Photo: @vheeiii via Pergikuliner

Wajib Coba! 10 Comfort Food di Jakarta yang Selalu Bikin Kangen

Jakarta, kota metropolitan yang tak pernah tidur dan selalu penuh dengan kehidupan. Namun, bukan berarti kita tak bisa menemukan ketenangan di tengah keramaian tersebut. Salah satunya bisa ditemukan lewat comfort food Jakarta.

Di antara gemerlap gedung pencakar langit dan kemacetan lalu lintas, ternyata ada deretan restoran dan warung makan yang selalu siap menyuguhkan comfort food lezat yang bisa menghangatkan hati, tubuh, dan pikiran setelah lelah beraktivitas seharian.

Comfort food mungkin terlihat sederhana, tapi di balik kesederhanaan itulah kamu bisa mendapatkan rasa nostalgia, sentimental, dan kenyamanan yang tiada duanya.

Penasaran? Langsung simak rekomendasi 10 tempat kuliner Jakarta yang menawarkan comfort food dari Bob berikut ini yang pas dikunjungi selepas kerja atau bersama keluarga di akhir pekan.

1. Claypot Popo

Photo: Alinear ID

Buat pencinta chinese food, kamu wajib coba Claypot Popo. Hidangan andalan di sini adalah claypot rice alias nasi yang dimasak dalam wadah tanah liat tradisional yang khas dengan berbagai pilihan topping seperti ayam, udang, atau daging sapi. Aromanya benar-benar menggugah selera!

Claypot Popo punya dua cabang. Ada di Jalan Sabang dan cabang barunya ada di Melawai, tepatnya di belakang Blok M Square.Claypot Popo Melawai tempatnya lebih lega dan nyaman untuk makan di tempat.

Harganya masih sangat bersahabat, mulai dari Rp20.000 – Rp42.000 saja. Resto comfort food Jakarta ini buka setiap hari pukul 11.30 – 21.00 WIB. Siap-siap waiting list ya, karena selalu ramai khususnya di jam makan siang dan makan malam.

2. Bubur Ayam Senopati

Photo: Agung Tangkito via Google Image

Kalau lagi kangen dengan makanan yang hangat dan lembut, Bubur Ayam Senopati adalah jawabannya. Seporsi bubur ayam di sini bisa kamu kreasikan dengan aneka topping seperti telur pitan, cakwe, dan ayam goreng yang membuat cita rasanya makin meriah.

Bubur Ayam Senopati terletak di Jalan Senopati Nomor 19-43, Senayan, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. Tempat ini buka pukul 06.00 – 11.00 WIB, cocok buat pilihan sarapan. Harganya juga sangat terjangkau, sekitar Rp20.000 per porsi, sesuai dengan topping yang kamu pilih.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jakarta Selain Makanan: 10 Pilihan Suvenir yang Beragam

3. Soto Betawi H. Husein

Photo: Dony Jevindo via Pergikuliner

Ada banyak pilihan kedai soto betawi di Jakarta. Salah satu yang paling legendaris adalah Soto Betawi H. Husein yang sudah ada sejak tahun 1975.

Rasanya yang gurih dan kuah santan dan susu yang kental membuatnya menjadi comfort food favorit. Ada dua pilihan menu, yakni soto daging atau soto campur daging dan jeroan sapi yang lezat. Harga satu porsi soto nikmat bisa kamu dapatkan mulai dari Rp30.000 saja.

Lokasinya terletak di Jl. Padang Panjang No. 6C Pasar Manggis Setiabudi Jakarta Selatan. Tempat ini buka Senin-Kamis dan Sabtu-Minggu, pukul 07.00 – 14.00 WIB. Tapi jangan ke sini hari Jumat ya, kak, karena mereka libur.

4. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Photo: Kompas Travel

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih bisa disebut sebagai pelopor kedai nasi goreng kambing di Jakarta. Sudah berdiri sejak 1958, nasi goreng di sini memang cukup berbeda dari nasi goreng biasa. Aromanya harum dengan rempah-rempah yang kuat. Tenang saja, enggak bau kambing, kok!

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih memiliki beberapa cabang. Di Jakarta Pusat ada di Jalan Kebon Sirih Raya, Jalan Kebon Sirih Barat Dalam 1 Nomor 9,  dan Jalan Sabang. Sementara di Jakarta Selatan beralamat di Jalan Karang Tengah Raya Nomor 1C, Lebak Bulus.

Harga nasi gorengnya berkisar mulai Rp49.000 – Rp93.000. Agak mahal memang, tapi porsinya yang besar bisa untuk berbagi, kok.

Baca Juga: Lezat dan Unik! 10 Camilan Khas Betawi yang Wajib Dicoba Saat Berlibur di Jakarta

5. Wing Lok

Photo: Andarini Novita via Pergikuliner

Kamu pasti setuju kan, kalau dimsum adalah salah satu comfort food paling sedap? Nah, di Jakarta ada satu kedai dimsum yang jadi favorit banyak pencinta chinese food. Wing Lok namanya, terletak di Jalan Pangeran Antasari, No. 88, Cipete, Jakarta Selatan.

Ada banyak banget varian dimsum Wing Lok. Beberapa yang favorit tentu saja hakau dan shiumai. Oh ya, jangan lupa mencoba mi wonton ayamnya, ya. Dijamin ketagihan! Harganya juga sangat terjangkau, berkisar mulai dari Rp22.000 – Rp35.000 aja.

Kamu bisa kapan saja datang ke Wing Lok karena tempat ini buka 24 jam. Tapi siap-siap waiting list setiap jam makan malam dan malam minggu, ya.

Bagi kamu yang muslim, jangan khawatir ya, karena dimsum Wing Lok 100% halal! Kalau kamu mencari yang versi non-halal, bisa pilih Wing Heng sebagai alternatif. Wing Lok masih berada di bawah pengelolaan Wing Heng, jadi rasanya dijamin sama-sama enak.

6. Bakmi Ayam Alok

Photo: Wisnu (Mocchi) via Google Image

Bayangkan semangkuk bakmi karet kenyal berlumur minyak gurih beraroma tajam, dengan topping ayam kampung yang diiris tebal-tebal, empuk, dan juicy. Nah, itu dia yang jadi jagoan di Bakmi Alok.

Kedai ini pertama kali berdiri tahun 1978, di daerah Greenville, Jakarta Barat. Tapi, sekarang cabangnya ada di mana-mana seperti di Grogol, Gambir, Kelapa Gading, dan masih banyak lagi. Untuk cabang Greenville, Bakmi Ayam Alok buka Selasa-Minggu pukul 06.30 – 14.00 WIB.

Seporsi mi ayam dibanderol dengan harga Rp40.000. Kamu juga bisa tambah topping bakso atau pangsit yang bakal bikin cita rasanya makin meriah!

Baca Juga: 24 Jam Kulineran di Jakarta, dari Kaki Lima Sampai Bintang Lima

7. Yoiko Ramen

Photo: Christalique Suryaputri Liao via Google Image

Kalau yang tadi adalah mi ala Tionghoa, kali ini ada mi khas Jepang, yakni ramen. Ramen adalah salah satu comfort food paling universal, dan Yoiko Ramen adalah tempatnya di Jakarta.

Yoiko Ramen adalah sebuah kedai ramen otentik Jepang yang menawarkan ramen berkuah kaldu gurih dan kental. Salah satu jagoannya adalah tonkotsu ramen. Yap, tempat ini tidak halal, ya.

Harga makanannya berkisar mulai dari Rp64.000 – Rp90.000. Kalau mau berkunjung, kamu bisa datang ke Gedung Jasmin, Jalan Mahakam No.11B, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Yoiko Ramen buka setiap hari pukul 11.00 – 24.00 WIB.

8. Ketan Susu Kemayoran

Photo: Wisata App

Sesuai namanya, di Ketan Susu Kemayoran atau Tansu Kemayoran ini kamu bisa menikmati camilan unik berupa ketan yang diberi topping kelapa dan/atau susu kental manis. Menghadirkan sensasi cita rasa gurih-manis jadi satu.

Selain ketan susu, coba juga aneka gorengan seperti tempe, pisang, ubi, dan singkong. Jangan lupa menikmatinya dengan seteko teh poci panas yang wangi dan legit. Harganya terjangkau banget, mulai dari Rp5.000.

Warung sederhana ini terletak di Jalan Garuda, No.11, Ujung, Kecamatan Kemayoran, Kota Jakarta Pusat. Tempat ini buka 24 jam, lho. Cocok buat kamu yang suka kelaparan tengah malam!

Baca Juga: Wah Ternyata Ini 10 Makanan Jakarta yang Lagi Hits

9. Ketoprak Ciragil

Photo: Ikhas Marthadi via Google Image

Jakarta dan ketoprak rasanya enggak bisa dipisahkan, deh. Setuju? Nah, salah satu kedai ketoprak paling legendaris di Jakarta adalah Ketoprak Ciragil.

Bukan tanpa alasan ketoprak jadi comfort food buat banyak orang. Paduan lontong atau ketupat, bihun, tahu goreng, dan tauge yang disiram sama bumbu kacang yang gurih manis pasti bakal bikin perut kenyang dan hati tenang. Jangan lupa tambah telur dadar juga, ya. Harganya masih masuk akal, mulai dari Rp20.000.

Kedai sederhana ini terletak di Jalan Ciragil II, No. 24, Kebayoran Baru dan buka setiap hari pukul 09.00 – 17.00 WIB.

10. Makan di Warsih Barito

Photo: Instagram @makandiwarsih

Kombinasi nasi hangat dan telur pasti jadi salah satu comfort food paling favorit buat banyak orang. Kalau kamu mau bernostalgia dengan makanan masa kecil yang sederhana itu, tapi dengan sedikit sentuhan tambahan yang meningkatkan cita rasanya, kamu bisa banget berkunjung ke kedai Makan di Warsih yang terletak di Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tempat ini lagi hits banget, lho, di kalangan anak muda Jakarta! Nasi telurnya memang enggak biasa, karena disiram dengan kuah bumbu yang pekat. Selain itu, kamu bisa minta tambah topping lauk seperti gorengan, ayam, orek tempe, ikan, dan lainnya. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp15.000 saja.

Warsih sendiri merupakan singkatan dari Warung Nasih. Warung sederhana ini buka Rabu-Senin pukul 18.30 – 23.00 WIB, libur setiap hari Selasa.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Makanan di Daerah Jakarta Pusat

Beristirahat dengan Nyaman di Bobobox Kebayoran Baru yang Futuristik

Jadi, itulah 10 tempat yang wajib kamu kunjungi ketika kamu merindukan comfort food sedap di Jakarta. Jangan ragu untuk mencicipi satu-satu, karena semuanya layak dicoba!

Bernostalgia dengan menjajal semua rekomendasi tempat menikmati comfort food di Jakarta dari Bob tadi memang enggak cukup cuma sehari. Serunya, kamu bisa terus melanjutkan trip kuliner kamu ini selama beberapa hari dengan menginap di Bobobox Kebayoran Baru.

Kamu bisa mendapatkan kenyamanan dalam pod futuristik yang canggih di Bobobox Kebayoran Baru. Enggak cuma itu, kamu juga bisa dengan mudah bepergian karena Bobobox Kebayoran Baru terletak di pusat Jakarta dan dekat dengan Stasiun MRT Blok M.

Jadi, tunggu apa lagi? Download aplikasi Bobobox sekarang dan dapatkan penawaran menarik spesial untukmu!

Bob’s Budget Check

Claypot Popo: mulai dari Rp20.000

Bubur Ayam Senopati: mulai dari Rp20.000

Soto Betawi H. Husein: mulai dari Rp30.000

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih: mulai dari Rp49.000

Wing Lok: mulai dari Rp22.000

Bakmi Ayam Alok: mulai dari Rp40.000

Yoiko Ramen: mulai dari Rp64.000

Ketoprak Ciragil: mulai dari Rp20.000

Ketan Susu Kemayoran: mulai dari Rp5.000

Makan di Warsih Barito: mulai dari Rp15.000

 

 

Cover photo by @vheeiii via Pergikuliner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles