book cafe bandung

6 Book Cafe di Bandung yang Nyaman Buat Nongkrong dan Nugas

Bandung memang terkenal dengan wisata alam dan kulinernya. Tapi, pernahkah kamu berkunjung ke book cafe Bandung? 

Book cafe adalah tempat yang menggabungkan konsep kedai kopi dengan ruang baca. Pasti menarik kan buat kamu yang suka buku dan kopi? Biasanya, book cafe punya suasana yang tenang dan santai supaya pengunjung bisa membaca dengan fokus.

Di Bandung, ada beberapa book cafe yang bisa kamu kunjungi. Deretan book cafe Bandung ini juga punya koleksi buku dan menu yang cukup lengkap. Penasaran? Yuk, simak rekomendasi Bob berikut ini!

Baca juga: Places to Go in Bandung: 48-Hour Adventurous Itinerary in Lembang

The Room 19

book cafe bandung - the room 19

Sumber: @the__room19 via Instagram

Book cafe Bandung yang pertama adalah The Room 19. Menurut pengelola kafe, 50% koleksi buku di The Room 19 adalah novel fiksi. Kamu bisa membaca buku di tempat atau meminjamnya untuk dibawa pulang. Namun, untuk opsi terakhir, kamu perlu mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu.

Di perpustakaan mini ini, kamu enggak cuma bisa membaca buku lho. Di bagian tengah ruangan, ada meja panjang dengan stop kontak untuk mengakomodir pengunjung yang ingin mengerjakan tugas kantor atau kampus.

Selain itu, kamu bisa bermain board game dan menggambar menggunakan krayon dan cat air yang disediakan pengelola kafe! Wah, unik banget, ya?

Untuk mengunjungi The Room 19, pengunjung harus melakukan RSVP terlebih dahulu via kotak pesan di Instagram. Kemudian, setiap pengunjung dikenakan biaya Rp35.000 untuk umum dan Rp25.000 untuk pelajar atau mahasiswa. Dengan biaya tersebut, kamu sudah dapat free flow teh panas dan sesi kunjungan berdurasi empat jam.

Oya, jangan lupa cicipi cheese cake-nya, ya. Katanya, itu salah satu item paling laris di sini!

Alamat: Jl. Dipati Ukur No.66C, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Jam buka: Setiap hari, 10.00–22.00

Nimna Book Cafe

book cafe bandung - nimna book cafe

Sumber: @aa_fotokopi via Instagram

Mungil, tapi nyaman dan homey. Begitu kesan kebanyakan orang yang sudah pernah berkunjung ke Nimna Book Cafe. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai macam buku, mulai dari sastra, sejarah, sampai komik favoritmu waktu masih kecil. Buku-buku tersebut bisa kamu baca di tempat.

Uniknya, pengelola kafe bahkan menyediakan beberapa majalah dan buku tipis di kamar mandi, lho!

Book cafe Bandung yang satu ini juga sering dijadikan tempat berdiskusi oleh komunitas-komunitas pecinta buku. Pastikan kamu selalu memantau akun Instagram Nimna Book Cafe untuk mengikuti acara-acara tersebut, ya!

Di area indoor, ada beberapa meja dan kursi serta area lesehan. Untuk pengunjung yang ingin ngobrol tanpa mengganggu pengunjung lainnya, disediakan area outdoor yang juga nyaman.

Makanan yang dijual di sini kebanyakan merupakan makanan western. Untuk minumannya, mereka menyediakan aneka kopi, teh, cokelat, dan mocktail.

Alamat: Jl. Sukahaji No.126, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152

Jam buka: Setiap hari kecuali Selasa, 09.00–21.00

Baca juga: 20 Rekomendasi Makanan Khas Bandung untuk Oleh-Oleh

Kineruku

book cafe bandung - kineruku

Sumber: @restlessummer via Instagram

Kineruku bisa dibilang sebagai pionir book cafe Bandung, karena telah buka sejak tahun 2003. Koleksi bukunya sangat lengkap, mulai dari novel fiksi, filsafat, sampai buku cerita anak. Kabarnya, buku-buku di Kineruku mencapai 4.000 judul, lho! Namun, buku-buku tersebut hanya bisa dibaca di tempat.

Book cafe satu ini punya lahan yang cukup luas. Ada ruangan khusus makan, ruangan membaca, hingga area taman. Di bagian belakang, ada area yang biasanya dijadikan tempat untuk menyelenggarakan berbagai acara, mulai dari diskusi buku sampai pertunjukan musik.

Untuk menemani sesi membacamu, Bob merekomendasikan es timun, cokelat panas, dan pisang goreng.

Perlu dicatat, tempat ini tidak menyediakan wifi dan stop kontak, ya. Kalau kamu mau berkunjung, pastikan laptop atau handphone kamu tersambung internet sendiri dan punya daya baterai yang cukup.

Alamat: Jl. Hegarmanah No.52, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40141

Nakara Book, Cafe & Learning Space

book cafe bandung - nakara space

Sumber: Nulis Aja Dulu via Tempo

Book cafe Bandung rekomendasi Bob selanjutnya adalah Nakara Book, Cafe & Learning Space. Kafe ini berupa ruko dua lantai yang homey. Selain menyediakan novel, buku pengetahuan umum, hingga komik yang bisa dibaca di tempat, kafe ini juga menjual aneka makanan dan minuman.

Untuk minumannya, kamu bisa pesan kopi single origin dan teh. Sementara untuk makanan, pilihannya cukup variatif, mulai dari cireng bumbu rujak, nasi goreng, sampai steak ayam. Harganya mulai dari Rp10.000 saja per item!

Nakara Book, Cafe & Learning Space juga mewadahi berbagai komunitas belajar. Di sini pernah diselenggarakan kelas membuat cookies untuk anak-anak, pelatihan menulis untuk perempuan, hingga peluncuran komunitas game.

Alamat: Jl. Sukajadi No.140, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40162

Jam buka: 07.00–22.00

Kedai Kokomo

kedai kokomo

Sumber: @kedai.kokomo via Instagram

Kedai Kokomo merupakan book cafe Bandung yang baru buka pada akhir 2023 lalu. Kedai ini tidak terlalu luas, tapi nyaman untuk jadi tempat nongkrong atau laptop-an. Desain interiornya akan membuat kamu merasa seperti sedang main ke rumah teman!

Di ruangannya yang mungil, pengelola tempat ini menyediakan sejumlah meja, stop kontak, sofa, dan meja bar. Tentu saja, di sini juga ada berbagai buku yang bisa kamu baca di tempat. Selain itu, ada berbagai permainan kartu yang bisa kamu pinjam.

Ada beberapa jenis minuman yang bisa kamu pesan di sini, mulai dari es kopi hingga es matcha. Untuk makanannya, Kedai Kokomo menyediakan menu yang berganti-ganti. Beberapa makanan yang pernah dijual di sini di antaranya french toast, nachos, butter rice dengan ayam saus creamy, hingga cookies.

Book cafe Bandung ini juga sering menyelenggarakan acara-acara seru, seperti tukar kado Natal, scrapbooking, pertunjukan musik, dan kursus merangkai bunga.

Alamat: Jl. Durman No.11a, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181

Jam buka: Senin–Sabtu, 10.00–21.00
Baca juga: Mengenal 11 Perpustakaan Kota Bandung yang Nyaman

Ency[koffee]

ency koffee

Sumber: @encykoffee via Instagram

Book cafe Bandung yang terakhir adalah Ency[koffee], yang lokasinya menyatu dengan Taman Bacaan Hendra. Taman Bacaan Hendra sendiri sudah buka sejak tahun 1967 dan merupakan taman bacaan swasta tertua di Bandung. 

Menurut pengelola tempat ini, ada 70.000 judul yang bisa kamu baca di sini, mulai dari komik hingga novel. Wah, sungguh kabar baik buat kutu buku! Kebanyakan dari koleksi buku tersebut merupakan terbitan lama, tetapi kondisinya masih sangat layak.

Selain bisa dibaca di tempat, buku-buku tersebut bisa kamu pinjam dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota. Biaya pendaftaran adalah Rp55.000 untuk warga Bandung dan Rp150.000 untuk pengunjung dari luar Bandung. Sementara, biaya pinjamnya cukup terjangkau, yakni berkisar antara Rp3.000-25.000 per buku.

Di sini, kamu bisa memesan aneka minuman seperti es kopi susu, cappuccino, kopi vietnam, dan lain-lain. Sedangkan untuk makanannya, Ency[koffee] menyediakan spaghetti aglio olio, nasi goreng rendang jamur, hingga nasi ayam taliwang. 

Apapun Tujuan Wisatanya, Bobopod Bandung Tempat Menginapnya

Berbagai Lokasi Bobopod Bandung

Foto: bobobox.com

Bandung punya banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Menjelajahi Bandung adalah sebuah keseruan, tetapi juga membutuhkan energi yang enggak sedikit. Saat mengunjungi kota ini, pastikan kamu punya tempat menginap yang nyaman untuk beristirahat, seperti Bobopod.

Bobopod merupakan hotel kapsul berfasilitas canggih yang didukung teknologi internet of things (IoT), tetapi harganya terjangkau. Di Bandung, ada empat lokasi Bobopod yang bisa kamu pilih: alun-alun, Paskal, Cipaganti, dan Dago. Semuanya berlokasi dekat dari tempat-tempat umum yang penting, seperti fasilitas transportasi publik dan minimarket!

Mau pesan pod kamu sekarang? Yuk, download aplikasi Bobobox dan cek ketersediaan pod-nya! Bob tunggu kedatanganmu di Bandung, ya.

 

Header image by: Toa Heftiba via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles