Situ Bagendit

Mengintip Restorasi dan Daya Tarik Situ Bagendit di Tahun 2022

Situ Bagendit merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang paling diminati di Kabupaten Garut. Setelah melalui proses renovasi oleh Pemda Garut di awal tahun 2022 ini, kini wajah Situ Bagendit total berubah menjadi semakin cantik. Situ bagendit yang pada mulanya terlihat kuno, kini tampil semakin kekinian dengan tambahan beberapa spot yang fotogenik.

Di sini kamu bisa melihat bangunan ikonik diskeitaran dermaga yang menjorok ke tengah danau. Wajah baru nan cantik Situ bagendit ini tak heran membuat objek wisata yang satu ini menjadi primadona bagi wisatawan lokal dari Garut dan sekitarnya juga dari luar daerah seperti Bandung hingga Jakarta juga. Ada apa sajakah di tempat wisata ini dan kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di sana? Simak informasinya berikut ini!

Lokasi Tempat Wisata

Situ Bagendit merupakan salah satu objek wisata yang berlokasi di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Tempat wisata ini dikenal dengan danaunya yang cantik dan berbatasan langsung dengan dengan Desa Banyuresmi di bagian utara, di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Cipicung, di sebelah timur berbatasan dengan Desa Binakarya, dan di sebelah barat berbatasan dengan Desa Sukamukti.

Travel Kompas

Destinasi wisata yang satu ini faktanya dikelola oleh Bapak Ajan Sobari dengan status kepemilikan berada di tangan pemerintah daerah. Kewenangan destinasi wisata ini dilimpahkan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut dan pihak swasta yaitu Bapak Adang Kurnia.

Berdasarkan Perda No. 11 tahun 2001, harga masuk tiket ke kawasan situ Bagendit ini dikenakan tiket seharga Rp1.000/orang untuk dewasa dan Rp500/orang untuk anak-anak. Murah banget, bukan!

Aktivitas

Ada beragam aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sekitar danau ini. Beberapa aktivitas diantaranya adalah menikmati pemandangan, berjalan kaki di sekitar dermaga sambil mengambil beberapa foto estetik, dan mengelilingi danau dengan menggunakan perahu atau rakit. Selain itu kamu dan para pengunjung lainnya juga dapat melakukan kegiatan rekreasi keluarga sekaligus menikmati pemandangan serta kegiatan bersepeda air.

Baca Juga: Ini Dia Situs Warisan Dunia UNESCO yang Menarik Kamu Kunjungi!

Fasilitas Tempat Wisata Situ Bagendit

Tak hanya memiliki tampilan yang cantik, objek wisata satu ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Di sini kamu bisa menikmati udara yang segar karena kualitas lingkungan, kebersihan, dan bentang alam di sekitar danau dalam kondisi yang baik. Selain itu beberapa bangunan  yang terdapat di kawasan, baik yang bersifat permanen maupun semi permanen, dalam kondisi terawat baik.

Situ Bagendit

Travel Kompas

Di sana kamu bisa menemukan sekitar 60 buah penyewaan rakit dengan tarif Rp25.000 untuk sewa selama 15 menit. Selain itu kamu juga bisa bermain sepeda air dan menemukan sekitar 11 buah penyewaan sepeda air dengan tarif Rp10.000 selama 15 menit yang dalam kondisi yang baik. Bagi kamu yang ingin bersantai menikmati pemandangan kamu juga bisa gunakan fasilitas bangku taman.

Tempat wisata ini pun dilengkapi dengan 6 buah shelter yang disewakan untuk pengunjung dengan harga Rp3.000 untuk setiap jamnya. Ingin berenang? Kamu juga bisa berenang di kolam renang kawasan Situ Bagendit, lho. Objek wisata ini juga memiliki fasilitas kereta api mini dengan tarif Rp2.000. Gimana, lengkap banget bukan fasilitasnya?

Tata Kelola Tempat Wisata

Tempat wisata ini difasilitasi dengan sumber daya listrik yang berasal dari PLN dengan voltase 220 volt dan distribusi yang cukup. Kamu pun tak perlu khawatir, air di tempat wisata ini sangat bersih dengan sumber daya air bersih yang berasal dari sumur dan PDAM dengan kualitas air yang jernih, rasa air yang tawar, dan bau air yang normal.

Di sekitaran danau kamu bisa dengan puas berjalan kaki dengan fasilitas jalan setapak di kawasan Situ Bagendit yang nyaman dengan panjang jalan sekitar 50 meter.

Baca Juga: Tempat Healing di Situ Gunung Sukabumi dan Destinasi Alam Sekitarnya!

Area Parkir

Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, tempat wisata satu ini dilengkapi dengan fasilitas area parkir yang luas da nyaman. SItu Bagendit memiliki lahan tempat parkir dengan luas 1400 m2 dengan daya tampung 30 bus, 60 kendaraan pribadi, dan 180 kendaraan bermotor. Luas sekali! Setelah memasuki area tempat wisata Situ Bagendit kamu akan menemukan sebuah pos tiket yang juga berfungsi sebagai pintu masuk dalam kondisi yang cukup baik.

Situ Bagendit

PRFM News – Pikiran-Rakyat.com

Wisatawan juga akan dibuat semakin nyaman dengan fasilitas toilet umum yang bersih. Jika kamu membawa serta anak-anak, kamu bisa mengajak mereka bermain di sekitar taman bermain dengan vegetasi peneduh dalam kondisi yang baik. Situ Bagendit juga dilengkapi dengan fasilitas tempat ibadah berupa mushola dan juga terdapat 10 buah tempat sampah di kawasan wisata ini. Pastikan untuk senantiasa menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya, ya!

Aksesibilitas

Jarak kawasan wisata Situ Bagendit ini dari pusat kota Garut yaitu 4 km. Terdapat angkutan umum berupa angkot jurusan Terminal Guntur-Kp.Mengger dan Garut-Limbangan dengan tarif Rp1.500 dan ojeg dengan tarif Rp.2.000. Kualitas pemandangan dan tingkat keamanan sepanjang jalan di kawasan objek dan daya tarik wisata ini cukup baik.

Baca Juga: Danau Situ Gede, Tempat Wisata Secantik Lukisan di Bogor!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles