cara mengatasi jet lag

Habis Terbang Jauh? Coba 9 Cara Mengatasi Jet Lag Ini. Terbukti Ampuh!

Saat melakukan perjalanan jauh, kamu mungkin akan mengalami jet lag. Agar terhindar dari kondisi yang melelahkan ini, kamu wajib mengetahui cara mengatasi jet lag dengan cepat dan juga tepat.

Bagi yang belum tahu, jet lag adalah gangguan tidur berupa rasa kantuk pada siang hari dan sulit tidur pada malam hari. Kondisi tersebut timbul setelah melakukan perjalanan yang melewati berbagai zona waktu.

Untungnya, jet lag bukanlah kondisi kronis alias hanya berlangsung sementara. Meski begitu, kamu tak boleh membiarkan begitu saja. Jika dibiarkan berkelanjutan, kondisi ini bisa menganggu aktivitas sehari-harimu.

Bahkan, bukan tidak mungkin kualitas hidup seseorang yang mengalaminya ikut menurun. Lalu, bagaimana sebenarnya cara yang tepat untuk mengatasi jet lag yang mungkin kamu alami setelah bepergian jauh?

Dikutip dari klikdokter.combaca ulasan lengkap seputar cara mengatasi jet lag berikut ini sampai habis, ya. Coba aplikasikan jika kamu sedang mengalami kondisi yang sudah Bob sebutkan di atas.

Cara Mengatasi Jet Lag dengan Cepat dan Tepat

1. Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi jet lag pertama adalah beristirahat yang cukup. Langkah ini kerap diabaikan oleh banyak orang karena terlalu bersemangat atau akibat melakukan packing barang yang tak kunjung usai.

Padahal, tidur malam yang cukup dan berkualitas sebelum bepergian jauh membuat tubuh lebih siap dalam menghadapi berbagai perubahan. Sebagai tambahan, coba buat jadwal baru sebelum kamu bepergian.

Apabila bepergian ke arah timur, cobalah untuk tidur 30 menit lebih cepat selama beberapa hari. Sementara itu, cobalah tidur 30 lebih lambat dari biasanya saat bepergian ke daerah-daerah di barat.

cara mengatasi jet lag tidur yang cukup

sumber: pexels.com/@olly

2. Tiba Lebih Cepat

Apabila kamu bepergian melintasi zona waktu selama menggunakan pesawat terbang, coba tiba lebih cepat. Dengan begitu, tubuhmu mempunyai waktu yang cukup untuk beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini terbilang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, jet lag mampu mempengaruhi fokus dan konsenstrasi.


Baca Juga: Ingin Menjelajahi Hidden Gem Di Baturraden? Simak Tips Perjalanan Menuju Baturraden Berikut Ini!


3. Pilih Jadwal Penerbangan yang Tepat

Jika memungkinkan, pilihlah jadwal penerbangan yang sampai di tujuannya pada siang hari. Jadi, jika perjalanannya memakan waktu kurang lebih 10 jam, maka sebaiknya pilih penerbangan pada jam 2 pagi.

Melakukan perjalanan jauh di malam hari memberi kesempatan tubuh untuk beristirahat. Selain itu, tiba di tujuan di siang hari bisa membuatmu awas dan mampu beradaptasi dengan mudah.

jadwal penerbangan

sumber: pexels.com/@joshsorenson

4. Berjemur di Sinar Matahari saat Tiba

Cara mengatasi jet lag berikutnya adalah berjemur di sinar matahari saat pulang. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat jet lag dapat menganggu irama sirkadian tubuh, akibat dari perubahan paparan cahaya selama bepergian.

Berada di bawah sinar matahari sendiri akan ‘membangunkan’ tubuh dan mengurangi pengeluaran hormon melatonin yang membuatmu merasa mengantuk. Jadi, jangan sampai terlewatkan, ya!


Baca Juga: Tertarik Untuk Wisata Campervan? Ikuti Tips-Tips Berikut Ini Agar Perjalananmu Menyenangkan


5. Atur Paparan Sinar Matahari

Tak hanya sekadar berjemur di bawah sinar matahari, kamu juga wajib mengatur paparannya. Langkah ini sangat disarankan untuk dilakukan untuk bisa membantumu mengatasi jet lag lebih cepat.

Paparan cahaya lampu di malam hari membantu tubuh beradaptasi elbih cepat terhadap perjalanan ke barat. Sementara, paparan sinar matahari sangat tepat untuk yang sudah bepergian ke daerah timur.

cara mengatasi jet lag berjemur di sinar matahari

sumber: unsplash.com/@mahkeo

6. Hindari Mengonsumsi Minuman Beralkohol dan Kafein

Selanjutnya, hindarilah mengonsumsi minuman kafein seperti teh, kopi, dan minuman berenergi. Tak hanya itu, pastikan juga untuk tidak meminum minuman beralkohol saat hendak bepergian melintasi zona waktu.

Ada alasan di balik cara mengatasi jet lag ini. Kedua jenis minuman ini sendiri dapat meningkatkan risiko jet lag yang parah saat kamu tiba di tempat tujuanmu.

7. Berolahraga Rutin sebelum dan Sesudah Bepergian

Olahraga bisa membantumu menurunkan risiko gangguan irama sirkadian yang disebabkan jet lag. Untuk itu, usahakan untuk melakukan olahraga secara rutin, baik sebelum dan sesudah bepergian.

Di samping mengatasi jet lag, ada segudang manfaat yang didapat saat berolahraga rutin. Beberapa di antaranya adalah menjaga performa tubuh, menyehatkan organ vital, dan membantu tubuh memproduksi hormon dopamin.


Baca Juga: Tips Kesehatan Mengatasi Mabuk Di Perjalanan Ala Bob!


8. Atur Asupan Makanan

Mengatur asupan makanan bisa menjadi cara mengatasi jet lag dengan cepat. Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, yang terdiri dari sayuran dan juga buah-buahan.

Di luar itu, hindarilah mengonsumsi banyak makanan tak sehat seperti junk food dan gorengan. Jangan lupa untuk tidak mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak saat mendekati tidur karena bisa mengganggu kualitas tidur.

cara mengatasi jet lag cukup cairan tubuh

sumber: pexels.com/@olly

9. Cukupi Kebutuhan Cairan Harian

Cara mengatasi jet lag terakhir adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh harian. Dengan mengonsumsi minimal delapan gelas sehari, tubuhmu akan terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

Pasalnya, dehidrasi bisa memperparah jet lag dan berpotensi menganggu pemulihan tubuh. Untuk itu, coba cek kembali apakah kamu sudah mencukupi cairan tubuhmu saat akan bepergian jauh, ya!

Menginap untuk Mengusir Rasa Bosan? Datang aja ke Bobobox

Jika kamu memang sedang keluar kota, kamu bisa mencoba untuk menginap di Bobobox. Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik. Sehingga, kamu bakal menemukan fasilitas-fasilitas kekinian.

Walaupun fasilitas yang ditawarkan tidak kalah dengan hotel bintang lima, harga inap per malamnya terbilang murah dan akan cocok untuk yang sedang staycation dengan bujet minimal.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan dan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles