via indahnesia.net

Jenis-Jenis Transportasi untuk Menjelajahi Sumba

Sumba merupakan sebuah pulau di provinsi Nusa Tenggara Timur dengan bentang alam indah yang didominasi oleh padang rumput eksotis. Pulau ini juga terkenal dengan tradisi dan budaya leluhurnya yang berakar dari kepercayaan Marapu. Dengan kekayaan alam dan budayanya tersebut, tidak salah jika Sumba menjadi salah satu destinasi wisata favorit di NTT. Jika kamu termasuk wisatawan yang ingin merasai indahnya Sumba, informasi tentang transportasi di Sumba berikut ini mungkin bisa membantu.

Transportasi Udara

agustien dwi/Google Maps

Salah satu moda transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju Sumba adalah pesawat. Di pulau tersebut, terdapat dua bandar udara yang melayani penerbangan domestik, yaitu Bandara Tambolaka (TMC) dan Bandara Umbu Mehang Kunda (WGP). Bandara Tambolaka atau Waikabubak berlokasi di Sumba Barat sementara Bandara Umbu Mehang Kunda atau Bandara Waingapu menjadi gerbang menuju Sumba Timur.

Jika berangkat dari Jakarta, rute penerbangan biasanya tidak langsung alias kamu harus transit terlebih dahulu. Pilihannya ada dua, kamu bisa transit di Denpasar, Bali atau Kupang, NTT.

Penerbangan ini bisa memakan waktu anatara 5-10 jam dan bahkan lebih, tergantung pada bandara tujuan. Umumnya, durasi perjalanan ke Tambolaka lebih pendek dibandingkan dengan Waingapu.

Sama halnya seperti durasi perjalanan, harga tiket Jakarta-Sumba juga akan berbeda tergantung destinasi bandara. Mengingat jaraknya yang lebih dekat, tarif Jakarta-Tambolakan akan lebih murah dibandingkan dengan Jakarta-Waingapu. Kisaran harganya dimulai dari 1,8 hingga 4 jutaan, tergantung pada maskapai yang kamu pilih.

Untuk mendapat harga yang lebih terjangkau, sebaiknya lakukan pemesanan tiket dari jauh-jauh hari. Pertimbangkan pula durasi pejalanan sebelum memutuskan untuk membelinya. Dari bandara, pengunjung bisa menggunakan fasilitas antar jemput gratis dari hotel tempat mereka menginap. Jika tidak, terdapat banyak taksi berbentuk travel serta mobil pribadi yang disewakan per orangan atau bisa share dengan pengungjung lain. Harganya cukup beragam mulai dari Rp 40.000,00 (harga bisa saja berubah), tergantung tujuan kamu.


Baca Juga: Inilah 7 Tempat Wisata Di Sumba Timur Wajib Dikunjungi, Serasa Warga Lokal!


Transportasi Laut

via kupang.tribunnews.com

Perjalanan menuju Sumba juga bisa kamu temput lewat jalur laut dengan memanfaatkan kapal Pelni. Namun, transportasi ini lebih cocok untuk kamu yang memiliki waktu luang sebab durasi perjalanan bisa berhari-hari.

Dari Jakarta, kamu harus terlebih dahulu pergi ke Surabaya, bisa dengan menaiki kapal laut tujuan Pelabuhan Tanjung Perak atau kereta tujuan Surabaya lalu ke pelabuhan. Dari pelabuhan, barulah kamu bisa menggunakan kapal Pelni dengan rute Pelabuhan Tanjung Perak-Pelabuhan Waingapu (Sumba Timur). Perjalanan ini menghabiskan waktu hingga dua hari 19 jam dengan ongkos sebesar Rp 312.000,00-404.000,00 untuk dewasa dan Rp 36.000,00-45.000,00 untuk bayi.

Meski lama, jangan khawatir akan merasa bosan. Selama perjalanan, kamu akan transit di sejumlah pelabuhan, seperti Benoa (Denpasar), Lembar (Lombok) dan Sape (Bima). Selain itu, kapal Pelni juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas menarik. Di antaranya adalah bioskop mini, Play Station, karaoke, kios makanan (jajanan hingga makanan siap saji), sinyal telepon dan SMS serta charger-an di setiap tempat tidur sehingga kamu bisa nonton di laptop atau main game di ponsel kamu saat bosan melanda.

Kamu bisa mengunjungi situs pelni.co.id untuk informasi lebih lengkap, termasuk pilihan tanggal, waktu keberangkatan kapal, harga hingga rute perjalanan. Karena ketersediaan terbatas, sebaiknya pesan tiket sejak jauh-jauh hari sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan waktu luang untuk berlibur.

Sementara itu, jika kamu menuju ke Sumba Barat, kamu bisa naik kapal feri dari Pelabuhan Sape di Bima. Jarak tempuhnya sekitar 10 jam dengan tarif sebesar Rp 65.000,00. Kapal satu ini biasanya berangkat di malam hari lalu tiba di pagi hari. Sama halnya dengan di bandara, kamu juga akan menjumpai banyak mobil pribadi serta mobil travel yang disewakan per orangan ataupun secara kolektif.

Pilihan Transportasi di Sumba

Selama berada di Sumba, kamu memiliki sejumlah pilihan transportasi untuk memudahkan mobilitas dalam menjelajahi negeri seribu bukit ini. Transportasi di Sumba tersebut meliputi:

Motor dan Mobil

via naikmotor.com

Dalam hal kemudahan mobilitas, pilihan transportasi di Sumba terbaik adalah menyewa kendaraan mobil atau motor sebab sejumlah objek wisata tidak terjangkau oleh angkutan umum. Pilihan ini juga lebih fleksibel sebab kamu tidak perlu repot naik-turun kendaraan.

Guide lokal biasanya merekomendasikan kamu untuk menyewa motor jika berlibur di kawasan Suma Timur. Sementara itu, sewa mobil lebih dianjurkan untuk kawasan Sumba Barat karena alasan keselamatan.

Untuk biaya sewa motor, siapkan saja uang sekitar Rp 100.000,00-250.000,00 per hari sedangkan sewa mobil biasnaya berada di kisaran Rp 300.000,00-850.000,00 per harinya. Syarat umum penyewaan biasanya melibatkan KTP, pembayaran DP, lalu pelunasan dan tentunya kepemilikan SIM. Jika ingin pilihan kendaraan lebih mewah, harganya akan lebih mahal dari harga yang Bob sebutkan di atas.


Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan Khas Sumba, Unik Dan Bikin Nagih!


Bus

Sekitar/flickr.com

Jika kamu tidak ingin menyewa motor atau mobil, bus bisa menjadi pilihan transportasi di Sumba. Di pelabuhan, bisanya terdapat sekitar tiga unit bus Damri yang beroperasi dengan kapasitas 40 orang. Tarif yang berlaku adalah sekitar Rp 90.000,00-100.000,00. Karena terbatas, sebaiknya pastikan terlebih dahulu ketersediaannya kepada petugas pelabuhan.

Selain itu, ada juga bus-bus lokal yang rute tujuannya bisa kamu lihat di bagian depan bus. Bus-bus tersebut biasanya memulai keberangkatan dari terminal pasar tradisional yang ada di pusat kota, kecuali dua terminal di Waingapu yang letaknya masing-masing lima kilometer dari tengah kota.

Ketersediaan dan jadwal bus akan berbeda-beda setiap harinya, ada yang perjam hingga hanya tiga bus sehari. Rute paling mudah adalah rute antar kota-kota utama, seperti Tambolaka, Waikabubak dan Waingapu. Tarif bus tentunya berbeda-beda juga, sesuai dengan jarak dan tujuan. Harga biasanya dimulai dari angka Rp 15.000,00 untuk jarak dekat.

Selain itu, ada juga bus travel dengan harga lebih mahal dan pastinya lebih cepat sebab mereka tidak menurunkan penumpang sembarangan. Mereka biasanya akan menjemput kamu langsung di hotel.

Bemo

via tripadvisor.co.id

Bemo adalah sebutan untuk angkutan umum alias angkot di Sumba. Seperti kebanyakan angkutan umum di Indonesia, rute tujuan biasnaya sudah tertera di bagian depan angkutan. Bedanya, jenis transportasi di Sumba ini memiliki aksesori boneka yang tergantung di langit-langit bemo serta selalu full music di sepanjang perjalanana.

Bemo beroperasi di area padat penduduk dengan rute yang lebih pendek, biasanya berkeliling dari terminal ke kota kecamatan. Tarif umumnya adalah Rp 5.000,00 hingga 20.000,00 per orang, plus biaya tambahan jika membawa banyak barang. Sebaiknya pastikan dulu harganya biar tidak kaget. Jika tujuan kamu tidak dilewati bemo, kamu bisa negosiasi harga untuk diantar ke tempat tujuan.


Baca Juga: Liburan Ke Sumba? Ini 10 Oleh-Oleh Unik Yang Wajib Kamu Beli!


Biskaju

via pasangmata.detik.com

Biskaju merupakan bus kayu atau truk yang sudah dimodifikasi dengan deretan bangku kayu dan atap di bagian atas. Transportasi di Sumba yang juga full music ini biasanya menjadi sarana menuju desa-desa yang sulit dijangkau (misal Tarimbang dan Tawui) dengan medan berat. Truk ini juga kerap menjadi sarana masyarakat untuk membawa ternak ke kota lalu kembali lagi ke desanya.

Dengan tarif antara Rp 10.000,00-20.000,00, keberangkatan biasanya bermula dari terminal pasar. Jika menumpang hingga akhir pemberhentian, tarif bisa mencapai Rp 50.000,00. Agar tidak tersesat, pastikan terlebih dahulu tujuan bus yang tertera di bagian depan kendaraan atau tanyakan langsung pada supir sebelum naik.

Ojek Motor

via kupang.tribunnews.com

Ojek motor juga termasuk salah satu transportasi di Sumba yang cocok untuk perjalanan jarak dekat. Untuk menggunakan jasa transportasi ini, kamu bisa mendatangi langsung pangkalan ojek biasanya ada di sudut-sudut kota Sumba. Tarifnya beragam, biasanya mulai dari Rp 20.000,00 untuk jarak dekat. Tujuan jarak jauh dengan kondisi jalan buruk biasanya dipatok dengan harga yang cukup tinggi. Jika kamu pintar bernegosiasi, coba saja tawar-menawar harga terlebih dahulu.

Bobocabin Ada di Sumba!

Sudah tahu belum, Bobocabin dari Bobobox kini ada di Sumba, Nusa Tenggara Timur! Hadir dengan dua tipe kabin, family dan deluxe, Boobocabin siap menemani liburan kamu di tengah indahnya alam Sumba, tentu dengan balutan teknologi canggih khas Bobobox.

Liburan di tengah alam pun terasa mudah, aman dan menyenangkan dengan kehadiran fasilitas seperti Smart Window, B-Pad, moodlamp hingga Bluetooth speaker. Jangan khawatir soal masalah internet sebab Bobocabin sudah menyediakan Wi-Fi kencang untuk memperlancar semua kegiatan daring kamu! Agar keseruan semain lengkap, Bobocabin juga melengkapi diri dengan fasilitas campire & barbeque. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles