pexels-sora-shimazaki-5668869

Sudah Banyak Melamar Pekerjaan Tapi Masih Belum Diterima Juga? Coba Sesuaikan Surat Lamaran Pekerjaanmu Agar Dapat Diterima dengan Jelas

Mencari pekerjaan di zaman sekarang memang tidak mudah mengingat tingginya angka kebutuhan akan pekerjaan yang tidak berbanding lurus dengan ketersediaan lapangan pekerjaan yang ada. Namun, jangan langsung putus asa, ya. Cobalah simak tips dan contoh surat lamaran pekerjaan berikut ini.

Apa itu Surat Lamaran Pekerjaan?

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

(Photo by @cottonbro from Pexels)

Surat lamaran pekerjaan merupakan surat bersifat resmi dan formal yang dibuat dan dikirimkan kepada sebuah perusahaan atau organisasi dengan tujuan untuk melamar pekerjaan di tempat tersebut. Surat lamaran ini biasanya dijadikan salah satu syarat administrasi dan pertimbangan yang dibutuhkan ketika melamar suatu pekerjaan.

Format dan Isi Surat Lamaran Pekerjaan

Setelah mencari tahu tentang apa itu surat lamaran pekerjaan, mari pelajari juga mengenai format contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Tujuannya agar contoh surat lamaran pekerjaan yang kamu tulis menarik, efektif, serta dapat dipertimbangkan dan diterima oleh perusahaan. Berikut format contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa kamu simak.

  1. Cantumkan tanggal dan tempat penulisan surat lamaran pekerjaan di bagian kanan atau kiri atas surat lamaran.
  2. Cantumkan tujuan surat lamaran tersebut, yakni pimpinan perusahaan atau HRD perusahaan tersebut, serta nama dan alamat perusahaan.
  3. Berikan salam pembuka dan kata pengantar pada paragraf pertama.
  4. Tuliskan data diri, pengalaman kerja, prestasi, serta keahlianmu dengan singkat, padat, dan jelas.
  5. Pada bagian penutup, tuliskan ucapan terima kasih beserta harapanmu untuk dapat bergabung di perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan serta nama lengkap di bawah bagian penutup.

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

(Image by @QK from Pixabay)

Selain mempelajari beberapa contoh surat lamaran pekerjaan, ada baiknya jika kamu juga mempelajari beberapa tips menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Berikut beberapa tips yang sudah Bob rangkum untuk kamu.

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu Terhadap Perusahaan

Tips pertama yang penting dilakukan di samping mempelajari contoh-contoh surat lamaran pekerjaan adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaan yang hendak kamu lamar. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengenal lebih jauh lagi tentang perusahaan tersebut. Dengan begitu, mereka pasti akan lebih menghargai dan mengapresiasi usahamu ini.

BACA JUGA: Tips Jika Ditolak Pekerjaan Berkali-Kali

Selain itu, lebih baik lakukanlah riset mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan atau bidang yang kamu kuasai agar mereka tahu bahwa kamu dapat memberikan kontribusi yang berharga untuk perusahaan mereka. Sebaiknya hindarilah membahas hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan proses melamar kerja yang sedang kamu jalani.

2. Tulislah Skill yang Relevan dalam Contoh Surat Lamaran Pekerjaanmu

Seperti yang telah sedikit dibahas dalam poin sebelumnya, usahakanlah untuk mencantumkan skill yang relevan atau berhubungan dengan pekerjaan dan posisi yang kamu lamar. Kamu bisa menjelaskan mengenai kemampuan-kemampuan apa saja yang kamu miliki, dan juga memberikan beberapa portofolio untuk meyakinkan pihak perusahaan.

3. Buatlah Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Sesuai Etika Penulisan Lamaran Kerja

Membuat surat lamaran pekerjaan tentunya harus sesuai dengan etika penulisan dan pengiriman lamaran kerja yang berlaku. Jika tidak sesuai, kemungkinan besar surat lamaran tersebut akan langsung masuk tong sampah.

Maka dari itu, sebelum membuat contoh surat lamaran pekerjaan, cari tahu terlebih dahulu tentang etika serta aturan yang berlaku, agar kamu terhindar dari hal yang tidak diinginkan seperti ini. Selain itu, pastikan kelengkapan semua persyaratan dan berkas yang dibutuhkan telah terkumpul semua.

4. Fokus di Paragraf Pertama dan Terakhir

Paragraf pertama dan terakhir merupakan bagian paling penting yang perlu kamu perhatikan saat membuat contoh surat lamaran pekerjaan. Sebab, kedua bagian tersebut sedikit banyak menunjukkan seberapa serius dan sungguh-sungguhnya dirimu terhadap posisi yang ditawarkan.

Isi paragraf pertama baiknya diisi dengan dengan alasan dan tujuan kamu melamar pekerjaan tersebut. Tujuannya adalah agar isi paragraf tersebut langsung masuk ke dalam pokok bahasan. Kamu juga dapat menyertakan alasan singkat mengapa mereka sebaiknya meng-hire-mu.

BACA JUGA: Hati-Hati! Ini Dia 10 Mindset Salah Kaprah Fresh Graduate Dalam Memilih Pekerjaan

Sedangkan paragraf terakhir baiknya berisi pesan yang menunjukkan kesungguhan bahwa kamu memang mengharapkan kelanjutan dan keputusan dari mereka. Namun, usahakan untuk tidak terkesan terlalu memelas atau putus asa, ya. Gunakanlah kata-kata yang tegas dan sopan.

5. Perhatikan Tampilan Contoh Surat Lamaran Pekerjaanmu

Tampilan dari contoh surat lamaran pekerjaan yang akan kamu buat juga merupakan salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan. Buatlah surat lamaran dan CV yang terlihat menarik. Sebab, tidak selamanya contoh surat lamaran pekerjaan dan CV yang bersifat formal harus melulu memiliki tampilan yang monoton, apalagi jika kamu melamar pekerjaan di bidang desain.

BACA JUGA: Tips Wawancara Kerja Saat Memperkenalkan Diri

Selain itu, perhatikan pula kerapihan dan ketepatan setiap kata yang kamu tulis dalam contoh surat lamaran pekerjaan yang kamu buat tersebut. Percuma jika tampilannya menarik, namun tidak rapi karena banyak kata yang salah ketik atau typo.

6. Hindari Pengulangan di Surat Lamaran dan di CV

Selain memerhatikan tampilan dari contoh surat lamaran pekerjaan, redaksi yang ada dalam surat lamaranmu juga perlu kamu perhatikan. Hindarilah menulis ulang dengan sama persis apa yang telah ada di dalam CV, contohnya seperti skill, pencapaian, atau prestasi. Buatlah kalimat dengan kata-kata menarik yang menghubungkan isi surat lamaranmu dengan poin-poin yang ada di CV.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

(Photo by @SoraShimazaki from Pexels)

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan secara umum yang bisa jadi inspirasi untukmu.


(Tempat dan tanggal penulisan surat lamaran)

Yth. Bapak/Ibu HRD

(Nama perusahaan)

(Alamat)

Perihal: Lamaran Pekerjaan di (Nama perusahaan)

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja di (Nama perusahaan) yang saya lihat di (Media atau situs tempat lowongan kerja diiklankan) pada tanggal (Tanggal dilihatnya lowongan kerja tersebut), maka dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai (Cantumkan posisi yang hendak dilamar) di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Biodata diri:

Nama: …..

Tempat tanggal lahir: …..

Pendidikan/Jurusan: …..

Alamat: …..

Telp/HP: …..

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan beberapa dokumen pelengkap:

  1. Daftar Riwayat Hidup/CV
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir
  3. Fotocopy Transkrip Nilai
  4. Fotocopy TOEFL Bahasa Inggris
  5. Fotocopy KTP
  6. Pasfoto 4×6
  7. Portofolio

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama pelamar)


Pasti happy staycation di Bobobox!

Jika kegiatan mencari pekerjaan jadi bikin kamu stress, cobalah hilangkan stress-mu dengan staycation di Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

business traveler bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles