Games Outbound Team Building

25 Games Outbound Team Building yang Bikin Makin Kompak

Team building adalah salah satu cara paling efektif untuk memperkuat hubungan antar anggota tim, meningkatkan kerja sama, dan membangun kepercayaan. Melalui kegiatan outbound, permainan team building bisa jadi sarana yang menyenangkan dan mendidik. 

Kalau kamu akan segera menyelenggarakan outbound dan butuh ide games, artikel ini adalah jawabannya. Di sini, Bob akan membocorkan 25 rekomendasi games outbound team building yang dapat kamu coba. Baca sampai bawah, ya!

Baca juga: 14 Ide Games Outing Kantor buat Bonding Karyawan, Seru!

25 Pilihan Games untuk Outbound Team Building

1. Trust Fall

Ini dia games outbound team building yang pertama. Permainan ini membutuhkan kepercayaan penuh antar anggota tim. Cara bermainnya, satu orang berdiri membelakangi anggota tim lainnya dan menjatuhkan diri ke arah belakang. Anggota tim lainnya harus sigap menangkap.

2. Human Knot

outing kantor - outbound training

Photo: Bobobox Internal Asset

Seluruh anggota tim berdiri dalam lingkaran dan bergandengan tangan dengan orang lain yang tidak berdiri di sebelah mereka. Tujuan permainan ini adalah untuk melepaskan simpul tanpa melepaskan tangan. Harus pintar-pintar memutar otak, nih!

3. Tug of War

Tug of war, atau yang lebih umum dikenal dengan nama tarik tambang, merupakan permainan yang memerlukan kekuatan fisik dan strategi. Dua tim menarik tali ke arah mereka sendiri, dan tim yang berhasil menarik lawan melewati garis tengah adalah pemenangnya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Games Outbound Air

4. Egg Drop Challenge

Setiap tim diberikan bahan-bahan untuk membuat perlindungan bagi telur mentah. Kemudian, telur tersebut dijatuhkan dari ketinggian. Tim yang telurnya tidak pecah adalah pemenangnya.

5. Blindfolded Obstacle Course

Peserta akan berpasangan. Satu orang mengenakan penutup mata, sementara satu orang lainnya harus memberikan petunjuk verbal ke pasangannya supaya bisa sukses melewati rintangan meski dengan mata tertutup.

6. Scavenger Hunt

Games Outbound Team Building

Photo: Annie Spratt via Unsplash

Pernah coba games outbound team building yang ini? Jadi, tim diberikan daftar benda yang harus ditemukan atau tugas yang mesti diselesaikan dalam batas waktu tertentu. Permainan ini memerlukan kerja sama dan komunikasi yang baik.

7. Relay Races

Relay races merupakan lomba estafet. Ada berbagai jenis lomba estafet yang bisa kamu lakukan, seperti balap karung, balap kelereng dalam sendok, atau balap membawa air. Ini adalah cara yang bagus untuk menggabungkan kecepatan dan koordinasi tim.

Baca juga: 4 Contoh Rundown Acara Outing Class yang Seru & Bikin Kompak!

8. Balloon Tower

Dengan menggunakan balon dan selotip (bisa diganti pita atau tali), setiap tim harus membangun menara setinggi mungkin dalam waktu tertentu. Pastikan menaranya berdiri sendiri tanpa dukungan tambahan seperti dinding atau meja, ya!

9. Minefield

Bagi peserta menjadi pasangan atau kelompok kecil, dan tetapkan satu anggota dari setiap pasangan atau kelompok untuk mengenakan penutup mata.

Sebarkan objek-objek kecil atau “ranjau” secara acak di area yang telah ditentukan. Anggota yang tidak memakai penutup mata harus memberikan instruksi verbal untuk membimbing rekannya yang memakai penutup mata melewati ladang ranjau.

10. Raft Building

Tim diberi bahan-bahan untuk membuat rakit yang dapat mengapung di air. Setelah selesai, mereka harus menguji rakitnya di air.

Baca juga: 24 Rekomendasi Tempat Outbound Batu Malang. Tawarkan Segudang Aktivitas Seru!

11. Escape Room Challenge

Tim harus bekerja sama untuk memecahkan teka-teki dan keluar dari ruangan dalam batas waktu tertentu. Biasanya, tim juga akan menerima petunjuk dasar atau aturan permainan, seperti batasan pada jumlah petunjuk yang bisa diminta atau area mana yang tidak boleh dijelajahi.

12. Paper Plane Contest

games outbound team building - paper plane

Photo: Kenny Eliason via Unsplash

Tim membuat pesawat kertas dan mencoba untuk menerbangkannya sejauh mungkin. Pemenangnya adalah tim yang pesawatnya terbang paling jauh.

13. Bucket Brigade

Dalam games outbound team building satu ini, tim harus memindahkan air dari satu ember ke ember lainnya menggunakan spons atau wadah kecil. Tim yang paling cepat memindahkan air adalah pemenangnya.

14. Sack Race

Permainan balap karung pasti sudah familiar di telinga kebanyakan orang Indonesia. Setiap anggota tim melompat dalam karung dan berlomba menuju garis finish. Tim yang paling cepat menyelesaikan balapannya adalah pemenangnya.

15. Capture the Flag

Dua tim bersaing untuk mengambil bendera tim lawan dan membawanya kembali ke markas mereka sendiri. Jika seorang pemain masuk ke wilayah lawan dan disentuh oleh pemain lawan, mereka akan ditangkap dan harus masuk ke “penjara” tim lawan. Namun, pemain yang masuk penjara bisa bebas jika disentuh oleh rekan timnya.

16. Marble Transport

Tim harus memindahkan kelereng dari satu tempat ke tempat lain menggunakan serangkaian pipa atau selang. Permainan ini memerlukan koordinasi yang baik.

17. Bean Bag Toss

Setiap tim harus melemparkan bean bag dan memastikannya mendarat di area target. Setiap lemparan yang berhasil mendarat di area target akan mendapat poin. Tim dengan poin terbanyak adalah pemenangnya.

18. Balloon Pop

Bagi peserta menjadi beberapa tim. Setiap peserta diberikan satu balon yang diikatkan di pergelangan kakinya dengan tali atau karet gelang. Peserta harus memecahkan balon lawan sembari melindungi balonnya sendiri.

19. Caterpillar Walk

Dalam games outbound team building ini, peserta berdiri berbaris, memegang pergelangan kaki orang di depannya, kemudian bergerak maju seperti ulat (caterpillar). Tim harus menjaga formasi tetap utuh sambil bergerak melalui rintangan. 

21. Human Pyramid

Bentuk beberapa tim yang masing-masingnya terdiri dari 5-10 orang. Setiap tim harus membentuk piramida manusia. Struktur piramida ini biasanya melibatkan beberapa level dengan satu orang di puncak dan beberapa orang di tingkat bawah. 

Orang-orang di tingkat bawah harus cukup kuat untuk menahan berat orang di atas mereka, sementara orang-orang di atas harus berhati-hati agar tidak menjatuhkan piramida.

22. Island Hopping

Beberapa “pulau” (misalnya papan atau karpet kecil) diletakkan di area permainan yang terpisah. Pulau-pulau ini dapat memiliki jarak yang berbeda-beda, tergantung pada tingkat kesulitan yang diinginkan.

Setiap tim diberikan tugas untuk berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya tanpa menyentuh tanah atau area di luar pulau-pulau yang telah ditentukan.

23. Memory Game

Sekelompok benda ditempatkan di atas meja dan anggota tim harus menghafalnya dalam waktu tertentu. Setelah itu, mereka harus mencatat sebanyak mungkin benda yang mereka ingat.

24. Blind Drawing

Satu anggota tim memberi petunjuk verbal sementara anggota lainnya yang ditutup matanya harus menggambar sesuai petunjuk tersebut. Kelompok atau pasangan yang gambarnya paling mendekati dengan deskripsi asli adalah pemenangnya!

25. Bangun Jembatan

Ini dia rekomendasi games outbound team building yang terakhir. Setiap kelompok diberi tugas untuk membangun sebuah jembatan yang dapat menghubungkan dua titik yang telah ditentukan. Jembatan harus cukup kuat untuk menahan beban tertentu yang biasanya ditentukan sebelumnya, seperti sebuah buku atau botol air minum.

Kelompok hanya boleh menggunakan bahan yang disediakan untuk membangun jembatan mereka. Biasanya, bahan dan alat terbatas untuk mendorong kreativitas dan inovasi.

Manfaat Kegiatan Outbound untuk Tim

teamwork

Photo: Andrea Piacquadio via Pexels

Kegiatan outbound team building tidak hanya menyenangkan tetapi juga mendatangkan banyak manfaat, seperti:

  • meningkatkan kerjas ama antar anggota tim,
  • mengembangkan keterampilan komunikasi,
  • meningkatkan kepercayaan, dan
  • meningkatkan kemampuan berpikir kreatif untuk menemukan solusi.
Bobocabin Dieng

Photo: Bobobox Internal Asset

Mau merasakan pengalaman outbound yang praktis tapi tetap berkesan? Bobocabin siap membantu kamu! Di Bobocabin, ada berbagai paket outbound yang bisa kamu pilih, lengkap dengan berbagai outbound team building activities

Tertarik memesan kabin sekaligus paket outbound-nya? Yuk, download aplikasi Bobobox sekarang untuk melakukan reservasi!

Header photo: Aaron Burden via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles