Bobocabin Coban Rondo - glamping banyuwangi

5 Rekomendasi Glamping di Banyuwangi

Banyuwangi memang terkenal jadi salah satu tujuan liburan paling diminati di Jawa Timur. Selain keindahan alamnya, Banyuwangi juga menyediakan berbagai fasilitas untuk membuat turis merasa nyaman liburan di sana.

Salah satunya adalah penginapan, mulai dari hotel-hotel mewah di pusat kota, resort dan vila eksklusif di tepi pantai, hingga penginapan ramah di kantong seperti guest house. Namun, ada satu pengalaman menginap yang benar-benar unik dan tak terlupakan di Banyuwangi: glamping!

Glamping, atau glamorous camping, menawarkan pengalaman bermalam yang nggak biasa. Di sini, kamu bisa menikmati suasana camping tanpa kehilangan kenyamanan fasilitas menginap. 

Di mana saja spot terbaik glamping Banyuwangi? Yuk, simak daftar rekomendasinya!

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Air di Banyuwangi yang Siap Serukan Liburanmu

Glamping Bukit Sewu Sambang

Bukit Sewu Sambang

Photo: Bayu Painting via Google Maps

Salah satu destinasi glamping Banyuwangi yang wajib kamu cobain adalah Bukit Sewu Sambang. Terletak di Papring, Kecamatan Kalipuro, Bukit Sewu Sambang jadi tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu di alam.

Berada di ketinggian 200 mdpl, selain menawarkan udara yang sejuk, Bukit Sewu Sambang juga mudah dijangkau. Dari pusat Kota Banyuwangi, jaraknya cuma 15 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja!

Bukit Sewu Sambang akan memanjakanmu lewat panorama alamnya dengan Selat Bali sebagai latar belakangnya di sisi timur. Dari arah yang berlawanan, kamu akan disuguhi pemandangan perbukitan hijau yang menyegarkan, dihiasi dengan hutan pinus, pohon jati, dan kebun kopi yang menghampar luas.

Kalau kamu menginap di sini, jangan lewatkan pesona matahari terbit dengan Selat Bali-nya yang cantik, ya!

Baca Juga: 10 Tempat Indah di Banyuwangi yang Tidak Kalah dengan di Bali

I Glam Ijen

I Glam Ijen

Photo: I-Glam Ijen via Google Maps

Mendaki Gunung Ijen akan jadi pengalaman yang lebih seru jika kamu menyempatkan diri untuk menginap di glamping di sekitar sana.

Saat kamu menapaki jalan menuju Kawah Ijen, jangan lewatkan glamping menarik yang terletak di tepinya, yaitu I-Glam, sebuah tempat glamping yang menawarkan pengalaman menginap tak terlupakan sekitar 10 km sebelum mencapai Kawah Ijen.

Letaknya yang tersembunyi di tengah hutan membuat glamping ini menawarkan nuansa alam yang begitu kental. Tendanya dibuat dari bahan terpal dengan desain yang khusus. Ada jendela transparan di sampingnya, membuat kamu bisa menikmati pemandangan di luar.

Yang menarik, setiap tenda glamping dilengkapi dengan dua bed bertingkat, cukup untuk menampung empat orang. Di depan tenda, ada dek lengkap dengan meja dan empat kursi yang bisa kamu pakai untuk duduk santai menikmati keindahan alam pegunungan.

Meski lokasinya di kaki gunung, jangan khawatir bakal kedinginan. Sebab tenda I-Glam atapnya didesain melindungi api unggun dari hujan ketika kabut turun. Lengkap, kan?

Baca Juga: Pantai Merah Banyuwangi: Surga yang Tersembunyi

Jawa Jiwa G-Land

Jawa Jiwa G-Land

Photo: jawajiwa.com

Berlokasi di Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Jiwa G-Land menawarkan sebuah destinasi penginapan yang tak terlupakan. Spot glamping ini berada di lokasi yang strategis.

Dengan hanya 1,5 km dari penginapan menuju Pantai Plengkung atau Pantai Sukamade, serta kurang dari 10 menit berkendara ke Taman Nasional Alas Purwo, akses ke spot wisata lainnya sangat mudah kamu jangkau!

Dibangun di antara pepohonan rimbun, Jawa Jiwa G-Land adalah glamping yang ramah lingkungan di tepi pantai. Berada di dalam taman nasional dataran rendah, tempat ini menawarkan pemandangan langsung ke salah satu lokasi selancar terkenal dunia, G-Land.

Di sini, kamu bisa menikmati lebih dari 250 spesies burung eksotis, hewan liar yang langka, candi Hindu kuno, dan pantai pasir putih yang belum terjamah.

Jawa Jiwa G-Land menyediakan berbagai pilihan akomodasi yang nyaman, mulai dari kamar standar hingga glamping mewah. Setiap kamar dilengkapi dengan kamar mandi dalam, tempat tidur king size, area makan, sofa, teras dengan ayunan, dan opsi extra bed dengan biaya tambahan.

Tarif per malamnya pun terbilang terjangkau, mulai dari Rp950.000 sampai Rp2.250.000 saja!

Kunang-Kunang Tent Resort

Kunang-Kunang Tent Resort - Hotel

Photo: Hotel

Kunang-Kunang Tent Resort, yang berlokasi di Dusun Glondong, Banyuwangi, dapat dijangkau setelah kamu menempuh perjalanan sejauh 25 km dari Bandara Banyuwangi di Blimbingsari.

Glamping ini dibangun di sekitar Kawah Ijen, sehingga kamu akan menemukan suasana yang sangat privat di lembah sungai yang dikelilingi pepohonan. Menginap di sini, kamu akan dimanjakan dengan suara gemericik aliran sungai dan kicauan burung yang menyenangkan.

Kunang-Kunang Tent Resort menyediakan tiga tipe kamar, dua di antaranya dengan konsep glamping, yakni Binar Tent dan Pendar Tent.

Binar Tent memiliki diameter sekitar 70 m2, dilengkapi tempat tidur, meja, dan kursi rotan yang menghadap ke hutan serta kamar mandi. Sedangkan Pendar Tent menawarkan fasilitas serupa tetapi dengan ukuran lebih kecil dan tanpa kursi serta meja rotan di depan jendela. Setiap tipe glamping dibanderol mulai dari Rp1.600.000 sampai Rp2.100.000 saja.

Kalau kamu merasa lapar, ada Alas Resto yang terletak di tengah hutan, tepat di bagian bawah penginapan dekat sungai. Di restoran ini, kamu dapat menikmati suasana makan yang berbeda, ditemani angin segar hutan dan pemandangan hijau pepohonan!

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Hits di Banyuwangi yang Nggak Ada Tandingannya

Rumah Kurcaci Glenmore

Rumah Kurcaci Glenmore

Photo: Primahapsari Amalia Rahmanti via Google Maps

Rumah Kurcaci Glenmore adalah destinasi wisata unik sekaligus spot glamping Banyuwangi yang menghadirkan suasana a la negeri dongeng. Cocok banget untuk kamu yang liburan bareng keluarga!

Rumah Kurcaci Glenmore menawarkan pengalaman berwisata dengan harga terjangkau dan berbagai spot foto yang sangat estetik, siap untuk dieksplorasi. Dengan konsep yang menarik, tempat ini juga dilengkapi dengan cafe yang menyuguhkan pemandangan alam yang sejuk, menambah kenyamanan liburanmu.

Berlokasi di Karangharjo, Banyuwangi, Rumah Kurcaci Glenmore berjarak sekitar 50 km dari pusat kota. Perjalanan menuju lokasi dapat kamu tempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat, dengan akses jalan yang cukup mudah sehingga perjalanan kamu akan terasa menyenangkan.

Di sini, kamu akan menemukan perkampungan unik yang terdiri dari deretan rumah kurcaci yang berjejer-jejer. Suasana semakin sejuk dengan kehadiran kolam ikan yang menambah keindahan pemandangan.

Rumput yang terpangkas rapi dijamin akan mengingatkanmu pada rumah Hobbit di film trilogi Lord of The Rings, sementara batuan yang tersusun rapi menciptakan kesan unik saat pertama kali memasuki area rumah kurcacinya.

Selain glamping, Rumah Kurcaci Glenmore juga dilengkapi berbagai fasilitas, termasuk area parkir yang luas, toilet, musala, tempat duduk, gazebo, spot foto unik, serta arena futsal!

Glamping di Bobocabin Coban Rondo & Pacet Juga Seru!

Bobocabin Pacet - glamping banyuwangi

Photo: Doc. Bobobox

Selain Banyuwangi, pengalaman glamping tak terlupakan juga bisa kamu dapatkan di Bobocabin Coban Rondo Malang! Berada di area perbukitan di tengah hutan dengan pemandangan kota, glamping ini dijamin menawarkan suasana liburan yang menenangkan. 

Untuk mencapai lokasi Bobocabin Coban Rondo, jika kamu berangkat dari Malang, rute yang harus ditempuh adalah melalui Kota Batu. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Pujon. Begitu tiba di tugu sapi perah, kamu akan diarahkan ke kawasan wisata alam Coban Rondo.

Bobocabin Coban Rondo berada di area Kecamatan Pujon. Namun, dari cabin-mu, kamu bisa melihat kota Batu dari kejauhan. Pemandangan siang dan malam sama-sama mempesona, seolah-olah kamu berada di atas awan!

Bobocabin Coban Rondo

Photo: Doc. Bobobox

Nikmati pemandangan lewat smart window, salah satu ciri khas Bobocabin, yang menyerupai pigura. Melalui jendela pintar ini, kamu dapat leluasa menikmati pemandangan hutan pinus dan perbukitan di sekitarnya!

Bobocabin Pacet - glamping banyuwangi

Photo: Doc. Bobobox

Kalau kamu menyukai suasana hutan yang lebih tenang, kamu bisa menginap di Bobocabin Pacet, Mojokerto. Di sini, kamu dapat menikmati keindahan dan kesejukan alam dengan pemandangan Gunung Welirang yang cantik. Terletak di Padusan, Mojokerto, penginapan ini mudah dijangkau dari Kota Batu atau Surabaya.

Cabin di Bobocabin Pacet memiliki desain yang simpel namun modern. Kamu juga akan menemukan fitur unik Bobocabin, yaitu jendela yang luas. Kamu bisa mengatur dari jarak jauh smart window-mu untuk menikmati pemandangan sekitar atau privasi yang maksimal.

Bobocabin Pacet

Rasakan juga sensasi berendam di kolam air panas yang bersumber dari air panas Padusan. Kolam ini mirip dengan jacuzzi, memberikan pengalaman relaksasi dan kesegaran alami. Nggak heran kalau Bobocabin Pacet adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dengan glamping seru di hutan pinus!

Jadi, unduh aplikasinya di sini dan pesan cabin-mu sekarang untuk menikmati pengalaman serunya glamping Banyuwangi dan kota-kota lainnya di Jawa Timur!

Baca Juga: Melirik Kawah Ijen, Si Eternal Blue Fire dari Banyuwangi

 

Penulis: Ratna Asih Setyaningrum

Foto utama: Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles