@tissabiani/Instagram

Tetap Stylish dengan Mengenakan Baju Tradisional Modern Berikut Ini

Tahun 2022, Indonesia memasuki usia kemerdekaan ke-77. Ketika Hari Kemerdekaan tiba, warga Indonesia pun menyambutnya dengan antusias dengan berbagai cara, mulai dari upacara, baris berbaris, perlombaan hingga parade yang menghibur. Buat kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk bergabung dengan acara tersebut, kamu masih punya pilihan lain untuk menunjukkan rasa cinta kamu terhadap Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengenakan baju tradisional modern khas Indonesia.

Bingung dengan pilihannya? Berikut ini adalah inspirasi baju tradisional modern yang bisa kamu coba untuk ikut memeriahkan semarak kemerdekan RI ke-77.

Kebaya Beledu Hitam yang Elegan

@raisa6690/Instagram

Kebaya beledu hitam umumnya identik dengan pernikahan adat jawa. Namun, jika kamu memodifikasinya menjadi baju tradisional modern, kebaya jenis tersebut bisa kamu gunakan di berbagai acara, termasuk acara Hari Kemerdekaan atau 17an.

Salah satu contoh yang bisa kamu tiru adalah kebaya beledu hitam ala penyanyi Raisa dengan sentuhan batik dan warna emas pada bagian tepi dan depan kebaya. Baju tradisional modern tersebut kemudian dipadukan dengan kain batik untuk bawahannya. Secara keseluruhan, paduan tersebut membuat Raisa tampil begitu anggun dan elegan.


Baca Juga: Sambut Kemerdekaan Dengan Lagu Pop Nasionalis Berikut Ini!


Kebaya Hitam Simple

@maudyayunda/Instagram

Masih dengan warna hitam, kamu bisa mengambil inspirasi untuk busana kemerdekaan dari baju tradisional modern ala Maudy Ayunda. Maudy memadukan kebaya hitam berbahan brokat dengan stagen hitam, rok batik serta bros berwarna emas untuk semakin melengkapi penampilannya. Hasilnya, tampilan Maudy Ayunda pun terlihat sederhana namun anggun di saat yang sama.

Kebaya Pink yang Manis

@sabrinachairunnisa_/Instagram

Untuk memeriahkan semarak kemerdekaan, kamu bisa meniru gaya baju tradisional modern ala Sabrina Chairunnisa. Fashion enthusiast satu ini mengenakan kebaya warna pink dengan aksen payet emas berukuran besar di bagian tengahnya. Bagian lengan atas kebaya memiliki aksen padding atau agak menkerut dan menggelumbung yang memberikan kesan manis nan modern. Penampilannya pun semakin sempurna dengan sanggul sederhana dan gaya rambut poni samping yang kekinian.


Baca Juga: Tingkatkan Semangat 17an Dengan Berbagai Quotes Kemerdekaan Berikut Ini


Anggun dengan Kebaya Mint

@nsyakieb85/Instagram

Tak hanya hitam, kamu juga bisa tampil anggun dengan baju tradisional modern berwarna hijau mint pastel ala Nabila Syakieb. Kebaya berkerah tinggi dikemas secara modern dengan paduan rok batik di bawah lutut berwarna senada yang membuat tampilannya begitu anggun sekaligus modern.

Set Batik Merah

@tissabiani/Instagram

Sebagian orang kurang menyukai pakaian adat karena kerap membatasi pergerakan. Buat kamu yang memiliki alasan serupa, baju tradisional modern ala Tissa Biani bisa banget kamu tiru. Pemeran dalam KKN Desa Penari ini mengenakan atas batik berwarna merah yang ia padukan dengan celana batik panjang, obi belt dan heels hitam. Tidak ribet tetapi tetang anggun.

Pakaian Adat Bali

@inijedar/Instagram

Tampil manis ala gadis Bali bisa kamu coba untuk memeriahkan bulan kemerdekaan ini. Contoh saja baju tradisional modern yang dipakai Jessica Iskandar saat melakukan photoshoot bersama keluarganya. Ia menggunakan atas off-shoulder dari kain khas Bali lengkap dengan sanggul dan hiasan rambut khas Pulau Dewata.

@prillylatuconsina96/Instagram

Selain Jessica, kamu juga bisa meniru gaya baju tradisional modern Bali ala Prilly Latuconsina. Aktris satu ini mengenakan kebaya brokat putih yang ia padukan dengan bawahan kain bernuansa ungu serta kain selendang yang terikat di bagian pinggang. Dengan sekuncup kamboja terselip di telinga, Prilly sukses tampil anggun dan manis khas gadis Bali.

@jenniferbachdim/Instagram

Tak hanya warna putih, kamu bisa mencoba kebaya khas Bali dengan warna lain seperti yang dikenakan Jennifer Bachdim. Ibu empat anak ini tampil tradisional sekaligus modern dalam setelan kebaya krem keemasan, selendang merah sebagai ikat pinggang dan rok batik bernuansa abu-abu. Dengan tambahan hiasan emas di kepala, Jennifer pun sukses memukau netizen dengan tampilannya yang manis dan fresh.


Baca Juga: Sambut Hari Kemerdekaan Dengan Menonton 10 Film Perjuangan Kemerdekaan Indo


Kebaya Kutu Baru

@tissabiani/Instagram

Buat kamu yang ingin tampil elegan bak istri pejabat, baju tradisional modern ala Tissa Biani wajib banget kamu coba. Saat menghadiri pertunangan sang kakak, Tissa berhasil memukau netizen dengan kebaya kutu barunya.

Di kesempatan itu, Tissa hadir mengenakan setelah kebaya putih, kain batik serta selendang warna  merah. Dengan flawless makeup, rambut sangul dan anting bunga berwarna putih, penampilannya begitu anggun layaknya ibu pejabat yang mendampingi suami di acara resmi. Cocok banget kan buat acara Hari Kemerdekaan kamu!

Baju Adat Sumba

@lunamaya/instagram

Dianugerahi dengan keberagaman suku dan budaya, Indonesia memiliki banyak pakaian adat cantik dan menarik yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah pakaian adat Sumba yang identik dengan kain tenun dengan berbagai motif dan makna.

Jika tertarik mencoba, kamu bisa mengambil inspirasi dari baju tradisional modern ala Luna Maya saat ia berkunjung ke Sumba. Dalam kesempatan itu, Luna memadukan crop top dengan kain tenun khas Sumba serta hiasan kepala berbentuk bulan sabit dan dan tas rajut. Santai dan sederhana!

@glennfredly309/Instagram

Tak kalah santai dari Luna Maya, penyanyi Mutia Ayu juga sempat memamerkan baju tradisional modern khas Sumba saat ia melakukan pemotretan dengan mendiang suami. Dalam kesempatan itu, Mutia terlihat kasual dalam balutan kaus putih yang ia padukan dengan kain tenun untuk bawahan, selendang di bahu serta ikat kepala. Gimana? Tertarik mencoba untuk kostum Hari Kemerdekaan kamu?

Kain Ulos

@lunamaya/instagram

Selain Sumba, masyarakat Suku Batak juga terkenal dengan kain khasnya yaitu ulos. Buat kamu yang ingin tampil memukau dengan kain khas Batak tersebut, penampilan Luna Maya dalam baju tradisional modern berikut ini bisa kamu tiru.

Dalam pemotretan bertajuk Princess of Batak, Luna tampil menawan mengenakan dress kemben selutut yang terbuat dari kain ulos. Penampilannya semakin sempurna dengan tambahan selendang dengan motif berbeda serta aksesori seperti hiasan kepala, kalung emas besar, gelang hingga ikat pinggang. Sebelum memutuskan untuk mencoba baju tradisional modern ini, pastikan kamu tidak salah memilih jenis kain ulos. Pasalnya, kain khas Batak tersebut memiliki fungsi tersendiri yang berbeda-beda, mulai dari pernikahan hingga kematian.

Butuh tempat untuk memamerkan fashion terbaik kamu? Cobain staycation di Bobobox yuk! Selain menawarkan tempat yang nyaman, hotel kapsul satu ini juga Instagrammable banget.

Desainnya yang minimalis bisa kamu jadikan latar untuk berfoto bahkan di lorong hingga di kamar mandi sekalipun. Berfoto di dalam pod juga tak kalah bagusnya. Dengan bantuan fitur moodlamp yang menawarkan banyak pilihan warna cahaya, kamu bisa menyulap suasana kamar menjadi studio foto dadakan. Pilih saja warna yang kamu mau dan siapkan pose serta outfit terbaik kamu.

Nggak hanya itu, Bobobox juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti Bluetooth speaker, Wi-Fi, moodlamp, pantry, shared bathroom, musala, communal space hingga vending machine yang siap memenuhi kebutuhan camilan kamu.

Harganya juga terjangkau. Kamu bahkan bisa mendapatkan kesempatan menginap dengan harga promo lewat aplikasi Bobobox! Yuk unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles