aktivitas lainnya yang bisa kamu nikmati adalah bersepeda. Dengan menyediakan jalur bersepeda di sekitar kebun teh, kamu dapat menjelajahi area perkebunan teh dengan cara yang aktif dan sehat. 

Bersepeda di kebun teh juga menawarkan pengalaman seru dan memungkinkan partisipan untuk menikmati udara segar kebun teh sambil menikmati panorama Lambang dari atas.

4. Petik Daun Teh

Aktivitas ini memberikan kesempatan bagi para partisipan untuk terlibat secara langsung dalam proses mengelola perkebunan teh dengan memetik daun yang segar. Para pengunjung dapat langsung memetik daun teh langsung dari pohonnya dan memahami lebih dalam tentang proses pengolahan teh.

5. Berfoto Ria

Abadikan momen indah di Kebun Teh Sukawana melalui berbagai spot foto yang menarik! Dengan latar belakang kebun teh yang hijau dan pemandangan alam yang menakjubkan, foto-foto yang diambil di kebun teh ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Cocok banget buat feed Instagram atau media sosial lainnya!

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Sukawana

Melansir Kompas, harga tiket masuk destinasi wisata ini hanya Rp10.000 saja. Untuk aktivitas berkemah, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp15.000. Harga tersebut sangat terjangkau dan sepadan dengan keindahan alam yang ditawarkan.

Rute Menuju Lokasi Kebun Teh Sukawana

naik minibus

Photo: Kang Cekrek via Unsplash

Jika berangkat dari Kota Bandung, kamu dapat menempuh perjalanan melalui beberapa jalan seperti Jl.SetiaBudhi – Ledeng – jl. Sersan Bajuri – jl. Kolonel Masturi – Parongpong – Kebun Teh Sukawana. 

Selain itu, rute juga dapat diakses dari Cimahi melalui Cihanjuang – Parongpong – Kebun Teh Sukawana, atau dari arah Lembang melalui Parongpong. 

Perjalanan menuju ke kawasan wisata ini terbilang mudah untuk dijangkau sehingga kamu dapat memilih jalur terbaik berdasarkan lokasi kota terdekat.

Fasilitas Kebun Teh Sukawana

Tempat wisata ini menawarkan beragam fasilitas untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di Kebun Teh Sukawana antara lain:

  • Area parkir: Objek wisata ini menyediakan area parkir yang luas untuk kendaraan pribadi pengunjung. Biaya parkir ditaksir mulai dari Rp5.000 sampai Rp20.000, tergantung kendaraan.
  • Toilet dan kamar mandi: Fasilitas toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat tersedia di beberapa lokasi strategis di sepanjang area kebun teh.
  • Tempat istirahat: Terdapat area-tempat istirahat yang nyaman dan teduh di sekitar kebun teh, cocok untuk beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan alam.
  • Area camping: Bagi pengunjung yang ingin berkemah, Kebun Teh Sukawana menyediakan area khusus camping beserta fasilitas pendukungnya.
  • Kantin atau warung makan: Terdapat kantin atau warung makan yang menyediakan berbagai macam hidangan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Nggak usah khawatir, harganya masih terjangkau, kok!
  • Area bermain anak: Bagi kamu yang membawa anak-anak, terdapat area bermain khusus untuk si kecil agar mereka juga dapat menikmati kunjungan di kebun teh.
  • Tur dan rangkaian aktivitas: Pengunjung juga dapat mengikuti tur di kebun teh, seperti tur pengolahan teh, atau berpartisipasi dalam berbagai aktivitas seperti tea walk, bersepeda, dan lain sebagainya.

6 Tips Berkunjung ke Kebun Teh Sukawana

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu daam berkunjung ke sini:

  • Periksa cuaca: Sebelum berkunjung, kamu wajib memeriksa perkiraan cuaca terbaru. Hal ini dapat membantu kamu mempersiapkan pakaian dan perlengkapan yang sesuai dengan kondisi cuaca di lokasi.
  • Bawa perlengkapan yang dibutuhkan: Kalau kamu berencana untuk bersepeda, berkemah, atau melakukan aktivitas outdoor lainnya, pastikan untuk membawa perlengkapan yang sesuai seperti sepatu olahraga, tenda, sleeping bag, dan perlengkapan lain yang mungkin diperlukan.
  • Ajukan pertanyaan: Jangan ragu untuk bertanya kepada petugas atau staf kebun teh mengenai fasilitas, aktivitas, atau aturan yang berlaku di area tersebut. Mereka akan dengan senang hati membantu kamu, kok!
  • Jaga kebersihan: Penting hukumnya bagi kamu untuk menjaga kebersihan selama berkunjung. Pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya dan merawat kebersihan lingkungan sekitar kebun teh, ya, Sahabat Bob.
  • Pakaian dan perlengkapan: Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan. Pastikan kamu memiliki perlengkapan seperti topi, kacamata hitam, sunscreen, serta air minum untuk berjaga-jaga.
  • Perhatikan jam operasional: Pastikan untuk memeriksa jam operasional kebun teh sebelumnya sehingga kamu dapat mengatur rencana kunjungan dengan baik. Kebun teh buka dari jam 05.00 – 17.00 WIB, dengan waktu kunjungan terbaik di pagi hari, sebelum hujan.

Eksplorasi Kebun Teh Bersama Bobocabin Sukawana

bobocabin sukawana

Photo: Bobobox Internal Asset

Nikmati pengalaman menginap yang tak terlupakan di Bobocabin Sukawana, tempat terbaik untuk menjelajahi sisi lain Bandung selain Lembang.

Bobocabin Sukawana menawarkan pengalaman unik menginap di desain cabin modern terbaru yang akan diluncurkan pertama kali di Sukawana. Desainnya lebih stylish dan fasilitas di sana pun lebih lengkap, menciptakan suasana menginap yang nyaman dan seru untuk para tamu.

Selain itu, kamu dapat menikmati keindahan pemandangan yang memukau karena Bobocabin Sukawana terletak di antara Gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu. View dua gunung ini menyuguhkan pesona alam yang menenangkan. 

Relax dan biarkan diri terhanyut dalam keindahan alam Bandung yang menakjubkan bersama Bobocabin Sukawana.

 

Penulis: Samala Mahadi

Foto header: Abu Abdillah via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles