dieng camping ground

Dieng Camping Ground: 6 Tempat Camping di Dieng yang Paling Hits

Bayangkan bangun di tengah-tengah pegunungan, disambut udara pagi yang segar dan sinar matahari yang hangat. Itulah yang akan kamu rasakan jika berkemah di Dieng.

Dataran tinggi di Jawa Tengah ini memang terkenal sebagai titik pusat wisata yang ramai dikunjungi pelancong lokal dan mancanegara setiap tahunnya. Setiap turis yang datang ke Dieng pulang dengan rasa terkesima oleh keindahan alamnya.

Saking indahnya, dataran tinggi ini disebut sebagai Surga Para Dewa oleh Otto Sukatno dalam bukunya Dieng: Data Geografis dan Wacana Umum.

Penasaran dengan keelokan Dieng dan tempat mana saja yang bisa kamu incar untuk berkemah? Simak daftar Dieng camping ground berikut ini!

Sekilas Mengenai Dieng

Sebelum kita bahas tempat camping di Dieng, mari kita kenali dataran tinggi ini lebih dalam!

Dieng merupakan sebuah dataran tinggi di Jawa Tengah, Indonesia, yang terletak di ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Lokasinya memanjang dan termasuk ke dalam enam kabupaten, yakni Wonosobo, Batang, Kendal, Banjarnegara, Pekalongan, dan Temanggung.

Dataran tinggi Dieng terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, situs-situs bersejarah, dan budaya yang kaya. Daya tarik utamanya meliputi kompleks candi Hindu kuno yang terkenal, seperti Candi Arjuna dan kompleks candi lainnya yang berusia ribuan tahun. 

Dieng juga dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, termasuk danau-danau mistis seperti Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Pengunjung dapat menikmati pegunungan hijau serta udara segar yang tidak bisa ditemukan di kota-kota besar Jawa Tengah.

Bicara soal udara segar, kondisi alam Dieng dipengaruhi oleh dataran tingginya. Di musim kemarau saja, suhu udara di Dieng tidak melambung lebih dari 23 derajat Celcius, yang mana menghasilkan suasana sejuk dan segar.

Sementara itu, di musim hujan, kabut acap kali turun dari pegunungan, menyelimuti desa-desa dan daerah sekitarnya serta menambah kesan misterius nan eksotis.

Tidak berhenti di situ, keindahan Dieng juga terlihat dari budayanya yang masih kental. Masyarakat lokal masih memegang teguh adat istiadat suku Jawa, seperti dengan mengadakan upacara keagamaan dan melestarikan tradisi-tradisi kuno.

Bobocabin Bobobox

6 Camping Ground di Dieng

Daftar ini ditujukan untuk kamu yang sedang mencari camping ground di kawasan Dieng. Yuk, simak!

1. Gunung Prau

Gunung Prau

Sumber: Falaq Lazuardi via Unsplash

  • Harga tiket: Rp15.000 per orang

Tempat camping di Dieng yang pertama adalah Gunung Prau. Gunung ini terletak di kawasan dataran tinggi Dieng dan tersohor di kalangan pendaki gunung sebagai jalur trekking favorit. 

Saat mendaki, kamu akan melewati padang rumput hijau dan melewati Desa Dieng, Terusan, serta Desa Kejajar.

Ketika sampai puncak, kamu akan disambut oleh pemandangan bukit-bukit kecil hijau yang terlihat seperti tempurung kura-kura! Di sini lah banyak orang biasanya berkemah untuk mengejar panorama matahari terbit dan tenggelam.

Baca juga: Liburan Anti Mainstream ke Bukit Batu Pandang Ratapan Angin, Dieng

2. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Sumber: Badan Otorita Borobodur

  • Harga tiket: Rp10.000 per orang

Bukit Sikunir merupakan salah satu camping ground Dieng yang populer. Hal yang membuat lokasinya ramai dikunjungi adalah puncak bukitnya yang menawarkan pemandangan bukit di atas awan!

Yup, kamu bisa menyaksikan keajaiban ini jika bangun pada pagi hari untuk melihat momen matahari terbit. Untuk mencapai puncak Bukit Sikunir, pengunjung harus melakukan pendakian selama kurang lebih 30–45 menit dari area parkir

3. Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang

Sumber: Arzha Ali Rahmat via Gmaps

  • Harga tiket: Rp10.000 per orang

Ingin camping di Dieng tetapi malas mendaki gunung? Pilih saja spot berkemah di Waduk Wadaslintang, waduk atau danau buatan yang terletak di Kabupaten Wonosobo.

Waduk ini dibangun sebagai bagian dari proyek irigasi pemerintah untuk mendukung pertanian di wilayah Dieng. Selain dimanfaatkan sebagai Dieng camping ground, waduk ini juga digunakan untuk kegiatan lain seperti memancing, naik perahu dayung, atau berpiknik.

4. Embung Kledung

Embung Kledung

Sumber: wisatahits.blog

  • Harga tiket: Rp60.000 per mobil

Tempat camping di Dieng selanjutnya adalah Embung Kledung. Embung Kledung, atau Bendungan Kledung, merupakan salah satu proyek bendungan pemerintah dibuat dengan tujuan pembenahan tata desa serta perairan pertanian di sekitar Dieng.

Akan tetapi, karena lokasinya dibangun dengan konsep asri, destinasi ini sering dikunjungi warga sebagai tempat wisata, termasuk untuk berkemah. 

Terletak di Desa Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, tempat ini sudah menyediakan penyewaan alat camping, jadi kamu tidak usah repot-repot membawanya dari rumah.

5. Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng

Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng

Sumber: Sethio rollas via Gmaps

  • Harga tiket: Rp10.000 per tenda kecil

Bukit Sidengkeng adalah bagian dari kompleks wisata Wana Wisata Petak 9 di daerah Wonosobo, Jawa Tengah. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara sejuk pegunungan yang dijamin membuat rasa penat hilang dalam sekejap.

Di sini, kamu dapat menikmati keindahan alam, hiking, camping, menjajal wahana ATV, atau sekadar menikmati udara segar dan panorama matahari tenggelam.

Baca juga: Wisata Telaga Warna: Keindahan Alam yang Memesona

6. Telaga Bedakah Camping Ground Dieng

Telaga Bedakah Camping Ground Dieng

Sumber: Wisata – Harian Jogja

  • Harga tiket: Rp15.000 per orang

Dieng camping ground kali ini berbeda dari lokasi lainnya karena berada di sisi danau indah. Berlokasi di Kertek, Wonosobo, Telaga Bedakah Camping Ground menawarkan pengalaman berkemah di pinggir telaga sambil dimanjakan oleh udara segar dataran tinggi!

Kamu dijamin tidak akan bosan berkemah di sini. Pasalnya, tempatnya menyediakan aktivitas lain, seperti flying fox, wisata perahu bebek, dan taman bermain.

Serunya Vibe Luxurious Camping Dieng bersama Bobocabin

Serunya Vibe Luxurious Camping Dieng bersama Bobocabin

Sahabat Bob, tahukah kamu kalau Bobocabin akan resmi hadir di Dieng pada awal Januari 2024? Wah, seru nih!

Terletak di Desa Deles, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Bobocabin Dieng menawarkan akomodasi kabin nyaman dengan pemandangan Gunung Prau dan perkebunan teh sejauh mata memandang.

Fasilitasnya lengkap, mulai dari kamar mandi pribadi, Wi-Fi, Smart Window, teko air panas, perapian di beberapa spot area kemah, entertainment seperti board games dan proyektor—semuanya ada!

Kapan lagi berkemah dekat gunung dengan fasilitas dan kenyamanan setara hotel bintang lima? Siap-siapkan amankan kabinmu dengan reservasi via aplikasi Bobobox sebelum kehabisan saat launching!

 

Penulis artikel: Samala Mahadi

Foto header: Falaq Lazuardi via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles