Jajanan Tradisional Jawa yang Lezat tapi Langka

15 Jajanan Tradisional Jawa yang Lezat tapi Langka

Banyak orang bilang, belum lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khas asal daerah tersebut. Bagi kamu yang sedang berkunjung ke sejumlah daerah di Jawa, pastikan untuk tak melewatkan wisata kuliner khas Jawa, ya!

15 Jajanan Tradisional Jawa yang Lezat 

Dari banyaknya daerah di Indonesia, Jawa merupakan sebagai salah satu destinasi yang terkenal memiliki banyak wisata kuliner tradisional seperti jajanan pasar.

Lantas, apa saja jajanan tradisional Jawa legendaris yang bisa kamu beli saat bertandang kemari? Smak informasinya berikut ini yuk!

1.  Arem-Arem

Arem-Arem

Sumber: Unilever Food Solutions

Jajanan khas Jawa yang pertama akan Bob bahas adalah jajanan khas Kota Kebumen. Arem-arem merupakan jajanan berbahan dasar beras yang berisikan sayur, tempe, tahu, atau ayam sebagai lauk-pauk yang dibungkus daun pisang. 

2.  Gethuk

Jika ingin mencicipi jajanan khas Jawa yang bikin kenyang, kamu bisa coba gethuk. Jajanan yang satu ini dibuat dari olahan singkong atau ketela pohon.

3.  Kue Lapis Pati Bodin

LAPIS PATI BODIN (JEPARA)

Sumber: Sajian Sedap

Pernah melihat jajanan tradisional dengan warna kue berlapis-lapis? Mungkin jajanan yang kamu lihat tersebut merupakan kue lapis pati bodin yang berasal dari daerah Jawa Tengah tepatnya Jepara. 

4.  Kue Mendut

Kamu juga bisa coba jajanan kue mendut, yang merupakan jajan tradisional Jawa dari olahan tepung ketan. Kue ini memiliki bentuk bulat dan manis dan seringkali disajikan di saat acara pesta atau hajatan di Kabupaten Temanggung.

5.  Klepon

Klepon

Sumber: IDN Times

Bentuknya yang bulat, teksturnya yang kenyal, dan rasanya yang manis menjadikan klepon salah satu jajanan khas Jawa yang populer.

Kue tradisional yang satu ini terbuat dari tepung ketan, yang dibentuk bola-bola kecil, diisi dengan gula merah, dan ditaburi parutan kelapa. Dijamin ketagihan!

6.  Lumpia

Berikutnya ada juga lumpia, kuliner khas Tionghoa yang dibawa dan diperkenalkan di Kota Semarang pada abad ke-19.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Jawa Timur Paling Populer yang Wajib Dijajal

7.  Putu Ayu

Bicara soal jajanan khas Jawa, maka putu ayu adalah salah satu primadonanya.

Putu ayu merupakan kue basah khas Jawa Tengah. Kamu bisa mengenali jajanan ini dari warna hijaunya dan aroma harumnya.

Warna hijau dan aroma harum ini berasal dari daun pandan. Putu ayu sendiri kerap disajikan dengan parutan kelapa di atasnya.

8.  Geblek

Geblek

Sumber: Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Selanjutnya ada juga jajanan bernama geblek yang terbuat dari olahan tepung singkong. 

Jajanan yang satu ini memiliki bentuk angka delapan yang disajikan dengan siraman saus kacang. Geblek merupakan jajanan tradisional khas dari Purworejo dan Kulon Progo. 

9.  Wajik

Pencinta jajanan manis harus banget cobain jajanan yang satu ini.

Wajik adalah jajanan khas Jawa yang memiliki tekstur lengket dengan cita rasa manis. Kue tradisional ini terbuat dari beras ketan yang kemudian dipotong kotak-kotak.

10.  Serabi Solo

Jika kamu sedang berada di Solo, kamu bisa mencicipi jajanan khas Solo yang bernama serabi Solo. Rasa serabi Solo ini dikenal legit dan gurih, lho!

11.  Lemper

Lemper

Sumber: Katakini.com

Bagi kamu pencinta jajanan yang terbuat dari ketan dan bikin kenyang, kamu harus banget mencoba lemper. Umumnya lemper ketan ini memiliki isian abon, daging ayam cincang, atau tempe. 

12. Es Dawet Ayu

Es Dawet Ayu sebagai Jajanan Tradisional Khas Jawa

Sumber: http://turisian.com

Setelah menikmati 11 jajanan sebelumnya, mari bahas minuman, yaitu es dawet ayu. Minuman segar satu ini berasal dari Jawa Tengah, terutama Solo dan Banjarnegara. Bahan utamanya tepung beras, gula merah, santan, dan es batu.

Tepung beras digunakan untuk membuat ‘jeli’ yang jadi ciri khasnya. Rasanya manis, legit, dan segar, dengan tekstur ‘jeli’ yang lembut.

13. Es Gempol Pleret

Gambar Es Gempol Pleret

Sumber: http://resepkoki.id

14. Latopia

Jajanan tradisional khas Jawa selanjutnya adalah Latopia. Kue ini berasal dari Tegal, mirip bakpia Jogja tapi lebih besar.

Isinya kacang hijau, gula, coklat, atau keju, dibalut tepung, lalu dipanggang. Cocok sebagai oleh-oleh wisatawan dengan harga sekitar Rp1.000 per biji.

Baca juga: 15 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Dicoba

15. Apem

Jajanan tradisional Jawa terakhir dalam daftar Bob adalah apem.

Berbentuk bulat dengan warna kecokelatan, apem adalah salah satu jajanan yang terbuat dari tepung beras, terigu, kelapa, gula jawa, serta bahan lainnya.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Tempat Membeli Jajanan Tradisional Jawa yang Legendaris

Susah mencari jajanan tradisional Jawa di sekitar kamu? Di beberapa pasar tradisional berikut ini, kamu bisa menemukan banyak pilihan jajanan tradisional Jawa yang dibanderol murah.

1. Pasar Kranggan, Yogyakarta

Pasar yang bisa kamu kunjungi untuk berburu aneka jajanan tradisional Jawa adalah Pasar Kranggan. Lokasinya ada di Jl. Poncowinatan, Yogyakarta.

Sebagai pasar tradisional, pasar ini juga menjajakan banyak hal, sehingga kamu pun bisa sekaligus berbelanja berbagai kebutuhan di sini.

2. Pasar Gede Harjonagoro

Untuk menemukan beragam jajanan tradisional Jawa yang legendaris dan langka, kamu juga bisa mengkunjungi Pasar Gede Harjonagoro.

Pasar tradisional ini merupakan pasar tradisional yang berada di Surakarta, tepatnya di Jl. Urip Sumoharjo.

Baca Juga: 10 Resep Makanan Khas Jawa Barat Enak yang Perlu Dicoba di Rumah

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. 

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi alternatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox.

Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles